Pengalaman Naik KA Lokal ke Bandung (Jadwal, Rute, Harga Tiket)

 

Jalan-jalan ke Bandung dari Bogor hanya bermodal ongkos Rp. 21ribu, apakah mungkin? Mungkin aja, bestie! Hari gini apa sih yang nggak mungkin. Dalam rangka menghabiskan sisa cuti tahun lalu, gue memutuskan untuk jalan-jalan ke Bandung dan nyobain kereta api lokal. Waktu yang ditempuh yang lebih lama, tapi kapan lagi ke Bandung Cuma Rp. 20ribuan aja, ya nggak?

 

naik kerea lokal murah ke bandung dari bogor

Tarif Kereta Lokal ke Bandung

Sebenarnya sudah lama gue ingin mencoba rute kereta api lokal ini. Selain murah, kayaknya seru aja gitu. Lumayan kan pos pegeluaran untuk ongkos ini bisa dialokasikan ke oleh-oleh buat keluarga di rumah.

 

Untuk rincian ongkos jika berangkat dari Bogor, bisa kalian cek di bawah berikut ya.

 

ongkos tarif kereta lokal ke bandung dari bogor

Kalau titik keberangkatan kalian dari Bogor, sama seperti gue, kalian bisa langsung pakai patokan harga ongkos ini. Dengan catatan, sebelum ada kenaikan harga tiket KRL ya, karena konon akan ada kenaikan harga dalam kurun waktu yang belum dipastikan. Jadi intinya, jika kalian berangkat dengan naik KRL dari arah Bogor, Tangerang, Serpong, pastikan transit dulu di Stasiun Manggarai. Dari situ baru lanjut naik yang ke Cikarang. Kalau dari Jakarta Kota langsung naik kereta yang ke Stasiun Cikarang.

pengalaman naik kereta ke bandung dari manggarai
pengalaman naik kereta ke bandung dari manggarai
pengalaman naik kereta ke bandung dari manggarai


 

Namun, jika titik keberangkatannya berbeda, tinggal cek tariff KRL di aplikasi KRL Access ya. Yang ada di aplikasi cukup akurat kok. Sementara untuk tarif kereta lokalnya adalah sebagai berikut:

tarif KRL ke Stasiun Cikarang
 

Bisa cek di aplikasi KA Access.

 

Harga tiket kereta api lokal bandung

transit di manggarai
Kereta yang ke Cikarang ada di Peron 3 di Stasiun Manggarai


Jadi total ongkos yang gue habiskan dari Bogor ke Bandung dengan menggunakan KRL lalu dilanjutkan dengan KA Lokal sekitar Rp. 21ribu. Sungguh jauh lebih hemat ketimbang naik bus antar kota seharga Rp. 80ribu ataupun travel seharga Rp. 100ribu. Warga Planet Bekasi malah jauh lebih murah lagi.

naik krl ke bandung

 

Jadwal Keberangkatan Kereta Lokal ke Bandung

Setelah riset sana-sini, gue sempat kebingungan dengan jadwal keretanya. Soalnya jadwal kereta Cibatu dengan rute Purwakarta ke Bandung hanya ada dua kali dalam sehari. Pertama pukul 4 pagi, yang kedua pukul 17:35 sore.

 

Nggak mungkin donk gue kejar yang jam 4 pagi. Mau berangkat dari jam berapa coba. Ngeri disangka mau ikut dagang ke pasar inpres jualan sayur mayor kalau jam segitu. Jadi gue pilih jam keberangkatan pukul 17:35 saja.

 

Lebih detailnya, akan gue tampilkan jadwal kereta lokal ke Bandung di bawah ini ya.

 


jadwal kereta walahar express ke purwakarta dari cikarang

jadwal kereta cibatuan dari purwakarta ke bandung

Jadwal kereta lokal Walahar dari Cikarang ke Purwakarta ada lima kali dalam sehari. Sementara dari Purwakarta ke Bandung hanya ada tiga kali. Di sinilah part paling tricky. Gimana caranya memilih jadwal yang pas supaya nggak terlambat mengejar jadwal kereta selanjutnya atau malah kelamaan menunggu jadwal keberangkatan kereta selanjutnya. Kan nggak enak donk kalau kelamaan menunggu di stasiun. Malah kebanyakan jajannya nanti.

 

Tapi jangan sedih, shay. Gue bakal kasih tips memilih jadwal keberangkatan yang pas buat kalian dari enam titik berbeda, yaitu Rangkasbitung, Bogor, Serpong, Tangerang, Jakarta Kota, dan Bekasi.

 

Berhubung jadwal kereta lokal Cibatu dari Purwakarta ke Bandung yang paling manusiawi adalah yang pukul 17:35 dan akan tiba di Bandung pukul 20:05, jadi kita sepakati saja jadwal ini adalah yang paling ideal ya.

 

Lalu jadwal kereta lokal Walahar dari Cikarang ke Purwakarta yang paling ideal adalah yang keberangkatannya pada pukul 15:35 dan tiba di Stasiun Purwakarta pada pukul 17:06. Jadi ada jeda waktu sekitar 29 menit untuk transit di Stasiun Purwakarta.

 

jadwal kereta lokal murah ke bandung dari stasiun manggarai

Lalu bagaimana dengan jadwal ideal yang cocok dari enam titik keberangkatan tadi?

 

jadwal KRL ke stasiun cikarang
jadwal kereta dari manggarai ke cikarang

Data jadwal keberangkatan ini gue ambil langsung dari aplikasi KRL Access, untuk keakuratannya bisa berubah atau bergeser. Apalagi jika KRL sedang ada gangguan. Normalnya sih, kalaupun bergeser nggak akan jauh dari jadwal tersebut. Sebagai pengguna KRL rutin dari Senin sampai Jumat, sejauh ini PT. KCI udah makin bagus kok pelayanannya. Jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu mah jauh banget pelayanannya.

 

Rute KA Lokal Walahar & Cibatuan

Kereta yang melayani rute Cikarang hingga ke Purwakarta ini akan berhenti di setiap stasiun. Misalnya kalian berminat ke Karawang pun bisa naik kereta ini, karena akan singgah.

 

naik kereta dari cikarang ke bandung

Lebih jelasnya lagi, rute kereta lokal Walahar akan berhenti di Stasiun Lemahabang, Kedunggedeg, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan terakhir di Purwakarta.

 

Sementara kereta Cibatu, kereta lanjutannya yang melayani rute Purwakarta ke Bandung, akan singgah di Stasiun Ciganea, Sukatani, Plered, Cikadongdong, Rendeh, Maswati, Sasaksaat, Cilame, Padalarang, Cimahi, Cimindi, dan Bandung.

 

Kalau tujuan akhir atau titik keberangkatan kalian salah satu dari stasiun yang gue sebutkan di atas, bisa naik atau turun di stasiun tersebut. Namun, untuk tarifnya bisa cek langsung di KA Access ya.

 

 

Cara Membeli Tiket KA Lokal Cikarang – Bandung

Dibandingkan beli tiket langsung di tempat, gue lebih menyarankan untuk beli tiket secara online. Nggak ribet dan nggak perlu print tiket segala. Jadi nanti tiketnya tinggal di-scan barcode-nya aja.

 

Pertama, pastikan install aplikasi KA Access dulu ya. Lalu Log in jika sudah pernah beli tiket di KAI, atau daftar dulu jika belum pernah.

 

Di home, ada menu KA antar Kota dan KA Lokal. Pilih yang KA Lokal. Kalau nggak diganti dari KA antar Kota ke KA Lokal, nggak bakal muncul nanti jadwalnya.

 


Ganti kota keberangkatannya jadi Cikarang, dan kota tujuannya Purwakarta. Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah orangnya. Untuk sekali booking, maksimal hanya empat orang ya. Jika lebih dari empat orang, harus booking dari awal lagi. Kemudian klik tombol “Cari”.

 

Setelah itu akan keluar jadwal yang tersedia di tanggal yang kalian pilih tadi. Pilih jadwal yang paling sesuai. Kalau mau ikutin cara gue, pilih aja yang pukul 15:35 – 17:06 dari Cikarang ke Purwakarta.

 

Kemudian halaman akan diarahkan ke menu data diri. Cek data diri dengan teliti sebelum melanjutkan ke menu selanjutnya. Lalu pilih “Lanjutkan”

 

Kalian bisa ganti kursi di menu berikutnya ini. Jangan lupa checklist kolom di paling bawah, sebelum klik tombol “Bayar Sekarang”

 

Nanti akan muncul pop up ketentuan vaksin penumpang. Jika di handphone sudah terkoneksi dengan Pedulilindungi, aplikasi KA Access ini akan otomatis terhubung dan mendeteksi apakah kalian sudah mendapatkan vaksin dua kali atau belum. Jika sudah, klik “Saya mengerti”

 

Metode pembayaran hanya ada dua, yaitu menggunakan LinkAja dan QRIS. Gue pakai yang QRIS karena bisa bayar menggunakan OVO, Gopay, Shopeepay, Dana, dan merchant lain yang menggunakan QRIS.

 

Cara Bayar Pakai Shopeepay

Capture saja kode barcode-nya yang diberikan di KA Access tadi, kemudian buka merchantnya. Di sini gue menggunakan Shopeepay ya.

 

Pilih logo scan barcode, upload foto barcode tadi. Nanti akan otomatis keluar harga tiket yang harus dibayarkan. Kemudian masukkan password atau scan sidik jari.

 

Jika sudah berhasil, kembali ke aplikasi KA Access untuk cek apakah tiketnya sudah dikonfirmasi atau belum. Selesai!

 

Semudah itu loh beli tiketnya. Untuk pembelian tiket KA lokal dari Purwakarta ke Bandung juga caranya sama ya. Tinggal ganti kota keberangkatan dan tujuannya saja.

 

 

Pengalaman Naik KA Lokal ke Bandung

Gue tiba di Stasiun Manggarai terlalu cepat, jadi masih sempat shalat dan jajan di Lawson dulu. Kemudian naik KRL tujuan Stasiun Cikarang pada pukul 13:41. Tiba di Stasiun Cikarang pukul 14:41. Begitu keluar dari peron kedatangan, harus ngetap kartu dulu untuk keluar. Kemudian masuk lagi ke stasiun yang melayani KA Lokal ini.

 

stasiun cikarang
naik kereta murah dari cikarang ke bandung

Setelah scan barcode, gue menunggu di kursi yang ada di lantai dua. Pada pukul 15:00, kereta Walahar sudah tiba dan menurunkan penumpang dari Purwakarta. Begitu penumpang sudah turun semua, gue dipersilakan turun ke peron dan bisa masuk ke dalam gerbong. Jadi dari pukul 15:00 hingga 15:35 gue menunggu kereta jalan di dalam gerbong.

 

Gue mimilih kursi nomer 20E, dekat jendela. Namun sayangnya, gue salah pilih posisi nih. Ternyata kursi yang gue pilih ini nggak searah lajunya kereta. Jadi puyeng lihat jalanan. :D

 

Jadi tips ya, kalau kalian memilih kursi menuju Purwakarta dan Bandung, pilih kursi nomer ganjil. Sebaliknya, kalau dari Bandung ke Cikarang, pilih nomer genap.

 

harga tiket kereta lokal ke bandung

Sebenarnya kereta dari Cikarang ke Purwakarta ini punya sistem penomeran kursi, makanya pas beli online, ada pilihannya kan, mau pilih kursi nomer berapa. Namun pas gue di kereta, ada ibu-ibu yang ngomong, “Ini mah sebenarnya bebas mau duduk di mana, orang-orang aja nggak tahu.”

 

Please, jangan ditiru ya. Kereta dari Purwakarta ke Bandung memang benar nggak ada sistem penomeran kursi, jadi bebas mau duduk di mana begitu naik. Tapi kalau yang dari Cikarang ke Purwakarta, ada kok. Kasihan kan sama yang sudah niat milih kursi strategis pas beli online, tapi kursinya diambil orang.

 

Perjalanan terasa lebih lama karena berhenti di tiap stasiun. Di tiap stasiunnya ada saja yang naik dan turun. Jadi pemandangan tersendiri sih kalau duduknya di pinggir jendela. Apalagi kalau sore banyak anak kecil yang sengaja nonton kereta lewat, jadi dadah-dadah kea rah kereta.

 

pengalaman ke bandung dari bogor naik kereta
transit di stasiun purwakarta

Nah, lucunya itu adalah pas transit di Stasiun Purwakarta. Semua penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bandung harus turun di Stasiun Purwakarta. Jadi gue harus keluar stasiun dulu, lalu masuk lagi untuk scan barcode tiket Purwakarta – Bandung. Gue melakukan ini juga setelah mencuri dengar penumpang di sebelah yang kebetulan juga ingin ke Bandung. Jadi gue ikutin deh. Nanya ke petugas stasiun juga jawabannya sama, harus keluar dulu.

 

Tapi nih yaaa.. gue lihat ibu-ibu yang tadi nggak turun.

 

Setelah scan barcode tiket, gue masuk lagi ke peron dan bertanya ke petugas, “Pak, yang ke Bandung naik yang mana?” Soalnya ada dua kereta saat itu. Yang satu, yang gue naiki tadi. Yang satu lagi ada di sebelahnya entah ke mana.

 

Ternyata kereta lanjutan yang menuju ke  Bandung adalah kereta yang sama, yang gue naiki dari Cikarang tadi. Jiah, ngapain mesti keluar dulu ya. Kenapa scan barcodenya nggak sekalian pas di Cikarang aja?

 

pengalaman naik kereta lokal murah ke bandung dari bogor

Si ibu-ibu yang nggak ikut turun tadi pun terlihat masih santai di kursinya. Nah, KA Lokal Cibatu ini baru nggak punya sistem penomeran, jadi gue bebas pilih kursi. Kebetulan deh, jadi gue bisa pilih kursi nomer ganjil dan dekat pintu keluar supaya gampang nanti pas turun di Bandung.

 

 

Tips & Trick Naik KA Lokal ke Bandung

  • Bawa minum dan cemilan biar nggak kelaparan atau kehausan selama perjalanan.
  • Pilih kursi nomer ganjil kalau dari Cikarang ke Bandung, nomer genap untuk rute sebaliknya.
  • Pilih gerbong belakang (4 dan seterusnya), karena begitu di Stasiun Purwakarta, gerbong 1-5 nggak kebagian peron, jadi harus jalan dulu sampai gerbong 5, baru bisa turun.
  • Kalau barang bawaan banyak, taro koper di kolong kursi biar nggak bikin leg room makin sempit.
  • Jangan duduk di bawah AC, rawan kena bocor AC.
  • Duduk dekat jendela, biar kebagian colokan listrik.

 

Sekian tips dan trick dan gue, semoga bisa berguna ya!

 

fasilitas kereta lokal murah ke bandung
cara hemat ke bandung naik kereta murah

Nah, kira-kira dengan lamanya durasi perjalanan ke Bandung ini apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Meskipun lama dan kelihatannya ribet, tapi worth to try kok. Harga tiketnya terjangkau banget soalnya. :D

 

pengalaman ke bandung dari bogor naik kereta
perjalanan dari cikarang ke bandung naik kereta

Ya ada harga ada rupa lah intinya. Oh iya, untuk rute ini, nggak bisa diterapkan untuk perjalanan pulang pergi ya. Karena jadwalnya nggak ada yang pas. Jadi minimal harus menginap semalam di Bandung.

 

Selamat berlibur, genks!

 

pengalaman naik ka lokal ke bandung

21 Comments

  1. Hi Kak, makasi banyak buat sharing informasinya..worth to try banget ya bisa dapet ongkos segitu. Mau tanya Kak, mesti ada hasil antigen ato engga ya? Trus sebenernya pas sampe di St. Purwakarta brrti ga harus turun ya Kak, ga masalah ga harus scan barcode lagi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pake antigen, yang penting udah vaksin 2x karena bakal ngebaca apps pedulilindungi. Amannya sih ikuti aturannya aja, turun dulu. Takutnya nanti beneran dicek lagi.

      Delete
  2. Kereen Kak...mau coba juga ah !

    ReplyDelete
  3. Jadi sebenarnya pas turun di purwakarta mau lanjut ke bandung itu boleh ga sih gausah keluar kereta biar kaya ibu ibu itu ? pengen nyoba juga hehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misteri abad ini :))) kayaknya mah bisa, soalnya di kereta lanjutan ini bebas banget duduknya pun. Cuma ngeri nanti ada perubahan aja. Kalo pas transit, ada ibu2 model begitu lagi, coba tanya aja. Kan kasta tertinggi tu emak2 ye kan 😂😂😂

      Delete
    2. Kebetulan banget ini lagi di kereta mau ke purwakarta. Pengen nyoba tapi takut ada petugas yang keliling hahahh. anw, tulisannya keren pas banget lagi nyari informasi tentang no seat ini. thanks yaa

      Delete
  4. Hi ka, mau tanya itu perjalanan dari purwakarta bandung apa benar dua stengah jam? Soalnya saya lihat di aplikasinya begitu, bisa sampe selama itu berhenti lamanya dimana yah? Dan waktu saya beli tiket purwakarta-bandung keterangan kursinya "tanpa kursi" apa bener ga duduk selama dua stengah jam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul 2,5 jam. Dari Purwakarta jam set 6, sampai di Bandung jam 8. Karena tiap stasiun berhenti makanya lama. Tanpa kursi itu bukannya nanti berdiri, tapi sistemnya siapa cepat dia dapat aja. Jadi terserah mau duduk di mana.

      Delete
  5. Hai ka, mau tanya apa benar purwakarta-bandung perjalanannya selama dua stengah jam ? Soalnya saya liat di aplikasinya begitu, dan keterangan untuk kursi "tanpa kursi" apaa iya kita berdiri selama dua stengah jam itu ?

    ReplyDelete
  6. Mau tanya dong...untuk pembelian tiket dari cikarang ke bandung bisa beli dimana ya? Soalnya di aplikasi kai sendiri tdk ada jadwal untuk pemberangkatan yang lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aplikasi KAI Access itu ada menu kereta antar kota dan kereta lokal. Bisa pilih yang kereta lokal. Kalau search tiketnya di menu kereta antar kota, gak bakal muncul jadwalnya. Terus setahu aku maksimal H-7 hari sebelum keberangkatan. Kalau search tiketnya buat bulan depan, belum muncul. Beda sama kereta antar provinsi yang bisa dicari jadwal tiketnya h-30 hari.

      Delete
  7. Bener banget yang bagian duduk kursi sembarangan di kereta Walaharnya Mbak. Awal maret kemarin gw sebenernya udah seneng nyoba beli tiket kereta lokal di KAI Access dan ternyata udah dapet no kursinya, beda sama beberapa tahun yang lalu dimana gak ada penomoran kursi, eh realitanya, ternyata masih sama aja pas gw naikin hahaha. Petugasnya masih kurang tegas, soalnya gw perhatiin juga petugasnya cukup sering bolak-balik di dalem gerbong. KAI masih punya banyak PR sepertinya.

    Oh ya, gara-gara gw baca artikel ini, gw jadi ngerencanain liburan ke bandung pake rute yang sama 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, penomorannya mah udah ada, tapi di lapangannya tak begitu ferguso 😂

      Yeay! Selamat jalan2..

      Delete
  8. Hallo kak salam kenal, kali pertama aku berkunjung ke blog ini.

    Makasih kak infonya membantu bgt buat yg pengen coba2 naik kereta lokal ke bandung, biayanya emang beda jauh ya dibandingin naik KA dari gambir hehe.

    Btw kalau bawa balita masih worth to try nggak kak? Aku punya anak umur 2th, dia jiwanya traveller sih hahaha, diajak naik bus, kapal, pesawat, ga nyusahin bgt, nah dia blm pernah naik KA, baru KRL doang hahhaa, makanya pengen bgt ajakin naik kreta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ursula, salam kenal juga.

      Menurutku worth to try kok. Nanti tinggal pilih kursi yang dekat AC aja. Kan pilih kursinya masih random. Yang penting juga pemilihan jam keberangkatannya jangan yang mepet2. Ikutin jam yang aku pilih juga udah oke, jadi babynya nggak ikut ngos2an ngejar kereta 😂

      Selamat mencoba ya!

      Delete
  9. Hallo kak salam kenal,... Anak q niat ke Bandung brangkat dari stasiun Manggarai,, mohon infonya y kak🙏 trip nya seperti apa...dr mana kmana ny,,terimakasih ka sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisanku di atas udah dibaca sampai habis belum? Kalau ada yg gak aku tulis di atas, boleh ditanyakan.

      Delete
  10. Ka aku pas pesen tiket kok gak ada pilihan pilih kursi yah malah pas mau bayar itu no kursi nya tulisan nya tidak ada kursi berarti habis atau gimana 😱😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kayaknya emang sistem siapa cepat dia dapat. Jadi bebas duduk di mana aja.

      Delete
  11. Menarik sekali pengalamannya 🤩

    ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!