[Review] Putri Duyung Cottage - Exotic Resort di Tepi Pantai Jakarta

3:38 PM

review putri duyung cottage ancol

Sebagai one stop recreation, pastinya Ancol punya beragam spot rekreasi dan hiburan yang ditawarkan. Saking banyaknya, tentu saja gak dapat dieksplor hanya dalam satu hari saja. Untuk menghabiskan waktu di Ocean Dream Samudera saja kiranya membutuhkan setengah hari agar puas menikmati segala pilihan hiburan yang ada di sana. Belum lagi jika hendak menguji adrenalin di Dufan, rasanya gak akan cukup kalau hanya menghabiskan waktu seharian saja di Ancol.

Menginap selama 1-2 malam di Ancol adalah pilihan yang tepat. Selain bisa puas menikmati semua spot rekreasi yang ada, kalian juga bisa menciptakan great quality time bareng keluarga, pasangan, atau teman-teman yang sudah lama gak bertemu. Putri Duyung Cottage bisa jadi solusinya.

food and beverage at putri duyung ancol jakarta

So, beberapa hari lalu gue dan teman-teman berkesempatan menginap di sana. Sudah pada baca kan cerita gue tentang Dufan, Faunaland, dan Allianz Eco Park? Setelah lelah seharian mengeksplor Ancol, istirahat di pinggir pantai sambil menikmati jus jeruk adalah suatu kenikmatan yang hakiki. :D

Kenapa Harus Putri Duyung Cottage?

  • Lokasinya yang masih di dalam kawasan Ancol, sehingga kalian gak perlu keluar-masuk Ancol untuk menikmati beragam atraksi di Ancol selama 2 sampai 3 hari berturut-turut. 
  • Punya private beach dengan view sunset dan sunrise. 
  • Banyak penawaran tiket bundling dengan beberapa spot di Ancol, seperti Dufan, Atlantis, Ocean Dream Samudera, dll.
  • Menginap di tepi pantai yang lokasinya masih berada di Jakarta. Why not?

The Cottages

review putri duyung cottage ancol

Hal yang terlintas saat pertama kali mendengar kata cottage adalah sebuah bangunan yang terbuat dari kayu atau tempat menginap yang berdiri secara terpisah dan biasanya berada di pinggir pantai. Sepertinya itu lah gambaran Putri Duyung Cottage.

Putri Duyung Cottage punya 7 tipe cottage. Masing-masing cottagenya dinamai dengan nama-nama ikan. Yuk, kita lihat ada tipe apa saja di sana.

Superior & Deluxe

Dua tipe cottage ini sebenarnya berada di dalam satu bangunan yang sama. Tipe deluxe berada di lantai pertama, sementara tipe superior ada di lantai kedua dan luasnya sedikit lebih kecil. Tapi tenang saja, karena kedua tipe ini punya pintu masuk yang berbeda. Tapi jika kalian ingin menyewa kedua kamar ini, maka connecting door akan dibuka.

pengalaman menginap di putri duyung ancol
menginap di putri duyung ancol
Connecting door di antara kamar superior & deluxe
Gue dan teman-teman menginap di kedua tipe cottage ini. Cottage kami langsung menghadap laut. Balkon hanya ada di lantai bawah saja, tapi tenang pemirsa, karena di lantai atas pun ada jendela besar jika ingin menikmati semilir angin laut.


review putri duyung cottage ancol
review putri duyung cottage ancol

Kapasitas di kedua kamar ini masing-masing bisa menampung dua orang, namun masih muat kok kalau mau ditambah extra bed. Ada area living room dan mini kitchen juga. Di area ini lah, kamu bisa meletakkan extra bednya. Jika butuh teh dan kopi, sudah ada juga kemasan sachetannya di mini kitchen. Gak perlu khawatir dengan ketersediaan air minum, masing-masing kamar ada dispensernya kok. Kamar mandi dengan hot shower juga tersedia di masing-masing lantai. Gak perlu repot bawa toileteries, karena sudah disediakan oleh Putri Duyung Cottage.

Unique Suite

Tipe cottage ini memang sesuai namanya, unik! Bentuknya menyerupai kapal yang sedang berlabuh di pinggir pantai. Kapasitas cottage ini maksimal hanya dua orang, cocok banget untuk pasangan honeymoon.

hotel berbentuk kapal di putri duyung ancol jakarta
hotel berbentuk kapal di jakarta
hotel unik di jakarta
review putri duyung cottage ancol
  
Fasilitas di dalamnya kurang lebih sama seperti tipe superior dan deluxe, hanya berbeda dari segi penampilan saja. Kalau sore, paling enak nongkrong di 'haluan' kapal sambil melihat hilir mudik kapal-kapal wisata yang lewat di depan cottage.

Family Suite

Tipe cottage ini adalah salah satu favorit tamu yang datang bersama keluarga, karena bisa menampung hingga empat orang, belum ditambah dengan extra bed tentunya.

family suite putri duyung cottage
hotel unik di jakarta
menginap di family suite putri duyung cottage ancol

Furniture dan bangunannya terkesan tradisional, karena terbuat dari kayu dan mempunyai atap ala-ala rumah tradisional Lombok (Cmiiw). Lokasi cottage ini rata-rata ada di tengah-tengah kawasan Putri Duyung Cottage, dengan pemandangan garden view. Cocok banget untuk keluarga yang membawa putra-putrinya yang aktif dan masih balita.

Duyung suite

Tipe ini baru saja selesai di renovasi, dan langsung jadi favorit tamu yang datang bersama keluarga dan ingin merasakan menginap tepat di bibir pantai. Jumlahnya ada lima unit, dengan kapasitas maksimal empat orang. Bangunannya lebih modern, gak seperti tipe-tipe lain yang memiliki bangunan khas tradisional Indonesia.


Marlin Suite

Marlin Suite hanya punya lima unit yang letaknya cukup jauh dari tipe-tipe cottage yang lain. Kapasitas maksimal empat orang. Lokasinya pun berada persis di depan pantai langsung. Keistimewaan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat acara private party, seperti gathering atau ulang tahun dengan booking semua unit Marlin Suite.

menginap di marlin suite putri duyung ancol
cottage bernuansa bali di jakarta
pengalaman menginap di putri duyung cottage ancol
staycation terbaik di jakarta
review marlin suite putri duyung ancol
menginap di marlin suite putri duyung ancol

Atmosfer Bali akan terasa jika menginap di Marlin Suite, karena eksterior dan interiornya memang mengadaptasi gaya arsitektur rumah-rumah di Bali. Lantai pertama hanya ada common room, seperti ruang keluarga, dapur, dan ruang makan dengan akses ke halaman belakang yang cukup luas. Sementara di lantai atas, dinding dan lantai terbuat dari kayu. Terdapat dua kamar di lantai atas. Master bedroomnya cukup luas dan balkon yang menghadap langsung ke pantai. Kamar satunya lagi terdiri dari twin bed dan meja rias.

Paus Suite

Cottage berlantai dua ini merupakan tipe cottage yang paling besar di antara yang lain. Paus Suite dapat menampung enam orang, terdapat tiga kamar tidur di lantai dua. Common roomnya di bawah juga cukup luas.

paus suite putri duyung cottage
harga menginap di putri duyung cottage ancol
room rate putri duyung cottage
harga menginap di putri duyung ancolputri duyung cottage publish rate

Paus Suite hanya ada tiga unit, namun yang ditawarkan ke umum hanya dua unit saja. Satu unit yang gak diperuntukkan umum ini adalah salah satu fasilitas milik DKI 1 alias gubernur DKI Jakarta. Seperti yang kita ketahui, Taman Impian Ancol, termasuk Putri Duyung Cottage ini merupakan aset Pemda DKI. Wajar lah kalau cottage ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan gubernur. Kan gubernur juga butuh rekreasi, toh. :p

Facilities

Fasilitas yang dimiliki masing-masing kamar kurang lebih sama. Ada tv channel dengan pilihan saluran yang beragam, kulkas, dispenser, toileteries, AC, WiFi, dan breakfast sesuai jumlah kapasitas kamar.

fasilitas di putri duyung cottage ancol

Sementara fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh semua tamu pun juga gak kalah keren. Ada apa lagi nih di Putri Duyung Cottage?

Sepeda

Kalau kita melihat Putri Duyung Cottage dari aerial view, maka akan tampak resort ini seperti sebuah pulau. Tentu saja luasnya akan buat kalian capek kalau mengelilinginya hanya dengan jalan kaki. Ya sehat juga, sih. Tapi bakalan lebih asyik kalau sepedaan keliling Putri Duyung Cottage.

Hover Board

Sudah pernah coba belum mainan yang lagi ngehits ini? Di Putri Duyung, kalian bisa menyewa permainan ini, lho. Kalau bosan main sepeda, kalian bisa coba keliling Putri Duyung Cottage dengan hover board. Anti-mainstream banget!

Taman Bermain

Bagi keluarga yang membawa si buah hati, bisa ajak mereka bermain di taman bermain yang ada di tengah-tengah resort. Dijamin deh anak-anak bakal happy terus main di sini.

Kolam Renang

Salah satu keunikan yang dimiliki Putri Duyung Cottage adalah kolam renangnya. Bentuknya seperti perahu besar. Kalau mengambil angle foto yang tepat, malah seperti kapal pesiar yang ada kolam renangnya itu, lho. Keren banget, lah!

kolam renang putri duyung cottage ancolkolam renang unik di jakarta

Discount Tiket Bundling Ancol

Berhubung Putri Duyung Cottage masih sama-sama di bawah ‘satu atap’ dengan Taman Impian Ancol, kalian bisa mendapatkan discount tiket ke spot-spot rekreasi yang ada di Ancol donk pastinya. Tinggal hubungi staf resepsionis mengenai hal ini. Lumayan buat mengisi liburan, daripada hanya berdiam diri di cottage, kan.

Food

Ngomongin soal tempat menginap, pasti gak terlepas dari soal perut juga nih. Putri Duyung Cottage punya Nyiur Restaurant yang bakal gue rekomen. Perkara lidah memang kembali ke selera sih, ya.  Tapi gue juga gak asal sembarang rekomen. Soalnya gue sudah mencoba makanan-makanan yang ada di sana dari pagi hingga malam hari.

menu buffet nyiur restaurant putri duyung cottage

Menu sarapannya banyak banget! Sistemnya buffet, gitu. Jadi kalian bisa ambil apa pun yang kalian suka. Favorit gue pancake nya, rasanya pas di lidah gue. Untuk menu makan siang dan malam hari, saran gue, pilih makanan yang ada daging sapinya. Sumpah, soal daging-dagingan, Nyiur Restaurant juara banget! Gue cobain sop iganya. Awalnya gue memang agak skeptis, karena biasanya kalau resortnya udah oke, biasanya rasa makanan di restaurantnya biasa saja. Ternyata gue salah. Sop iganya enak banget, mak! Dagingnya super empuk, kuah sopnya bening tapi kaya bumbu,dan gak pelit loh, mereka kasih potongan iganya banyak. Pokoknya harus cobain banget!

menu nyiur restaurant putri duyung cottagemakanan di putri duyung cottage

Untuk minuman, kalian harus cobain Nyiur Champagne. Tenang, champagne yang ini gak beralkhohol, kok. Begitu diseruput, langsung terasa aroma buah apel dan rasa segar dari daun mint. Pas banget dinikmati dengan es saat cuaca lagi panas-panasnya.

Oh iya, selama bulan Agustus ini, lagi ada promo HUT Kemerdekaan RI. Kalian bisa cobain ayam bakar lautan api. Woah, sudah kebayang donk seperti apa rasanya. Nasinya juga ada dua, nasi merah dan nasi putih, seperti warna bendera Indonesia. Nyiur Restaurant juga bisa jadi alternatif tempat untuk mengadakan gathering.

Services

Alhamdulillah, selama menginap di Putri Duyung Cottage, gue gak ada complain sama sekali dengan pelayanannya. Semua staf yang gue temui ramah dan professional. Wajar lah ya, secara resort ini juga sudah berdiri sejak tahun 1973, pasti sudah berpengalaman banget soal pelayanan.


kebersihan toilet di putri duyung ancol

Meskipun sudah cukup berumur, pihak Putri Duyung Cottage selalu berusaha memperbaiki diri mulai dari segi penampilan hotel, hingga kualiats yang diberikan. Cottage-cottage yang ada di sana, sudah mengalami beberapa kali renovasi. Jadi kalau kalian sudah pernah menginap di sana, mungkin akan sedikit pangling dengan beberapa perubahan yang terjadi.

Anyway, kamar yang gue tempati bersih, pun dengan lingkungan resortnya. Gak ada bau menyengat di dalam kamar mandinya. Pelayanan di Nyiur Restaurant juga gak kalah oke. Begitu menu buffet sudah terlihat sedikit, langsung direfill. Salut deh!

Activities

Gue perhatikan ada beberapa tamu yang menginap hanya untuk sekedar refreshing dan rileksasi dari hiruk pikuk ibu kota, dan gak sama sekali menggunakan benefit tiket bundling Ancol. Meskipun begitu, gak usah takut bakal kehabisan gaya.

pemandangan malam di putri duyung ancol
sunset view from putri duyung cottage ancol

Di pinggir pantai, mulai sore hingga malam hari, gak sedikit tamu yang terlihat sedang memancing. Mereka sengaja membawa peralatan pancingnya dari rumah. Ini bisa jadi ide nih buat kalian yang sekiranya mau menginap di Putri Duyung Cottage.

Setiap akhir pekan, para tamu yang mau berinteraksi dan seru-seruan bisa ikut serta dalam weekend activity. Kegiatannya beragam, ada lomba mewarnai, menghias cupcake, dll. Hadiahnya berupa tiket masuk Dufan, Atlantis, atau Ocean Dream Samudera. Sewaktu di sana gue sudah niat mau ikutan lomba menghias cupcake, tapi apa daya begitu kelar sarapan langsung food comma.

Seperti yang sudah gue sebutkan di awal tulisan, kalian bisa melihat sunrise dan sunset di Putri Duyung Cottage. Gak percaya? Buktikan sendiri donk. :p

[Baca juga: Tempat Wisata Baru di Ancol]

Publish Rate as August 2017


Superior: 999k IDR (Weekday) | 1,999k IDR (Weekend)
Deluxe: 1,299k IDR (Weekday) | 2,199k IDR (Weekend)
Unique: 1,299k IDR (Weekday) | 2,199k IDR (Weekend)
Family Suite: 2,099k IDR (Weekday) | 3,499k IDR (Weekend)
Duyung Suite: 2,299k IDR (Weekday) | 3,699k IDR (Weekend)
Marlin Suite: 3,199k IDR (Weekday) | 6,799k IDR (Weekend)
Paus Suite: 4,599k IDR (Weekday) | 7,699k IDR (Weekend)
Extra bed: 250k IDR


****

menikah di pinggir pantai di jakarta

Kebetulan saat sedang berenang di kolam renang Putri Duyung Cottage, sedang ada pasangan yang baru saja melangsungkan pemberkatan di altar yang berada di ujung dermaga. Sebenarnya dermaga ini adalah tempat paling strategis untuk melihat sunset. Namun bisa disulap jadi altar juga. Gak perlu jauh-jauh ke Bali lah ya kalau mau menikah di pinggir pantai. Di Jakarta juga bisa ternyata. Kalau kalian tertarik untuk mengadakan pernikahan, mulai dari akad nikah/pemberkatan sampai resepsi, Putri Duyung Cottage juga punya paket-paket pernikahan mulai dari 29,9 juta rupiah. Coba cek saja di account instagramnya, biasanya kalau ada promo pasti di-announce di instagramnya.

Gak jauh dari lobby, Putri Duyung Cottage juga punya bangunan besar yang berfungsi sebagai hall yang sering dijadikan tempat resepsi pernikahan, dan lantai duanya dijadikan sebagai ruang meeting. Ada empat ruang meeting yang disediakan, dengan pemandangan langsung ke laut. Seru juga ya, lagi stres meeting, tapi begitu lihat laut bisa langsung rileks lagi.

berenang di putri duyung ancol
hotel with private beach in jakarta
review menginap di putri duyung cottage ancol

Overall, menginap di Putri Duyung Cottage sangat menyenangkan. Kapan lagi ya kan bisa menginap di exotic resort di pinggir pantai, terlebih lagi lokasinya masih berada di Jakarta. Ditambah lagi bisa sekaligus seru-seruan di Dufan, main air di Ancol, atau wisata edukasi di Ocean Dream Samudera tanpa harus bolak-balik keluar masuk Ancol, tiketnya di-discount pula! 

Yuk, kembali ke Ancol!

review menginap di putri duyung cottage ancol

By the way, kalau kalian mau menginap juga di Putri Duyung Cottage, silakan hubungi contact yang ada di bawah ini.

Putri Duyung Cottage
Jl. Lodan Timur No. 7 Jakarta 11430 
Telphone : (021) 2601680 
Email : reservation@putriduyung-ancol.com








FOLLOW ME HERE

  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

14 komentar

  1. Wah, seru banget, lengkap, kalau mau bikin acara pernikahan bisa langsung bulan madu deh... Hehehe..

    ReplyDelete
  2. Superrrrr keceeee!!! Beneran deh xD

    Wah, yang paling bikin bling-bling aku, bagian private beach nya mwehehehehe. Setiap saat bisa gitu nikmatin pantai tanpa dicampur-campur sama pengunjung secara umum.

    Mengenai jenis-jenis tempat yang disediakan, it looks damn cozy and instagrammable heheh.

    ReplyDelete
  3. Kamu nggak mau foto ala-ala putri duyung? Hahahahhahah

    ReplyDelete
  4. Waah, keren semua fasilitasnya. Aku suka banget kolam renangnya ya mirip kapal pesiar. Menu-menunya juga mengundang selera.

    ReplyDelete
  5. Komplit sekali semua Ada, penasaran pengen nginep di cottage khusus DKI 1 deh. Kali ajaaa

    ReplyDelete
  6. Wih... mewah yak.. kirain harganya lebih dari yg dipublish..ternyata masih terjangkau lah..
    Btw yg unique kok sekilas malah mirip kelapa tua yg terbelah yak.. hehehe...

    ReplyDelete
  7. Baru tau ternyata Putri Duyung ini lumayan luas yaaaah dan fasilitasnya lengkap banget. Kalo liat harganya yg segitu rasanya gak terlalu mahal kalo dibandingkan dengan fasilitas yg didapat hehe ntr kali kali coba ah hehe

    ReplyDelete
  8. Pengen jadi Gubernur..eh, minimal Ibu Gubernur bisa bisa nginep di Paus..hahahha

    ReplyDelete
  9. Yalord. Liat kolam renang inget kita gegayaan ala dualipa itu.😂😂😂😂

    ReplyDelete
  10. Putri duyung cottage ini sudah ada sejak aku masih kanak-kanak. Jadi tempat wisata keluarga yang menarik kalau ramai-ramai pergi ke Ancol. Tidak usah pulang menginap saja the Cottage sambil sorenya main-main di tepi pantai. Indah banget kalau itu.
    Senang bahwa putri duyung cottage mengalami peremajaan jadi nanti aku akan menginap lagi disini demi nostalgia.

    ReplyDelete
  11. Lengkaaappp banggeeeettt....
    wah.. saya baru tau juga kalo Taman Impian Jaya Ancol tuh BUMD...

    ReplyDelete
  12. Pengen banget nginep di Marlin Suite. Kamarnya luas, desain interiornya menentramkan..

    ReplyDelete
  13. Bentuk bangunannya lucuk-lucuk bangeeeet. Kamar nya juga kelihatan eksekusif. Kayaknya bisa jadi destinasi foto-foto selanjutnya nih :)

    ReplyDelete
  14. Bentuk bangunannya unik-unik bgt. Kamarnya juga kelihatan eksekusif. Bisa jadi destinasi foto selanjutnya nih hehehe :)

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget