5 Kuliner yang Wajib Dicoba Kalau ke Brebes

by - 1:08 PM


Apa yang kalian cari ketika berkunjung ke suatu daerah atau sedang travelling ke tempat yang belum pernah kalian datangi? Kalau gue sih, mau itu sudah pernah didatangi maupun sudah pernah, pasti selalu mencari makanan khas yang ada di daerah tersebut. Kayaknya kurang lengkap gitu kalau belum nyobain makanan khas di daerah yang kita datangi.



telur asin khas brebes

Saat ke Brebes, jujur gue gak googling sama sekali mengenai makanan khas dari Brebes. I let them surprise me. Sesimpel itu sih alasannya. Gue gak ada bayangan sama sekali , karena yang gue tahu tentang makanan khas Brebes ya cuma telur asin. Tapi ternyata begitu sudah sampai di sana, makanan khas Brebes gak hanya sekedar telur asin saja, pemirsa yang budiman..

[Proses pembuatan telur asin ada di sini]

Kali ini gue mau bahas mengenai makanan yang wajib kalian cobain kalau berkunjung atau hanya sekedar mampir ke Brebes. Cekidot!

1. Sate Kambing Muda

sate kambing muda balibul khas brebes

Sate kambing muda di Brebes buanyaaak banget! Tinggal merem juga bisa langsung sampai ke salah satu warung sate yang ada di sepanjang jalan raya. Karena mau belok kanan, kiri, maju ke depan, atau mundur ke belakang, kalian pasti mudah banget menemukan warung sate di Brebes. Jangan tanya soal kenikmatan sate kambingnya deh, mantab banget! Ehm, sudah baca belum review Warung Sate Kambing Muda Ibu Sri?

2. Kepiting Soka

kepiting soka brebes

Di dekat Mangrovesari Kaliwlingi, ternyata ada budidaya kepiting soka. Itu loh, kepiting yang cangkangnya lunak banget. Kalau mau mencicipi kepiting soka yang enak, ada warung makan cemara bondan sebagai pilihannya. Meskipun tempatnya sederhana, jangan ragukan kenikmatan masakan yang ada di warung makan ini. Kepiting soka yang sudah disajikan untuk kami berhasil ludes dalam waktu hitungan menit saja. Bumbunya pas banget dan meskipun daging kepitingnya sudah habis, tapi bumbu yang ada di sela-sela cangkang kepitingnya masih enak dihisap sampai bersih, apalagi cangkangnya lunak. Haduuuuh masih terngiang-ngiang deh bagaimana nikmat rasanya.


kuliner khas brebes
warung makan cemara bondan

Kalau kalian gak suka atau alergi dengan kepiting, gak usah khawatir. Menu lain di rumah makan ini juga gak kalah enaknya. Ada ikan bakar, udang, dan yang paling mencuri perhatian gue selain kepiting adalah urap gulma. Yasss! Gulma yang lebih dikenal sebagai tanaman penggangu, di sini malah dijadikan bahan makanan. Kalau kata Bena, yang dijadikan untuk makanan adalah yang jenis mengambang. Gue kurang mengerti kalau soal tanaman, tahunya cuma pas sudah dijadikan menu lauk dan rasanya enak. Serius deh, kalian wajib nyobain urap gulma di sini. Oh iya, jangan lupa juga untuk mencicipi teh spesial buatan Ibu Rusjan. Sumpah enak banget! Apalagi kalau dinikmati saat udara menduung gitu. Sedap.. Urusan harga gak perlu khawatir, karena dengan lauk sebanyak hanya dikenai kurang dari 70k IDR per orang.

3. Blengong (Bakar/Goreng)

blengong bakar

Blengong merupakan hasil perkawinan terlarang antara itik dan endok. Jangan tanya gue ya perbedaan itik dan endok apa. Pokoknya pas sudah jadi makanan mah enak-enak saja. Menurut gue blengong memang cita rasanya mirip dengan bebek, tapi lebih empuk dan lemaknya banyak (mungkin kebetulan juga gue dapatnya blengong yang doyan makan dedek). Di salah satu rumah makan yang terletak di daerah Ketanggungan, menyajikan menu blengong bakar dan goreng. Gue nyobain yang bakar dan goreng (hibahan dari Dian). Keduanya sama-sama enak, tapi gue lebih suka yang bakar. Lebih sedap karena ada bumbu bakarannya itu. Begitu pertama kali masuk rumah makan ini, langsung tercium aromasedap mirip sekali dengan aroma kalau kita lewat gerai Shihlin. Ternyata aroma tersebut berasal dari kuah kaldu yang disajikan bersama dengan blengong bakar. Kuahnya bisa disiram di atas nasi atau bisa juga disruput hangat-hangat.


4. Ayam Kampung Goreng & Tahu Aci

ayam goreng khas brebes dan tahu aci

Setiap kali ke Lembang, gue selalu lewat rumah makan ayam Brebes. Gue kurang tahu apakah kudapan ini benar-benar asli asalnya dari Brebes atau gak. Tapi gak ada salahnya kan mencoba langsung. Setelah berkunjung ke salah satu pengrajin batik Salem khas Brebes, gue singgah ke salah satu rumah makan yang menyediakan lauk ini. Jangankan mengingat rasanya, lihat gambarnya saja sudah berhasil buat gue lapar lagi. T.T

5. Kupat Glabed & Sate Blengong

kupas glabed dan sate blengong
source: https://www.ditegal.com/makanan-khas-tegal/kupat-glabed-dan-sate-blengong/

Begitu teman-teman gue tahu kalau gue mau ke Brebes, beberapa ada yang merekomendasikan menu makanan ini. Sayangnya gue gak sempat mencoba karena keterbatasan waktu. Tapi gak apa-apa donk kalau gue masukin ke list ini. Bukankah ini berarti petanda bahwa gue harus balik ke sana lagi demi menuntaskan rasa penasaran untuk mencoba kupat glabed dan sate blengong? :p

>>>>>>>>><<<<<<<<<

Kurang lebih itu dia 5 makanan khas yang wajib kalian coba kalau ke Brebes. Kira-kira ada lagi gak yang belum gue sebutkan? Siapa tahu di kunjungan berikutnya bisa gue cicipi. Hehehe




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

17 komentar

  1. Pas ke sini makan kepiting dan pastinya telur asi. Tambah lagi taburan bawang merah goreng :-D

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata di Brebes banyak kuliner enak ya

    ReplyDelete
  3. *scroll cepet-cepet, takut khilaf sama makanannya*
    *scroll lagi ke atas soalnya penasaran*
    *ngeces seember*

    kepitingnya duh :' itu makanan sehat bergizi yang makannya butuh perjuangan kayak UAS -_-

    kok ngakak bagian Blengongnya XDDD meski perkawinan terlarang tapi lezat yah [?]

    kak, nanya dong....itu edit foto nya pakai apa? bagus XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kayak UAS T.T
      Blengong enak.. karena aku suka kulit ya, si blengong ini kulitnya tebal jadi suka :D
      Aw makacii.. Pakai snapseed, kadang-kadang ditambah VSCO.

      Delete
  4. pengen nyobain blengong bakarnya iiihh.. malam2 kebayang makan daging bebek ^^

    ReplyDelete
  5. kalo lagi dalam program penggemukan badan sepertinya cocok mampir di brebes :D
    btw baru pernah nyoba satu doank, blengong bakar yang bikin nagih
    *ngetik sambil ngeces

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt! Pulang dari Brebes dijamin menggendats 😂

      Delete
  6. Laper beb :D wkwwkwk
    Kepiting sokanya ituloh...rasanya pengen makannya pake nasi hangat...pasti endes banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulang ke Indonesia puas2in makan kak 😂😂

      Delete
  7. lebaran tahun depan kudu nyoba ini..biasanya ke tegal terus

    ReplyDelete
  8. Brebes juga punya kepiting soka yaaaa, gw pikir kepiting dari balikpapan doang hehehe
    Duch telor asin panggang dengan minyak meleleh itu yummy banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dibudidayakan gitu sih katanya.. Iya yang panggang maknyus yaa ada minyak2nya gitu :D

      Delete
  9. ternyata bener kata temenku. ku kira di Brebes g ada budidaya kepiting.
    Sudah berbulan2 ga makan kepiting nih. Kayanya, kalau ke Brebes, kepiting tetep bakal harus dicoba.

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor