Nyobain Menu KFC Pertama di Indonesia

 

Ngomongin soal ayam goreng Kentucky, yang terlintas pertama kali pasti KFC. Ya setidaknya di otak gue begitu, sih. Merk franchise yang dimiliki keluarga Gelael ini sudah tersebar di seluruh pelosok negeri. Bahkan meskipun merk saingan dan usaha UMKM yang menjual produk serupa, masih identik dengan merk KFC. “Mau makan ayam kaepci, ah,” tetapi yang dibeli malah ayam Sabana. Saking melekatnya image ayam goreng tepung ala Kentucky ini dengan merk KFC.  Lalu apa yang mau gue ulas kali ini? Ayam KFC kan semua orang juga sudah tahu. Eits, tapi kalian sudah pernah nyobain menu KFC pertama di Indonesia belum?

 

nyobain menu kfc pertama di indonesia

Yup, menu KFC pertama yang hadir di Indonesia adalah Classic Combo. Konon, menu ini adalah menu yang pertama kali disediakan KFC saat pertama kali debut di Indonesia pada tahun 1979. ((DEBUT)) Kalian sudah lahir belum tahun 1979? Sungkem dulu lah kalau ada yang sudah lahir.

 

Lokasi KFC Jadul

Gerai KFC pertama di Indonesia berlokasi di Melawai. Sekarang bangunan aslinya sudah nggak ada. Nah, KFC akhirnya membuat gerai baru lagi di Taman Melawai. Uniknya, KFC memilih bangunan tua untuk gerai barunya kali ini. Sehingga para pelanggan seolah diajak kembali bernostalgia dengan KFC.

 

lokasi kfc jadul melawai
kfc pertama di indonesia

Di Jalan Melawai ini sebenarnya ada dua gerai KFC, pertama di Melawai Plaza (bekas MCD), dan satu lagi yang di Taman Melawai ini. Letaknya ada di sebelah kanan jalan. Mudah kok menemukannya. Apalagi bentuk bangunannya yang jadul, eye catching banget!


Dari area Little Tokyo dekat banget. Kalau kalian tahu supermarket Papaya, tinggal jalan saja lurus. Jika naik MRT, turun di MRT Blok M, ya.

 

Gerai KFC dengan Nuansa Vintage

Buat teman-teman yang sudah sering mampir ke blog ini, pasti tahu banget gue doyan hal-hal berbau vintage. Ini juga alasan gue tertarik banget mendatangi KFC Taman Melawai ini.

 

kfc jadul melawai

Dari bangunan luarnya saja sudah vintage banget. Di kawasan Melawai ini memang masih banyak terlihat rumah-rumah jadul nan megah. Begitu memasuki gerainya, gue makin suka. Gue nggak ngerti sih apa bangunan ini sudah masuk dalam kategori cagar budaya atau nggak. Tapi gue senang masih ada bangunan jadul yang dipertahankan seperti ini.

 

kfc jadul di indonesia
kfc taman melawai jakarta
lokasi kfc jadul

Kesan jadulnya semakin terasa saat melihat bentuk tangganya yang terbuat dari kayu berwarna gelap. Jadi ingat tangga-tangga di museum. Belum lagi bentuk jendelanya yang tinggi ala zaman penjajahan Belanda. Lalu ditambah kap lampu yang terbuat dari kaca patri. Cantik banget!


Gerai ini terdiri dari dua lantai. Pelanggan bisa memesan di lantai pertama melalui mesin layar sentuh. Pembayarannya nggak menerima uang tunai. Jadi siapkan kartu debit, kartu kredit, ataupun e-wallet. Kemudian mengambil pesanannya di tempat pengambilan.

 

cara pesan kfc online
lokasi kfc jadul indonesia
kue pukis kfc

Di lantai pertama ini juga ada KFC Kafe yang menyediakan kopi dan desert. Gue dan teman gue memesan kue pukis. Penasaran karena baru kali ini melihat ada kue pukis di KFC.

 

 

Nyobain Menu KFC Pertama di Indonesia

Ini dia yang gue nantikan. Umumnya, menu KFC yang biasa kita jumpai adalah nasi dan ayam goreng. Nah, ternyata pada saat KFC pertama kali masuk ke Indonesia, mereka belum menyajikan menu nasi. Kalau penasaran seperti apa menu KFC pertama di Indonesia, kalian wajib nyobain Classic Combo.

 

harga menu classic combo kfc

Harga seporsinya sekitar Rp.45,454 belum termasuk pajak. Isi menunya terdiri dari ayam goreng original (bukan yang crispy), roti dua buah, jagung rebus, salad, mashed potato. Gue baru sadar setelah beberapa menit menerima pesanan gue, ternyata porsi karbohidratnya banyak banget! Sudah ada jagung rebus, dikasih roti pula, lalu ditambah mashed potato. Kayaknya KFC tahu banget kalau orang Indonesia butuh karbo banyak.

 

menu classic combo kfc
menu classic combo kfc
menu kfc jadul
menu kfc jadul

Sejujurnya, inilah pengalaman pertama gue nyobain original chicken-nya KFC. Selama ini hanya makan yang ayam crispy. Ternyata enak juga ya. Selama ini ragu mau nyobain yang original karena salah seorang teman pernah bilang bahwa ayam original-nya KFC keasinan. Jadi nggak pernah mau nyobain.

 

Pas gue rasain sendiri, nggak juga, ah. Tingkat keasinannya pas di lidah gue. Lebih ke gurih, sih. Enak lah pokoknya. Saladnya juga enak, jagung rebusnya beneran manis, mashed potatonya lembut banget dan enak, rotinya tawar cenderung manis.

 

Surprisingly, kombinasi makanan tersebut cocok di lidah. Nikmat dan gue nggak merasa kurang kenyang hanya karena nggak pakai nasi. :D

 

kfc jadul ada di mana
lokasi kfc jadul
kfc jadul melawai

Sayangnya, menu Classic Combo ini hanya tersedia di gerai KFC Taman Melawai. Jadi kalau kalian penasaran mau nyobain menu ini, kalian harus ke gerai ini. Tapi untungnya, sudah tersedia kok di ojek online. Kalian tinggal pilih KFC yang di Taman Melawai ya. Di gerai lain nggak tersedia.

 

Dari inovasi menu yang pernah gue cobain dari KFC, menurut gue menu Classic Combo ini berhasil, nggak zonk sama sekali. Kalau kalian tipe yang wajib makan nasi tapi masih penasaran juga dengan menu Classic Combo, ya tinggal pesan nasi secara terpisah saja.

 

Semoga review kali ini bermanfaat ya dan selera lidah gue juga cocok sama kalian. Selamat mencoba!

 

 

2 Comments

  1. Menu itu masih ada yah? Kirain season-an aja.. jadi makin tergoda buat nyobain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada, tapi cuma di gerai yang di Taman Melawai aja :D

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!