Akhir Pekan Melelahkan di Singapore

Hello nidyholic, baru sempat update blog nih mak! November super duper sibuk #songong
Mulai dari ultah gue, ultah bokap, sampai ngurusin keperluan bikin visa gue beserta travelmate gue. #fiuh

ke singapore naik air asia



Di penghujung bulan November kemaren, gue menghabiskan waktu jalan-jalan ke Singapore bareng nyokap, adek gue, dan Ulfa. Beli tiket sebulan sebelumnya dan Alhamdulillahh dapat harga lumayan murah. Berhubung gue lagi gak bisa cuti, jadi kita cuma bisa pergi saat Sabtu dan Minggu aja. Haseeik gaya bener weekend-an di Singapore.

cerita perjalanan ke singapore bareng orangtua

Trip kali ini juga tujuannya buat nemenin nyokap yang kepengenan foto bareng Merlion dan Ulfa yang mau ngisi cap di passpornya biar pas urus visa gak kosong-kosong amat gitu passpornya.
Berangkat Sabtu siang, dan sampai di Changi airport sekitar jam setengah 6 sore waktu Singapore. Perbedaan waktu di sana lebih cepat satu jam dari Jakarta.

kuliner di chinatown singapore
exploring chinatown singapore

Kita langsung menuju ke hostel di daerah Chinatown. Nyokap gue baru pertama kali ke luar negeri. Jadi tingkah noraknya selama di sana malah bikin kita ketawa-ketawa. Dia gak pernah jalan kaki jauh, sementara selama di sana kita wajib jalan kaki. Pas ngerengek minta naik taksi, begitu kita sebutin harganya dia cuma pasrah lanjutin jalan kaki. Hahahahaa

naik mrt di singapura

Gue udah booking hostel di 5footwayinn project Chinatown 1. Lokasinya perfect banget yaitu di Pagoda street dan cuma 'sejengkal' dari stasiun MRT Chinatown. Di sekeliling hostel ini banyak tempat makan dan belanja oleh-oleh. Untungnya daerah pertokoan di Chinatown ini tutupnya cuma sampai jam 10 malam, jadi saat waktunya tidur ya udah sepi.

belanja di chinatown singapore

Begitu sampai di hostel kita cuma naro koper di kamar kita. Alhamdulillahh sekamar cuma kita berempat aja, tanpa ada orang lain dan gak takut bakal terjadi tragedi lagi. Kita langsung cari makan di kawasan Chinatown. Letaknya dekat dari hostel kok. Jadi semacam foodcourt gitu, tapi sayang jarang yang halal. Gue, nyokap, dan Ulfa pesan makanan di satu booth yang sama. Gue dan Ulfa pesan fried carot cake, sementara nyokap pesan mie udang gitu. Si Anis mesen menu nasi di booth sebelah. Fried carrot cakenya cuma S$4 aja, tapi berujung kesal. Jadi yang jaga booth ini 2 orang chinese yang bahasa Inggrisnya cuma bisa nyebutin angka yang tertera di papan menu. Mie udang dan satu fried carrot cake udah jadi, sisa satu lagi carrot cake. Gue minta sisanya tapi dia kasih crispy fried carrot cake. Gue jelasin pake bahasa Inggris, eh dia nyerocos pake bahasa mandarin. Gue mana ngertiiii T.T
Tapi akhirnya dia ngasih juga itu pesanan gue.

makan malam di chinatown singapore
makan malam di chinatown singapore
kuliner di chinatown singapore
kuliner di chinatown singapore

Setelah makan makanan yang rasanya aneh itu, nyokap balik ke hostel buat istirahat. Sementara gue, Ulfa, dan Anis cuz ke Marina Bay Sand buat nonton pertunjukan air mancur laser di Waterfront Promenade. Sempat nyasar di stasiun MBS karena kita salah exit, dan begitu sampe di dalam mallnya kita nanya sama petugas concierge yang super duper ramah dan jelas banget kasih petunjuk dimana area shownya.
Kita datang di saat yang tepat banget, dan untungnya dapat seat paling depan meskipun resiko kena cipratan air juga makin besar bok! Tapi #akurapopo yang penting dapat seat.

waterfront promenade singapore
waterfront promenade singapore
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
marina bay sand malam hari
backpacking to singapore
jalan-jalan murah ke singapore
jalan-jalan murah ke singapore
jalan-jalan murah ke singapore
jalan-jalan murah ke singapore
jalan-jalan murah ke singapore

Setelah selesai nonton, kita lanjut foto-foto di sekitar area MBS. Pemandangannya cantik di sana kalau malam. Januari lalu gue juga ke sana dan paling menikmati banget istirahatin kaki di pinggir danaunya.
Sekitar jam 11 kita langsung balik ke hostel. Kaki udah pegal banget, gue dan Ulfa langsung mandi biar tidurnya enak. Besok paginya, seperti biasa gue selalu bangun paling pertama di antara yang lain. Langsung mandi dan breakfast di pantry.

pengalaman menginap di 5footway inn chinatown

Petualangan hari ini dimulai dengan menuju ke Merlion Park. Kita naik mrt dari chinatown, transit sekali di dhoby ghaut, lalu lanjut ke arah raffless place. Begitu keluar dari stasiun rafless place langsung disambut taman kota yang cantik banget. Ada sekelompok burung merpati yang fotogenic banget. Jalanan dari stasiun raffless place ke merlion ini asri banget. Kita ngelewatin hotel fullerton, jembatan anderson, dan kolong jembatan yang bersih banget. Jangan bayangin kolong jembatan casablanka ye mak!
Seperti yang udah gue duga, di merlion park ini banyak banget turis. Dari Thailand, Filiphina, dan of course Indonesia juga banyak.

foto di merlion park bareng mama
foto di merlion park bareng mama
spot foto di merlion park

Berhubung cuaca saat itu panas banget, jadi kita cuma numpang foto terus lanjut balik ke stasiun mrt lagi. Tapi sebelum ke stasiun mrt, kita nyantai dulu di taman. Gue juga sempat mampir ke H&M di dekat situ nyari titipan teman gue.

spot foto di merlion park
rafless park singapore
rafless park singapore
rafless park singapore

Tujuan selanjutnya yaitu Orchard. Secara line dr Raffless Park ke Orchard ini sejalur jadi ke sana dulu aja. Kita cuma mampir ke Forever 21 dan Ruby. Lalu lunch di foodcourt Lucky Plaza. Pesan masakan Padang dan gak enak, nasinya keras banget. Abis makan kita nyantai lagi di pelataran Ion, sambil nikmatin es krim orchard yang harganya sekarang naik jadi S$1.2.

harga ice cream orchard singapore
beli sepatu di ruby ion orchard
belanja di orchard singapore

Setelah dirasa kaki udah agak kendoran dikit uratnya, kita lanjut lagi ke USS. Lagi-lagi cuma numpang foto aja. Di situ kaki berasa banget sakitnya dan badan juga udah lemas. Tapi kita harus segera menuju mustafa center buat beli oleh-oleh lagi. Dari stasiun harbour front kita lanjut naik mrt menuju stasiun ferrer park. Dari stasiun gak jauh kok jalannya. Tapi sebelum kita masuk mustafa center, nyokap kita suruh tunggu aja di restaurant india yang lokasinya persis depan masjid.
 
cara menuju ke universal studio singapore
cara menuju ke universal studio singapore

Di sepanjang jalan orang-orang bermuka timur tengah tumpah ruah ke jalan dan anehnya 90% nya cowok semua. Kita deg-degan lihat kanan kiri begitu semua pemandangannya. Macam di west side nya new york kali ya orang item semua.

cara menuju ke universal studio singapore
foto di universal studio singapore
foto di universal studio singapore
foto di universal studio singapore
 
Anis dan Ulfa kalap belanja cokelat, gue cuma beli beberapa kitkat greentea aja. Penataan rak-rak di mustafa center ini kayak gang senggol, bahkan letak kasirnya gak memungkinkan kita untuk antri panjang.
Selesai belanja kita nyusul nyokap yang udah kelar makan.

belanja di orchard
cara menuju merlion park
pemandangan marina bay sand di malam hari

Gue pesan nasi briyani, sementara Ulfa pesan roti prata. Penampakan makanannya udah gak sempat gue fotoin saking capeknya.
Makanan udah habis tak bersisa, lanjut lagi balik ke hostel ngambil koper sekalian beli oleh-oleh lagi di sekitar chinatown. Again???

cara menuju merlion park
akhir pekand di singapore
akhir pekand di singapore

Karena waktu yang mepet, jadi gue bagi tugas. Gue dan Ulfa ambil koper sekalian beresin barang-barang. Sementara nyokap dan Anis nyari oleh-oleh. Pas gue lihat jam ternyata udah jam 7 lewat. Sementara flighy kita itu jam 8:55. Gue panik langsung cabut dari hostel. Firasat gue, kejadian kejer pesawat seperti di Bali bakal terulang...

akhir pekand di singapore

Selama di mrt gue gelisah banget takut ketinggalan pesawat. Gue bagi tugas lagi, gue dan Ulfa lari ngejer buat naro bagasi. Anis dan nyokap nyusul aja di belakang. Gue udah wanti-wanti ke Anis buat naik sky train. Gue dan Ulfa udah lari kayak lagi marathon, mana nunggu sky trainnya lama banget. Gue tungguin Anis ama nyokap kok gak muncul-muncul. Pas sky train datang, udahlah gue tinggal aja dulu mereka yang penting bagasi masuk dulu biar kita semua dapat boarding pass. Untungnya loket bagasi masih buka dan kita masih dilayani padahal udah jam 8:15. Selesai urusan bagasi, gue duduk tenang di depan counter air asia. Tapi adek ama emak gue gak muncul-muncul juga. Mana wifi gak bisa connect!
Gak lama kemudian gue terima sms dari nyokap yang katanya mereka naik shuttle bus ke terminal 1. Kenapa naik shuttle bus daaaah???

akhir pekand di singapore
akhir pekand di singapore

Gue panik banget, gue tanya orang dimana shuttle bus bakal tiba dari terminal 2. Bapak yang gue tanyain dengan baik hati nunjukkin ke gue sambil dianterin, tapi jalannya lamaaaa banget sementara gue mau buru-buru. Udah ditunjukkinnya lama, ternyata dia salah persepsi. Dia pikir gue yang mau naik shuttle bus! Damn!

akhir pekand di singapore
akhir pekand di singapore

Akhirnya gue balik lagi ke tempat Ulfa nunggu karena udah jam 8:45. Ternyata Anis ama nyokap udah di sana nunggu dengan muka merah nahan nangis. Akhirnya kita lari lagi menuju counter imigrasi. Alhamdulillah antriannya gak panjang. Tapi begitu gue lihat kalau gate penerbangan gue itu ada di gate D37, gue langsung pengen buru-buru lari lagi karena lokasi gue masih di D01. Sementara letak dari satu gate ke gate lainnya bisa 500 meter. Setelah gue kelar lewatin imigrasi, gue teriak lagi ama Anis supaya dia belok kanan ke arah D37. Karena gue tahu dia gak berani nanya ama orang. Itu juga penyebab kenapa dia bisa nyasar naik shuttle bus. T.T

akhir pekan di singapore
 
Jarak dari counter imigrasi ke D37 kayaknya ada tuh 2 kilo. Jauh bangeeeet!!! Kaki gue udah capek banget. Wacana pengen nyobain kursi pijat di bandara Changi pupus sudah karena keleletan kami. Begitu sampai D37, ternyata masih ada antrian lumayan panjang untuk masuk ke ruang tunggu. Gue bisa bernapas lega dulu nih. Pas gue lihat ke belakang, ada Ulfa nyusul dan langsung tepar duduk di kursi sambil bilang 'aku kayaknya dikit lagi pingsan nih oma'. Kebayang gak sih kita lari-lari bawa troli sejauh itu. Gak lama kemudian nyokap dan Anis tergopoh-gopoh nyusul di belakang dengan bibir putih semua. Terus langsung rebahan di kursi. Gue ambilin air dulu buat mereka, kasian muka udah pada pucet semua. Pas gue balik ngasih air, nyokap gue cuma ngerengek 'mama kapok keluar negeri... mama mau cium kaki papa ntar kalo udah sampe rumah'. Hahahahahaha

akhir pekan di singapore

Jadi sebelum kita berangkat, bokap gue udah pesan 'Di sana jangan lupa shalat, Papa mau lihat foto kalian di mesjid jangan cuma foto depan singa'. Daaan kita gada satupun masuk ke dalam mesjid. Abis gimana sekalinya ketemu mesjid isinya cowo india semua, gak ada cewe sama sekali. Mungkin ini azab kita gara-gara gak nurut apa kata bokap gue. Hahahahahahaha

0 Comments