Mau ke Dufan di Era New Normal? Baca Persayaratannya Dulu

Nggak terasa sudah setengah tahun pandemic ini melanda dunia, termasuk Indonesia. Ada banyak banget rencana yang terbengkalai, termasuk rencana jalan-jalan donk pastinya. Mungkin ini juga cara Tuhan menegur gue untuk jalan-jalan yang dekat dulu saja. Selama ini kan selalu jauh-jauh destinasinya. Ditambah sudah mulai banyak objek wisata yang mulai buka kembali setelah masa PSBB berakhir. Salah satunya Ancol, yang sejak 20 Juni lalu sudah buka kembali untuk umum. Kira-kira bagaimana wajah baru Dufan di era new normal ini? Apakah sudah aman?
 


Dibukanya kembali Ancol, khususnya Dufan, tentu saja disertai dengan peraturan protocol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Kita nggak bisa memungkiri lah, hasrat keluyuran kalian juga pasti sudah membuncah, kan?

Namun, sebelum kalian keburu nafsu buru-buru ke Ancol, sebaiknya simak dulu peraturan baru yang diterapkan Ancol dan apa saja yang baru di era new normal ini. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke sana, malah ditolak masuk. Daripada mubazir, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut yuk sebelum ke Ancol.

[Baca juga: Wahana Baru di Dufan]


Ibu Hamil, Anak di Bawah Umur 9 Tahun, dan Lansia di Atas 60 Tahun Dilarang Masuk Dufan

Tiga kategori di atas memang konon tingkat imunitasnya lebih rentan. Demi mengurangi resiko yang nggak diinginkan, sebaiknya ikuti saja peraturannya. Oh iya, kalau masuk Ancolnya saja, anak berusia di bawah 9 tahun dan lansia di atas 60 tahun masih bisa kok. Golongan ini masih bisa menikmati Pantai Karnival dan keliling Ancol. 

main ke dufan pas pandemi


Pengunjung Ancol Sementara Hanya untuk Penduduk DKI Jakarta

Yup, untuk sementara ini memang hanya diperbolehkan bagi pemegang KTP DKI Jakarta sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Semua tergantung pada keputusan pemerintah.

Gue tadinya juga sempat bingung nih, karena punya kartu annual pass Dufan yang akan kedaluarsa September ini. Tapi kabar baiknya, ternyata masa berlakunya diperpanjang hingga 98 hari dari masa berlaku kartu secara otomatis. Jadi bagi kalian yang juga punya kartu annual pass, coba dicek email yang terdaftar saat membuat kartu annual pass. Karena perpanjangan masa berlaku ini diberlakukan secara otomatis dan pemberitahuannya dikirim melalui email.

peraturan baru masuk dufan

Semoga sebelum November nanti angka korban Covid-19 sudah jauh berkurang sehingga aturan ini bisa berubah lagi. Agar teman-teman yang bukan pemegang KTP DKI juga bisa bersenang-senang kembali ke Ancol.


Sebelum Masuk Wajib Dicek Suhu Tubuh

Ini kayaknya sudah jadi hal lazimdi tempat umum selama beberapa minggu ke belakang, termasuk di Dufan. Batas suhu normal yang bisa masuk ke Dufan yaitu 37,3®C. Di atas itu, pengunjung nggak diperkenankan masuk sama sekali.


Beli Tiket Online sebelum Kedatangan

Dengan adanya pembatasan pengunjung hingga 50%, sekarang kalian nggak bisa spontan datang ke Dufan tanpa reservasi tiket secara online sebelumnya. Ini dimaksudkan agar bisa mengurangi kontak fisik di loket penjualan tiket. Untuk pemesanannya bisa dilakukan di https://www.ancol.com/id/ticket

cara beli tiket dufan online
promo tiket masuk dufan terbaru
promo tiket masuk dufan terbaru

Promo tiket Dufan untuk saat ini ada Double Fun. Beli dua tiket dari harga Rp. 400,000 jadi cuma Rp. 240,000 untuk weekday atau kalian juga bisa beli tiket di Indomaret seharga Rp. 145,000 untuk weekday dan Rp. 190,000 untuk weekend. Jauh lebih hemat! Promo ini berlangsung hingga 31 Agustus 2020. Kapan lagi ke Dufan pas sepi antrian? :p


Social Distancing is a Must!

Pernahkah terbayang naik halilintar tanpa teman di samping yang bisa diajak teriak? Atau naik kora-kora tapi duduk berjauhan? Nggak ada yang bisa dicubit kalau dada nyernyeran lagi atau nggak bisa duduk mepet sama doi pas lagi naik bianglala. :D

persyaratan masuk dufan 2020

Ya nggak apa-apa lah ya. Semua ini harus dlakukan demi kenyamanan bersama, yang penting esensi bersenang-senang di Dufan masih bisa terasa kok. Selama mengantri untuk naik wahana juga harus berjarak, lho. Minimal dua meter jarak antara pengunjung yang mengantri.


Sebelum Naik Wahana Diberikan Hand Sanitizer

Satu persatu pengunjung yang akan naik wahana di Dufan akan diberikan hand sanitizer agar wahana yang dinaiki juga tetap terjaga higienitasannya.

Dufan juga punya jadwal pembersihan dengan disinfektan secara berkala, jadi pengunjung nggak perlu khawatir. Karena yang mereka jaga bukan hanya pengunjung, tapi juga karyawan mereka. Nggak main-main lho mereka soal ini.

Titik dispenser hand sanitizer juga sudah disebar di dalam Dufan. Jadi nggak perlu khawatir kalau lupa bawa dari rumah. Namun, gue pribadi lebih menyarankan untuk rajin cuci tangan di wastafel dengan menggunakan sabun setiap habis naik wahana. Toilet di Dufan bersih-bersih kok. Adem banget malah, ada Acnya.


Cashless

Semua transaksi di dalam kawasan Dufan hanya menerima pembayaran menggunakan kartu debit dan e-wallet (ovo dan dana). Demi mengurangi kontak fisik atau penyebaran virus melalui uang fisik, sepertinya kita harus rajin top up e-wallet nih.


Last but Not Least: Wajib Pakai Masker

Oh ini sudah pasti donk ya. Bahkan nggak cuma di Dufan, di seluruh sudut area Taman Impian Jaya Ancol sudah wajib pakai masker bagi siapapun yang berada di sana. Sepertinya kewajiban memakai masker ini sudah merupakan protokol new normal yang diberlakukan di semua tempat umum. Jadi jangan sampai kalian lupa pakai masker.

pengalaman ke dufan di masa pandemi

*****************************
Itu dia hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum ke Ancol, khususnya Dufan. Jadi jangan sampai nekat melakukan hal yang sudah jelas dilarang, ya.




Sejujurnya dengan menulis ini saja timbul rasa kangen untuk kembali ke Dufan. Ada sejuta kenangan yang sudah tercipta di sana. Mulai dari waktu gue belum sekolah, sampai sudah kerja seperti sekarang. Banyak banget! Semoga dengan diberlakukannya protocol kesehatan di Ancol, kita bisa bersenang-senang namun tetap aman, ya. 

 

1 Comments

  1. Thanks mba infonya. Butuh liburan banget udah lama ngga ke tempat umum. Semoga nanti pas disana ngga rame.

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!