Sebelum ke Brebes, Baca Ini Dulu!

by - 9:30 PM

travelling ke brebes


Sudah pada baca kan cerita-cerita gue selama famtrip ke Brebes? Kalau belum, bisa coba klik dulu rangkuman cerita Brebes di sini, ya.

Brebes merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Letaknya berbatasan langsung dengan Jawa Barat, sehingga gak heran kalau mempunyai dua bahasa yang berbeda. Penduduk yang tinggal di daerah pesisir biasa menggunakan bahasa Jawa ngapak, sementara yang tinggal di daerah dataran tinggi menggunakan bahasa Sunda.

travelling ke brebes
travelling ke brebes

Tahu gak, kalau Brebes ternyata merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah, dan juga paling luas kedua setelah Cilacap? Banyak sekali hal yang baru gue tahu mengenai Brebes.

Gue pun baru tahu kalau Brebes ternyata luas banget, tapi kenapa yang orang-orang tahu dari daerah ini hanya seputar telur asin dan bawang saja? Padahal kan luas ya, masa segitu luasnya hanya diisi dengan peternakan bebek dan ladang bawang, sih? Gak mungkin kaaan..

Bicara mengenai tujuan pariwisata, Brebes gak pernah sekalipun terlintas di otak gue. Kalau diurutkan destinasi mana saja di Indonesia yang mau gue kunjungi, mungkin Brebes ada di urutan ke sekian. Entahlah, salahkan gue yang kurang cari tahu, atau mungkin memang pemerintahnya yang kurang expose.Tapi kalau punya waktu luang atau sekedar melintasi Brebes, gak ada salahnya untuk mampir sejenak. Kalau bisa, sempatkanlah 1-3 hari untuk menjelajahi Brebes. Gue jamin, akan ada banyak kejutan yang kalian dapatkan setibanya kalian di sana.

How to Get There?

Cara termudah adalah dengan naik kereta Tegal Bahari yang akan singgah di Brebes. Jadwal kereta api yang menuju Brebes bisa dicek di sini. Kereta paling pagi ada di pukul 9:05 dan tiba di Brebes pada pukul 13:32. Kebetulan karena waktu itu gue dan teman-teman blogger mau sampai di Brebes lebih pagi, maka kami naik kereta tujuan Cirebon yang berangkat dari Gambir pada pukul 7:00 dan tiba di Cirebon sekitar jam 9:00. Setelah itu, kami lanjut naik mobil rental menuju Brebes. Perjalanan darat dari Cirebon menuju Brebes kurang lebih memakan waktu hanya satu jam saja.

stasiun brebes

Kalau kalian tinggal di luar Pulau Jawa, bisa booking tiket pesawat dengan tujuan Jakarta atau Semarang. Kemudian lanjut dengan kereta. Lama perjalanan dari Semarang ke Brebes juga gak beda jauh kok seperti dari Jakarta ke Brebes. Mudah, kan?

Transportation

Penyewaan mobil maupun motor belum banyak di Brebes. Angkutan umum pun gak banyak seperti Bogor T.T. Supaya memudahkan mobilitas kalian selama travelling ke Brebes, gue sarankan sih memang sewa mobil atau motor saja.

[Contact person rental mobil: +62811322074433]

Where to Sleep?

hotel grand dian brebes

Pilihan menginap di Brebes belum banyak. Kalian bisa cek langsung di website booking hotel online yang ada. Gue dan teman-teman menginap di Grand Dian Hotel. Lokasinya cukup strategis, berada tepat di seberang Stasiun Brebes dan di sampingnya ada Yogya department store. Kalau mau jalan kaki ke alun-alun Brebes juga dekat. Sarapannya buffet dan ada fasilitas kolam renangnya.

What to Eat?

Jangan khawatir soal makanan. Selama di Brebes, gue berhasil menambah berat badan dengan sukses. #GendutKokBangga

wisata kuliner di brebes

Ada banyak pilihan kuliner yang bisa kalian cobain selama di Brebes. Mau tahu apa saja? Baca dulu donk artikel soal kuliner Brebes di sini.

Where to Go?

Nah, ini dia yang buat gue tiba-tiba jatuh cinta sama Brebes. Ternyata banyak sekali pilihan wisata di Brebes yang baru gue ketahui setelah sampai di sana. Selama ini hanya tahu bahwa Brebes cuma punya wisata pesisir seperti pantai. Ternyata gue salah. Bergerak sedikit ke arah barat daya, maka kita akan menemukan hidden gem yang belakangan ini baru membuka dirinya untuk umum. Hebatnya adalah, semua tempat yang gue kunjungi tersebut merupakan swadaya masyarakat. Pemerintah hanya turut campur soal masalah perizinan saja. Sisanya pure inisiatif dari warga lokal yang punya semangat untuk memajukan daerahnya bersama-sama. Salut!

spot instagram di jawa tengah
hunting foto di jawa tengah

Kalau kalian punya waktu 2 hari mengunjungi Brebes, nih gue kasih rekomendasi itinerary yang bisa kalian contek.


Untuk detail kegiatan apa saja yang bisa kalian lakukan selama di Brebes, silahkan klik nama-nama tempat yang ada di itinerary ya. Semua sudah gue jabarkan lengkap. Kalau ada yang ingin ditanyakan, boleh loh bertanya... gratisss.

spot instagram di jawa tengah
travelling ke brebes
travelling ke brebes

Bagaimana? Seru kan main ke Brebes.. Jangan cuma penasaran saja, tapi kalian juga harus datang dan rasakan sendiri keindahan alam Brebes yang berhasil buat gue jatuh cinta. 



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

17 komentar

  1. Pas main ke Brebes cuma numpang tidur doang, sepertinya harus diagendakan ke sana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus.. banyak yg baru di Dana 😁 #GadisBrebes2017

      Delete
  2. hasil bumi nya bagus juga ia brebes ......
    patut ada kampoeng wisata nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di Salem lagi diupayakan untuk dibuat kampung Wisata sih sepertinya

      Delete
  3. Indah ya Indonesia, dimanapun selalu memanjakan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beruntung kita jadi orang Indonesia 😀

      Delete
  4. Aku belum pernah ke Jawa Tengah, belum pernah ke Brebes. Doain aku bisa kesana ya mbak. Pengen juga keliling Brebes. Btw, makasih sharingnya ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya main ke Jawa Tengah donk kapan2. Banyak spot keren. Semoga bs segera main ke JaTeng ya!
      Hehehe
      Emang kamu tinggalnya dimana?

      Delete
  5. Tiap tahun ke brebes tp ga pernah ke Kalibaya, brarti kl kesana lagi kudu nih biar ga sia2 mainnya

    ReplyDelete
  6. wah keren jg Brebes, kayanya tiap kota pasti ada destinasi yg okee ya. Mantap

    ninggal jejak ya tehh, salam kenal hehe http://vakansee.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tinggal kitanya aja yg mau rajin eksplor atau nggak 😁

      Delete
  7. Keren2 ya, aku penasaran sama alun2 dan masjidnya. Sepertinya adem berada di masjid itu :) Apalagi pemandangan di sawah itu, serasa membuat kangen kampung halaman.

    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pun gak sempat masuk ke dalam masjidnya. Buru2 soalnya..
      Salam kenal juga ya :)

      Delete
  8. Tegal juga gak kalah menarik Loch :D

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited