Outfit Liburan ke India

Siapa yang suka heboh mikirin mau pakai baju apa buat liburan? Untuk yang satu ini, harus gue akui, gue termasuk salah satunya. Bagi kebanyakan orang mungkin hal ini bakal dianggap ribet. Buat gue sih menyenangkan. Memilah outfit yang akan dikenakan sebelum berangkat liburan. Selain lebih rapi, koper pun jadi lebih hemat space karena nggak ada ruang yang terbuang gara-gara kelebihan bawa baju. Begitu pula yang gue lakukan saat travelling ke India. Kira-kira harus bawa baju apa saja sih untuk trip ke India?

outfit liburan ke india
Setelah itinerary selesai dibuat, hal yang segera gue lakukan adalah menyiapkan baju liburan. Apa lagi kalau bukan biar foto-fotonya nanti cetar. Excited banget deh gue kalau sudah bagian ini. Bahkan gue sampai niat berburu baju-baju secondhand di Pasar Baru dan Pasar Senen untuk outfit liburan ke India. Alhamdulillah nemu beberapa atasan dan dress yang sesuai.

Sebelum berangkat pun gue juga rajin cek pinterest "What to wear in India". Buat sekadar referensi dan ide. Lumayan menginspirasi juga konten-konten di pinterest.

Perhatikan Cuaca di India

Sebelum tiba di India, gue rajin mengecek AccuWeather hampir setiap hari. Supaya nggak salah kostum. Jangan salah, lho, India nggak sepanjang tahun cuacanya panas. Jadi jangan sampai salah bawa baju.

India punya dua musim, yaitu Musim Dingin dan Musim Panas. Musim dingin berlangsung sejak November sampai Maret. Sisanya ya Musim Panas. Gue tiba di India sudah di penghujung Bulan Maret, jadi cuacanya sedang peralihan dari dingin ke panas. Boleh dibilang sejuk lah.

baju liburan ke india

Pagi hari sampai sekitar pukul 10, cuacanya bersahabat banget. Saat gue di sana, sempat menyentuh suhu 16C. Namun begitu siang, suhunya mulai panas. Kurang lebih sama lah dengan suhu di Jakarta. Begitu malam tiba, suhunya kembali dingin lagi.

Jadi untuk menyiasati perubahan suhu setiap harinya ini, gue tetap membawa baju-baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat, tapi nggak lupa untuk membawa jaket untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba suhunya drop.

Langsung saja yuk kita bahas apa saja outfit yang gue persiapkan untuk travelling ke India.

beli dress secondhand di jakarta

Day 1: Jaipur

Tiba di New Delhi pagi hari langsung disambut cuaca dingin. Sempat kaget namun terselamatkan berkat jaket yang sudah gue pakai sedari di pesawat. Begitu siang saat menuju Jaipur, cuaca mulai hangat. Biar matching dengan bangunan-bangunan di Jaipur, gue mengenakan button dress warna mustard dari Pull & Bear. Gue belinya pas diskon :D

what to wear in india
pakai baju apa di india

Tadinya mau nggak pakai kaos lagi, tapi takut mengundang syahwat mas-mas India. Jadinya gue dobel pakai kaos putih lagi. Untuk tasnya, gue pakai rottan bag yang gue beli pas ke Bali. Sandalnya ala gladiator yang gue beli di Zalora dengan harga 35k IDR saja. Biar agak ramean dikit, gue tambahkan aksesoris bando warna kuning biar senada dengan dressnya.

Day 2: Jaipur

Di hari kedua di India, gue memakai dress bohemian hasil perburuan di Pasar Baru. Harganya memang agak lumayan, sekitar 70k IDR dan susah banget ditawar. Awalnya gue enggan beli dress ini, karena sepintas kayak daster. Tapi setelah diyakinkan oleh abang penjual untuk mencoba dressnya dulu dan ternyata bagus dipakai, akhirnya gue luluh. Ya Allah, dirayu abang-abang baju bekas aja gue gampangan banget luluhnya.

travelling ke india 2019
outfit inspiration to wear in india

Supaya nggak kelihatan kayak emak-emak mau ngelonin anaknya yang cuma dasteran, gue memadu-padankan dengan sandal gladiator dan tas rottan. Jadi beneran deh bohemian style. Selain terlihat tetap sopan, enaknya pakai dress model seperti ini bikin foto makin cetar karena bisa dikibas-kibaskan.

Day 3: Agra

Kalau kalian cek itinerary gue selama di India, di hari ketiga ini hanya diisi dengan perjalanan darat dari Jaipur ke Agra. Sempat mampir juga sebentar di Chand Baori, sumur tertua dan terbesar di India.

inspirasi outfit ke india

Kali ini juga memakai atasan yang didapat di Pasar Senen. Atasan blouse ala Punjabi ini ternyata memang made in India saat gue lihat label merknya. Lah, ini baju pulang kampung juga akhirnya.

Karena ada aksen manik-manik merah di bagian dada, gue padu-padankan dengan celana bahan warna merah marun. Kalau cuma pakai legging hitam kayaknya nggak bakal bikin cetar. Biasa aja gitu, kayak emak-emak mau jemput anak di sekolah jam 11 siang naik motor mio.

baju liburan ke india
beli baju india secondhand murah di jakarta

Untuk tas dan sepatu masih sama seperti hari-hari sebelumnya. Masih memakai rattan bag dan sandal gladiator.

Day 4: Agra

Masih di Agra, namun di hari ini gue mengenakan dua baju. Saat di Taj Mahal, gue memakai kain saree yang baru dibeli saat di Jaipur seharga Rs 1,200 (sekitar Rp. 240,000). Nggak hanya gue saja, teman-teman yang lain juga kompak memakai saree. Sementara Rudi, memakai atasan baju koko.

pengalaman pakai kain saree di india

Nah, sepulangnya dari Taj Mahal, kami kembali sebentar ke hotel untuk sarapan dan ganti pakaian. Soalnya nggak betah juga berlama-lama pakai kain saree.

dress yang dipakai ke india

Gue memakai atasan off shoulder dari HnM yang gue beli pas lagi diskon sekitar Rp. 100,000. Bawahannya rok panjang yang lagi-lagi gue temukan di Pasar Senen Blok III. Rok ini juga made in India. Wah, kayaknya banyak baju-baju yang pulang kampung nih!

Day 5: New Delhi

Entah kenapa di hari ini nggak ada pakaian yang terasa cocok dengan itinerary. Jadinya gue pinjam rok dan outer punya Fenny. Keduanya warna kuning jadi kelihatan cerah banget di foto. Dalamannya hanya kaos putih biasa saja.

pakai dress ke india

Day 6: New Delhi (Airport)

Seharusnya di hari keenam ini kami kembali ke tanah air. Berhubung ada drama tiket, jadi kami harus extend satu hari. Namun pakaian yang gue kenakan di hari keenam dan keesokan harinya masih sama kok. Soalnya memang nggak ada baju lagi.

new delhi airport

Gue mengenakan kaos putih yang sudah gue kenakan di hari kelima, dipadukan dengan jaket denim dan rok midi yang juga gue dapatkan di Pasar Senen Blok III seharga Rp. 35,000.

Alas kakinya gue pakai sepatu putih andalan dan tas ransel Adidas Stella McCartney yang dikasih bos gue November lalu.

Kurang lebih itulah yang gue bawa dan kenakan selama di India. Meskipun cuaca sudah mulai panas, gue nggak berani mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Tahu sendiri kan tingkat pelecehan seksual di India seperti apa.

what to wear in india

Sebelum mulai packing untuk trip ke India, ada baiknya kalian perhatikan tips berikut ya, khususnya perempuan.

1. Seperti yang gue bahas di awal, jangan lupa untuk rajin cek suhu di India sebelum berangkat. Jangan sampai saltum.
  2. Bawa minimal satu jaket atau outer buat jaga-jaga.
  3. Pilih baju-baju dengan bahan nyaman seperti katun. Dijamin kalian bakal keringatan selama di India apalagi kalau kalian perginya pas Summer.
  4. Meskipun cuaca saat kalian pergi ke sana sedang panas-panasnya, jangan gunakan pakaian terbuka dan terlalu banyak memperlihatkan kulit. Hindari pakaian yang memperlihatkan ketiak, bahu, apalagi belahan dada.
  5. Perbanyak bawa celana bahan ringan, jangan jeans. Gerah, coy! Celana model hareem atau jinnie bakal cocok banget dipakai di India. Kalau mau bawa rok atau dress, usahakan tingginya di bawah lutut.
  6. Buat packing list, tentukan mau pakai baju apa saja di hari pertama sampai hari terakhir. Biar nggak kelebihan bawa barang dan sudah terkonsep mau pakai apa saja. Nggak kebingungan besok pakai apa.

Untuk laki-laki sebenarnya nggak ada pantangan dalam mengenakan pakaian, sih. Postingan ini gue buat untuk para perempuan-perempuan yang masih bingung harus pakai apa selama di India.

baju liburan ke india enam hari

Semoga kalian punya gambaran mau bawa baju apa saja ya untuk trip ke India. Nggak usah pusing, gaes. Intinya sih, pakailah pakaian yang sopan dan nggak mengundang perhatian mata para lelaki di sana, apalagi syahwatnya. Selamat berlibur!

missnidy.com

4 Comments

1. Kalau cewek memang kudu paham beginian ya. Beda ama cowok, penting celana panjang dan pake kaus (selama destinasinya bukan ke tempat-tempat tertentu yang harus formal).
    Kamu pulang-pulang nggak khilaf dengan kain dari sana toh? Hahahhahaa

ReplyDelete
  2. hi... nidy long time no see blogg ini...
    jadi semakin semangat nabung...
    😄

ReplyDelete
    Replies
    1. halo Fitri... long time no see :D

Semangat nabung yuk!!

Delete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!