Pentingkah Merawat Kulit dari Luar Dalam Sejak Dini?

6:14 PM

pentingnya merawat kulit dari luar dan dalam

Kalian punya ritual khusus nggak sebelum travelling? Kalau gue, biasanya wajib olahraga dan lebih intens merawat kulit wajah. Kenapa? Tentu saja demi penampilan paripurna donk, apalagi selama travelling nanti bakal foto-foto terus ye kan.

Olahraga secara rutin menjadi salah satu ritual yang wajib gue lakukan sebelum travelling. Selain untuk menjaga stamina agar nggak mudah jatuh sakit, tentu juga demi bentuk tubuh ideal. Pun begitu dengan perawatan wajah yang dilakukan lebih intens dari hari-hari biasa. Biar wajah lebih terlihat glowing di foto.

Bagi teman-teman yang memperhatikan isi instastory gue belakangan ini, pasti tahu deh Bulan April ini gue mau ke mana. Hari keberangkatan semakin dekat, namun entah mengapa niat untuk olahraga kali ini lumayan susah.

Long story short, sekitar pertengahan Maret lalu gue dapat undangan dari C Channel. Isi acaranya tebak ngapain coba? Olahraga bareng plus sharing seputar perawatan kulit! Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba. Tanpa pikir panjang langsung saja gue iyakan undangan tersebut.

blogger gathering c channel x bio oil

Event yang bertemakan healthy lifestyles ini diadakan oleh C Channel dan Bio Oil, berlokasi di Aston Bogor Hotel & Resort. By the way ada yang sudah pernah dengar atau bahkan sudah tahu mengenai C Channel?

C Channel ini merupakan portal web berbasis video yang membahas mengenai hal-hal menarik seperti kecantikan, travelling, makanan, fashion dan berbagai informasi yang bermanfaat lainnya bagi para perempuan. Video-video yang ditampilkan oleh C Channel rata-rata hanya berdurasi satu menit saja, diambil dan diedit oleh para profesional.

Sementara itu, ini bukanlah perkenalan pertama kali dengan Bio Oil. Beberapa tahun lalu gue sudah pernah menggunakan bio oil yang direkomendasikan teman untuk menghilangkan bekas luka dan stretch mark. Karena sudah merasa nggak asing lagi, makanya gue semakin tertarik untuk datang.


Pertama Kali Nyobain Pound Fit

Jujur, baru kali ini gue mengetahui dan bahkan mendengar kata pound fit. Gue langsung googling saat itu juga, mencari tahu apakah itu pound fit biar nggak norak-norak amat gitu.

Ternyata pound fit memang belum begitu populer di Indonesia, layaknya zumba maupun yoga. Namun belakangan ini peminatnya mulai semakin banyak dan beberapa tempat fitnes juga sudah membuka kelas pound fit. Metode olahraganya menggabungkan beberapa gerakan yoga dan pilates, yang membuat pound fit terlihat berbeda adalah penggunaan drum stick sebagai alat olahraga. Drum stick yang lebih dikenal dengan nama rip stick di dunia pound fit ini mempunyai massa yang lebih berat daripada drum stick biasa. 

pertama kali cobain pound fit


Pukul 8 gue dan beserta teman-teman blogger yang hadir langsung dipersilakan kumpul di lapangan. Gue dan Dian dengan pedenya memilih di barisan paling depan. Bukan karena biar lebih jelas saat melihat arahan instruktur, tapi supaya lebih banyak difotoin fotografernya. #Sombong

Tari Wirtjes, sebagai intruktur pound fit pagi itu sengaja hanya memberikan gerakan basic dari pound fit. Gerakannya sebenarnya cukup simple. Bagian kaki lebih banyak bergerak seperti posisi sedang squat, sementara tangan selalu menggenggam rip stick dan menggerakkannya seolah-olah sedang menabuh drum dan disertai gerakan-gerakan yang ada di yoga dan pilates. Yaelah gini doank gampang lah! #SombongNo2

apa itu pound fit

Kelihatannya sih memang simple, tapi 10 menit kemudian mulai terasa keringat mengucur dari kening, punggung, dan leher. Badan sudah mulai terasa panas. Gue senang banget tuh. Yes, lumayan nih bisa muat deh nanti celananya.

20 menit kemudian paha gue mulai terasa capek. Tangan mulai pegal-pegal. Ini masih lama nggak, ya? Kok nggak udah-udah sih.Gue mulai gelisah, sesekali nengok ke teman-teman yang masih pada semangat. 
 
Begitu Tari bilang, “Kita pendinginan dulu, ya”. Sumpah, gue langsung senyum sumringah. Alhamdulillah ya Allah, gumam gue dengan suara lemas. Jujur, olahraga pound fit ini tuh sebenarnya menyenangkan sekali. Tapi karena gue sudah lama nggak olahraga, jadi ‘kaget’ deh.

apa itu pound fit


Seusai olahraga, Tari sempat membagikan pengalamannya. Menurut Mbak Tari, olahraga itu bikin kita stay happy. Bukan karena bisa membuat bentuk tubuh yang ideal saja. Tapi juga karena olahraga itu bisa menghasilkan hormone endorphin, yang biasa ditemukan pada orang yang sedang tertawa. Artinya olahraga terbukti bisa membuat orang happy. Kalau kita terus merasa happy, pasti inner beauty akan semain terpancar dengan sendirinya. 
 
Sesederhana itu cara untuk menjadi cantik, tapi kadang kita suka lupa. Betul, nggak?


Mengetahui Kondisi Kulit Wajah di Skin Check Booth

Seusai mencoba pound fit, seluruh peserta event ini dipersilakan mandi dan ganti pakaian. Sambil menunggu teman-teman lain yang belum selesai mandi dan dandan, gue, Dian, dan Uni mampir ke skin check booth

skin check by bio oil


Gue cukup penasaran dengan booth ini, karena memang belum pernah mengecek kondisi kulit gue seperti apa dan harus diperlakukan seperti apa. Namun begitu hasilnya keluar, gue cukup kaget. Dari hasil yang bisa dilihat langsung di laptop, umur kulit wajah gue menunjukkan lebih tua dua tahun dari umur gue yang sebenarnya. Hal ini berarti kulit wajah gue sudah mulai mengalami penuaan dini. Belum parah memang, tapi sudah harus diberikan ekstra perhatian agar elastisitas tetap terjaga dan nggak mudah keriput.

Kalian pernah dengar bahwa orang yang kulitnya berminyak cenderung lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tipe kulitnya kering? Nah, beruntungnya tipe kulit wajah gue ini termasuk yang berminyak, jadi bisa membantu menghambat proses penuaan seperti keriput di pinggir mata atau di garis senyum. Hanya saja, masalah utama orang-orang yang mempunyai tipe kulit wajah berminyak adalah lebih mudah berjerawat dan mempunyai pori-pori besar.

Di situlah tantangannya. Bagaimana caranya agar kulit gue tetap elastis namun nggak membuat kulit semakin berjerawat. Akhirnya gue disarankan untuk mulai mengkonsumsi collagen atau memakai masker yang mengandung banyak collagen.


DIY Scrub Kaki & Bibir

Setelah skin check, gue mampir ke booth yang memperlihatkan bagaimana cara membuat scrub kaki dan bibir dengan campuran bio oil dan bahan-bahan yang mudah kita temukan di dapur. Langsung saja ya dicatat bagaimana cara membuat scrub sendiri di rumah.

Lip Scrub
1 Sdt Gula pasir
¼ Sdt Madu
5 Tetes Bio Oil
1 Tetes essense

Semua bahan di atas dicampur menjadi satu dalam satu wadah. Setelah itu bisa langsung dipakai di bibir dengan cara menggosokan scrub ke bibir secara perlahan. Essense yang dipakai bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Siang itu gue mencoba pakai essense vanilla.

Foot Scrub
1 Sdm Garam foot, tumbuk halus
½ Sdt Cengkeh bubuk
10 Tetes Bio Oil

Cara membuatnya kurang lebih sama seperti membuat lip scrub. Tinggal campurkan saja semua bahan yang ada hingga menggumpal. Setelah itu bisa langsung digosokkan ke bagian punggung kaki dan telapak kaki, khususnya di bagian tumit yang lebih cenderung kering.

Scrub berguna banget untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kasar dan pori-pori tersumbat. Bagian bibir dan kaki yang jarang diperhatikan sebenarnya perlu banget discrub setidaknya seminggu sekali.

resep membuat masker rambut

Daripada beli scrub yang harganya bisa menguras kantong, kenapa nggak bikin sendiri saja ya kan?


Beauty Sharing Session by Bio Oil

Setelah semua peserta berkumpul, acara dilanjutkan ke sesi sharing tentang kecantikan. Mr. Yamato Sasagawa selaku CEO dari C Channel membuka sesi ini ini dengan dengan foto bersama para pengisi acara. Ada Tari Wirtjes, Tyna Kana Mirdad, dan Ida Ayu Suksmawadanti dari PT. Radiant Sentral Nurtrindo.

beauty sharing session by c channel x bio oil

Dari awal sesi saja sudah menarik, karena begitu acara dimulai semua peserta diminta untuk menutup matanya dan angkat tangan saat disebutkan angka 1 - 10. Angka tersebut melambangkan seberapa besar tingkat kepercayaan diri kita.

Gue menangkat tangan saat MC menyebut angka delapan. Kenapa gue dengan pedenya berani menilai diri gue ada di angka delapan? Well, gue sudah pernah merasakan di mana tingkat kepercayaan diri gue berada di bawah angka lima. Kurang lebih sekitar tujuh tahun lalu saat saat seluruh wajah gue dipenuhi jerawat sampai nggak berani bertatapan langsung dengan orang lain.

Kalau dari segi penampilan sih sekarang memang bukan momen 'terbaik', karena timbangan yang melonjak 15kg. Tapi gue berusaha positif. Berat badan yang semakin naik itu adalah salah satu indikator kebahagiaan. Kan pas makan nggak ada beban pikiran, jadi lahap terus. :D

Tyna Kana sebagai salah satu pembicara yang hadir saat itu juga ikut membagikan pengalamannya bagaimana dia bisa membangun dan mengkontrol tingkat kepercayaan dirinya. Kepercayaan diri tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang pede kalau punya skill mumpuni di bidang yang sudah lama ditekuni, ada pula yang pede jika postur tubuhnya sudah seperti Gigi Hadid. Namun rata-rata para perempuan sih seragam jawabannya. Kalau penampilan sudah kece badai, pasti bakal pede ke mana pun kaki melangkah. Betul, nggak?

Bagaimana Cara Menjaga Penampilan dan Merawat Kulit yang Benar?

Untuk menjaga penampilan, khususnya merawat kulit, hal yang harus diubah pertama kali adalah healthy habits. Caranya gimana nih?
  • Rutin membersihkan kulit tiap pagi dan malam hari, khususnya apabila sehabis berpergian dan full makeup
  • Hindari paparan sinar matahari langsung. Sinar ultraviolet yang jahat merupakan salah satu faktor yang membuat elastisitas kulit berkurang dan mengakibatkan pigmentasi berlebih.
  • Memberikan asupan nutrisi pada kulit. Sudah bukan rahasia lagi apabila sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin alami yang turut menjaga kesehatan pada kulit. Ingat, you are what you eat!
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan baik untuk meregenerasi, meningkatkan elastisitas, dan tampilan kulit bermasalah.
healthy habits healthy lifestyle by c channel x bio oil

Tyna Kana turut membagikan tips untuk menjaga penampilannya, yaitu olahraga dan makan makanan sehat. Dengan berolahraga, semua toxin yang menumpuk akan keluar melalui keringat. Selain itu, dia pun masih rutin menggunakan Bio Oil. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat dan luka, ternyata Bio Oil biasa dia gunakan untuk menghapus eye makeup.

Pantas saja donk ya meskipun sudah memiliki dua orang anak, Tyna Kana masih terlihat cantik dan postur tubuhnya terjaga dengan baik. Karena keempat cara menjaga penampilan yang sudah gue sebutkan di atas sudah dia lakukan semua.

Apa Itu Bio Oil?

Bio Oil adalah minyak multifungsi yang digunakan untuk merawat dan melindungi kesehatan kulit, serta mengatasi permasalahan kulit. Kandungan utamanya terdiri dari purecellin oil yang berasal dari beberapa ekstrak bunga. Bio Oil nggak lengket saat digunakan karena teksturnya yang dry. Cocok pula digunakan untuk semua jenis kulit dan ibu mengandung.

manfaat bio oil

Dalam kesempatan ini, Ida Ayu Suksmawadanti menjelaskan berbagai macam kegunaan Bio Oil
  • Mengurangi bekas luka
  • Mengurangi stretch marks
  • Melembabkan kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Meratakan warna kulit
  • Dapat digunakan sebagai base makeup maupun pelembab wajah.
  • Memperbaiki rambut kering dan bercabang
Overall, Bio Oil bisa digunakan dari ujung kaki sampai ujung rambut. Kemasannya cukup simple dan isinya nggak mudah tumpah, terbuat dari botol plastik bening dengan tutup berwarna putih. Kalian bisa menemukan Bio Oil di drugstore terkemuka seperti Guardian, Watson ,dan Century. Tersedia beberapa ukuran, mulai dari 25 ml, 60 ml, 125 ml, hingga 200 ml. Oh iya, ukurannya yang 25 ml sangat praktis dibawa travelling karena muat di makeup pouch, bahkan dibawa ke dalam kabin pesawat pun ukurannya aman banget. Nggak bakal takut bakal disita petugas di bandara.

kegunaan bio oil bagi kulit dan rambut

Well, untuk terlihat cantik itu ternyata memang harus dimulai dari dalam dan luar. Kalau luarnya sudah dijaga, namun nggak merawat dalamnya ya sama saja bohong. Begitu juga sebaliknya. Satu lagi, nggak perlu harus nunggu mau travelling dulu baru mulai rajin merawat tubuh dan kulit seperti gue. Kalau bisa berpenampilan cetar setiap saat, kenapa nggak kan?

Mengubah lifestyle menjadi lebih sehat itu salah satu investasi masa depan. Kita nggak akan pernah tahu kapan sakit itu datang atau tanpa kita sadari kulit sudah mulai keriput. Yuk, kita mulai healthy habits dari sekarang! Mencegah lebih baik daripada mengobati.




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com






You Might Also Like

0 komentar

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentator dengan ID Anonymous nggak bakal dipublish komentarnya ya.
Terima kasih banyak! Have a good day!

Get FREE $26 From Airbnb

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget