Ada Pantai Mirip Navagio Beach Yunani di Bali!

pantai mirip dengan navagio beach yunani

Saat gue merencanakan trip ke Bali beberapa minggu yang lalu, seperti biasa gue rajin blogwalking buat ngegali informasi. Maklum tujuan kali ini bukan spot-spot mainstream yang sudah banyak informasinya bertebaran di media internet. Lalu terpakulah gue dengan salah satu foto yang dalam sedetik gue langsung mikir 'Gila ini mirip banget sama Navagio Beach di Zakynthos Yunani!!" Fyi, Zakynthos ini salah satu yang ada di bucket list gue. Jadi wajar kalau gue girang pas nemu tempat yang mirip dan gak kalah cantik tapi ternyata masih di Indonesia.


kelingking secret point nusa penida

Pantai ini adanya di Nusa Penida. Nama tempat keren ini juga banyak versinya. Ada yang bilang Karangdawa atau juga Kelingking Secret Point. Sebenarnya adalah Kelingking Secret Point. Kalau bertanya sama penduduk sekitar, mereka lebih tahu dengan nama tersebut. Di papan petunjuk jalanpun juga tertulisnya Kelingking aja. Entah kenapa dinamakan demikian, kenapa gak jempol atau telunjuk. Sementara Karangdawa itu seperti nama desanya. Jadi intinya Kelingking Secret Point itu ada di Karangdawa. Lalu pas gue cari di google maps, gak nemu sama sekali kalau kita cari dengan keyword Kelingking Secret Point. Gue cari dengan keyword Karangdawa juga adanya di tengah-tengah pulau, padahal ini kan ada di garis pantai gitu. Tapi setelah gue telusuri peta Nusa Penida, ketemulah dengan nama Cliff Manta Point. Oke, jadi kalau kalian mau ke sini patokan dan keyword di google maps adalah Cliff Manta Point ya, guys!

peta menuju kelingking secret point beach nusa penida

Menuju ke Kelingking Secret Point bisa ditempuh dengan berkendara naik motor selama 45 menit sampai 1 jam. Jalanan menuju ke sini sempit, idealnya memang naik motor. Kalau naik mobil, bakal jadi PR banget saat ada mobil dari lawan arah datang.

kelingking secret point nusa penida

Begitu mendekati tempat ini, gue sempat bingung karena motor yang kita kendarai berujung sama lahan terbuka dengan ujungnya jurang. Pas gue intip ke arah jurang kok ya belum kelihatan juga. Sampai akhirnya ada nenek-nenek menghampiri gue sambil bawa celurit. Sumpah gue takut disambit karena masuk lahan dia. Abisan kayak kebon kosong gitu. Gak tahunya dia mau nganterin kita ke tempat yang dimaksud. Walaupun ujung-ujungnya dia minta duit sih, tapi kasih aja sukarela. Setelah itu dia kembali lagi ngebon.

navagio beach di bali

Kelingking Secret Point letaknya ada di bawah tebing dan gak ada akses untuk ke bawah. Gue pernah lihat video orang di Youtube yang bisa turun sampai atas bukitnya, entah bagaimana caranya. Sementara gue yang baru melihat dari atas tebing aja udah gemeter takut lihat ke bawah. Gue mah melihat dari jauh aja udah senang banget. Yaa kayak lihat gebetan jalan di depan kelas lah, dari jauh aja udah senang tapi giliran disuruh deketin udah gemeter duluan.

pantai mirip navagio beach zakynthos

Selain foto-foto, gak ada yang bisa dilakukan sih di sini. Maklum tempat ini belum komersil, orang yang  datang aja cuma gue dan L, terus gak lama kemudian ada pasangan bule datang juga cuma sebentar. Oh iya di sini juga ada pura nya, jadi behave ya guys.

pura di kelingking beach
perjalanan menuju kelingking beach

Gue gak ngerti apa karena tempat ini belum ada yang kelola atau gimana, tapi di beberapa sudut ada sampah bertebaran gitu aja. Sedih lihatnya loh... Kalau kalian travelling kemanapun itu, misalkan ada sampah yang mau kalian buang tapi gak nemu tong sampah, ya masukin tas dulu aja sih sampahnya. Jangan sampai tempat secantik itu jadi rusak gara-gara traveller yang gak bertanggung jawab. Please be smart traveller yet responsible.. Happy travelling! :)







FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

0 Comments