Salah Jurusan?

Pernah gak kepikiran kalo selama ini jurusan kuliah yang lo ambil salah jurusan?
Gue sempet kepikiran pas masih kuliah..
Dari sd gue pengen banget masuk accounting.
Pas smp-sma berubah jadi pengen masuk arsitektur which is cuma dengan modal nekat, gambar yang bener2 gue kuasain cuma gambar muka orang itupun setengah. Kalo gue lanjutin biar mukanya jadi utuh bisa ga sama..

Beranjak kelas 3 SMA, dimana kebetulan gue masuk jurusan IPA.. Cita2 gue berubah lagi jadi pengen masuk farmasi. Dengan modal pede, nilai kimia gue selalu 8 saat itu. Tapi di saat deadline milih jurusan udah hampir tiba. Gue terpaksa nurut kata orangtua untuk masuk jurusan analis efek. Yes. ANALIS EFEK..
Apa itu??
Itu pertanyaan yg gue tanyakan ke bokap dan pertanyaan itu juga yang selalu ditanyakan teman2 gue sampe gue mau lulus kuliah. Well, time always goes by.. Dan perlahan gue harus bisa mencintai jurusan yang gue pilih itu.
Kenapa dipertengahan jalan gue sempet mikir klo gue salah jurusan?

Gue benci teknik peramalan bisnis, gue benci valuasi saham, gue benci statistik, manajemen keuangan..
Hampir semua mata kuliah INTI itu gue ga suka. Kuliah juga sedeng2 aja, yang penting ipk masih masuk standar lulus. Ga di DO gara2 kegap nyontek ato ipk kurang :(
Ga pernah ngerasa ‘gue harus bisa lebih’. Sama sekali ga pernah kepikiran, yang penting gue lulus on time n dapet kerja.

Alhamdulillaah ga harus nunggu sampai wisuda, rejeki dateng. Dapet panggilan magang sebulan. Waktu itu hampir lebih 20 orang temen gue juga kepanggil di nisp itu. Dan dari orang sebanyak itu, gue masuk 6 orang yg masuk tahap berikutnya, yaitu ojt. Kalo lo berharap gue dapet duit banyak di program ini, lo salah besar. Perhari nya gue dibayar 55ribu dan dirapel tiap bulan. Saat magang itu,perlahan gue mulai melepas tanggung jawab ortu gue buat biayain gue. Tapi biaya kosan sihh masih ditanggung. Hehehe..
Jujur berat banget emang, apalagi pas bulan puasa. Jumlah hari cuma sedikit. Apeslah gue di bulan berikutnya..abis lebaran terpaksa puasa lagi.. :))
Tapi pengalaman itu emang gada harganya. Gue dapet banyak banget pelajaran. Dari belajar mengenai ‘the real market’ sampai dijudesin si bos gara2 nagih gaji.. -_-

Cukup sudah 'kisah' 5 bulan gue puasa tiap akhir bulan itu, selanjutnya gue dapet kerjaan jadi dealer di mega capital.
Lumayan lama juga sih di mega capital. Pengalamannya-pun jauh lebih banyak didapetnya. Untuk ukuran dealer, jujur aja salary gue saat itu masih dibawah standar layaknya seorang dealer. Tapi emang sih komisinya lumayan, bahkan bisa lebih dari gaji.
Percaya atau gak, sejak kuliah itu tiap lewat gedung transtv..dalem hati gue selalu bilang, “enak nih kalo kerja di mega, deket kosan deket transtv” dan alhamdulillaah tercapai.
Dan sewaktu gue di mega, gue juga selalu bilang dalam hati, ‘enak nih kayaknya kalo pindah ke broker asing..uob kayaknya enak nih soalnya ga purely asing’. Alhamdulillaah juga Allah udah ngabulin.. Tuhanku Maha Baik..
And.. After all this time.. Gue pikir pilihan orang tua itu ga pernah salah. Dia tau mana yg terbaik buat anaknya.
Setelah gue pikir2..
Coba aja kalo gue masuk accounting, bisa brabe.. Gue kan males ngitung2 neraca dll.
Coba aja gue masuk arsitektur, bisa ancur gedung yang gue bikin..
Coba aja gue masuk farmasi, kasian yang pada makanin obat gue. Gue kan ga suka hapal unsur2 gitu.
Gue rasa jurusan yg gue pilih ini udah yg paling pas. Gue hanya harus sering baca koran liat berita ekonomi global. Itung2annya pun ga ribet, banyak dapet kenalan client besar, kenalan sales2 hebat. Jadi intinya, syukuri aja apa yang udah gue dapetin n jalanin sekarang. Semua udah ada ‘jalannya’..

25 Comments

  1. Harus pegang WPPE atau WMI dulu kah?

    Kuliah jurusan analyst efek di kampus mana sista ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonim,
      kalo untuk masuk jurusan ini minimal lulusan sma/smk sederajat... tapi syarat kelulusannya dari AE ini minimal harus punya WPPE..
      di Stan :D

      Delete
  2. Kak
    Kalo mau jadi analis efek harus kuliah dimana selain di stan ?
    Tpi setau saya stan itu belajr akutansi bukan pasar modal
    Mohon pencerahanya kak
    Maksi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anonim,

      Ada kampus di daerah tendean jakarta selatan, aku gak tau nama kampusnay apa sekarang soalnya kata teman aku udah ganti nama. Tadinya sih namanya STIEBI, mungkin boleh di googling aja nanti.
      STAN itu ada beberapa jurusan. Semua jurusannya pasti ada mata kuliah akuntansi. Kayak misalnya nih ya, pasti kamu pernah dengar percakapan gini:

      "Kamu kuliah dimana?"
      "Di Trisakti"
      "Oh jurusan apa?"
      "Ekonomi Managemen"

      Di STAN ada beberapa jurusan, misalnya perpajakan, bea cukai, akuntansi, analis kredit, dan juga analis efek. Tapi sayangnya jurusan analis efek yang dulu aku ambil udah ditiadakan. Jadi STAN itu bukan suatu jurusan tapi sama seperti kampus lain yang membawahi berbagai jurusan. Orang mikirnya karena namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, jadi hanya belajar akuntansi tok, gak belajar mata kuliah lain. Tapi karena memang setiap jurusan ada mata kuliah akuntansi juga.
      Di jurusan analis efek juga ada mata kuliah akuntansi. Ada akuntansi perusahaan efek dan akuntansi dasar tentunya. Sama kok seperti jurusan ekonomi management di universitas lain, pasti ada mata kuliah akuntansinya juga walaupun cuma dasar. Teman aku yang kuliah ambil jurusan Teknik industri aja punya mata kuliah akuntansi, tapi gak 8 semester yang dipelajari itu akuntansi kan. Sama juga seperti jurusan analis efek, ga setiap semester ada mata kuliah akuntansi. Secara keseluruhan yang dipelajari ya mengenai pasar modal. Akuntansi perlu juga untuk dipelajari, gunanya apa? Akuntansi sendiri berhubungan dengan laporan keuangan. Untuk menghitung rasio perusahaan apakah saham perusahaan itu layak dibeli atau gak ya kita butuh ilmu akuntansi juga untuk baca laporan keuangan. Apakah tiap tahun konsisten menghasilkan laba atau gak dan darimana asal laba itu. Itu salah satu contohnya.
      Semoga penjelasan aku bisa membantu ya, kalau masih ada yang kurang boleh tanya lagi.
      Terima kasih udah sempetin baca juga. :D

      Delete
  3. ka, sekarang kaka kerja dimana dan gaji berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta. Untuk gaji kayaknya gak etis ya kalo kasih tau ke orang, yang jelas cukup buat bayar kosan di Jakarta, makan sebulan, hiburan, dan nabung buat travelling. :D

      Delete
  4. Hallo kak, alhamdulillah saya lulus sma thn ini. Kak saya mau nanya STIEBI itu negeri kah? Saya bc testimoni dn penjelasannya saya jd berminat. Jd kak USM ny ttg TPA aja dn ujiannya dmn kak?
    Mohon infonya ya kak,
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...congrats!
      Bukan negeri.. Kalo stiebi itu swasta. BTW, untuk jurusan analis efek di STIEBI udah bukan dibawah nama STIEBI lagi, kalo gak salah namanya universitas M. Thamrin. Jadi kayaknya jurusan analis efek di SIEBI udah gak ada, yang ada di Moh. Thamrin. Kalo aku dulu di stan jadi masuknya negeri tapi yang non ikatan dinas. Kalo usm stiebi atau M.Thamrin aku kurang tau ya, coba hubungi marketing stiebinya aja.. :)

      Delete
  5. Kak mau nanya.. jd analis efek di STIEBI dan Moh. Thamrin bedanya apa ya kak? Mohon sedikit infonya ya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tau dek, soalnya aku bukan alumnus kedua sekolah itu. coba telpon ke marketing atau bagian sekretariat kampusnya aja :)

      Delete
  6. Kak, aku ga lulus sbm, galau setengah jiwa, aku ipa, terobsesi sama jurusan teknik, aku mau ambil swasta tp gamau teknik, hati aku melirik ke thamrin kampus aka jurusan analisa efek. sesama ipa, gimana kak pertama susah ngejalaninnya? susah ga kak ipsnya buat yg dari ipa? terus itu kerjanya nanti kita ngapain si kak di perusahaan sekuritas? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gini ya, anak ipa bisa masuk ke jurusan ipa atau ips tinggal tergantung gimana kita mau adaptasi atau belajarnya. Tapi kalau anak ips pilihannya terbatas, mereka hanya bisa nerusin ke jurusan yang berhubungan ama ips juga.
      aku di sekuritas jadi dealer saham. Job desknya kurang lebih ya terima order jual beli dari client, input order, tapi kita juga harus bisa analisa market karena sewaktu-waktu client pasti tanya gimana kondisi market, saham apa yang lagi bagus. Kamu pernah nonton film Wallstreet gak? Nah kurang lebih begitu kehidupan di sekuritas, tapi itu dari sisi gelapnya sih ya atau bisa juga nonton film Pialang Saham, itu film versi Indonesia. Siapa tahu kamu jadi ada gambaran kayak gimana dunia pasar modal.

      Delete
  7. hallow kak,.

    aku pengen banget masuk AE,. uda lulus SMA sih, tp lg nyari duit dulu buat lanjut kuliah. sekarang aku coba jd nasabah disalah satu sekuritas n ngicipi maen saham,. tapi ya gitu analisaku masih sering salah soalnya aku cuma belajar dari forum2,. aq pernah tanya temen2nya kakak-ku tp pada pelit gak mau kasih tau caranya,...

    kakak ada tips/cara buat prediksi pergerakan IHSG atau saham2 tertentu buat esok hari?
    aq sementara ini cm pake TA buat prediksi pergerakan esok hari (itupun cuma sebatas price action, cupu banget yaa hehe), soalnya ndak ngerti fundamental apalagi makroekonomi, dan lagi fundamental dan makroekonomi itu menurutku untuk analisa jangka panjang cmiiw (^_^)V

    mohon bantuannya yaa kak,..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo anom,

      Kamu hebat donk bisa ngerti TA tanpa ngerti FA. Btw gimana caranya kamu bisa putusin beli saham kalau gak ngerti fundamentalnya? Menurutku sama aja beli kucing dalam karung..

      Anyway, semoga bisa cpt terlaksana keinginan kuliahnya ya, biar bisa belajar FA lebih mendalam lagi nanti.
      Good Luck!

      Delete
  8. ini yang tiga orang di atas pecahan grup sm*sh ya?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. mereka bukan sm*sh kak, tapi VISHINEE yg leadernya si Sammy itu loh kak, tapi nama aslinya samsul
    kalo gak percaya cari aja di youtube kak, pasti ketemu. serius kak. coba deh

    ReplyDelete
  11. Hey Miss :)
    Oh iyaa, share pengalaman dikit ya tentang yang namanya salah jurusan :D
    Ane kebetulan lulus SMA tahun 2008, semasa SMA sama seperti Miss, cita-cita lari kesana kemari, sampai pas lulus dipaksain ortu untuk masik Farmasi. Unfortunatelly ga bisa seperti Miss yang bisa tetep lanjut sampai kelar wisuda lanjut kerja, ane mandek tengah jalan :(
    Akhirnya keluar dari Farmasi, dan masih tetap bingung dengan jurusan apa yang mau didalamin, ortu nyaranin lagi untuk kuliah di sastra inggris, ane buat kedua kalinya ayok ayok aja dan masuk sastra inggris tahun 2009. Tapi ya gitu, kuliah asal-asalan yang penting ga DO. Tapi entah apa pas 2013 baru ane bisa nemuin passion ane ada di pasar modal dan akhirnya tahun itu juga ane berhenti dr sastra inggris dan masuk di jurusan manajemen keuangan. Alhamdulillah so far so good, mudah-mudahan no more failure seperti kemarin-kemarin :")

    Finally I am here sebagai mahasiswa manajemen keuangan yang getol abis sama pasar modal, rencana abis wisuda pengennya bisa kerja di pasar modal juga, pengennya sebelum wisuda udah ngambil sertifikasi WPPE sama WMI, planning sih pingin banget masuk di asset management.

    Yang mau ane tanyain, prospek pekerjaan di pasar modal gimana Miss? Apa ada penjenjangan karir juga? Terus sistem kerjanya itu sistem kontrak atau ada juga yang jadi macam pegawai tetap? Oh iya mau nanya juga sama sistem penggajiannya juga sis.
    Maaf banyak nanya nih Miss, kepoo banget soalnya hehe. Makasih responnya Miss :)

    ReplyDelete
  12. STAN jg d ekstensi nya looh…jurusannya Aktuaria, Analis Efek (AE), Akuntansi dan Perpajakan (AKP) nah khusus untuk yang ke-1 ma ke-2 kampusnya di Jl.Purnawarman (belakang Mabes POLRI itu looh), yang ke-3 terakhir kali dibuka 2004. Kamu STAN swastanya ya..yg bayar... skrg STAN swasta gabung ke Univ Thamrin AKA. Pembinanya direktur STAN yg dulu yaitu suyono salamun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai anonymous..
      Kamu anak STAN NEGERI ya?
      Aku di jurusan analis efek itu angkatan 6 (angkatan Terakhir which is itu tahun 2006). Aku 3 tahun kuliah di JL. Purnawarman (Gedung Depkeu BPPK) Mungkin Kamu kurang update.
      Iya setelah beliau gak jadi direktur STAN, jurusan Analis efek, aktuaria, akp, diputus. Terus beliau buka jurusan yg sama, tapi beda bendera. Jadi STAN ya STAN, Univ thamrin ya Univ thamrin. Karena yg dpindahkan itu ilmunya, kurikulumnya, bukan kampusnya. Yes, mahasiswa yg ambil jurusan2 itu bayar, yg sebagian dananya disubsidi silang untuk kampus STAN di bintaro (aku dapat info langsung dari staff karyawan STAN yg di bintaro & papaku dosen di sana juga).
      Makasih sudah mampir ke sini ya :). I hope you'd brave enough to show your name next time, so we can know each other.

      Delete
  13. Kak aku anak stan juga dan tertarik sama pasar modal kak, gimana ya kak bisa belajar pasar modal di sela" waktu sama kalo kakak ada buku rujukan untuk saya baca

    ReplyDelete
  14. Kak, analis efek skrg masih banyak dibutuhkan atau tidak? Mau lanjut ke thamrin cuma bingung jurusannya akuntansi perpajakan atau analis efek

    ReplyDelete
  15. Author lulusan STAN kok kerjannya di perusahaan swasta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown bin Fulan, kamu googling aja dulu ya soal jurusan analis efek yang di STAN.

      Tapi secara jurusannya juga udah almarhum, pasti gak terlalu banyak informasinya.

      Jadi tahun 2000 - 2006 itu STAN buka jurusan analis efek, analis kredit, sama satu lagi lupa. Semua mahasiswa yang ada di situ statusnya mahasiswa STAN, direkturnya cuma 1 juga. Yang membedakan, 3 jurusan ini nggak ada ikatan dinas setelah lulus. Kuliahnya juga bayar, nggak gratis kayak yang orang-orang umumnya ketahui soal STAN. Jadi kalau si author kerjanya di perusahaan swasta, ya wajar, KARENA GAK ADA IKATAN DINAS. Kenapa gak ikatan dinas? PAnjang lagi nanti ceritanya dan bukan kamu doank yang udah nanya begini jadi gue udah bosan jawabnya juga. Kalau penasaran tanya aja ke bagian sekretariat STAN ya buat tanya-tanya kenapa mahasiswa jurusan analis efek ini semuanya kerja di perusahaan swasta.

      Next time, gak usah malu ya isi komen cantumin nama.:D

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Thank you for reading!