Garden By The Bay Singapore

garden by the bay

Berkunjung ke Singapura, kurang lengkap kalau belum ke Garden By The Bay. Sebagai negara dengan luas negara yang gak begitu besar dan jumlah hutan yang sedikit, Singapura gak kehabisan akal. Sebuah organisasi independen akhirnya berinisiatif membangun tempat ini. Pada tahun 2006 diadakan kompetisi internasional untuk membuat master plannya. Dua pemenangnya merupakan designer asal United Kingdom, yang pada akhirnya area Bay South didesain oleh Grant Associated dan area Bay East didesain oleh Gustafson Porter. Garden By The Bay juga sudah menyabet berbagai penghargaan internasional. Gak heran sih, karena begitu gue memasuki tempat ini, berkali-kali gue dibuat amazed.


singapore flyer
dragonfly & kingfisher lakes

Ada beberapa area yang menjadi favorit pengunjung. Diantaranya adalah Cloud Forest, Flower Dome, dan OCBC Skyway. Selain itu juga ada Dragonfly & Kingfisher Lakes, Far East Organizations Children's Graden, Malay Garden, Chinese Garden. Dalam setahun juga ada berbagai festival padang bunga. Diantaranya adalah Tulipmania (8 April - 22 Mei), Lilytopia ( 3 Juni - 10 Juli), Orchid Extravaganza (22 Juli - 28 Agustus), Tribal Tempo (9 September - 30 Oktober), Merry Medley (11 November - 5 Januari). Sebenarnya gue ngincer bunga tulip saat ke sana, tapi sayang bukan pas musimnya. :(

trash bin in singapore
singapore flyer
harga tiket masuk garden by the bay

Tiket bisa dibeli di counter resmi yang ada di Garden By The Bay langsung. Harga tiket masuk Garden By The Bay untuk double conservatories (Flower Dome & Cloud Forest) seharga 28 SGD per orang, sementara tiket masuk ke OCBC Skyway 8 SGD. Setelah gue searching, ternyata lebih murah beli tiket Garden By The Bay secara online di travel agent. Gue dapat tiket masuk ke dua conservatories dan OCBC Skyway hanya 238k IDR saja. Sebenarnya kalau gak masuk ke Flower Dome, Cloud Forest, dan OCBC Skyway, kita bisa menikmati Garden By The Bay secara FREE. Asyik banget gak tuh! Jam operasionalnya mulai dari 9 am hingga 9 pm.

Flower Dome

flower dome garden by the bay singapore

Tempat ini merupakan rumah kaca terbesar di dunia. Ada banyak tanaman dan bunga dari berbagai penjuru negara. Udara di dalam Flower Dome lumayan sejuk, sehingga cukup nyaman untuk keliling area yang luasnya 1.2 hektar ini. Gak bakal kepanasan deh. Berhubung gue datang di akhir November, gak heran sudah banyak sekali dekorasi natal. Cantik banget!

flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay singapore
garden by the bay
garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay
free guide tour at flower dome garden by the bay
flower dome garden by the bay

Jika berkunjung mulai dari jam 11 siang sampai jam 3 sore, pengunjung bisa request tour guide secara FREE loh.

Cloud Forest

cloud forest garden by the bay

Begitu memasuki area ini, udara dingin langsung terasa. Gue sarankan untuk pakai jaket atau sweater. Pengunjung yang baru datang, langsung disambut oleh Waterfall View. Air terjun buatan ini juga salah satu atraksi yang menarik orang-orang ingin mengunjungi Cloud Forest.

cloud forest garden by the bay

Luas areanya gak sebesar Flower Dome, tapi tempat ini punya level ketinggian makanya disebut Cloud Forest, karena dibuat seolah-olah kita lagi naik gunung tinggi yang udah banyak awan di sekitarnya. #Sotoy Oh iya, pada jam-jam tertentu di Cloud Forest ini akan mengelaurkan efek kabut sehingga semakin terasa efek 'cloud'nya.

mystical forest at garden by the bay
cloud forest garden by the bay

Bagi yang takut ketinggian, gue gak menyarankan untuk naik hingga ke atas, karena harus melewati Treetop Walk yang menurut gue lumayan tinggi dan membuat jantung ser-seran.


Selain itu juga ada pertunjukan +5 Degree, yaitu sebuah film dokumentasi yang bercerita mengenai perubahan iklim yang terjadi di dunia. Cuplikan filmnya ada di video yang udah gue upload di account youtube gue. #Promosi


OCBC Skyway & Supertree Grove


Tempat ini sangat cantik pada malam hari, sayangnya gue datang pas masih sore. Kalau gak naik ke OCBC Skyway, kita sama sekali gak dipungut biaya. Tapi gue saranin sih naik, pemandangan dari atas keren banget. Kita bisa foto dengan latar belakang Marina Bay Sands Hotel dan Singapore Flyer. Kece lah pokoknya!

ocbc skyway garden by the bay
tiket masuk garden by the bay
harga tiket ocbc skyway garden by the bay
supertree grove
ocbc skyway


Gue punya phobia ketinggian, tapi semenjak kerja di lantai 36, ketakutan gue akan ketinggian perlahan memudar. Sehingga pas ke OCBC Skyway ini udah gak terlalu takut. Jangan terlalu sering melihat ke bawah, yang penting nikmatin aja pemandangan di sekitar OCBC Skyway ini. Tapi kalau memang gak berani sama sekali untuk naik, mendingan di bawah aja juga gak apa-apa. Gratis malah kalau cuma di bawah. Lagipula track skyway nya pendek kok. Nothing to do up there, but to enjoy the view.

kingfisher lakes singapore

Getting There



Cara menuju Garden By The Bay ini cukup mudah. Naik Mrt, turun di Bayfront station. Stasiun ini menghubungkan Marina Bay Sands Mall, Hotel, Casino, dan ada akses ke Garden By The Bay juga. Setelah keluar dari stasiun MRT, belok ke kanan. Nanti ada lift menuju jembatan penyebrangan dan  langsung sampai persis di depan Garden By The Bay. Gampang, kan??



Klook.com


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

5 Comments

  1. 4 kali ke Singapura (termasuk 1 kali transit 6 jam), gue belum kesampaian juga ke sini. Syediiihhh. Kurang riset karena masih pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woelah pemula darimana nya si nugie.. Ini juga gue baru sekali kok ke sana.. :D

      Delete
  2. Gue udah pernah ulas 2 hostel di Singapore ko di blog ini. Kalo gak cocok, coba cari daerah Chinatown atau lavender kalau mau yg murah2.

    ReplyDelete
  3. Lihat foto-foto di postingan ini kok saya teringat salah satu adegan film Hollywood yah yang shooting di tempat ini.

    ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!