Warung Sate Kambing Muda Ibu Sri di Brebes

by - 1:32 AM

warung sate kambing muda ibu sri slatri brebes

Cerita blogger famtrip selama di Brebes, gue mulai dari Warung Makan Sate Kambing Muda Ibu Sri. Karena begitu sampai di Brebes, gue dan beberapa kawan travel blogger langsung diajak untuk mencicipi sate kambing khas Brebes. Setelah keluar tol pejagan, banyak sekali warung sate di sepanjang jalan raya. Kiri kanan ku lihat saja banyak warung sate kambing... iiiing... Jangan sambil dinyanyiin gitu donk! :p

Beneran deh, mulanya gue bingung. Sepanjang jalan gue cuma ngebatin, "Ini kenapa kanan kiri jualan sate kambing semua, terus yang jadi pembelinya siapa kalau semuanya pada jualan??". :))

warung sate kambing muda ibu sri di brebes
warung sate kambing muda ibu sri di brebes

Gak usah bingung, pemirsa. Dari 12,315,648,751,424,545 pedagang sate kambing yang ada di Brebes, ternyataada satu yang jadi juaranya. Namanya Warung Makan Sate Kambing Muda Ibu Sri. Terletak di Desa Slatri, kalau datang dari arah exit tol, posisinya ada di sebelah kanan jalan.


kuliner di brebes
wisata kuliner di brebes
sate kambing khas brebes

Sate kambing di sini juara bukan karena rajin belajar atau pandai menyontek, tapi rasanya itu loh! Meskipun banyak warung sate kambing bertebaran di Brebes, yang membedakannya dengan warung sate Ibu Sri ini tentu saja bumbunya yang istimewa. Bumbu kacangnya terasa agak pedas dan disajikan dengan potongan bawang merah khas Brebes. Oh iya, di Brebes ini sate kambingnya disajikan dengan bumbu kacang. Gak seperti di Jakarta yang memakai bumbu kecap. Selain itu potongan daging kambingnya besar, empuk banget dan bau prengusnya gak kecium.

sop kambing khas brebes

Sementara sop kambingnya juga enak sih, tapi menurut gue agak manis. Dagingnya empuk banget sampai ke tulang. p:

warung sate kambing paling enak di brebes

Rata-rata pedagang sate yang ada di Brebes menjual dua jenis sate kambing, yaitu Batibul (kambing tiga bulan), dan Balibul (kambing lima bulan). Di Warung Sate Kambing Muda Ibu Sri ini, dia memakai yang Balibul. Jadi tingkat keempukannya pas. Kasihan juga kan kalau makan yang masih 3 bulan. Belum sempat merasakan cinta masa remaja, udah keburu dipotong. Fyi, keunggulan dari kambing muda adalah tingkat kolesterol yang jauh lebih rendah dibandingkan kambing yang sudah tua.

kuliner khas brebes

Di Brebes, kambing yang dijual di warung-warung sate kambing hanyalah kambing betina. Sementara kambing jantan dikonsumsi untuk acara Aqiqah dan kurban lebaran saja. Makanya harganya juga jauh lebih murah kambing betina. Kenapa sih gak manusia, gak kambing, selalu wanita yang dikorbankan?? Kenapa, mas??? #Eaa

blogger famtrip to brebes
Bena & Ka Idfi (fans berat sate kambing yang kalau dikasih sate kambing kayak suzana, banyak bener!)

Di sini sate kambing dijual per kodi (20 tusuk) seharga 84.5k IDR. Kayak lagi belanja baju di tanah abang aja, ya. Namun tetap disajikan per porsinya 5 tusuk sate. Kalau untuk ukuran perut gue sih, 10 tusuk baru nendang. Kalau sop kambingnya hanya 15k IDR saja. Murah kan buibu...

rekomendasi makanan di brebes
wisata kuliner sate kambing di brebes
Anyway, gak ada salahnya memasukkan kuliner sate kambing muda khas Brebes ke dalam agenda kuliner kalian ya kalau lagi ke Brebes. Beda deh sama sate kambing yang ada di Jakarta. Muaknyus lah!





FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You May Also Like

12 komentar

  1. Duh gue kek suzannnnnna? Hahahah btw murmer loh sate kambing mudanya. Sbg perbandigan, di jkt harga seporsi sate kambing muda (10 tusuk) di salah satu warung satu di kawasan Melawai sampe di atas 70 rb perak! Muahaal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh suzananya komen.. :D
      shock-shock gembira ya pas tau harganya cuma segitu. Sayang jauh dari Jakarta, agak mikir nyamperinnya kalo tiba-tiba lagi ngidam. :'(

      Delete
  2. Masyaallaaaahhhhhh gw ngileerrrrr liatnya. Asliiii rasanya pengen cari papa muda. Eh salah...kambing muda denk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalau papa muda yang mau ngajak makan sate kambing muda #eeh

      Delete
  3. Masyaallaaaahhhhhh gw ngileerrrrr liatnya. Asliiii rasanya pengen cari papa muda. Eh salah...kambing muda denk

    ReplyDelete
  4. Jarak Jakarta Brebes tak usah dirisaukan, hanya 3 jam nyampai di lokasi

    ReplyDelete
  5. Sateeeee.......bumbunya asik! Pedas2 gimana gitu! :D

    ReplyDelete
  6. BUMBU SATE BENA PALING BEDA.
    BUMBU SAMBEL KECAP. BUKAN SAMBAL KACANG.
    Ahahahaha.

    jadi kamu makan cuma 10 tusuk kak?
    ya ampun, aku berapa ya?
    lebih kayaknya :))
    WAKAKAKAKAKAK. WAKKAKAKAKAKA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Bena request bumbu kecap ya waktu itu?
      Kayaknya 10 sih, abis lihat yang lain pada nafsu makan banget jadi kenyang lihatin kalian makan :))

      Delete
  7. duhhhh laperrrrrrr, mana sate kambing kesukaan gw bangett.. unchh uncchh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guejuga big fans sate kambing bok!Ena enaa

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited