Little Tokyo Jakarta

Kangen Jepang, tapi tiket pesawat mahal. Kalau lagi kangen begini, kadang dada sampai sesak. Apalagi kalau mengingat harga tiket yang mahal dan jatah cuti yang pas-pasan. Demi mengobati kangen, gue cari lokasi-lokasi yang sekiranya mirip dengan suasana di Jepang. Ketemulah Little Tokyo yang lokasinya ada di kawasan Blok M. Anak JakSel pasti tahu deh tempat ini.



Little Tokyo Blok M

Yup, Little Tokyo yang berada di tengah-tengah kawasan Blok M. Tepatnya di Melawai. Kenapa dinamakan Little Tokyo? Karena di kawasan ini ada banyak restaurant makanan Jepang. Nggak hanya restaurant sih, tempat karaoke, sampai spa juga ada.

Pernah dengar kasus atlet Jepang yang kepergok ena-ena seusai berlaga di Asean Games 2018? Nah, konon di kawasan inilah mereka tertangkap. Bahkan di salah satu bab novel Jakarta Undercover, ada tempat ezek-ezek yang berkedok restaurant di kawasan ini. Tapi kalau sekarang sih gue kurang tahu ya, apakah masih ada atau nggak dan restaurant yang dimaksud pun nggak tahu. Misteri!

little tokyo blok m melawai
Lokasi di depan Daitokyo Restaurant

Namun belakangan ini, kawasan Little Tokyo Blok M ini jadi banyak diburu pecinta fotografi. Ada banyak spot lucu dan instagramable di Little Tokyo. Bangunan-bangunannya sebenarnya hanya berupa ruko-ruko kecil yang disulap sedemikian rupa sehingga jadi sangat terasa atmosfer ala Jepang.

Kebetulan gue memang sedang butuh tempat yang bernuansa Jepang, demi ikut lomba foto di Instagram. Datanglah gue ke Little Tokyo ini bareng Kak Didi dan berburu foto di sana. Tapi jangan heran ya kalau ada beberapa foto kami yang sedang pegang produk.

lokasi little tokyo melawai blok m jakarta
kawasan little tokyo melawai blok m jakarta
spot instagramable di blok m jakarta selatan
little tokyo jakarta selatan

lokasi little tokyo melawai
spot foto di little tokyo melawai blok m

Mungkin karena sudah banyak orang yang berburu foto di sini, jadi begitu gue mengeluarkan kamera dan mulai membidik objek, nggak ada orang-orang yang rese apalagi memandang gue dan teman gue dengan tatapan mengganggu. Asli nyaman banget!

Saat akhir pekan pun masih terbilang nyaman foto di sini. Meskipun nggak seleluasa jika datang pas weekday, sih. Buktinya gue nggak perlu antri untuk foto seperti yang kebanyakan orang bilang. Seru deh pokoknya! Oh iya, toko-toko dan restaurant yang ada di Little Tokyo ini rata-rata baru buka mulai pukul 5 sore. Tapi kalau cuma mau numpang foto di depannya saja, bisa datang dari pagi.

Hidden Gem di Little Tokyo Blok M: Kashiwa Restaurant

Seusai motret, gue menyambangi salah satu restaurant yang ada di sana. Bukan restaurant plus-plus ya. Ini adalah restaurant ala Jepang yang lagi banyak dibahas karena suasananya mirip banget dengan restaurant di Jepang yang identik kecil dan tersembunyi.

kashiwa restaurant little tokyo melawai
japanese restaurant di blok m jakarta

Namanya Kashiwa. Lokasinya ada di lantai dua gedung pertokoan. Kalau naik MRT, begitu turun dari eskalator atau lift (Exit E & F) yang di seberang Blok M Plaza, begitu lihat Kimia Farma, ikutin aja jalan trotoar di pinggir jalan raya. Nanti ada gerbang masuk mobil, belok kiri. Nah Kashiwa ini pas di belokan kanan pertama setelah memasuki gerbang tersebut.

harga menu kashiwa restaurant melawai
kashiwa little tokyo blok m
kashiwa little tokyo blok m
kashiwa menu
harga makanan kashiwa little tokyo
restaurant jepang murah di little tokyo blok m
kashiwa little tokyo melawai blok m
harga menu kashiwa little tokyo blok m
harga menu kashiwa little tokyo blok m
kashiwa restaurant little tokyo
kashiwa restaurant little tokyo

Harga menu di Kashiwa cukup terjangkau jika dibandingkan dengan restaurant tetangga-tetangganya. Biasanya yang ke sini memang ingin menikmati snack ala Jepang dan ngebir. Tapi nggak ada menu pork kok.

Untuk beberapa menu makanan yang gue pesan, ada beberapa yang kurang berbumbu di lidah gue dan teman gue. Kak Didi yang menemani sore itu sampai penasaran, "Apa kalau di Jepang kayak gini ya Oma rasanya nggak gitu banyak bumbu?"

harga menu kashiwa restaurant blok m

Gue bingung juga jawabnya. Soalnya pas ke Jepang gue perginya sama rombongan promag, yang jarang makan. Jadi memang nggak banyak cobain kuliner asli Jepang dan nggak bisa membandingkan dengan yang kali ini kami coba.

********************************
Kalau kalian mau nyobain kayak apa vibe Jepang yang sesungguhnya, cobain deh ke restaurant ini. Untuk vibe sih gue acungi jempol! Tapi jangan kaget ya kalau semakin malam, kalian bakal menjumpai pemandangan cewek-cewek centil yang fasih berbicara Bahasa Jepang di pinggiran pertokoan ini.

spot instagramable di blok m jakarta

Buat teman-teman yang ingin merasakan suasana Tokyo, Little Tokyo ini layak banget untuk dikunjungi. Buat foto-foto bagus, nongkrong juga oke. Kalau mau ngopi, ada Filosofi Kopi juga di kawasan ini. Lengkap deh! Nah, kalau Little Tokyo ada di Melawai Blok M, kira-kira kalau Little Korea ada di mana coba?

instagramable spot in jakarta
jakarta little tokyo
hidden spot in jakarta


indonesia travel blog

0 Comments