Berdamai dengan Pandemi bareng OCTO Mobile

 

Hal yang paling gue syukuri menjadi orang Indonesia adalah selalu bisa melihat pelangi di tengah badai. Nggak peduli sebesar apa masalahnya, selalu ada celah untuk berkata, “Untuuuuung aja.” Rumah kebanjiran, masih ada yang bisa bilang, “Untung ijazah gue sudah di-laminating, jadi nggak basah.” Lagi pandemi gini, masih bisa ngomong, “Untung pandemi adanya di tahun 2020, kalau di tahun 2000, mungkin gue nongkrong terus di warnet ambil paket 12 jam.” Well, yang ini gue setuju banget. Di saat pandemi gini, gue sangat amat bersyukur teknologi sudah jauh berkembang pesat. Semua hal bisa dilakukan secara daring dan membantu mobilitas kita dari manapun.

 

pengalaman menggunakan octo mobile digital banking

Mau belanja, sudah nggak perlu ke mall. Bahkan belanja sayur saja sudah bisa secara daring. Sungguh gue merasa beruntung sekali hidup di era serba digital ini. Kalau bukan karena pandemi, mungkin gue juga nggak akan ketergantungan transaksi daring ini. Siapa juga yang nggak suka keliling mall, ye kan? Gara-gara pandemi inilah, mau nggak mau akhirnya kenalan satu persatu dengan fitur-fitur di  marketplace, investasi online, dan digital bank.

 

Dari semua platform online itu, menurut gue penting banget untuk berkenalan dengan digital bank, sih. Sejujurnya, sebelum pandemi, gue nggak punya mobile banking app di handphone. Takut kebablasan dipakai buat belanja. Lagi-lagi, karena pandemi inilah mau nggak mau gue punya dan baru sadar pentingnya berkenalan, bahkan sampai khatam mengenai digital bank.

 

Nggak hanya sekadar transfer uang atau pembayaran online, ternyata lebih dari itu, gaes. Kalau kata Rihanna, “Where have you beeeeen?”

 

kelebihan dan kekurangan digital bank

Perkembangan digital bank pun semakin pesat. Bank konvensional mulai melek dan beralih ke platform digital. Nggak hanya sekadar sebagai platform untuk menabung, tapi juga bisa investasi. Pertanyaannya, digital bank apa yang patut gue coba?

 

Super Apps OCTO Mobile

Setelah melakukan riset sendiri, akhirnya gue menemukan produk perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan gue. Bank CIMB Niaga punya produk digital perbankan, namanya OCTO Mobile. Boleh dibilang OCTO Mobile ini aplikasi mobile banking yang super lengkap, genks. Nggak hanya tabungan, tapi juga ada reksadana, deposito, obligasi, dan ubah cicilan kartu kredit. Sesuai dengan tagline-nya, “Banyak bisanya, bisa semaunya.”

 

alasan memilih octo mobile


Tahapan pembukaan rekening bisa dilakukan dari rumah, tanpa perlu datang ke kantor cabang bank. Sangat berguna di masa pandemi, hitung-hitung membantu mengurangi penyebaran covid-19 karena  nggak berinteraksi dengan orang banyak.

 

Yuk, kita bahas keunggulan dari OCTO Mobile!

 

Keunggulan Fitur Utama OCTO Mobile

Dari hasil ngulik aplikasi OCTO Mobile, ada beberapa fitur utama menarik dari aplikasi ini yang membuatnya lebih unggul dari aplikasi digital bank lainnya.

 

Buka Rekening di Manapun dan Kapanpun

Yup, kita bisa bikin rekening CIMB Niaga kapanpun dan di manapun, tanpa perlu datang ke kantor cabang. Nggak hanya rekening kovensional, tapi juga rekening syariahnya pun bisa.

 

tutorial membuat account octo mobile

Untuk membuat rekening CIMB Niaga, kalian bisa download dulu aplikasinya di Google Playstore, Apple Store, maupun App Gallery. Pilih menu “Open my first CIMB Niaga Account”. Siapkan dokumen persyaratan pendukung, seperti:

  • E-KTP
  • NPWP (untuk akun tabungan, tapi kalau nggak punya juga nggak apa-apa)
  • Pulpen dan kertas putih (untuk contoh specimen tandatangan)

 

cara daftar octo mobile cimb niaga

Setelah itu kalian akan disuruh memilih mau membuat rekening apa, di antaranya yaitu tabungan (kovensional), tabungan syariah, atau rekening ponsel. Selanjutnya tinggal mengisi data diri dan foto.

 

cara mendaftar octo mobile

Ketika gue mencoba membuat rekening di OCTO Mobile, sumpah amazed banget, sih. Begitu upload foto e-KTP, datanya langsung terbaca jadi nggak perlu ketik kolom data diri lagi. Jika sudah selesai mengisi data diri, tinggal ke langkah selanjutnya yaitu verifikasi melalui video call. Tahap ini bisa langsung dilakukan atau membuat jadwal, nanti pihak CIMB Niaga akan menghubungi kita melalui video call sesuai jadwal yang sudah kita buat. #Beneran mudah, praktis dan nggak ribet! Hemat ongkos juga karena nggak perlu jauh-jauh ke kantor cabang dan lebih aman di masa pandemi ini.

 

Tansaksi Cashless Pakai Scan QRIS OCTO Mobile

Transaksi belanja semakin mudah dan aman dengan memakai fitur Scan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Tinggal scan barcode tiap kali mau transaksi di OCTO Mobile dan bisa pilih sumber dana yang ingin digunakan. Bisa dari tabungan, kartu kredit, rekening ponsel, dan poin Xtra.

 

Akses Biometrik Pakai Sidik Jari atau Face ID

Kalau kalian tipikal orang yang suka lupa dengan kombinasi password sendiri, tenang aja.. untuk dapat mengakses OCTO Mobile ini sudah bisa dengan sidik jari maupun face ID. Relatif lebih aman juga ketimbang hanya menggunakan password.

 

Ubah Transaksi Kartu Kredit Jadi Cicilan 0%

Bagi pengguna kartu kredit CIMB Niaga, melalui aplikasi OCTO Mobile ini juga bisa langsung mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan 0% untuk tenor tiga dan enam bulan dengan minimum transaksi Rp. 300ribu aja, lho.

 

Nggak hanya itu, kita juga bisa mengecek informasi kartu kredit, seperti tagihan bulanan hingga enam bulan terakhir, mengubah pin, dan memblokir kartu kredit. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan mengakses OCTO Mobile. Nggak perlu repot menghubungi call center bank. Sayang pulsa telepon. :p

 

Bisa Investasi Reksadana Mulai Rp. 100ribu

Kalau kata dosen gue dulu, “Don’t put your egg in one basket.” Kalimat itu baru berasa sekarang.  Daripada uangnya hanya mengendap di tabungan saja, kenapa nggak dialokasikan juga ke reksadana supaya bisa berkembang?

 

Melalui OCTO Mobile, kita juga bisa berinvestasi di reksadana dengan modal mulai Rp. 100ribu saja. Selain reksadana juga ada pilihan obligasi, deposito, tabungan berjangka, tabungan valas, hingga asuransi. Berhubung peraturan OJK yang mengharuskan kita untuk mempunya Single Investor ID (SID), jadi bagi yang belum pernah berinvestasi di pasar modal, diwajibkan untuk membuat SID terlebih dahulu. Pembuatan SID ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi OCTO Mobile, kok.

 

Mengapa Harus OCTO Mobile?

Selain fitur utama yang sudah gue sebutkan di atas, OCTO Mobile juga punya fitur tambahan lainnya yang bikin gue semakin yakin mengapa gue harus segera download OCTO Mobile.

 

keunggulan digital bank octo mobile

Bebas Biaya Transfer antar Bank hingga 20x/Bulan

Meskipun biaya antar bank kelihatan nggak seberapa, tapi kalau dikali 10 kali ya bakal terasa berat juga. Bisa buat beli kuota paket internet. Apalagi kalau sampai 20 kali transfer, kan. Dengan kelebihan ini, cukup membantu kita dalam berhemat.

 

kelebihan digital bank

Bisa Top Up ke Berbagai E-Wallet

Di masa pandemi, transaksi secara cashless sangat berguna banget. Jujur, sejak pandemi, gue jadi jarang pegang uang tunai. Parno aja gitu kalau pegang uang bekas dipegang orang banyak. Biasanya, gue melakukan top up e-wallet di mesin ATM, sekarang sudah bisa top up e-wallet (Gopay, OVO, Linkaja) langsung di OCTO Mobile. Selain itu juga kita bisa isi pulsa, paket data, dan PLN juga.

 

Ada Pilihan Produk Syariah Juga!

Saat ingin membuka rekening CIMB Niaga melalui OCTO Mobile, gue juga mengecek produk-produk yang tersedia. Ternyata bisa bayar zakat, donasi, sampai deposito syariah juga.

 

Extra Untung dengan Xtra Poin

Poin yang dihasilkan tiap transaksi dengan CIMB Niaga bisa langsung digunakan untuk belanja lagi atau ditukarkan dengan milieages. Satu poin Xtra senilai dengan Rp. 10.

 

xtra poin cimb niaga octo mobile

Selain dari hasil transaksi belanja, saldo tabungan kita juga bisa dipakai untuk mengumpulkan poin.  Dengan minimal saldo tabungan sebesar Rp. 100ribu, akan mendapatkan satu poin xtra. Banyak banget untungnya.

 

Berdamai dengan Pandemi bareng OCTO Mobile

Tahun 2022 sudah kurang dari empat bulan. Kita nggak tahu sampai kapan pandemi akan berakhir. Daripada “You and me against the pandemic,” kenapa nggak berdamai saja dulu. Bagi gue, kehadiran OCTO Mobile seakan membantu kita untuk berdamai dengan pandemi.

 

kelebihan digital banking


Daripada hanya marah-marah, bikin imun makin turun, mending cari jalan keluar. Bisa dimulai dari beralih ke digital bank dulu. Kegiatan yang dulunya hanya bisa dilakukan di bank, sudah bisa dilakukan dari rumah. Selain aman, tentunya juga lebih hemat. Nggak perlu keluar ongkos jalan ke bank maupun ATM. Banyak kemudahan yang ditawarkan.

 

goal savers cimb niaga

Oh iya, CIMB Niaga juga punya produk tabungan GOAL Savers yang membantu kaum-kaum tangan gatal dikit-dikit check out keranjang belanja. Dengan adanya GOAL Savers ini, gue bisa lebih disiplin dalam menabung. Bisa diatur juga apakah ingin menabung harian, mingguan, maupun bulanan. Kalau ada bucket list yang ingin gue wujudkan, GOAL Savers inilah jalan ninjaku. Jadi tabungannya nggak tercampur dengan tabungan yang akan digunakan untuk tujuan lain. Perkembangan tabungannya juga bisa dipantau setiap hari melalui OCTO Mobile.

 

Orang-orang yang melek investasi juga semakin banyak. Di OCTO Mobile ada banyak pilihan produk investasi, seperti reksadana, deposito, obligasi, tabungan valuta asing, dan asuransi. Menurut gue, daripada kebanyakan buka akun di berbagai platform untuk kebutuhan investasi yang berbeda-beda, lebih baik sekalian buat account-ya di OCTO Mobile aja nggak, sih? Cukup satu account saja, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.  OCTO Mobile sudah jadi one stop financial solution.

 

digital banking terbaik

Pembuatan account-nya mudah dan tanpa biaya, untuk tahu lebih lanjut, coba download dulu aja ya, genks. Selamat mencoba!

kelebihan dan kekurangan digital banking


0 Comments