Pembuatan Visa Korea Selatan

3:27 PM

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur karena visa gue diapprove!! Yeayyy!! Setelah melalui proses yang cukup ribet dan 'drama' karena salah satu dari teman gue itu banyak banget dokumen yang kurang dan baru prepare pas detik terakhir menjelang ke kedubes Korea Selatan (padahal ujung-ujungnya doi ngebatalin ikut setelah visa diapprove semua). T.T

 Baca selengkapnya cerita perjalanan gue selama di Korea Selatan di sini

Nah, postingan gue kali ini gue akan share pengalaman sewaktu buat visa Korea Selatan. Sebelum datang ke kedubes, pastikan kita udah persiapkan semua dokumennya dan jangan lupa isi formulir yang bisa didownload di website kedubesnya.

Dokumen yang dibutuhkan pada saat pengajuan pembuatan visa, antara lain:

1. Passpor asli dan fotokopi isi passpor yang ada cap negara-negara yang pernah kita kunjungi beserta bagian biodata sih yang jelas. Jadi ini adalah syarat wajib untuk ajuin visa. Karena nanti visanya akan ditempel di dalam passpor kita. Kalau belum punya passpor ya bikin dulu lah, sekarang bikin passpor gampang kok kan udah ada via online jadi gak perlu ngantri dari subuh buat ambil nomer antrian.
cara membuat visa korea selatan
Fotokopi cap passpor

2. Fotokopi kartu keluarga. Ini mungkin gunanya buat membuktikan hubungan keluarga. Misalkan kita pergi travellingnya bareng adik, nah kan jadi kebukti tuh lewat kartu keluarga. Atau kita punya keluarga di Korea yang jadi sponsor kita, keliatan kan dari KK itu.

3. Formulir Visa. Ini bisa kita download di website South Korean Embassy di sini. Jangan lupa tempelin pas foto ukuran 4,5 x 5,5. Tapi gue waktu itu ukuran fotonya yang 4 x 6 gak masalah kok dan ingat ya background fotonya harus putih.
pengalaman mengurus sendiri visa korea selatan

4. Surat keterangan kerja dan SIUP tempat bekerja. Gue waktu itu ngelampirin surat keterangan kerja dari HRD dan permit letter dari bos gue langsung. Point ini penting banget loh, karena ini bukti kalau kita sudah punya pekerjaan tetap dan ke KorSel ya emang cuma mau liburan, bukan mau jadi tenaga kerja ilegal alias TKI gelap. Isi suratnya harus ada kop surat perusahaan, tanda tangan HRD, dan cap perusahaan. Gue juga menyertakan kartu nama gue dan fotokopi Id Card biar semakin meyakinkan kalau gue emang pegawai di kantor gue. Kalau kerjanya di perusahaan besar atau bumn biasanya udah ngerti kok hrdnya kalau kita minta surat keterangan kerja untuk pembuatan visa.

pengalaman mengurus sendiri visa korea selatan
Kartu nama buat dokumen pendukung aja biar makin meyakinkan kalo gue emang kerja di situ :p

5. Fotokopi KTP. Walaupun di passpor udah ada keterangan Id kita, tapi gak ada salahnya donk ngelampirin ini.

6. Surat ijin orang tua. Ini gak wajib kalo lo udah nyertain point nomer 4 di atas, tapi gue sengaja buat aja. Biar kedubes tau kalau gue travelling juga udah diketahui oleh ortu gue dan menyertakan nomer telpon bokap untuk kepentingan darurat.

7. Bukti Keuangan. Nah bukti keuangan ini ada macam-macam. Semakin banyak ya semakin bagus. Berikut yang gue lampirin waktu itu:

- SPT Tahunan
Spt itu ibarat kata wajib karena membuktikan kalau kita warga negara baik yang taat bayar pajak dan dari isi spt tersebut juga akan terlihat siapa yang membayarkan pajak gue yaitu kantor gue. Nah jadi pembuktian lagi kan kalo gue beneran udah kerja. Dua teman gue gak nyertain ini, tapi hanya kartu NPWP aja. Gak masalah juga kayaknya.

- Print out rekening koran selama 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
Kalau kalian pengguna klik bca, tinggal print mutasi rekening lo selama 3 bulan. Lalu datang ke bank bagian CS untuk minta dibuatin surat referensi bank dengan biaya 50k idr. Lalu print out rekening tadi minta tolong dicap pake cap bank. Proses pembuatan surat referensi bank paling cepat memakan waktu 2 hari kerja. Nominal saldo rekening gue pada saat itu sekitar 20jutaan ko, jadi mitos bahwa saldo rekening kita harus 50juta itu hanya isapan jempol belaka. Intinya hitung aja kita berapa hari di sana, dan anggap aja biaya hidup per hari di sana 1juta. Jadi pastikan dulu biaya hidup di sana bisa tercover dengan jumlah saldo di rekening kita. (Cmiiw).
contoh surat referensi bank untuk pembuatan visa
contoh surat referensi bank

- Tagihan kartu kredit 2 bulan
Gue sengaja menyertakan ini walaupun gak wajib. Kalau kalian gak punya CC, gak usah disertain. Tapi kalau punya dan track recordnya masih masuk kredit lancar, mending disertain juga biar lebih meyakinkan. Ini bisa buat penguat bukti kalau kita punya kewajiban dan kalau dalam keadaan darurat misalnya ditinggal pesawat, kita bisa beli tiket darurat pakai CC (menurut gue sih gitu).

Kalau syarat di atas udah siap semua, tinggal jalan ke kedubes Korea bagian consular visa yang ada di JL. Gatot Subroto. Lokasinya bersebelahan dengan Graha Surveyor dan RS. Medistra. Nah kalau kalian ada kelupaan fotokopi sesuatu, di dalam gedung Graha Surveyor itu ada tukang fotokopi. Kedubes ini baru buka jam 9 pagi sampai jam 12 siang untuk pengajuan visa dan waktu gue ke sana termasuk masih sepi dan prosesnya cepat. Setelah ambil nomer antrian gue cuma nunggu sebentar dan setelah dipanggil, dokumen akan dicek oleh petugas di loket. Kalau udah kelar, nanti dia akan kasih tau kapan kita harus balik ke sana untuk pengambilan visa.

contoh bukti pemesanan airbnb yang sudah confirmed
print out bukti reservasi penginapan

Gue ngajuin aplikasi visa tanggal 2 Desember dan tanggal 9 Desember udah jadi. Tapi gue baru ambil visanya pas tanggal 10. Alhamdulillahh semuanya diapprove. Saran dari gue, semakin banyak kita melampirkan dokumen wajib seperti yang gue sebutin di atas, maka semakin meyakinkan proposal visa kita. Waktu itu sih gue juga melampirkan print out tiket PP beserta bukti reservasi hotel. Tapi kayaknya dokumen pelengkap itu udah gak dibutuhin pihak kedubes soalnya pas di kedubes, gue lihat di papan pengumuman perihal gak usah ngelampirin print out tiket dan hotel. Kalau visa udah approved, jadi bisa tenang deh belanja persiapan outfit selama di sana.

visa korea selatan yang granted
Tadaaa visa diapprove!!
Good luck!


Baca selengkapnya cerita perjalanan gue selama di Korea Selatan di sini


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You Might Also Like

21 komentar

  1. hai, kamu melampirkan SIUP tempat kerja juga ga? karena SIUP susah euyy dapetinnya dari kantor ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hai, gak usah dilampirin juga gpp. Yang penting lampirin Surat keterangan hrd sama Surat ijin Dr bos.

      Delete
  2. Haloo, uang 20juta yang ada di rekening kamu itu 3 bulan terakhir atau kamu tambahin untuk pembuatan visa? makasii :)

    ReplyDelete
  3. haloo... mutasi rekening 3 bulan terakhir dengan saldo terakhir sebelum di print Dan ke kedubes senilai 20jtan.

    ReplyDelete
  4. Saya mau apply visa 30 november ini, printout mutasi rekeningnya cuma bisa 2 bulan sebelumnya sama 1 bulan berjalan skrang. Kira-kira bisa gak ya?

    ReplyDelete
  5. Saya mau apply visa 30 november ini, printout mutasi rekeningnya cuma bisa 2 bulan sebelumnya sama 1 bulan berjalan skrang. Kira-kira bisa gak ya?

    ReplyDelete
  6. Etapi Kak, kalau buat aku (calon) mahasiswa yang emang belum kerja, untuk apply visa selain lampiran-lampiran dari kantor gitu, apa ya? Sok nekat banget pengen jelajah xD

    ReplyDelete
  7. lampirin rekening Koran orang tua, kalo bisa sih rekening kamu jg dilampirkan jg. Surat ijin Dr orang tua jg harus disertakan. Aku jg kurang tau sih wajib lampirin apa lg ya, mgkn bs ditanyain ke kedubes via tlp. Nekat aja gpp asal dpt ijin dari ortu...

    ReplyDelete
  8. Hallo Nidy.. kalau kita jd pengusaha misalnya makeup artist freelancer gimana yah kan tidak ada bukti tertulis yg bs kita bawa jd dokumen wajib utk persyaratan visa n buktiin bahwa kita cm liburan dan ga mau kerja disana? Dan ga ada SPT jg. Jadi kira2 cm bisa kasih rekening koran dan surat izin orang tua

    ReplyDelete
  9. Hallo Nidy.. kalau kita jd pengusaha misalnya makeup artist freelancer gimana yah kan tidak ada bukti tertulis yg bs kita bawa jd dokumen wajib utk persyaratan visa n buktiin bahwa kita cm liburan dan ga mau kerja disana? Dan ga ada SPT jg. Jadi kira2 cm bisa kasih rekening koran dan surat izin orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku juga kurang paham tuh say kalo buat freelancer. Aku takut salah kasih informasi, tapi coba cari2 kenalan/teman/saudara yang lagi tinggal di Korea buat jadi guarantor dan bisa kasih surat invitation. Ada baiknya sih coba tlp kedubesnya tanya2 dl aja ya siapa tahu mereka bisa kasih informasi lebih jelas lagi. :)

      Delete
  10. Ok. Nidy.. makasih byk yah infonya. Ak cb telp kedubesnya lgs. Atau pakai surat keterangan kerja ibuku. Sharing Blog nya sgt bermanfaat n seru bc nya 👍👍☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak mau tanya, jadinya kalau freelancer gitu gimana ya persyaratannyaa?

      Delete
  11. Ok. Nidy.. makasih byk yah infonya. Ak cb telp kedubesnya lgs. Atau pakai surat keterangan kerja ibuku. Sharing Blog nya sgt bermanfaat n seru bc nya 👍👍☺

    ReplyDelete
  12. Hi Nidy thanks untuk sharingnya..bulan desesmber besok aku rencananya mau berangkat ke korea ni, besok senin mau bikin visa, hehe doakan di approve yaah..aku mau tanya dong, di form visa itu ada kolom
    10. funding details
    10.1 estimated travel cost --> ini udah ngerti
    10.2 who will pay for your travel-related expenses? (any person including yourself and/or istitute) --> ini jawabnya apa ya?trs ada poin2 lagi dibawahnya..
    a. name of person/company (institute)
    b. relationship to you
    c. type of support
    d. contact no.
    Mohon bantuannyaa..terima kasiihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nissa..

      10.2 kalau semua biaya perjalanannya dibiayai oleh diri sendiri, jawab aja 'my self'. Kalau semua biaya berasal dari dana pribadi, sisanya yang sub point itu gak usah diisi. Tapi kalau misalkan dibiayain keluarga, pacar/suami, atau perusahaan, baru diisi yang point itu.

      Delete
    2. Ok Nidy..makasi banyak buat bantuannya :D

      Delete
  13. Halo Nidy, thanks ya udah sharing info soal visa Korea. Aku mau tanya tentang pengisian form:

    1. Utk bagian yang Contact Number di Korea itu bisa gak ya kalau aku cantumkan nomor lokal temenku yang disana? Karena aku rencana nya gak beli nomor dan hanya pakai mobile WiFi.

    2. Untuk bagian "Estimated Travel Cost" itu termasuk apa saja ya? Apakah harga tiket PP+akomodasi+on-ground cost, atau di-exclude aja tiket pesawatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Edwina, terima kasih udah mampir..

      1. Kamu nanti menginapnya dimana? Kalau di hotel, cantumkan nomor telepon hotelnya aja. Kalau menginap di rumah teman, bisa cantumkan nomor telepon temannya itu.

      2. Harga tiket pesawat gak aku masukin, karena yang mereka minta hanya total pengeluaran yang akan kita keluarkan selama di sana. Jadi hanya include akomodasi (hotel+transportasi selama di sana) + Biaya makan + Tiket masuk ke objek wisata

      Delete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget