Cara Sewa Sepeda di Penang

Begitu tahu bahwa kita bisa keliling Georgetown dengan menyewa sepeda, gue langsung ajak teman-teman gue untuk melakukan aktivitas ini. Awalnya sempat bingung mencari tempat penyewaan sepeda di Penang. Niatnya pun akan meyewa sepeda tandom yang muat 3-4 orang yang modelnya kayak odong-odong di Indonesia. Karena kebetulan tahun lalu salah seorang teman gue yang ikut trip kali ini baru saja melakukan operasi pasang pen, khawatir akan mengganggu kesehatan kakinya kalau terlalu banyak diforsir. Setelah mencari tahu di berbagai social media, akhirnya menemukan cara mudah menyewa sepeda di Penang.

cara sewa sepeda di penang

Cara Menyewa Sepeda di Penang

Koreksi gue kalau salah ya, tapi sepertinya layanan penyewaan sepeda berbasis self service ini hanya ada di Penang. Gue lihat di Kuala Lumpur dan Ipoh, nggak ada. Kebetulan karena Georgetown itu areanya nggak begitu luas, gue nggak punya kesulitan merayu kedua teman gue untuk bersepeda.

 [Baca juga: Itinerary 8 Hari di Malaysia]

 

cara sewa sepeda di penang

Jika kalian berniat untuk sewa sepeda di Penang seperti yang gue lakukan, simak cara-caranya berikut ini.


Unduh Aplikasi LinkBike di google store maupun apple store

Yup! Karena sistemnya self service, jadi semua proses penyewaan ini dilakukan melalui aplikasi LinkBike. Dengan begitu, artinya selama di Penang ya berarti kalian wajib terhubung dengan internet agar bisa menyewa sepeda di aplikasi ini.


Daftar menjadi Anggota di LinkBike

Untuk bisa menyewa sepeda, tentunya kalian juga harus mendaftar dan membuat akun di aplikasi LinkBike. Proses pendaftarannya mudah dan cepat kok.

cara sewa sepeda di linkbike


Pilih Lokasi Pengambilan Sepeda

Di Georgetown sendiri ada beberapa titik pengambilan dan pengembalian sepeda. Kalian cek titik lokasi yang manakah yang terdekat dengan lokasi kalian saat itu. Titik pengambilan dan pengembalian sepeda nanti bisa berbeda kok, selama dock untuk memarkirkan sepedanya masih tersedia di station tersebut.

cara sewa sepeda di linkbike

Kebetulan titik pengambilan dan pengembalian sepeda yang gue sewa ini sama. Jadi nggak repot cari-cari lagi.


Melakukan Pembayaran

Seingat gue, pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit dan metode pembayaran lokal. Berhubung gue hanya bisa menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, jadi ya sudah pakai kartu kredit saja.

cara sewa sepeda di linkbike


Berapa Biaya Sewa Sepeda di LinkBike Penang?

Sebenarnya ada trik kalau mau gratis menggunakan sepeda di LinkBike. Jadi dia tuh sistemnya gratis tiap pemakaian per 30 menit pertama. Selama kalian bisa menemukan station sepedanya dan mengembalikan sepeda ini sebelum 30 menit, maka nggak akan charge kartu kredit kalian sama sekali. Namun, cara seperti ini tentunya beresiko. Jika dalam kurun waktu 30 menit itu kalian nggak menemukan station terdekat dan segera mengembalikan sepedanya, kartu kredit kalian akan dikenakan charge atau denda.

 

harga sewa sepeda di penang

cara sewa sepeda linkbike penang

Nah, daripada ribet bayar denda yang nggak jelas bakal dikenakan berapa, mending gue ambil paketan sewa 24 jam. Harganya terbilang terjangkau kok, hanya RM 5 (sekitar Rp. 16,439). Menurut gue sih harga segitu murah ya. Soalnya terakhir gue sewa sepeda di Gili Trawangan aja hitungannya 12 jam Rp. 35,000 (tahun 2013).

 

cara sewa sepeda di penang

Enaknya kalau sewa paketan yang 24 jam ini, meskipun sudah dikembalikan ke station-nya namun waktu pemakaiannya belum 24 jam, masih bisa kita ambil lagi sepeda baru di station mana pun. Gue kan sewa sepeda pukul 4 sore, seharusnya masa pemakaian akan berakhir pada pukul 4 sore di keesokan harinya ya. Nah, karena sudah malam, bingung juga mau parkir sepeda di mana, jadi sepedanya bisa dikembalikan dulu ke station-nya. Kalau besok masih mau pakai sepeda lagi, tinggal scan barcode lagi aja. Sudah bisa dipakai lagi sepedanya sampai jam 4 sore kemudian.

bike tour in penang

HARGA SEWA SEPEDA DI PENANG
Bisa mampir-mampir ke berbagai spot

Jadi gimana? Kalian mau pakai cara hack-nya atau ambil paketan saja?


Bersepeda di Penang itu menyenangkan banget, kok. Kendaraan bermotor yang lalu lalang tuh kerap kali sopan dan mempersilakan pengguna sepeda untuk lewati terlebih dahulu. Kondisi jalanannya pun aman, aspalnya mulus.

 

cara sewa sepeda linkbike penang

Kalau ada kesempatan kembali ke Penang, gue sih mau lagi sewa sepeda. Seru banget! Apalagi bareng bestie, ada aja pasti cerita serunya. 



1 Comments

  1. Aku kok malah ga liat yaaa sewa sepeda ini 🤣🤣🤣. Tau gitu pas Juli kemarin ke Penang aku sewa juga. Tapi sbnrnya masih agak ragu sih, bisa bawanya atau ga hahahahahah . Dah lama Mbaa ga naik sepeda. Trakhir pas SD kls 6 🤣. Kayak nya butuh adaptasi kaki, badan, dan fokus ku 😅

    ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!