Salah Jurusan?

by - 7:33 PM

Pernah gak kepikiran kalo selama ini jurusan kuliah yang lo ambil salah jurusan?
Gue sempet kepikiran pas masih kuliah..
Dari sd gue pengen banget masuk accounting.
Pas smp-sma berubah jadi pengen masuk arsitektur which is cuma dengan modal nekat, gambar yang bener2 gue kuasain cuma gambar muka orang itupun setengah. Kalo gue lanjutin biar mukanya jadi utuh bisa ga sama..

Beranjak kelas 3 SMA, dimana kebetulan gue masuk jurusan IPA.. Cita2 gue berubah lagi jadi pengen masuk farmasi. Dengan modal pede, nilai kimia gue selalu 8 saat itu. Tapi di saat deadline milih jurusan udah hampir tiba. Gue terpaksa nurut kata orangtua untuk masuk jurusan analis efek. Yes. ANALIS EFEK..
Apa itu??
Itu pertanyaan yg gue tanyakan ke bokap dan pertanyaan itu juga yang selalu ditanyakan teman2 gue sampe gue mau lulus kuliah. Well, time always goes by.. Dan perlahan gue harus bisa mencintai jurusan yang gue pilih itu.
Kenapa dipertengahan jalan gue sempet mikir klo gue salah jurusan?

Gue benci teknik peramalan bisnis, gue benci valuasi saham, gue benci statistik, manajemen keuangan..
Hampir semua mata kuliah INTI itu gue ga suka. Kuliah juga sedeng2 aja, yang penting ipk masih masuk standar lulus. Ga di DO gara2 kegap nyontek ato ipk kurang :(
Ga pernah ngerasa ‘gue harus bisa lebih’. Sama sekali ga pernah kepikiran, yang penting gue lulus on time n dapet kerja.

Alhamdulillaah ga harus nunggu sampai wisuda, rejeki dateng. Dapet panggilan magang sebulan. Waktu itu hampir lebih 20 orang temen gue juga kepanggil di nisp itu. Dan dari orang sebanyak itu, gue masuk 6 orang yg masuk tahap berikutnya, yaitu ojt. Kalo lo berharap gue dapet duit banyak di program ini, lo salah besar. Perhari nya gue dibayar 55ribu dan dirapel tiap bulan. Saat magang itu,perlahan gue mulai melepas tanggung jawab ortu gue buat biayain gue. Tapi biaya kosan sihh masih ditanggung. Hehehe..
Jujur berat banget emang, apalagi pas bulan puasa. Jumlah hari cuma sedikit. Apeslah gue di bulan berikutnya..abis lebaran terpaksa puasa lagi.. :))
Tapi pengalaman itu emang gada harganya. Gue dapet banyak banget pelajaran. Dari belajar mengenai ‘the real market’ sampai dijudesin si bos gara2 nagih gaji.. -_-

Cukup sudah 'kisah' 5 bulan gue puasa tiap akhir bulan itu, selanjutnya gue dapet kerjaan jadi dealer di mega capital.
Lumayan lama juga sih di mega capital. Pengalamannya-pun jauh lebih banyak didapetnya. Untuk ukuran dealer, jujur aja salary gue saat itu masih dibawah standar layaknya seorang dealer. Tapi emang sih komisinya lumayan, bahkan bisa lebih dari gaji.
Percaya atau gak, sejak kuliah itu tiap lewat gedung transtv..dalem hati gue selalu bilang, “enak nih kalo kerja di mega, deket kosan deket transtv” dan alhamdulillaah tercapai.
Dan sewaktu gue di mega, gue juga selalu bilang dalam hati, ‘enak nih kayaknya kalo pindah ke broker asing..uob kayaknya enak nih soalnya ga purely asing’. Alhamdulillaah juga Allah udah ngabulin.. Tuhanku Maha Baik..
And.. After all this time.. Gue pikir pilihan orang tua itu ga pernah salah. Dia tau mana yg terbaik buat anaknya.
Setelah gue pikir2..
Coba aja kalo gue masuk accounting, bisa brabe.. Gue kan males ngitung2 neraca dll.
Coba aja gue masuk arsitektur, bisa ancur gedung yang gue bikin..
Coba aja gue masuk farmasi, kasian yang pada makanin obat gue. Gue kan ga suka hapal unsur2 gitu.
Gue rasa jurusan yg gue pilih ini udah yg paling pas. Gue hanya harus sering baca koran liat berita ekonomi global. Itung2annya pun ga ribet, banyak dapet kenalan client besar, kenalan sales2 hebat. Jadi intinya, syukuri aja apa yang udah gue dapetin n jalanin sekarang. Semua udah ada ‘jalannya’..

You May Also Like

83 komentar

  1. mau nanya ni di analis efek itu apa aja yang dipelajari?t
    mksh sblm nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, banyak banget. Intinya kta belajar mengenai pasarmodal, evaluasi saham, kebanyakan sih analisa keuangan dan makro ekonomi. :D

      Delete
  2. Harus pegang WPPE atau WMI dulu kah?

    Kuliah jurusan analyst efek di kampus mana sista ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonim,
      kalo untuk masuk jurusan ini minimal lulusan sma/smk sederajat... tapi syarat kelulusannya dari AE ini minimal harus punya WPPE..
      di Stan :D

      Delete
  3. Kak
    Kalo mau jadi analis efek harus kuliah dimana selain di stan ?
    Tpi setau saya stan itu belajr akutansi bukan pasar modal
    Mohon pencerahanya kak
    Maksi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anonim,

      Ada kampus di daerah tendean jakarta selatan, aku gak tau nama kampusnay apa sekarang soalnya kata teman aku udah ganti nama. Tadinya sih namanya STIEBI, mungkin boleh di googling aja nanti.
      STAN itu ada beberapa jurusan. Semua jurusannya pasti ada mata kuliah akuntansi. Kayak misalnya nih ya, pasti kamu pernah dengar percakapan gini:

      "Kamu kuliah dimana?"
      "Di Trisakti"
      "Oh jurusan apa?"
      "Ekonomi Managemen"

      Di STAN ada beberapa jurusan, misalnya perpajakan, bea cukai, akuntansi, analis kredit, dan juga analis efek. Tapi sayangnya jurusan analis efek yang dulu aku ambil udah ditiadakan. Jadi STAN itu bukan suatu jurusan tapi sama seperti kampus lain yang membawahi berbagai jurusan. Orang mikirnya karena namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, jadi hanya belajar akuntansi tok, gak belajar mata kuliah lain. Tapi karena memang setiap jurusan ada mata kuliah akuntansi juga.
      Di jurusan analis efek juga ada mata kuliah akuntansi. Ada akuntansi perusahaan efek dan akuntansi dasar tentunya. Sama kok seperti jurusan ekonomi management di universitas lain, pasti ada mata kuliah akuntansinya juga walaupun cuma dasar. Teman aku yang kuliah ambil jurusan Teknik industri aja punya mata kuliah akuntansi, tapi gak 8 semester yang dipelajari itu akuntansi kan. Sama juga seperti jurusan analis efek, ga setiap semester ada mata kuliah akuntansi. Secara keseluruhan yang dipelajari ya mengenai pasar modal. Akuntansi perlu juga untuk dipelajari, gunanya apa? Akuntansi sendiri berhubungan dengan laporan keuangan. Untuk menghitung rasio perusahaan apakah saham perusahaan itu layak dibeli atau gak ya kita butuh ilmu akuntansi juga untuk baca laporan keuangan. Apakah tiap tahun konsisten menghasilkan laba atau gak dan darimana asal laba itu. Itu salah satu contohnya.
      Semoga penjelasan aku bisa membantu ya, kalau masih ada yang kurang boleh tanya lagi.
      Terima kasih udah sempetin baca juga. :D

      Delete
  4. ka aku baru mau lulus SMA jurusan ips dan mau banget masuk jurusan AE setelah liat presentasi di Univ MH thamrin alias STIEBI dan tau prospek kerja nya , cuma kan aku buta banget sama jurusan itu . kira2 kalo kaya gitu kita bisa ga yah memahamin semua materi yg akan dipelajari nanti ? plis jawab ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata kuliah di AE itu kebanyakan emang IPS (ekonomi+akuntansi, dll), aku dulu pas sma dari IPA. Kalo soal nanti bakal nyambung atau gak, tergantung kita nya aja mau belajar atau gak. Pemikiran takut gak bakal nyambung itu, sama kayak pemikiran kita waktu SD, 'bisa gak yah nanti nangkep pelajaran pas SMP'. Pas udah smp ternyata bisa2 aja kan? Hehe

      Delete
    2. hehehe iya juga sih , tapi di AE itu harus bisa bahasa inggris banget ga ka ? lemah bgt sama bahasa inggris apa lagi grammar"nya yg bener ga ngerti

      Delete
    3. oiya soal WPPE , WPEE dan WMI itu apa ka?

      Delete
    4. gak harus fasih bahasa inggris. pelajaran bahasa inggris cuma 1 semester kok itu juga dasar banget.
      WPPE (wakil perantara pedagang efek), WPEE (wakil penjamin emisi efek), dan WMI (wakil manajer investasi) itu lisensi yang diperoleh setelah mengikuti ujian standar profesi dari OJK (otoritas jasa keuangan). Lulusan AE, wajib punya WPPE kalau mau bekerja di perusahaan efek. Itu juga salah satu syarat untuk lulus dari jurusan AE. Ibarat kata kalo WPPE itu hukumnya wajib, sementara WPEE dan WMI itu sunah. :D

      Delete
  5. mbg plajaran di jurusan analisi efek itu apa aja ? akuntansi nya smpek smter brp dan persenan hitungan nya lebih besar dari pada ngapal gak ??? gua mending mindahin kuburan kie pasar deh dari pada ngadepin akuntansi sam hitungan , apa kayak pembelajarn menejemn gitu ya ? tolong infonya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata kuliahnya banyak... masa disebutin satu2... yang jelas akuntansi ada sampe 3 semester kalo gak salah. akuntansi dasar, akuntansi perusahaam efek, sama satu lagi gue lupa namanya apa:))
      40:60 antara hitung2an dan hapal2an. kalo mau yang banyak hapalan mending jangan pilih fakultas ekonomi bro.. mau itu akuntansi atau management sama2 harus mau hitung2an tapi yang jelas jurusan ini jauh lebih 'enteng' ketimbang akuntansi.

      Delete
  6. ka, sekarang kaka kerja dimana dan gaji berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta. Untuk gaji kayaknya gak etis ya kalo kasih tau ke orang, yang jelas cukup buat bayar kosan di Jakarta, makan sebulan, hiburan, dan nabung buat travelling. :D

      Delete
  7. Hallo kak, alhamdulillah saya lulus sma thn ini. Kak saya mau nanya STIEBI itu negeri kah? Saya bc testimoni dn penjelasannya saya jd berminat. Jd kak USM ny ttg TPA aja dn ujiannya dmn kak?
    Mohon infonya ya kak,
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...congrats!
      Bukan negeri.. Kalo stiebi itu swasta. BTW, untuk jurusan analis efek di STIEBI udah bukan dibawah nama STIEBI lagi, kalo gak salah namanya universitas M. Thamrin. Jadi kayaknya jurusan analis efek di SIEBI udah gak ada, yang ada di Moh. Thamrin. Kalo aku dulu di stan jadi masuknya negeri tapi yang non ikatan dinas. Kalo usm stiebi atau M.Thamrin aku kurang tau ya, coba hubungi marketing stiebinya aja.. :)

      Delete
  8. Kak mau nanya.. jd analis efek di STIEBI dan Moh. Thamrin bedanya apa ya kak? Mohon sedikit infonya ya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tau dek, soalnya aku bukan alumnus kedua sekolah itu. coba telpon ke marketing atau bagian sekretariat kampusnya aja :)

      Delete
  9. Halo kak, saya mau nanya. Stan itu bukannya ikatan dinas ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo waktu jaman aku ya... gak semuanya itu ikatan dinas. Kalo gak salah waktu itu ada sekitar 3 jurusan yang gak masuk ikatan dinas, termasuk jurusan aku.

      Delete
  10. ka kaka kan lulusan ipa trus masuknya jurusan ips kira2 susah ga ka buat adaptasi sama pelajarannya? atau emang dibutuhin les? soalnya aku juga mau ambil ae di mh.thamrin dan aku lulusan ipa , mohon dibalas ya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas diawal tahun emang butuh adaptasi, tapi lama kelamaan santai kok.

      Delete
  11. Kak, aku ga lulus sbm, galau setengah jiwa, aku ipa, terobsesi sama jurusan teknik, aku mau ambil swasta tp gamau teknik, hati aku melirik ke thamrin kampus aka jurusan analisa efek. sesama ipa, gimana kak pertama susah ngejalaninnya? susah ga kak ipsnya buat yg dari ipa? terus itu kerjanya nanti kita ngapain si kak di perusahaan sekuritas? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gini ya, anak ipa bisa masuk ke jurusan ipa atau ips tinggal tergantung gimana kita mau adaptasi atau belajarnya. Tapi kalau anak ips pilihannya terbatas, mereka hanya bisa nerusin ke jurusan yang berhubungan ama ips juga.
      aku di sekuritas jadi dealer saham. Job desknya kurang lebih ya terima order jual beli dari client, input order, tapi kita juga harus bisa analisa market karena sewaktu-waktu client pasti tanya gimana kondisi market, saham apa yang lagi bagus. Kamu pernah nonton film Wallstreet gak? Nah kurang lebih begitu kehidupan di sekuritas, tapi itu dari sisi gelapnya sih ya atau bisa juga nonton film Pialang Saham, itu film versi Indonesia. Siapa tahu kamu jadi ada gambaran kayak gimana dunia pasar modal.

      Delete
  12. Ka aku calon mahasiswa analisefek, katanya susah ya keluar karna harus lulus ujian WPPE itu, emang bener ka ? Dan maksudnya susah keluar itu gimana sih ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susahnya itu relatif, tapi 90% anak jurusan analis efek itu lulus WPPE kok. Nah, lo jangan sampe masuk ke kategori yang 10% itu ya :D
      Gue sendiri ikut ujian WPPE ampe 2x baru lulus, yang pertama gagal dan yang kedua Alhamdulillah lulus.
      Temen gue pun ada yang ampe lebih dari 5x ujian gak lulus, akhirnya yang ke-6 bisa lulus. Tapi gak sedikit juga kok yang baru ikut ujian sekali langsung lulus. Asal mau belajar sih semua pasti bisa :)

      Delete
    2. Ujiannya itu diadainnya pas kapan ka ? Pas semester akhir atau gimana ?

      Delete
  13. biaya kuliah analis efek itu mahal ga ka? kalo prospek kerjanya itu lebih banyak di kantor atau turun langsung ke lingkungan? soalnya aku masih ga ngerti ka:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo biayanya pas jaman aku sih termasuk murah, itu relatif sih ya... Kalau kampus lain aku gak tau.
      Lebih banyak di kantor, kalo keluar kantorpun paling pas ketemu client atau ada acara gathering atau public expose.

      Delete
  14. kuliahnya 6 semester? itu D3 atau langsung S1? Oiya kalo mau dapetin WPPE itu ujiannya kaya gimana ya ka? itu semacam ujian tertulis atau lisan? mohon infonya ya ka:) soalnya aku tertarik mau masuk ke jurusan itu, dan apakah benar kalo jurusan AE itu jarang dan banyak dibutuhin perusahaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kamu mau ambil d3 atau s1.. kalo d3 ya 6 semester, kalo s1 ya 8 semester.
      Kalo kampus aku udah gak buka jurusan analis efek lagi, kalo kampus lain mungkin masih ada yang buka dan aku gak hapal semua kampus di Indonesia mana aja yang ada jurusan analis efek jadi hubungi langsung ke sekretariatnya aja untuk keterangan biaya dan lama kuliahnya ya.

      Ujiannya tertulis.

      Untuk tahu jarang atau gaknya, kamu cek aja ke semua universitas apa mereka punya jurusan analis efek atau gak. Kalo lulusan analis efek emang banyak dibutuhin perusahaan, tapi perusahaan sekuritas atau apapun itu yang berhubungan dengan investasi (saham/berjangka/forex/ you name it).

      Delete
  15. Kak, analis efek itu termasuk s1 apa d4 ya? Reply asap ya kak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kok aku liat2, univ yg ada jurusan ini cuma thamrin ya?

      Delete
    2. Aku bukan alumni thamrin jadi gak tau.

      Kalo aku sendiri D3.

      Setau aku untuk SEKARANG ini emang cuma di univ thamrin yang ada jurusan analis efek (CMIIW)

      Delete
  16. hallow kak,.

    aku pengen banget masuk AE,. uda lulus SMA sih, tp lg nyari duit dulu buat lanjut kuliah. sekarang aku coba jd nasabah disalah satu sekuritas n ngicipi maen saham,. tapi ya gitu analisaku masih sering salah soalnya aku cuma belajar dari forum2,. aq pernah tanya temen2nya kakak-ku tp pada pelit gak mau kasih tau caranya,...

    kakak ada tips/cara buat prediksi pergerakan IHSG atau saham2 tertentu buat esok hari?
    aq sementara ini cm pake TA buat prediksi pergerakan esok hari (itupun cuma sebatas price action, cupu banget yaa hehe), soalnya ndak ngerti fundamental apalagi makroekonomi, dan lagi fundamental dan makroekonomi itu menurutku untuk analisa jangka panjang cmiiw (^_^)V

    mohon bantuannya yaa kak,..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo anom,

      Kamu hebat donk bisa ngerti TA tanpa ngerti FA. Btw gimana caranya kamu bisa putusin beli saham kalau gak ngerti fundamentalnya? Menurutku sama aja beli kucing dalam karung..

      Anyway, semoga bisa cpt terlaksana keinginan kuliahnya ya, biar bisa belajar FA lebih mendalam lagi nanti.
      Good Luck!

      Delete
  17. kak, kok jurusan analis efek di STAN dihapus ya ? apa karena jurusan analis efek kurang peminat apa gimana kak ?

    trus klo kita lulusan analis efek kita kan wajib punya minimal WPPE, nah ujian WPPE nya itu diselenggarakan langsung sama universitasnya apa kepisah kak, & WMI, WPEE juga sama kah ? mohon saran & pendapatnya dong kak, maklum nih lagi galau sama jurusan kuliah.... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konon katanya, jurusan ae di stan itu 'proyek' direkturnya yang lama jadi begitu direkturnya diganti, direktur yang baru gak mau urusin ijin ke departemen pendidikan. Alhasil ya distop gitu aja..
      Nah direktur yang lama itu akhirnya buka jurusan AE di Stiebie yang sekarang ganti jadi namanya univ thamrin. Alasan beliau buka jurusan itu di kampus lain karena memang permintaan tenaga ahli di pasar modal semakin banyak. (CMIIW)

      WPPE, WMI, WPEE itu diadakan oleh panitia ujian standar profesi, itu ujian sertifikasi langsung dari OJK. Jadi kampus gak campur tangan sama sekali alias kepisah.

      Delete
    2. kak, nanya lagi dong, hehe..
      kan kata kakak permintaan tenaga ahli di pasar modal semakin banyak, tapi kan perusahaan yg ngelobby di bursa masih tergolong dikit kak, emang lulusan AE/yg udh punya sertifikat standar profesi masih jarang ya kak ?
      trus nih kak, klo kita punya sertifikat WPEE dsb, tapi kita ga punya gelar pendidikan macam sarjana dll, emang perusahaan tetep mau memperkerjakan asal yg penting punya sertifikat dari standar profesi ya kak ?
      kalo kaya gitu mending aku ikut les buat ujiannya aja dong, ga usah punya gelar pendidikan kalo cuman diliat dari kepemilikan sertifikat ??
      mohon kak sarannya.

      oh iya satu lagi nih kak tapi agak oot ya.
      kalo kita kerja di perusahaan dibanding kita trading saham sendiri, itu lebih "ngalir" mana ya kak pendapatannya. heeheh....

      thanks ya kak sebelumnya.....
      sorry kalo banyak nanya hehehe.............

      Delete
  18. Ka, mau nanya universitas mana ajanya yang ad jurusan AE?

    ReplyDelete
  19. kak ada pin bbm ga? boleh nanya nanya ga?

    ReplyDelete
  20. Kak jgn kasih kak, atas saya anggota ISIS kak. Serem

    ReplyDelete
  21. Kak, mereka berdua anggota Boyz Don't Cry

    ReplyDelete
  22. ini yang tiga orang di atas pecahan grup sm*sh ya?

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. mereka bukan sm*sh kak, tapi VISHINEE yg leadernya si Sammy itu loh kak, tapi nama aslinya samsul
    kalo gak percaya cari aja di youtube kak, pasti ketemu. serius kak. coba deh

    ReplyDelete
  25. kaka cantiiikk... (kaka cewek kan?)
    aku sudah di terima di universitas MH Thamrin jurusan AE, tinggal menunggu masuk kuliah 31 Agustus nanti. aku mau tanya, pekerjaan apa yg nantinya bisa didapatkan oleh seorang lulusan AE? lalu untuk ujian WPPE yg diadakan OJK, seandainya tidak lulus perlu waktu berapa lama untuk bisa mengikuti ujian lagi??? makasi ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo :)
      Selamat ya...
      Kalo pekerjaan ya kurang lebih seputar di dunia pasar modal sih, entah itu kerja di perusahaan sekuritas, dana pensiun, asset management, emiten, bursa efek, atau bahkan di ojk nya juga bisa.. Kalo di perusahaan efek bisa jadi stock broker, dealer, atau back officenya juga bisa (settlement, crm, compliance) tapi jarang sih yang mau ambil bagian back office. Di dana pensiun atau perusahaan asset managemen bisa jadi manajer investasi, atau asistennya, dealernya, atau adminnya juga bisa (konon katanya jadi adminnya juga udah lumayan gajinya). Kebanyakan sih lulusan analis efek ya mencarnya ke sana.
      Ujian standar profesi diadakannya 3 bulan sekali, jadi gak perlu khawatir buat nunggunya kalau misalkan (amit-amit) gak lulus.:D

      Delete
    2. oh... gitu ya... oke deh, jadi nambah tau, makasi ka info nya, doakan saya berhasil seperti kaka yaa 😃

      Delete
  26. Kak katanya freshgraduate itu gaji 5-6 jt terus kalo udah senior bisa sampai 100jt beneran kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bener segitu, gue udah keliling eropa.. :)))


      fresh graduate sebagai apa dulu ngelamarnya??
      Itu yang 100 juta, ada sih beberapa temen yang pernah dapet segitu...tapi itu dia sebagai stock broker dan bisa segitu emang komisinya, tapi itu dalam kondisi market lagi bagus banget. Kalau market lagi jelek dan omset sepi?? Boro2 dapat gaji... Rata2 (gak semua loh ya) stock broker gak digaji, tapi bawa pulang komisi. Jadi kalau lo gak bisa 'jualan saham' dengan benar ya sebulan bisa aja gak berpenghasilan sama sekali. Gue kasih tau jeleknya dulu aja, jangan sampe kemakan iming2 orang tapi bukan berarti itu gak mungkin loh yaaa...
      Kecuali lo ngelamarnya sebagai staff back office atau stock dealer. Berdasarkan pengalaman gue sih kalau di sekuritas gak sampe 5jt ya buat fresh graduate. Mungkin beda cerita kalau lo ngelamar di dana pensiun.

      Delete
    2. Kak maksudnya pas omset sepi kemudian boro boro dapat gaji itu maksudnya gimana ya, bisa tolong dijelaskan ? dan maaf banget nih kak, memang sih kalo tanya masalah gaji itu sensitif banget ya, tapi tolong kak kira kira gaji kaka sebagai lulusan AE sekitar berapa ? Terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. Analoginya begini ya dek,

      Boker saham ini ibarat pemilik warung. Besarnya pendapatan dalam sebulan tergantung bagaimana dia menjual barang dagangannya. Kalau dalam sebulan ternyata sepi pembeli dan harga-harga barang dagangannya lagi mahal, kemungkinan pendapatannya akan sedikit. Tapi kalau dia bisa promosiin barang dagangannya dan kebetulan pembeli lagi banyak, otomatis pendapatan dia juga banyak.
      Sama halnya dengan broker saham, semakin banyak dia transaksi jual/beli saham dalam sebulan, komisi yang dia dapat akan semakin banyak. Tapi kalau kondisi market lagi jelek, dan dia juga gak bisa meyakinkan client untuk beli saham A atau B, kemungkinan komisi yang dia dapat juga sedikit.

      Nah, broker saham ini rata2 tidak menerima gaji tetap tapi cuma berdasarkan komisi itu aja. Maka dari itu, kalau mau jadi broker saham, at least juga punya skill berdagang. Percuma punya kemampuan analisa pergerakan harga saham tapi gak bisa meyakinkan client. Kalau gak bisa 'jualan' yang ada gak punya pendapatan dalam sebulan.

      "Kalau gak bisa dagang terus mau jadi apa?"
      "Ah enakan punya gaji tetap ah daripada gak jelas gitu"

      Kalau kamu punya license WMI atau at least WPPE dan skill analisa pergerakan harga saham/market yang baik, bisa jadi tim research di sekuritas atau jadi Manajer Investasi di Dana Pensiun atau perusahaan asset management.

      Kalau cuma punya WPPE tapi gak bisa jualan, bisa jadi dealer. Tugasnya input order dari broker saham atau langsung dari client. Bisa dibilang dealer ini sebagai asisten si broker juga.

      Kalau punya WPPE tapi gak mau berurusan dengan yang aku sebutin di atas, hmmm... sebenarnya sayang sih kalau punya license tapi gak jadi salah satu profesi tersebut.

      Bisa juga sih jadi staff admin di perusahaan asset management, atau dana pensiun.

      Kalau sampai lulus masih gak punya license juga?
      Sebenarnya kebangetan sih kalau sampai gak punya license setelah lulus, tapi masih bisa kerja di sekuritas sebagai back office, misalnya sebagai staff CS, CRM, Compliance, Settlement, dan Finance.

      Gaji aku?

      Udah pernah ada yang nanya juga di atas, gak aku jawab. Sorry.

      Delete
  27. terima kasih kak, jawabannya memuaskan :)
    maaf tadi bertanya soal gaji hehe, saya hanya terpaku saja dan memastikan benar atau tidaknya gaji yang tertera dari blog AE. Kalo kaka ngga percaya coba buka aja blog AE. Saya juga sudah menghubungi marketting di AE katanya minimal 5 jt. Nah itu bikin penasaran makanya maaf saya bertanya gaji kaka, ada segitu ngga. Biar saya percaya 100% aja sih hehe, tapi kalo kaka ngga mau kasih tau juga ngga apa apa kok kak, maaf sebelumnya

    ReplyDelete
  28. terima kasih kak, jawabannya memuaskan :)
    maaf tadi bertanya soal gaji hehe, saya hanya terpaku saja dan memastikan benar atau tidaknya gaji yang tertera dari blog AE. Kalo kaka ngga percaya coba buka aja blog AE. Saya juga sudah menghubungi marketting di AE katanya minimal 5 jt. Nah itu bikin penasaran makanya maaf saya bertanya gaji kaka, ada segitu ngga. Biar saya percaya 100% aja sih hehe, tapi kalo kaka ngga mau kasih tau juga ngga apa apa kok kak, maaf sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta bukti slip gajinya aja sama marketingnya dek biar makin percaya 100%.. hehe :D

      Delete
  29. Mau tanya dong, buat sekarang indonesia masih kekurangan analis efek ga? buat kedepannya lulusan AE ini kemungkinan kerja berapa persen ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Probabilitas prospek kerja lulusan AE

      90% -> Yang punya license WPPE, WMI, WPEE
      9% -> Yang rajin kuliah & naro2 CV
      1℅ -> Yang punya koneksi di perusahaan
      0% -> Yang malas & gak punya kriteria di atas

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oke ka makasih saranya, sudah fix masuk univ thambrin nih tinggal nunggu awal kuliah saja

      Delete
  30. Kak mau tanya nih, kalau prospek kerja di luar negeri nya besar nggak buat lulusan ae?

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Kak kalau untuk pascasarjana analis efek ada enggak ya? Terima kasih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga ya, coba telpon langsung aja ke bagian marketing kampus yang ada jurusan analis efeknya. Thank you :D

      Delete
  33. Hey Miss :)
    Oh iyaa, share pengalaman dikit ya tentang yang namanya salah jurusan :D
    Ane kebetulan lulus SMA tahun 2008, semasa SMA sama seperti Miss, cita-cita lari kesana kemari, sampai pas lulus dipaksain ortu untuk masik Farmasi. Unfortunatelly ga bisa seperti Miss yang bisa tetep lanjut sampai kelar wisuda lanjut kerja, ane mandek tengah jalan :(
    Akhirnya keluar dari Farmasi, dan masih tetap bingung dengan jurusan apa yang mau didalamin, ortu nyaranin lagi untuk kuliah di sastra inggris, ane buat kedua kalinya ayok ayok aja dan masuk sastra inggris tahun 2009. Tapi ya gitu, kuliah asal-asalan yang penting ga DO. Tapi entah apa pas 2013 baru ane bisa nemuin passion ane ada di pasar modal dan akhirnya tahun itu juga ane berhenti dr sastra inggris dan masuk di jurusan manajemen keuangan. Alhamdulillah so far so good, mudah-mudahan no more failure seperti kemarin-kemarin :")

    Finally I am here sebagai mahasiswa manajemen keuangan yang getol abis sama pasar modal, rencana abis wisuda pengennya bisa kerja di pasar modal juga, pengennya sebelum wisuda udah ngambil sertifikasi WPPE sama WMI, planning sih pingin banget masuk di asset management.

    Yang mau ane tanyain, prospek pekerjaan di pasar modal gimana Miss? Apa ada penjenjangan karir juga? Terus sistem kerjanya itu sistem kontrak atau ada juga yang jadi macam pegawai tetap? Oh iya mau nanya juga sama sistem penggajiannya juga sis.
    Maaf banyak nanya nih Miss, kepoo banget soalnya hehe. Makasih responnya Miss :)

    ReplyDelete
  34. Kak biasanya yang baru lulus AE kerjanya yang paling pertama jadi apa dulu kak, terus jennang karir lulusan AE gimana kak??
    Makasih kakk

    ReplyDelete
  35. Kak saat ini sya sdg blajar di d3 pajak STAN, tpi sya mrasa passion sya bkn dsini, kuliah sdg2 aja yg ptg ga kena DO. Alasan kuliah dsini ya krena prospek udh kliatan, menurut pngalaman kakak bgaimna jika prospek jrusan AE ini bila dibandingkan dgn pajak STAN? Apkah lulusannya smudah itu mndpat kerja? Bgaimna sistem perekrutan lulusannya? (Thd prusahaan yg sdh kerja sama)

    ReplyDelete
  36. kak boleh minta nomor kontaknya gak?
    aku mau nanya nanya lebih jelas tentang jurusan ini
    soalny aku skrg sma 3 rencana sih mau di jurusan analisis pasar
    nih whatsapp aku 081298891118

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sy adam kuliah di univ mh thamrin jurusan s1 manajemen konsenstrasi analis efek, kalau mau nanya2 wa aja : 089512633517

      Delete
  37. Halo sy adam kuliah di univ mh thamrin jurusan s1 manajemen konsenstrasi analis efek, kalau mau nanya2 wa aja : 089512633517

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang Adam di cariin bang Adyan di Kost, wkwk

      Delete
  38. Kak ive done following your ig, follback eaaaa hahaha skrg krja dmn kak?

    ReplyDelete
  39. STAN jg d ekstensi nya looh…jurusannya Aktuaria, Analis Efek (AE), Akuntansi dan Perpajakan (AKP) nah khusus untuk yang ke-1 ma ke-2 kampusnya di Jl.Purnawarman (belakang Mabes POLRI itu looh), yang ke-3 terakhir kali dibuka 2004. Kamu STAN swastanya ya..yg bayar... skrg STAN swasta gabung ke Univ Thamrin AKA. Pembinanya direktur STAN yg dulu yaitu suyono salamun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai anonymous..
      Kamu anak STAN NEGERI ya?
      Aku di jurusan analis efek itu angkatan 6 (angkatan Terakhir which is itu tahun 2006). Aku 3 tahun kuliah di JL. Purnawarman (Gedung Depkeu BPPK) Mungkin Kamu kurang update.
      Iya setelah beliau gak jadi direktur STAN, jurusan Analis efek, aktuaria, akp, diputus. Terus beliau buka jurusan yg sama, tapi beda bendera. Jadi STAN ya STAN, Univ thamrin ya Univ thamrin. Karena yg dpindahkan itu ilmunya, kurikulumnya, bukan kampusnya. Yes, mahasiswa yg ambil jurusan2 itu bayar, yg sebagian dananya disubsidi silang untuk kampus STAN di bintaro (aku dapat info langsung dari staff karyawan STAN yg di bintaro & papaku dosen di sana juga).
      Makasih sudah mampir ke sini ya :). I hope you'd brave enough to show your name next time, so we can know each other.

      Delete
  40. Kak aku anak stan juga dan tertarik sama pasar modal kak, gimana ya kak bisa belajar pasar modal di sela" waktu sama kalo kakak ada buku rujukan untuk saya baca

    ReplyDelete
  41. Kak, analis efek skrg masih banyak dibutuhkan atau tidak? Mau lanjut ke thamrin cuma bingung jurusannya akuntansi perpajakan atau analis efek

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited