Mengintip Proses Pembuatan Telur Asin Khas Brebes

11:35 AM

mengintip proses pembuatan telur asin khas brebes

Ketika pertama kali diajak ke Brebes oleh Ka Vika, hal yang pertama kali ada di benak gue hanyalah beli telur asin. Keluarga gue pecinta telur asin, jadi wajib banget kayaknya untuk beli telur asin sebagai oleh-oleh.

proses pembuatan telur asin khas brebes

Dalam rangka blogger famtrip beberapa pekan lalu, gue dan kawan-kawan blogger mampir ke salah satu pembuat telur asin. Begitu sampai, sang owner menyambut kami dan langsung menjelaskan dari A sampai Z proses pembuatan telur asinnya. Kebetulan waktu itu memang sedang ada dua pekerjanya yang sedang bekerja membalut telur asin yang masih mentah dengan sekam.

proses pembuatan telur asin khas brebes
proses pembuatan telur asin khas brebes
proses pembuatan telur asin khas brebes
proses pembuatan telur asin khas brebes

Cara membuat telur asin sebenarnya mudah, hanya saja memakan proses yang cukup lama, yaitu sekitar 20 hari. Adonan sekamnya terbuat dari campuran batu bata merah, sekam padi, abu gosok, dan garam. Setelah didiamkan selama 20 hari, telur dicuci bersih. Telur yang sudah bersih tersebut kemudian bisa diproses menjadi 3 cara, yaitu direbus biasa, diasap, dan dipanggang. Keistimewaan dari telur asin buatan HTM Jaya ini adalah mereka membuat garamnya sendiri, agar terjamin kualitasnya.

belajar membuat telur asin khas brebes
belajar membuat telur asin khas brebes
belajar membuat telur asin khas brebes
pengrajin telur asin

Setelah puas melihat proses pembuatan telur asin khas Brebes, kami diajak ke tokonya juga. Lokasinya hanya berjalan sekitar 50 meter dari tempat pembuatannya. Sebelum membeli telur asin, kami dipersilahkan untuk mencicipi 3 jenis telur asin tersebut. Favorit gue sih telur asin panggang, tapi karena gue kelamaan mikir mau beli yang mana, jadi kehabisan deh. Alhasil hanya beli yang telur asin biasa dan asap.

dapur pembuatan telur asin
telur asin panggang
telur asin asap
tempat pengasapan telur asin

Selain menjual telur asin, toko HTM Jaya ini juga menjual teh poci beserta tekonya, garam, dan bawang merah goreng. Harga yang ditawarkan toko ini juga termasuk terjangkau. Untuk telur asin biasa dihargai 3.5k IDR, sementara kalau telur asin panggang dan asap harganya 4k IDR.

toko oleh-oleh brebes
pusat oleh-oleh brebes
beli oleh-oleh telur asin di brebes

Kalau beli telur asin, gue sarankan sih yang pasti-pasti saja seperti di toko HTM Jaya ini. Karena gak jarang masih banyak ditemukan telur asin palsu beredar di pasaran. Ciri-ciri telur asin yang mempunyai kualitas baik adalah yang mempunyai warna kuning telur kemerahan, bukan yang pucat.

beli oleh-oleh telur asin di brebes
beli oleh-oleh telur asin di brebes

Lokasi toko HTM Jaya berada di Jalan Diponegoro no 92 Brebes. Tokonya berada di pinggir jalan raya besar kok, jadi pasti mudah ditemukan.

peternakan bebek dibrebes

Sekian laporan dari reporter Nidy, kita kembali ke studio.





FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You Might Also Like

3 komentar

  1. Nah ya itu, aku lumayan sering menemukan telur asin yang kuningnya pucat. Kupikir ya biasa aja, sekedar mungkin memang kan tidak semua telur sama. Padahal emang sih yang yolk nya warna oren banget sangat menggugah selera.

    Ooo jadi begitu, terimakasih infonya kak xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang asli gak mesti orange banget sih, yg penting ada hint of orangenya, dan gak pucat banget warnanya.

      Delete
  2. 20 hari yak.. lama juga... kirain cuma semingguan..

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget