FAQ: Winter Trip in South Korea

by - 2:07 PM

winter trip to south korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jalan gue di Korea Januari 2015 kemarin, ternyata antusiasnya lumayan banyak banget dan buat statistik blog ini break record. #Prokprokprok

cerita perjalanan ke korea

Saking banyaknya yang tertarik dengan postingan ke Korea, banyak pula yang minta ID Line atau email gue untuk sekedar bertanya. Jujur, gue senang banget ngeladeninnya satu-satu karena berarti postingan gue diappreciate dengan baik dan jadi feedback buat gue juga untuk menambahkan kalau ada yang kurang di postingan tersebut. Pada dasarnya gue senang sharing tentang hal apapun yang berhubungan dengan travelling dan karena gue juga lebih suka melakukan perjalanan secara independent, makanya gue paham kenapa banyak readers yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai trip ini dan detail backpacking ke Korea Selatan dengan budget murah.

PENGALAMAN TRAVELING KE KOREA SELATAN

Tapi keseringan dari orang-orang yang menghubungi gue via line, instagram, twitter, dan email tersebut selalu menanyakan pertanyaan yang sama. Lama kelamaan bosan juga, bahkan sempat berpikir untuk save jawaban gue dan kalau ada yang tanya pertanyaan yang sama lagi tinggal gue copas aja jawabannya.

foto-foto di korea

Salah satu hal yang buat gue terkadang jenuh untuk menjawab adalah mereka belum baca semua postingan gue yang udah gue kasih label South Korea, dan yang kadang bikin gue bete adalah mereka gak join site blog ini meskipun udah sering mampir ke sini. Udah gitu ada juga yang nanya panjang lebar di instagram, ngelove foto-foto gue di IG sampai 100 foto lebih sampai ke feeds setahun yang lalu eh instagram gue gak difollow cuma dikepoin aja. #Syedih

backpackeran ke korea selatan

Therefore, gue buat postingan khusus mengenai hal-hal yang paling sering ditanyakan ke gue mengenai cerita perjalanan ke South Korea khususnya pas winter, karena gue ke sana juga cuma pas winter aja dan baru sekali. Langsung aja simak!


About Preparation

Q: Kak ,waktu ke korea itu secara independent (semua dipersiapin sendiri) atau pakai travel agent?

A: Semua dipersiapin sendiri. Bukan orang kaya soalnya yang bisa bayar jasa travel agent. Tapi kalau hanya ingin booking one day tour gitu, bisa cek ke sini aja.

Q: Kak, udah sering ke korea ya? Kok kayaknya udah tahu banget soal rute dll selama di sana?

A: Gak kok, baru sekali. Kuncinya cuma satu, rajin blogwalking dan RESEARCH! Jarak dari gue beli tiket sampai tanggal keberangkatan itu jedanya 14 bulan, masa waktu selama itu gak gue pakai untuk research. Bisa dari mampir ke blog-blog orang yang udah pernah melakukan perjalanan ke destinasi yang bakal gue tuju, rajin cek website tourism boardnya VisitKorea, cek rute subway dan mapnya, pokoknya semua gue cari tahu dulu sebelum berangkat ke sana. Repot? Udah pasti, tapi daripada gue nyasar di negara yang mayoritas penduduknya belum terbiasa dengan huruf latin dan bahasa Inggris, mendingan gue prepare sebaik mungkin.

Q: Aku belum pernah keluar negeri, kira-kira Korea Selatan aman gak ya untuk backpacker wanita?

A: In shaa Allah aman. Korea Selatan merupakan salah satu negara maju, dimanapun kalian berada selama di belahan bumi yang negaranya maju, biasanya tingkat kriminalitasnya lebih sedikit dibandingkan dengan negara berkembang. Gue selama di sana hampir setiap hari pulang selalu di atas jam 11 malam, Alhamdulillah gak ada kejadian aneh-aneh. Yang penting pilih lokasi menginap yang ramai aja.

Q: Kak, enaknya bawa duit berapa pas ke sana?

A: Terserah. Tapi ada baiknya hitung dulu estimasi budget sebelum pergi. Tahunya darimana? Ya kalian harus buat itinerarynya dulu, terus research ongkos dan biaya masuknya berapa aja. Nih baca dulu yang ini, mungkin bisa dijadikan patokan untuk biaya hidupnya. Tapi jangan plek ketiplek ngikutin banget, karena siapa tahu kan harganya udah diupdate. Sekali lagi, research!

Q: Selama di Korea Selatan komunikasinya pakai apa? Beli sim card atau pakai paket roaming dari Indonesia?

A: Beli paket roaming, terus ditathering sama teman seperjalanan jadi lebih hemat. Di sana handphonenya inject nomor, jadi gak ada yang jual sim card. Pilihan alternatifnya kalau kalian masuk melalui Incheon dan perginya dengan banyak orang, sewa modem aja. Nanti pas balik ke Incheon ya sekalian balikin modemnya. Buat sewa modem, bisa dicek di sini. Sebenarnya paling enak itu kalau dapat penginapan yang nyediain fasilitas peminjaman modem portable alias bisa dibawa kemana aja secara free. Kalau masih bingung mau pakai pilihan yang mana, mungkin tulisan ini bisa membantu kami.


Q: Kak, aku dengar-dengar orang Korea gak banyak yang bisa bahasa Inggris ya? Masalahnya aku gak bisa bahasa Korea, gimana donk? Apakah harus bisa baca tulisan hangeul sebelum ke Korea?

A: Tenang aja, masih ada bahasa tarzan. Anyway, gak ada salahnya belajar sedikit-sedikit bahasa Korea atau tulisan Hangeul. Orang sana ramah-ramah kok sama turis jadi kalau nyasar pasti dibantu meskipun mereka gak paham kita ngomong apa.


About Airlines Ticket

Q: Kak, bagaimana caranya dapetin tiket promo sih? Kok bisa murah begitu?

A: Baca ini dulu donk, kan gue udah nulis gimana caranya berburu tiket promo. Perlu diingat ya, ada harga ada rupa. Tiket yang gue beli itu low cost airlines, jadi jangan berharap dapat fasilitas seperti maskapai premium.

Q: Aku udah cek ke website maskapainya, kok harganya gak semurah itu sih?

A: Namanya juga PROMO, jadi gak setiap hari murah. Ibarat kata, kalau kalian ke mall, apa harganya bakal sama saat lagi ada clearance sale dengan hari biasa? Clearance sale gak setiap hari ada kan? Ya makanya tunggu pas saatnya maskapai tersebut lagi adain promo donk. Sabar... Coba baca lagi ke sini.


About VISA

Q: Kalau ke Korea harus pakai visa ya?

A: Yes, passpor + visa is a must!

Q: Bagaimana caranya buat visa Korea Selatan? Susah gak?

A: Nothing worth having comes easy. Baca di sini dulu ya buibu.. Kalau mau murah dan repot, ya harus rela bolak balik ke sana kemari buat urus visa. Kalau mau gampang ya urus via travel agent aja tapi lebih mahal sedikit.

Q: Untuk apply visa Korea Selatan, berapa saldo tabungan yang harus dimiliki di rekening kia? Aku pernah dengar harus di atas 50 juta, ya?

A: Jumlah nominal di saldo tabungan harus 50 juta itu cuma mitos. Gak ada patokannya harus berapa karena di persyaratannya gak tertulis. Aku waktu ajuin visa saldonya cuma sekitar 20 juta. Bahkan ada juga yang di bawah 20 juta diapprove. Intinya kalau mau diapprove permohonan visanya, lampirin dokumen persyaratan wajib dan pendukung selengkap-lengkapnya. Persyaratannya bisa dicek di website kedubes Korea Selatan.

Q: Kak, bagaimana caranya mengajukan visa Korea Selatan buat yang belum bekerja? Aku belum kerja jadi nanti ngelampirin rekening koran ortu atau cukup aku aja?

A: Lebih baik dua-duanya sih. Sebenarnya kalau hal ini gue kurang tahu ya karena waktu bikin visa Korea ini posisinya gue udah kerja dan fokus aja sama kepentingan gue sendiri jadi gak sempat nanya-nanya sama orang kedubesnya. Ada baiknya ya coba telpon aja ke bagian konsulat/visa kedubes yang bersangkutan.

Q: Aku belum ada tabungan sebanyak itu, gimana donk ya?

A: Kalau beli tiket promo, paling cepat berangkatnya itu 8 bulan kemudian setelah beli tiket. Sayang atuh kalau udah beli tiket masih gak bisa kekejar nabungnya. Coba ditargetin dulu sanggupnya nabung berapa dalam sebulan. Setelah itu, tunggu jadwal promo airlines. Nanti pas beli tiket, diperkirakan kira-kira kapan tabungannya bakal sampai target. Kalo misalkan tabungannya baru mencapai target setahun lagi, yaudah beli tiketnya untuk jadwal penerbangan setahun lagi.


About The Food

Q: Bagaimana soal makanan halal di Korea Selatan, kak? 

A: Cari makanan halal di sana gampang-gampang sulit. Bawa perbekalan makanan aja, even mie instan di sana belum ada yang halal ternyata dan gue baru dikasih tahu sama teman yang kuliah di sana setelah gue balik ke Indonesia. Waktu itu bawa bekal teri kacang, abon, kerupuk (beli pas di KL), sama kering kentang. Selama di sana beli nasi instan di mini market seperti G25 atau Sevel, sesekali juga beli telur rebus yang dijual di mini market dekat homestay. Gue juga beli twigim (gorengan ala Korea), biasanya isinya sayuran sama seafood. Lalu minta dibungkus, makan pakai nasi pas di homestay dan cocol pakai saos sambal sachet yang udah dibawa juga dari Indonesia. Kalau kepepet, cari aja lotteria. Soalnya cuma lotteria yang gak menyediakan menu babi, fast food terkenal seperti KFC dan Mcd masih menyediakan menu non halal di sana.

Q: Boleh gak bawa makanan ke kabin pesawat? Apa gak bermasalah pas di bandara kalau bawa makanan gitu?

A: Masukin perbekalannya di bagasi (koper). Kalau dibawa ke kabin agak beresiko kena sita petugas, apalagi kalau bawa daging (rendang). Soalnya pernah bawa rendang dan hampir kena sita petugas pas lagi mau ASEAN Trip di Singapore.


About The Accomodation

Q: Penginapan selama di Korea Selatan booking dimana? Pakai kartu kredit atau bisa langsung bayar di sana?

A: Penginapan di Busan cuma bayar DP aja, sisanya bayar di sana. Booking via email langsung ke penginapannya. Kalau penginapan yang di Seoul bayar pakai kartu kredit full in advance, booking melalui airbnb.

Q: Kak, bagaimana caranya kalau tidak punya kartu kredit dan mau beli tiket pesawat dan booking hotel secara online?

A: Tapi kamu pasti punya teman atau saudara atau saudaranya teman yang punya kartu kredit doooonk...

Q: Aku nanti perginya sama 3 teman aku, lebih enak menginap di hostel atau apartment airbnb ya?

A: Tergantung preferensi kalian. Kalau mau lebih hemat dan gak keberatan untuk berbagi kamar dengan orang asing, ya di hostel juga seru. Menginap di apartment airbnb juga gak kalah hemat kalau biayanya sharing sama teman seperjalanan, nilai plusnya adalah lebih private.

Miscellaneous Question

Q: Waktu backpackeran ke Korea Selatan pas winter pakai tas carrier atau koper? Kalau koper, ukuran berapa? Bawa tas lain gak?

A: Koper ukuran 29", backpack, dan tas selempang biar kelihatan gaya dikit. Btw, kopernya aku sewa di @sewakoper #BukanPromo #SatisfiedCustomer. Lumayan menghemat, soalnya gue gak punya koper yang super besar, dan kalau mau beli mahal padahal dipakenya juga gak sering.

Q: Ada tips gak supaya gak nyasar selama di Korea Selatan?

A: Aduh aku juga nyasar kok di sana. Download aplikasi Subway Korea aja buat tahu jadwal dan rute-rute subway di sana. Kalau aktifin GPS, yaudah pakai google map aja.

Q: Ka, fotonya bagus pake kamera apa? Lensa nya pakai apa?

A: Fujifilm xm-1, pakai lensa kits aja.

Q: Aku dengar katanya kalau kena udara winter, kulit bisa bersisik dan jelek banget ya pas balik ke sini? Sempat ngalamin kayak gitu gak? Punya tips gak supaya kulit tetap lembab selama winter di Korea Selatan?

A: Alhamdulillah sih gak. Bawa body butter, pelembab muka, sama lip balm aja. Waktu itu body butter sama pelembab muka pinjem punya adik yang merk The Body Shop, sementara lip balm nya punya travel mate aku merk Wardah (kalau gak salah ingat).

Q: Bawa baju berapa banyak ka? Berapa lapis sekali pakai baju?

A: Satu baju untuk satu hari, plus baju untuk tidur yang dipakai setiap hari juga cuma satu. Jadi dikali aja jumlah harinya ada berapa. Pakai 5 lapis dengan urutan: underwear + manset (baju tipis yang suka dipakai hijabers) + long john + sweater/ baju lengan panjang + coat. Long john cuma bawa satu pasang, yang gue ganti setiap harinya hanya manset (soalnya murah). Makanya manset gue pakai di lapisan yang kena kulit dan keringet. Kalau long john kena keringet kan sayang abis mahal.

Q: Emang harus pakai berlayer-layer ya? Kenapa gak pakai baju yang tebal banget sekalian?

A: Karena di negara yang 4 musim, perubahan suhunya ekstrem. Pagi bisa 5 derajat, tiba-tiba siang bisa berubah jadi -4 derajat. Kalau suhu lagi hangat, layer paling luar bisa kita lepas dulu. Sementara pas suhu lagi drop, bisa dipakai lagi.

Q: Kak, dimana beli coat sama perlengkapan winter?

A: Pasti belum baca postingan yang ini deh. Kalau budget lo terbatas, cari di flea market aja kayak Poncol di Pasar Senen. Kalau budgetnya lebih mah cari aja di toko perlengkapan khusus winter, banyak kok asal mau berusaha nyari.

Q: Bawa underwear berapa selama seminggu? (beneran ada lebih dari satu orang yang nanya begini)

A: 1 dikali jumlah harinya aja. Kalau cewek ya sediain pantyliner dan kalau melewati masa menstruasi ya dilebihin aja mendingan. Jangan side A side B! Pulang jalan-jalan bawa oleh-oleh aja jangan kancut bulukan.

biaya liburan ke korea

Kurang lebih itu lah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Tapi nanti kalau ada pertanyaan yang bisa gue tambahkan, bakal gue tambahin juga di postingan ini. Kalau ada yang mau ditanyakan selain pertanyaan yang udah disebut di atas, boleh kok ditanyakan ke gue. Semua cerita pengalaman travelling ke Korea Selatan sudah gue post di blog ini ya. Oh iya, kalau masih ada yang kurang jelas bisa drop pertanyaannya di kolom komen. Jangan lupa follow blog ini di tab sebelah kiri halaman blog ini ya. :p



[Baca juga cerita perjalanan gue yang lain selama di Korea Selatan di sini]


trazy.com


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

19 komentar

  1. Hi Kak Nidy! Salam kenal dari Tika di Pekanbaru.. aku senang banget bisa nemu blog kakak, dan baca semua postingan kakak.. jujur aku suka banget dengan gaya menulis kakak, ditambah lagi pengalamannya seru2 banget.. ^^ pengalaman winter trip kakak ngebuat aku juga pengen ke Korea kak hihihi.. bikin aku lebih termotivasi buat kesana.. :D

    ReplyDelete
  2. Hi Tica!
    Salam kenal juga yaa..
    Wuaaah seneng banget kalau ada yang suka.
    Ayo segera diwujudkan keinginannya! Fighting!

    ReplyDelete
  3. Hai miss nidy, salam kenal ya dari rantauprapat, medan. aku pengen banget ke korsel apalagi pas baca post ini,,, ya Ampunnnn tambah semangat aja ke sana,,, 2 tahun lagi deh ke korsel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampyunnn Rismaaa maap baru bales. Kelelep komennya.. salam kenal juga ya. Semangat!!

      Delete
  4. mbak jomblo gak?
    mau dong jadi partner traveling :D

    Keren ini korea, jadi pengin bikin paspor deh.

    ReplyDelete
  5. Salam kenal, thanks atas sharingnya ya...sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Hana.. makasih yaa :)

      Delete
  6. Hai say... sneng deh baca blog kamu..jelas n ngak bertele2 dan banyak faedahnya heheee.aku mau tanya donk.. bahan yg paling anget dipake dimusim dingin dsana apa y.. kan ada yang flecee atau wool gtu..soalnya ku ngak kuat dgin bgt..ama ac aja ngak akur aku 😂... trus aku dilampung, kan jauh pgen ke jakarta buat beli pakaian winter..kl aku kau beli online kamu punya situs yg direkomen ngak. Soalnya kl apes,kadang gambar sama aslinya beda..apa lg kualitasny beda..hadeehh pst syediihh...
    Insya Allah sie ksana acara kampus, fieldtrip gtu..skitar januari.. jd aku fokus bgt nie sama pakaian aja..kl yg lainkan udh diurusn travel agentnya yaa.. thanks yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... seneng deh kamu suka baca blog aku :D
      Setahu aku tokodjohan ada onlinenya. Dulu juga suka cari online shop di instagram. Gak usah beli banyak dulu, nanti sampai sana banyak yang jual. Contohnya kayak sarung tangan, aku beli di sini 100k bukan yang touchscreen. Eh di sana cuma 25k udah yang touchscreen. Kalau temanku dulu nyaranin cari di alibaba(dot)com, tapi mostly barangnya dikirim dari China.

      Delete
    2. Kalau berdasarkan pengalamanku sih bahan wool atau heattech nya uniqlo.

      Delete
  7. Thanks Ms Nidy atas postingannya... seru dan pas sesuai yg aku cari infonya.

    ReplyDelete
  8. Thanks Ms Nidy atas postingannya... seru dan pas sesuai yg aku cari infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh terima kasih juga ya udah mampir ke sini..

      Delete
    2. Waahh terima kasih juga ya udah mampir ke sini..

      Delete
  9. Assalamualaikum Miss Nidy, salam kenal. Suka sama postingannya. Ada yang masih mau ku tanyakan nih. Dicerita kan cuma nemu mushola 1 ya. Terus ditempat2 lain itu kalau waktunya sholat, sholatnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Siti Rofiah,
      Aku jamak zhuhur+ashar,di sana jarang bgt musola apalagi masjid. Jadi dikondisikan aja sama itinerarynya. Kalau ada tempat sepi, bisa langsung bentang sejadah atau koran biar ringan. Nabi aja bisa solat di manapun. :)
      Jadi gak usah nunggu harus ketemu mesjid dulu.
      Kalau magrib+isha bisa dikerjakan pas sudah sampai di hotel. Intinya sih kalau urusan sholat saat di perjalanan, kita nya yang harus fleksibel aja.
      Terima kasih ya udah main ke sini.. :D

      Delete
  10. BAHAHAHAHA i feel you banget, kak Nidy. Yang kamu rasain ini kurang lebih sama kayak gue. Sebagai blogger, emang harus dibiasain dengan pembaca yang kayak gitu sih :D

    1. Pembaca nggak berusaha ubek-ubek blog kita untuk satu topik yang sama, akhirnya mereka nanyain hal yang udah kita jelasin di tulisan lain
    2. Pembaca nggak baca tulisan kita, langsung scrooolll ke kolom komentar buat nanya
    3. Pembaca nggak lihat pertanyaan-pertanyaan sebelumnya dari pembaca lainnya
    4. Udah gue kasih peta di tulisan, eh masih aja nanya rute dari sini ke sini.

    Kuncinya memang harus SABAAAAAARRR hahahahaha. Gue sampai bikin page buat Panduan Bertanya di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar itu koentji, ya.. :)
      Gak apa-apa sih, karena tanpa adanya pembaca, aku mah apa atuh.. kayak lagi nulis diary aja. :D

      Delete
  11. Yes dah punya WAnya ka Nidy.............................................
    ehehehehehe.

    Untuk sekarang aku minta doanya dulu biar lancar kuliah+tahun depan skripsi, dapet pekerjaan yan disukai dengan income besar (maunyaaaaa). Trus jalan-jalan ke Korea. Amin /tangkup muka/

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited