MAXI Travel: Travelling Sekarang, Bayarnya Nanti

maxi travel: travelling sekarang, bayarnya nanti

Hallo Nidyholic! Sudah pertengahan tahun, apakah sudah ada rencana travelling ke destinasi impian yang terealisasi? Tabungannya sudah terkumpul belum? Travelling dengan menggunakan uang dari hasil tabungan selama bertahun-tahun itu memang sangat amat disarankan. Tapi nggak enaknya ya harus nunggu bertahun-tahun dulu baru bisa travelling. Jika kalian seorang penyabar, ya nggak apa-apa. Bagus, malah. Tapi bagaimana kalau mendadak stress dan butuh liburan, sementara uang tabungan belum mencukupi? Bisa nggak sih travelling sekarang, bayarnya belakangan?




Jawabannya tentu saja bisa! Dengan kartu kredit, ada beberapa orang yang memanfaatkan program cicilannya. Jadi beli tiket pesawat hari ini, perginya minggu depan, baru bayar cicilannya mulai bulan depan. Gue pun pernah kok beli tiket pesawat, lalu bayarnya dengan menyicil menggunakan program cicilan 0% kartu kredit. Lalu bagaimana nasib orang-orang yang nggak punya kartu kredit?



By the way, ada yang sudah mendengar belum kalau sekarang bisa travelling hanya dengan mengagunkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)? Lho, apa nggak seram menjaminkan BPKB hanya untuk travelling? Masa buat travelling harus ngutang, sih. Oke, mari kita bahas bareng-bareng, yuk!




Apakah hutang itu baik?


Kalau kalian pernah kuliah di fakultas ekonomi atau setidaknya pernah tahu sedikit tentang hutang yang sehat itu seperti apa, mungkin gue nggak perlu menjelaskan panjang lebar lagi. Tapi gue yakin masih banyak yang skeptis dengan hutang itu seperti apa.



Di perusahaan-perusahaan besar, yang sudah nggak perlu suntikan modal dari mana pun, tetap membutuhkan hutang. Lho, buat apa? Dengan berhutang dan mereka berhasil menunjukkan ke investor bahwa mereka mampu membayar hutang dengan lancar, maka ratingnya akan semakin bagus. Tingkat kepercayaan investor dan bank juga semakin bagus. Suatu saat mereka butuh dana, bank nggak akan ragu untuk memberikan pinjaman lagi. Tapi gue nggak mau bahas lebih lanjut soal ini, karena gue juga bukan dosen, coy!



Hutang yang baik itu sifatnya harus lancar. Si peminjam ini mampu membayar hutang atau cicilan tiap bulannya. Logikanya mengapa banyak orang yang memilih untuk menyicil sesuatu itu gini, ya. Misalkan gaji kalian Rp. 7juta. Beli handphone seharga Rp. 5 juta. Menurut kalian, lebih baik mana nih ya.


  1. Ambil cicilan 0% selama tiga bulan. Jadi per bulan kurang lebih menyicil Rp. 1.7juta. Begitu ambil cicilan, gajinya masih utuh Rp. 7juta. Bulan berikutnya gajinya hanya berkurang Rp. 1.7juta, masih ada sekitar Rp. 5.3juta.
  2. Langsung bayar tunai Rp. 5juta begitu deal untuk beli. Jadi di bulan itu, gajinya tinggal Rp. 2juta. Memang nggak ada beban cicilan di bulan-bulan berikutnya sih, tapi bakal puasa dari Senin sampai Kamis dan buka puasanya pakai nasi sama kuah rendang doank dah sampai gajian berikutnya.



Kembali lagi, semua itu hanya pilihan, genks. Mau kalian bayar tunai atau menyicil, itu sah-sah saja. Wong yang punya duit itu kalian juga, kok. Ini gue hanya menjabarkan alternatifnya saja.



trip ke kuala lumpur malaysia


Lalu bagaimana dengan hutang atau pembiayaan untuk travelling? Kan travelling termasuk kebutuhan tersier, ya. Begini deh, menurut kalian menyicil beli handphone, mobil, atau motor itu termasuk kebutuhan primer, sekunder, atau tersier? Sama saja, kan. Logikanya, kalian pinjam uang orang sekian juta, mau dipakai untuk apa saja itu uangnya kan terserah kalian. Termasuk jika ingin digunakan untuk travelling. Toh, terpenting adalah kalian punya komitmen untuk bayar.



Orang-orang mengernyitkan dahi saat mendengar ‘travelling dengan jaminan BPKB’, karena ini merupakan hal baru. Padahal kalau dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit, intinya mah sama saja: menggunakan fasilitas pembiayaan atau hutang.




MAXI Travel by Adira Finance


Apa itu MAXI Travel?


MAXI Travel adalah program pembiayaan multiguna yang dimiliki Adira Finance untuk mewujudkan impian perjalanan bagi masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, Adira Finance berusaha memberikan alternatif pembiayaan bagi mereka yang nggak punya kartu kredit untuk tetap bisa travelling hanya dengan mengagunkan BPKB saja.


Kenapa harus dengan BPKB? Sekarang kalian perhatikan, kemacetan yang terjadi di jalanan ibukota saja adalah penanda bahwa warga Jabodetabek banyak banget yang punya kendaraan bermotor. Artinya mereka pasti punya BPKB, kan? Coba tebak-tebak saja, ada berapa orang dari warga Jabodetabek yang punya kartu kredit? Nah, di situlah Adira Finance mencoba untuk memberikan peluang bagi mereka yang nggak mempunyai kartu kredit, tapi tetap bisa mewujudkan cita-cita ke destinasi impiannya.



Persyaratan untuk Mengikuti Program MAXI Travel


MAXI Travel ini, proses pengajuannya lebih mudah karena ada barang (fisik) yang dijaminkan. Caranya kalian hanya cukup melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi STNK
  3. BPKB Mobil atau Motor
  4. Kartu Keluarga
  5. NPWP

Tenang, genks, BPKB ini bakal dikembalikan kok saat pelunasan terakhir. Makanya jangan sampai nunggak. :p

travelling dengan jaminan bpkb



Cara Pengajuan Program Pembiayaan Maxi Travel di Adira Finance


Ada dua cara dalam mengajukan program pembiayaan ini. Hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu adalah apakah agen travel yang mau kalian datangi ini sudah bekerja sama dengan Adira Finance atau belum.



Pertama, jika agen tour dan travel yang kalian datangi sudah bekerja sama dengan Adira Finance, kalian bisa langsung datang ke agen tour dan travel tersebut. Nanti mitra maxi akan menghubungi petugas di cabang Adira Finance terdekat untuk memproses pembiayaan.



Kedua, apabila kalian memang belum tahu perusahaan agen tour dan travel mana yang sudah bekerja sama dengan Adira Finance atau memilih perusahaan yang belum bekerja sama, datang saja langsung ke salah satu cabang Adira Finance terdekat untuk mengajukan pembiayaan program Maxi Travel, nanti pihak Adira Finance yang akan mereferensikan perusahaan tour dan travel yang sudah dipercaya.



Lama proses pengajuan pembiayaan ini paling cepat adalah satu hari, tergantung seberapa besar aset yang diagunkan. Untuk BPKB yang belum balik nama pun sudah bisa diproses, asalkan BPKB nya asli dan kendaraannya ada. Ya kalau kendaraannya nggak ada mah BPKB goib namanya :p


Berapa Besarnya Bunga Cicilan?

Kita ambil contoh paket travelling tiga negara 5D4N yang merupakan salah satu paket yang ditawarkan oleh MAXI Travel, ya. Yuk, kita hitung secara detail biar jelas nih.

paket travelling tx travel 3 negara

Harga yang ditawarkan sebesar Rp. 5,500,000. Besarnya cicilan setiap bulannya adalah Rp. 321,567. Kalau cicilannya ini tiap bulan dikali 24, totalnya jadi Rp. 7,717,608. Total bunga yang dibayarkan adalah Rp. 2,217,608 (Hasil dari Rp. 7,717,608 - Rp. 5,500,000). Nah, itu kan total bunga selama 24 bulan, kalau per bulan jadi Rp. 92,400. Sudah pada tahu kan cara menghitung persenan bunganya jadi berapa? Rp. 92,400 tinggal dibagi Rp. 5,500,000, lalu dikali 100%. Hasilnya adalah 1.68%. Kalau dibandingkan suku bunga kartu kredit, rata-rata di atas 1.8%. Ya, masih worth it, laaah.




Produk dan Promo di Adira Finance


Produk yang ditawarkan dalam program MAXI Travel antara lain yaitu paket wisata domestik dan luar negeri, perjalanan umroh, pemesanan tiket (pesawat/kereta api), booking hotel. Saat ini setidaknya ada dua promo yang sedang berlangsung.



MotoGP Sepang


Program regular MotoGp Sepang bersama TX Travel adalah paket tour nonton MotoGP Sepang serta tour di Kuala Lumpur untuk customer yang mengajukan pembiayaan multiguna dengan jaminan BPKB motor atau mobil. Paket ini cocok banget buat kalian yang nggak mau ribet pesan tiket nonton MotoGP, booking hotel, dan mau sekalian jalan-jalan di Kuala Lumpur. Karena sudah di-arrange secara lengkap oleh TX Travel. Cicilannya mulai dari Rp. 344,953 per bulan.



By the way, TX Travel merupakan salah satu official resmi Sepang Int'l Circuit untuk MotoGP Sepang 2018. Jadwal keberangkatan tournya tanggal 3 – 5 November 2018 untuk paket 3D2N dan tanggal 2-5 November 2018 untuk paket 4D3N. Wah pas tanggal ulang tahun gue ini. Kuy apa nih??


Paket Tiga Negara


Paket perjalanan wisata selama lima hari ke Singapura, Thailand, dan Malaysia dengan jaminan BPKB di Adira Finance. Periode penjualan program ini berlangsung sejak 7 April – 15 November 2018. Siapa tahu ada yang tertarik untuk melakukan travelling lintas tiga negara sekaligus seperti yang pernah gue lakukan di tahun 2015 lalu. Seru banget, lho! Sekali travelling, 2-3 negara terlampaui.


travelling ke singapura

************************************


Kalau kalian tertarik untuk segera mengajukan pembiayaan multiguna dengan MAXI Travel by Adira Finance ini, bisa langsung klik dicicilaja.com. Di situ kalian bisa menghitung sendiri simulasi cicilannya seperti apa dan bisa mengajukan pembiayaan langsung. Produk-produknya pun juga sudah tersedia, tinggal dipilih saja. Mudah dan nggak pakai ribet.



Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang memang sedang mentok dan bingung mau travelling tapi nggak bisa menabung atau nggak punya kartu kredit buat booking segala keperluan. Ada banyak jalan menuju Roma, genks. Kalau jalan A buntu, masih ada jalan B,C,D, dan seterusnya. Menabung itu wajib, tapi kalau ada bala bantuan lain yang memudahkan ya kenapa nggak, kan?

lomba foto dan video adira finance

PS:
Suka travelling keliling Nusantara dan punya stok foto-foto kecenya? Adira Finance lagi mengadakan lomba foto dan video yang berhadiah jutaan rupiah. Kepoin Instagramnya ya, buat tahu detail bagaimana cara ikutannya!





FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

4 Comments

  1. Tersentak membaca Hutang Baik. Bener juga ya. Kalau lancar kenapa tidak ?

    ReplyDelete
  2. Asliii detail banget ya perhitungannya. Tp emang iya siihhh kita mau berhutang apa aja juga sah sah aja asalkan komit sama pembayarannya. Gw pun juga punya cicilan di bank. Karena cicilan gw selalu lancar jd banyak bank yg rebutan biar gw buka pinjaman di bank mereka. Itu tandanya gw tercatat baik di tiap bank kan. Jd kalo mau ajukan pinjaman lagi selalu dipermudah. Intinya komit sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu gue kasih penjabarannya, nih. Soalnya banyak awam yang nggak gitu paham. Nah itu, hutang itu bukan masalah. Yang jadi masalah itu kalau nggak bisa bayar hutang. :))

      Delete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!