[South Korea Trip Day 3] Let's Explore Seoul!

Kita tiba di Seoul pukul 04:27 am, yang artinya masih kepagian untuk naik subway ke homestay. Subway di Seoul baru beroperasi sekitar jam setengah enam. Informasi tersebut gue dapat dari aplikasi metro subway yang gue download di hp. Bisa dicari di application store dan download secara gratis. Di situ lengkap ada time table dan costnya. Untuk membunuh waktu, kita melipir dulu ke Loteria buat ngeteh dan menghangatkan badan. Begitu kita masuk Loteria, semua orang pada ngeliatin kita. Maklum bule... #kemudiandisambitrambutrapunzel
seoul

Begitu sampai di Seoul, badan berasa langsung drop. Gue pikir, mungkin karena pengaruh perubahan suhu pas di kereta yang masih hangat, begitu turun dari kereta kena udara winter lagi. Ternyata pas gue cek memang suhu juga lagi drop ke -9• Celcius. Pantesan ajeee...
korean drama apartment in seoul

Setelah pisah arah sama Dana, gue dan Ulfa melanjutkan perjalanan ke barat (sunggokong kali ah!), bukan denk.. Kita lanjut ke homestay. Homestay ini kita dapat dari airbnb, ini juga pengalaman pertama gue booking penginapan melalui airbnb. Sebelumnya gue juga udah coba request untuk early check in dan Alhamdulillahh dikasih. Kita keluar di Gyeongbokgung station exit 2 menuju homestay. Orang-orang Korea banyak yang baik ya, buktinya waktu gue lagi berjuang nurunin koper di tangga subway station, tiba-tiba ada ahjuma langsung angkat koper gue walaupun tanpa dimintain tolong loh. Aaah kamsahabnida ahjumma!
source: Ryan's House

Begitu keluar di exit 2, gue sempat bingung arah. Bayangin bok, jam 7 pagi itu serasa jam 5 subuh dengan suhu minus derajat dan masih harus nyari arah. Pas lagi pasang muka kebingungan gitu, ada ahjusi nyamperin (padahal dia udah mau naik bus loh ma temen-temennya tapi gak jadi pas lihat kita). Gue tunjukin alamat penginapan gue, eh si ahjusi malah salah baca. Kayaknya orang Korea ini banyak yang belum begitu fasih baca tulisan latin, jadi itu ahjusi pas gue tunjukin tulisan alamat penginapannya dia malah baca sambil ngeja 'Aaa..laa..mat luu..mm..mah'. Gue nunjuk tulisan alamat biar dia baca keterangan dibawah judul 'alamat', bukan disuruh belajar ngeja ya Allaaaah.. Sebenarnya kalau lihat peta, gue udah ngerti ancer-ancernya tapi gak enak sama si ahjusi udah niat banget nolongin sampe nelponin nomer telpon yang punya homestay. Berkat dia, akhirnya kita dijemput sama ibunya yang punya homestay. Kita gak lupa bilang 'kamsahabnida' sambil bungkuk ala Korean ke ahjusi itu. Baik-baik banget dah ah!
airbnb apartment in seoul

Pas sampai homestay rasanya mau langsung tidur, karena kita masih pada ngantuk. Tapi berhubung kita gak ngerti caranya nyalain heater ruangan, jadi gak panas-panas. Alhasil tidur kedinginan, si Ulfa malah ampe menggigil mau nangis. Dia nepok-nepok gue tapi gue gak bereaksi, disangka dia gue tuh beneran mati kedinginan. Padahal emang udah ngantuk berat sob!. Lalu kita panggil yang punya homestay buat bantuin kita nyalain heater. Setelah heater nyala, tidur puleees banget. Kalau menurut itinerary yang udah gue buat siiiih harusnya jam 9 pagi itu kita udah di Gyeongbokgung, tapi kenyataannya kita baru bangun jam 1. Langsung gedubrak gedubruk mandi, makan cokelat, dandan, dan buru-buru jalan.
First stop: Gyeongbokgung
gyeongbokgung palace seoul

Jarak Gyeongbokgung dari homestay kita dekat banget, tinggal jalan kaki 10 menit lah kurang lebih. Suasana di sekitar istana ini sudah ramai pengunjung. Pemandangan di dalam istananya bagus banget. Dalam hati gue berdecak kagum "Ya Allah...gue beneran udah sampe Korea!!" #norakdetected

winter in seoul
gyeongbokgung palace seoul in winter
harga tiket masuk gyeongbokgung
tiket masuk Gyeongbokgung
Sebelum beli tiket, kita lihat ada penyewaan kostum pengawal kerajaan tapi sayang mesti daftar dulu sekitar setengah jam lagi. Akhirnya kita mutusin beli tiket dulu aja, harganya 3000 won.

cara mengikuti pergantian penjaga istana di gyeongbokgung
changing guard at gyeongbokgung seoul

Gak lama kemudian ada pengumuman bahwa upacara pergantian pengawal akan diadakan sebentar lagi. Woahh, gue langsung semangat nyari posisi strategis. Upacaranya gak terlalu lama tapi terasa banget khidmatnya, bikin gue ter-wah-wah.
exploring seoulphoto session in gyeongbokgung
cerita perjalanan ke korea selatanpengalaman ke gyeongbokgung seoul

Karena dihimpit waktu, gue gak ambil palace tour yang pakai guide. Kita keliling aja berdua dan isi istananya lumayan seru loh. Gue nyari dimana letak istana yang dikelilingi danau tapi gak ketemu. Pas udah pasrah mau keluar, eh nemu donk! Gyeongbokgung ini luas banget dan sepertinya harus menghabiskan minimal 2-3 jam untuk berkeliling.

Next stop: Gwanghamun Square

pengalaman ke korea selatanwinter trip in south korea

Setelah keluar dari Gyeongbokgung, kita bakal lihat area terbuka yang cukup luas di seberang istana. Nah itu dia tujuan kita selanjutnya. Di situ ada patung King Sejong yang paling terkenal seantero Korea. Gak afdol kan kalo gak foto sama salah satu landmark Korea. Karena ini area terbuka, jadi gak ada biaya sama sekali. Tadinya rencananya setelah dari sini, mau ke Cheonggyechon stream tapi kita lebih milih loncat ke tujuan selanjutnya.

fotogenic place in seoul
naik bus hop on hop off di seoul
gwanghamun square
tips belanja murah di korea
beli coat murah di korea

Di dekat patung, ada pintu masuk ke subway station. Kita pilih naik subway dari situ aja ketimbang harus balik lagi ke Gyeongbokgung.

beli coat murah di seoul korea
Coat hasil perburuan di Gwanghamun station. Lucu kaaan?
Oh iya di Gwanghamun station ada satu toko yang jual coat-coat secondhand murah! Kita beli donk aaah.. Yeyeye lalalala
Next stop: N-Seoul Tower

foto di nseoul tower

Kalau yang pernah nonton Boys Before Flower pasti tau tempat ini. Emang banyak juga sih K-drama yang ngambil lokasi shooting di sini. Dari Gwanghamun square, gue naik subway menuju Hoehyeon station. Begitu exit dari Hoehyeon station, kita bingung nyari letak Namsan tunnel 3. Kita mau naik cable car dan menghemat tenaga. Nah di dekat Namsan tunnel 3 itu ada lift khusus yang bisa langsung sampai di depan stasiun cable car namanya Namsan Orumi.
tangga subway station di koreapengalaman di gembok cinta seoul

Harga tiket cable car ini sekitar 8500 return way. Mahal sih tapi worthed kok. Setelah beli tiket, antriannya panjang banget loh bisa sejam untuk naik cable car. Setelah penantian panjang akhirnya naik juga. Pemandangan dari cable car ini cantik banget, gue ampe lupa kalo gue takut ketinggian. Hahahaa
namsan tower
N-Seoul Tower dari kejauhan

cara termudah menuju namsan tower seoul
Namsan Orumisemacam lift yang memudahkan kita menuju cable car jadi gak perlu nanjak!

Begitu keluar dari cable car, banyak pasangan muda yang sliweran sambil PDA. Gue baru sadar kalau saat itu malam minggu. Siap-siap merongos liatin orang pacaran sambil kedinginan.

harga tiket cable car di nseoul tower seoul
tempat syuting drama korea di seoul
romantic place in seoul
love lock in seoul at night
cara menuju nseoul tower
Terowongan penyebrangan menuju Namsan Oreumi
Namsan Tunnel 3 itu ternyata gerbang tol.. kirain terowongan gimanaaa gitu :))

Di N-Seoul tower ini terkenal dengan love lock nya. Jadi kita nulisin nama kita dan pasangan di gembok beserta keinginan atau pesan cintanya, setelah itu gemboknya dipasang di tembok, dan kuncinya dibuang. Konon katanya sih cinta kita bakal 'terkunci', biar gak ada yang malingin kali ah! Di sana sudah ada stall yang menjual gembok cinta dan dipinjamkan pulpennya. Harga gemboknya mahal-mahal bok, yang paling murah 6000 won. Eits.. Tapi jangan sedih, mending ikutin cara kita. Bawa gembok dari Indonesia! Iyaaa..gembok yang kuning itu dan gak ada lucu-lucunya sama sekali itu loh. Kan judulnya gembok kan? Terus tinggal pinjem aja pulpen ke pasangan yang lagi nulis pesan cinta, jadi tinggal balikin deh ke yang jualan gembok. Beli gemboknya sih gak, tapi minjem pulpen iya. Pas balikin pulpen, langsung taro aja di meja gak usah basa basi daripada tar ditempeleng yang jualan gembok.. Hahahaa
cara menuju nseoul tower
gembok cinta di korea
gembok cinta seoul

Dulu di kawasan ini ada museum teddy bear, tapi sekarang udah gak ada. Konon katanya udah dipindahin ke Jeju Island. Bagi yang mau lihat keindahan Seoul dari puncak N-Seoul tower, bisa beli tiket observatory deck. Gue dan Ulfa sih gak tertarik. Kita lebih tertarik makan karena udah lapeeeer.
Next Stop: Myeongdong
belanja makeup murah di myeondong seoul

Awalnya ini gak masuk list di hari itu, tapi karena stok korean won kita udah menipis lagi, jadinya kita nyari money changer di sini sekalian makan. Jaraknya dekat dari N=Seoul tower, tinggal jalan kaki aja. Di sini banyak kok toko money changer, tapi sebaiknya jangan lupa cek ratenya dulu.
korea makeup shopping haul
hasil perburuan

Berdasarkan saran temen gue yang udah lama tinggal di Korea, dia nyaranin mending kita makan di Loteria aja kalau susah cari makanan halal. Soalnya Loteria gak ada menu babi, beda dengan Mcd yang ada menu babinya. Kelar makan, kita lanjut nyari subway station. Tapi sebelumnya kita mampir dulu di Nature Republic. Akhirnya pecah telor, belanja juga... T.T
Next stop: Hongdae
night life in hongdae

Area ini merupakan kampus Hongik University, gak heran kalau banyak banget anak mudanya. Beda dengan area tempat kita menginap yang lebih banyak lansiaya. Malam minggu itu waktu yang tepat ke Hongdae. Semua anak muda Korea kayaknya tumpah ruah di sini dan dandanannya pada kece semua. Saran gue, ber-dan-dan-lah. Hahahaa
belanja oleh-oleh di seoul

Kita ke Hongdae niatnya emang mau belanja sih. Baru sampe kita langsung dapat baju lumayan lucu, tapi hasrat belanja baju gue tahan karena katanya kalau beli baju mendingan di Dongdaemun. Selain baju, kita juga beli shawl yang panjang banget. Lumayan buat nutup muka biar gak kena angin langsung.
south korea shopping haulsouth korea shopping haul

Selain belanja, sebenarnya kita juga mau ke Hello Kitty Cafe tapi setelah muter-muter kok gak ketemu. Akhirnya kita balik aja, soalnya udah mau jam 11 malam. Kereta terakhir yang ke Gyeongbokgung cuma sampai setengah 12.

belanja murah di hongdae
jajan street food di seoul
beli gyeranbbang
street food in south korea

Sebelum sampai di homestay, kita mampir dulu di G25 mau beli nasi instan buat sarapan besok. Nasi instannya mahal ya maak 2000 won (Ya Tuhan...mahal kali puuun!). Selain itu juga kita beli banana milk yang lagi hits di dunia olshop yang jual makanan impor di instagram. Rasanya?? Uenakk bok! Sampai di homestay udah jam 12, macam Cinderella ya..
bawa bekal makanan ke luar negeri

Saran gue, begitu sampai homestay langsung bersih-bersih dan tidur aja. Urusan posting foto di social media bisa nyusul kalo gak...

trazy.com

Baca juga!

South Korea Travel Diaries

Day 1 ~ Day 2 ~ Day 3 ~ Day 4 ~ Day 5 ~ Day 6 ~ Day 7

South Korea Travel Hack

Pembuatan Visa Korea Selatan ~ Rincian Budget Trip ke Korea Selatan ~ Berburu Perlengkapan Winter ~ Fun Facts about South Korea ~ FAQ Winter Trip to South Korea ~ Sewa Modem di Korea ~ Itinerary South Korea 7 Days ~ Tips Mengatasi Suhu Minus Derajat

Where to Stay in South Korea

Sewa Airbnb di Seoul ~ Hostel Muslim Friendly di Busan

FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

17 Comments

1. Halo, Kak...
    Mau tny donk, di Seoul nginep homestay/daerah mana?
    Tq :)

Replies
    1. Hai, thank you dah mampir..
      Di daerah jongno, dekat banget sama gyeongbokgung, gwanghamun, bukchon hanok village, n samcheogdong.. via airbnb bookingnya. :)

Delete
  2. boleh tau nama penginapannya di seoul ? :)

ReplyDelete
  3. boleh tau nama penginapannya di seoul ? :)

1. hai... baca disini ya say

missnidy.blogspot.co.id/2015/03/private-rooftop-di-seoul-via-airbnb.html?m=0

Delete
  4. wah blogwalking liat2 backpacker ke seoul akhirnya nemu disini yang alur bacanya enak... ngebayangin kalo pergi bareng kamu seru heheheheh....
    udah baca2 aku mau tau dong breakdown budget vs pengeluaran selama di seoul..
    diluar seoul must visit place apa ya kalo mau budget backpacker nanti.... tkss

1. Bacanya kurang nih... uddah aku breakdown rincian budgetnya di sini :

missnidy.blogspot.co.id/2015/03/south-korea-winter-trip-rincian-budget.html?m=0

kalo ke sananya pas autumn, coba ke haneul park. Banyak list tempat yg bagus2 sih sebenarnya, bisa buka website KTO resmi buat cek objek wisata di sana.
      Anyway, coba baca dlu sisa cerita perjalanan di Korea nya, cek postingan yg Gangchon rail park. Itu rekomen bgt pas winter
      Thank you :)

Delete
    2. Rincian budget yg udah diposting itu adalah rincian pengeluaran yang sudah terjadi (realized) selama di sana, jadi bukan rincian estimasi biaya ya.

5. btw jacket secondhandnya dapet berapaan harganya yah?

Replies
    1. Lupa persisnya berapa, kalo gak salah sama kayak yang tertera di foto kok harganya.

6. Pengen juga explore Korsel :(
    Kali aja ketemu cowok cakep Korea.

1. Capcuzz ke sana..stok cowok cakep nya banyak :D

Delete
  7. Mbak kalo untuk atm sendiri di sana banyak daerah Myeongdong ya katanya? Takut aja nanti kehabisan uang cash gitu. Dan itu nanti yang keluar versi usd apa won ya?

Terus katanya di Hongdae itu ada tempat nyanyi-nyanyi Kpop. Mbak Nidy tau nggak? Ya siapa tau ada anak Kpop beneran hahaha *ngarep banget*

Oh iya belanja di Myeongdong sama Dongdaemun lebih rekomen mana Mbak?

1. Iya di Myeongdong. Versi Won donk.. :p

Aku pas ke Hongdae gak sempat explore macam-macam :(

Kalau make up, better Myeongdong. Lengkap mau merk apa aja ada.
      Kalau Dongdaemun lebih banyak baju-baju, tapi aku gak belanja di sana soalnya waktu itu lagi gak ada model baju yang cocok.

8. Dear Miss Nidy,
    Nice post, ngebantu banget buat kita yang berencana jadi independent traveler ke South Korea.

Ohiya, aku boleh minta guideline kalau mau ke Namsan Seoul Tower by cable car? Soalnya aku baca di blog ini, dari Hoehyon Station kita harus cari Tunnel No.3 menuju ke cable car station , tapi aku masih kurang jelas. Arahan/ posisi nya si cable car station ini di sebelah mananya Hoehyon Station?

Anyway, thanks before :)

9. 2 orang ahjussi itu baik-baik ya, tapi ke mana cowok-cowok mudanya? :D

Si Ulfa pas pake hoodie itu mengingatkan gue dengan karakter Luna Lovegood di film Harry Potter 6 yang nonton pertandingan Quidditch pake jaket bertudung singa :))))

Replies
    1. Kita kalah pamor sama cewek2 Korea, jadi oppa2 gantengnya lebih memilih mereka. Kita kebagian ampas T.T

Delete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!