Satu Lagi yang Baru di Ancol: Faunaland

by - 10:43 PM

Faunaland Ancol Jakarta

Saat berjalan menyusuri jogging track di kawasan Allianz Eco Park Ancol, tiba-tiba gue melihat papan pembatas bertuliskan 'Faunaland'. Gue langsung bertanya pada salah satu teman yang turut ikut pagi itu, “Kita mau masuk sini?”. “Katanya sih gitu,” jawabnya singkat.

Seakan belum puas memanjakan para pengunjung, Ancol konsisten selalu memberikan hal baru. Faunaland kini hadir di Ancol memberikan alternatif bagi para pengunjungnya. Faunaland ini semacam mini zoo, gitu. Tempatnya gak seberapa luas, karena fauna yang dihadirkan di sini pun terbatas. Sebelum masuk ke dalam Faunaland, gue pikir taman satwa ini sama seperti yang sudah ada di tempat lain. Ternyata cukup unik, karena fauna yang ada di sini pun merupakan satwa-satwa unik.

Seunik apa, sih?


Faunaland Ancol Jakarta
Faunaland Ancol Jakarta

Well, yang mencuri perhatian gue adalah kuda poni kecil dan keledai mini. Umumnya, kuda-kuda yang pernah gue lihat adalah kuda yang berukuran normal. Kuda poni yang ada di sini tingginya gak lebih dari pinggang orang dewasa. Pun begitu dengan keledai mini. Selain itu juga ada kangguru putih. Sayang saat gue menghampiri kandangnya, kanggurunya buang muka terus. Yaudahlah gue melengos juga. Sok jual mahal lu, kang! Nanti pas gue udah pergi, malah dicariin.. #LahCurhatDonkMah


Faunaland Ancol Jakarta
Faunaland Ancol Jakarta
melihat satwa unik di faunaland ancol

Kebetulan saat itu sedang ada rombongan anak sekolah ditemani dengan beberapa pemandu. Mereka antusias sekali memberi makanan kepada satwa-satwa yang ada di sana. Jika mau memberi makan satwa, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 5k IDR. Pagar kandangnya pun gak tinggi, jadi pengunjung diperbolehkan untuk memegang satwa. Meskipun gak semua bisa dipegang, ya. Salah satunya yang menarik banyak perhatian pengunjung adalah singa albino, yang diberi nama Bakari. Singa yang satu ini gak seperti singa pada umumnya karena memiliki warna bulu berwarna putih, bukan cokelat.

Di sudut lain juga ada spesies monyet terkecil di dunia, yakni Marmoset. Hewan nocturnal ini sedang tidur saat gue ke sana. Tidurnya lucu deh, saling berpelukan gitu. Co Cwiiit.. Gue juga mau donk tidur pelukan gitu.. #LahKokGatelMbak

Oh iya, di setiap kandang ada papan keterangan tentang satwa-satwanya. Jadi pengunjung yang gak tahu pun jadi tahu tentang satwa tersebut.

Kehidupan satwa yang ada di sini sangat diperhatikan oleh pihak Ancol. Jika ada satwanya yang sedang stres, maka satwa tersebut gak diperbolehkan untuk bertemu orang banyak dulu. Makanannya pun selalu disediakan, gak ada satwa yang dibiarkan kelaparan sampai kurus kering.

melihat satwa unik di faunaland ancol
spot wisata baru di jakarta
hunting foto di jakarta
objek wisata alam di jakarta

Selain melihat satwa unik, di Faunaland juga banyak spot bagus untuk foto-foto. Salah satunya di dekat kolam bebek. Kolam alami tersebut gak dipagari sama sekali. Di sekitarnya pun banyak pohon rindang dan berjejer bangku-bangku panjang. Duduk di sana sambil melihat bebek-bebek yang sedang berenang, rasanya asyik banget.

Tiket masuk Faunaland sebesar 50k IDR, harganya sama saja kok meskipun datang saat weekday maupun weekend. Jam operasional untuk weekday dimulai dari pukul 9:30 a.m. hingga pukul 5 p.m. Sementara saat weekend, jam operasional dimulai dari pukul 8 a.m. sampai pukul 5 p.m.

harga tiket masuk faunaland ancol
faunaland ancol
Mbak-mbak penjaga karcisnya request minta difoto juga :D

Di mata gue, Faunaland memberikan alternatif bagi anak-anak yang ingin wisata edukasi, yang mungkin belum pernah dibahas di buku panduan sekolah, dan mengenal satwa-satwa secara langsung. Apalagi bagi anak-anak yang hidupnya di daerah perkotaan seperti Jakarta. Gue pun pertama kali tahu nama-nama hewan juga dari kebun binatang saat diajak orang tua waktu kecil. Bukan berarti orang-orang yang datang ke kebun binatang itu bukan pecinta hewan, loh. Semua akan terlihat berbeda jika kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda pula. Have a good day!

lokasi faunaland ancol

For more information, please visit Faunaland




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You May Also Like

13 komentar

  1. gw gak puas jalan jalan disini..disuruh jaga drone...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jagain drone kayak jaga orok, gak bisa kemana-mana :))

      Delete
  2. Kaka kita bisa juga loh kasih makan ke singa putih. Seru yaaaa bisa ajak keponakan kemari sambil mengenal hewan yang ada di faunaland. Apalagi bisa berinteraksi sama mereka. Asalkan jgn interaksi sama mantan aja #aheeeyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kalau interaksi sama mantan nanti bisa dijambak monyet, kak! :D

      Delete
  3. Aaaaa, suka sekali dengan konsep Petting Zoo! Bisa berinteraksi dengan binatangnya langsung. Lebih senang lagi kalau binatangnya terawat dan gak kelaparan. :)
    Terima kasih reviewnya, saya jadi pingin kunjung2 ke sana. <3

    Love,
    Novreica | http://www.novreica.blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau bisa interaksi begini jadi berasa gitu serunya. Mudah-mudahan binatangnya tetap terawat, ya.

      Delete
  4. Kamu nggak foto abreng buaya? Hahahhahahah
    Duh tetep kalau nggak pakai topi lebar ala-alamu itu kurang jos buahahahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah foto bareng buaya. Buaya yang ekornya di depan. #eh
      Ini abis olahraga langsung ke Faunaland, jadi topinya gak dibawa T.T

      Delete
  5. Belum pernah kesini, hiks..... balik lagi yuk ah....

    ReplyDelete
  6. mau ajak royyan ah sm rakha, seru kayanya yaaa.. gak perlu jauh2 k bogor atau bandung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ajak donk, cing. Pasti pada sukaaa!

      Delete
  7. Ga puas jalan2 ke sininyaaa...pengen balik lagii...

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited