Backpacking ke Pulau Pari Tanpa Travel Agent? Bisa Donk!

10:03 AM

backpacking ke pulau pari tanpa travel agent

"Kak, ke Pulau Pari ikut open trip mana?Budgetnya berapa?". Pertanyaan tersebut banyak sekali yang masuk ke DM Instagram ketika gue baru saja pamer keberadaan di sana. Liburan singkat gue ke Pulau Pari untuk pertama kalinya dengan modal nekat dan tanpa menggunakan jasa travel agent sama sekali. Jadi nggak ikut open trip apapun. Semua serba mendadak dan go show saja. Gimana caranya?


*****************************

Getting There

Gue berangkat dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Sekarang sudah ada bus Trans Jakarta yang berhenti tepat di depan pelabuhan ini. Jadi nggak perlu naik turun angkot lalu jalan kaki jauh lagi hingga sampai di pelabuhan. Busnya ada yang dari Halte Jakarta Kota. Tarifnya cuma Rp. 3,500 saja.

busway jurusan pelabuhan kali adem


Step 1

Bogor/Depok/Bekasi -> Pelabuhan Kali Adem
Naik kereta Commuter Line, turun di Stasiun Jakarta Kota. Lanjut naik bus TransJakarta (busway) jurusan Muara Angke/Kali Adem. Bisa ditanyakan lagi ke petugas di Halte Busway Jakarta Kota. Turun di depan pelabuhan.

Tangerang -> Pelabuhan Kali Adem
Gue ambil sederhananya saja, ya. Kalian bisa naik bus 106 (turun di Tomang) atau bus 157 (turun di Grogol). Dari situ tinggal pesan Grab Car atau GoCar. Kalau nggak salah dari Grogol ada angkot tujuan Muara Angke, karena gue nggak dapat sumber informasi yang jelas. Jadi gue sarankan dilanjutkan dengan taksi online saja. Praktis!

Stasiun Pasar Senen -> Pelabuhan Kali Adem
Buat yang dari luar kota dan tiba di Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen bisa dilanjutkan dengan naik taksi/bajaj/taksi online sampai Halte Busway Jakarta Kota. Lalu naik bus Trans Jakarta jurusan Kali Adem/Muara Angke.

jadwal kapal ke pulau pari
budget ke pulau pari tanpa travel agent


Step 2

Pelabuhan Kaliadem -> Pulau Pari
Jadwal kapal di Pelabuhan Kali Adem jurusan Pulau Pari nggak menentu. Sistemnya begitu kapal terisi penuh, barulah kapal jalan. Gue tiba di pelabuhan sekitar pukul 8:00 a.m. kapal baru jalan sekitar pukul 9:30 a.m. Tarif kapal tradisional ini adalah Rp. 45,000. Lebih mahal Rp. 5,000 dari informasi yang gue dapatkan melalui blog-blog orang. Perjalanan dari Pelabuhan Kali Adem ke Pulau Pari dapat ditempuh selama dua jam dengan kapal tradisional. 

cara menuju pelabuhan kali adem

Marina Ancol -> Pulau Pari
Tarif kapalnya Rp. 125,000 per orang. Maksimum kapasitasnya hanya 180 orang per kapal, jadi gue sarankan untuk tiba di Dermaga Marina Ancol sepagi mungkin. Karena fast boat ini nggak hanya mengantarkan penumpang ke Pulau Pari saja, tapi juga pulau-pulau lain yang ada di gugusan Kepulauan Seribu. Durasi perjalanannya kurang lebih satu jam, tapi karena kapal ini juga mampir untuk mengangkut penumpang di pulau lain, jadi kadang suka lebih lama.

cara ke pulau pari

Where to Stay?

Jika kalian datang pas akhir pekan apalagi hari libur nasional, gue sarankan booking penginapan in advance. Karena jumlah homestay yang ada di Pulau Pari masih terbilang sedikit. Nggak sebanyak Pulau Tidung. Semua penginapannya berbentuk homestay. Nggak ada cottage, hotel, apalagi resort. Harga penginapan dengan kapasitas 2-4 orang dan tanpa AC, yaitu sekitar Rp. 200,000 - Rp. 350,000. Sementara untuk homestay yang punya kapasitas 5 orang lebih, biasanya dipatok harga Rp. 400,000 - Rp. 600,000.

hargaa penginapan homestay di pulau pari
hargaa penginapan homestay di pulau pari

Gue dapat penginapan seharga Rp. 250,000. Dibandingkan dengan penginapan di Pulau Tidung, tentu saja penginapan di Pulau Pari menurut gue relatif mahal. Kalau kalian pernah baca ulasan gue tentang PulauTidung, di situ gue dapat homestay seharga Rp. 300,000 sudah pakai AC, ada dispensernya pula.

Kalau kehabisan homestay, biasanya orang-orang menyewa tenda dan membuka tendanya di pinggir Pantai Pasir Perawan. Biaya sewa tenda sekitar Rp. 100,000 dan biaya izin per kepalanya sekitar Rp. 35,000.


Food

Ya namanya di pulau, variasi makanannya pasti nggak banyak. Begitu sampai di sana gue langsung beli pecel ayam seharga Rp. 22,000 yang terletak di depan dermaga. Rasanya biasa saja, ayamnya kecil, dan sambalnya nggak ada rasa pedas sama sekali.

makanan di pulau pari

Malam hari, gue direkomendasikan oleh pemilik usaha rental snorkeling untuk mencicipi aneka seafood yang ada di Pantai Pasir Perawan. Harga satu kilogram ikan yaitu Rp. 120,000. Begitu juga dengan cumi. Gue memilih pesan setengah kilogram cumi bakar seharga Rp. 60,000. Ukuran cuminya besar dan begitu sampai di meja, kurang lebih jumlahnya satu nampan gitu. Banyak banget, deh! Rasanya juga enak. Cuminya masih segar, berpadu dengan bumbu kunyit, dan jeruk nipis, jadi membuat nafsu makan semakin lahap.

bbq seafood di pulau pari

Selain kedua menu di atas, masih ada nasi goreng, mie goreng, mie instant plus telur (Rp.10,000), gado-gado (Rp. 15,000), dan ketoprak (Rp. 15,000). Kalian bisa menemukan warung yang menjual menu ini hampir di setiap sudut pulau.

wisata kuliner pulau pari


Mau nyemil? Tenang, di Pulau Pari ada banyak penjual cilor dan telur gulung yang berdagang dengan gerobak. Harga untuk satu tusuknya hanya Rp. 2,000. Rujak buah segar dengan siraman bumbu kacang yang pedas dan nikmat hanya Rp. 10,000 saja. Air mineral ukuran 1 liter dihargai Rp. 10,000. Cukup mahal, ya. Supaya hemat, sebaiknya kalian bawa air mineral sendiri dari rumah.

Jika kalian nggak cocok dengan menu-menu yang gue sebutkan di atas, sebaiknya bawa perbekalan dari rumah. Daripada masuk angin kan, gara-gara perut kosong langsung kena angin laut.


How to Roam Around The Island?

Pulau Pari memiliki luas sekitar 41,32 ha. Konon dulunya pulau ini merupakan tempat mencari ikan bagi para nelayan-nelayan dari Pulau Tidung. Sampai akhirnya beberapa dari mereka memutuskan untuk menetap dan tinggal di Pulau Pari.


Pulau yang melintang dari barat ke timur ini bisa dikelilingi dengan tiga cara, yaitu:

1. Sewa sepeda

Harganya Rp. 20,000 selama 24 jam. Gue pinjam mulai pukul 12 siang dan dikembalikan di jam yang sama pada keesokan harinya.

2. Naik Bentor

Bentor di Pulau Pari seperti bemo. Hasil modifikasi motor dengan 'losbak' yang biasa digunakan untuk antar galon kalau di kota-kota besar. Tarifnya sekali jalan Rp. 20,000 per orang. Cukup mahal memang.


3. Jalan kaki

Cara ini adalah yang paling mudah, apalagi buat kalian yang memang nggak bisa naik sepeda. Pada dasarnya pulau ini nggak terlalu luas kok. Masih bisa ditempuh jalan kaki dari ujung ke ujung. Paling spot yang jauh itu hanya Pantai Bintang saja.


ATM & Sinyal Ponsel

Belum ada mesin ATM di Pulau Pari, jadi pastikan jumlah uang cash yang kalian bawa mencukupi kebutuhan kalian sampai pulang ke rumah ya. Gue sempat kebingungan juga nih begitu sampai di sana, untungnya uang yang dibawa cukup sampai kami pulang ke rumah.

Sementara itu untuk sinyal ponsel nggak ada kendala sama sekali. Gue menggunakan provider IM3 dan Axis, sinyalnya lumayan kencang. Di Pulau ini sudah ada tower BTS kok.


Interesting Spot

Di Pulau Pari ada apa saja, sih? Sejujurnya nggak terlalu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini. Menghabiskan waktu selama dua hari satu malam sudah sangat cukup. Nah, selama dua hari, kira-kira enaknya ngapain saja nih?

Berjumpa dengan Ratusan Bintang Laut di Star Beach

Awalnya gue sempat heran kenapa nama pantai ini Star Beach. Sesampainya di sana dan berjalan di pantai yang sedang surut saat pagi hari, gue baru tahu kenapa.


pantai bintang kepulauan seribu
star beach pulau pari
star beach pulau pari

Saat air laut sedang surut, ada banyak bintang laut yang terperangkap di pasir pantai. Jumlahnya ada ratusan! Semua bintang laut di sini berwarna putih dan berukuran sedang. Karena jumlahnya yang banyak, sebaiknya hati-hati saat berjalan di pantai ini. Karena bisa nggak sengaja menginjak bintang laut yang ada di sini.

pantai bintang pulau pari

Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp. 2,500 per orang. Ada parkiran sepeda di depan gerbang masuk. Setelah lelah melihat-lihat bintang laut, gue nyantai dulu di atas hammock yang sudah tersedia di Pantai Bintang. Selain itu, ada beberapa ayunan juga. Asyik banget deh suasananya.

camping di pulau pari
camping di pulau pari


Friendly reminder: Jangan pegang apalagi mengangkat bintang laut dari dalam air. Karena bintang laut bernapas dengan popula. Mereka nggak bisa menghirup udara langsung. Kalau ikan begitu diangkat ke daratan sebentar kan masih bisa bernapas. Bintang laut nggak sama dengan ikan. Jangan demi sebuah foto di instagram, kalian melakukan hal bodoh ini, ya.

Pantai Pasir Perawan

Nggak sesuai namanya, karena sudah banyak orang yang datang ke pantai ini, jadi ya sudah nggak perawan lagi donk pasirnya. Yang datang ke pantai ini pun ternyata nggak perawan semua, buktinya ada banyak ibu-ibu, bapak-bapak dan perjaka yang datang. :p

pantai pasir perawan pulau pari
pulau kids friendly di kepulauan seribu
ayunan di pantai pulau pari
pulau family friendly di kepulauan seribu
liburan ke pulau pari


Pantai ini memiliki pasir pantai yang landai dan aman banget untuk berenang. Bentuknya kurang lebih seperti laguna, seolah-olah air laut terperangkap ke dalam daratan. Kelebihan dari pantai yang seperti ini, ombak dan arusnya sangat aman digunakan berenang untuk anak-anak. Setelah berenang sekitar 10 meter dari pinggir pantai, kedalamannya hanya sekitar dada orang dewasa.

sunset di pulau pari
sunset di pulau pari
sunset di pulau pari
harga bbq seafood di pulau pari
biaya camping di pulau pari

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah saat matahari terbenam. Jika cuaca mendukung, sunset di sini bagus banget!

Bukit Matahari

Bukit ini letaknya ada di dekat dermaga. Tinggi bukitnya nggak seberapa, malah terlihat hanya seperti gundukan tanah yang tinggi. Katanya sih, kalau mau melihat sunrise bisa di bukit ini. SinceI’m not a morning person, jadi gue kelewatan untuk membuktikannya.

bukit matahari pulau pari
bukit matahari pulau pari
bukit matahari pulau pari


Saat ke sana, terlihat sedang ada kapal kayu yang sedang dibuat. Gue jadi teringat tempat pembuatan kapal phinisi yang ada di Tanjung Bira. Hanya saja kapal kayu yang sedang dibuat di Pulau Pari ini jauh lebih kecil. Bapak-bapak yang sedang bekerja pun tampak nggak bisa diajak ngobrol sama sekali. Jadi ya sudah, gue lanjutkan dengan foto-foto saja.

Snorkeling

Kebetulan gue nggak mencoba snorkeling di pulau ini. Maklum uang cash ngepas banget! Padahal ada rombongan mahasiswa yang sudah bersedia ditebengi untuk join patungan sewa perahu bareng. Harga sewa kapal untuk snorkeling sekitar Rp. 300,000/kapal. Sementara kalau nebeng ikut rombongan orang gitu hanya bayar sekitar Rp. 80,000 – Rp. 100,000 saja per orang.

harga snorkeling di pulau pari


Budget Trip ke Pulau Pari Tanpa Travel Agent

Namanya budget itu besar kecilnya pasti relatif ya. Total biaya yang dihabiskan untuk dua hari satu malam di Pulau Pari yaitu sekitar Rp. 358,500 per orang. Kalau mau lebih murah lagi, coba datang dengan teman-teman minimal lima orang. Pasti budget untuk penginapannya bisa lebih murah lagi. Di post attraction gue hanya memasukkan biaya sewa sepeda dan tiket masuk ke Pantai Bintang saja.

budget trip ke pulau pari tanpa travel agent


Tips:

  1. Jangan lupa bawa topi, kacamata, dan sunscreen biar nggak jadi korban matahari.
  2. Kalau datang secara mendadak kayak gue, langsung cari penginapan ke arah kanan begitu tiba di dermaga. Karena itu arah menuju Pantai Pasir Perawan dan lebih banyak homestay di sana. Jangan lupa tawar harganya.
  3. Bawa air mineral atau bahkan makanan dan cemilan dari rumah. Karena harga makanan dan minuman di sana sudah pasti lebih mahal. Tapi kalau kalian mau berbagi rezeki dengan penduduk pulau, bakal jauh lebih baik.
  4. Meskipun Pantai Bintang ada di sebelah barat pulau, tapi spot terbaik untuk melihat sunset justru ada di Pantai Pasir Perawan yang ada di sebelah timur pulau.
  5. Keesokan paginya, segera pesan tiket kapal untuk pulang. Karena nggak jarang banyak orang yang kehabisan tiket atau ketinggalan kapal. Jadwal kapal tradisional yang berangkat dari Pulau Pari ke Pelabuhan Kali Adem mulai pukul 10:00 a.m. Kalau sudah lewat dari pukul 1:00 p.m. sudah nggak ada kapal lagi. Terpaksa kalian harus naik fast boat.
  6. Siap sedia kantong plastik untuk membawa pulang kembali sampah yang sudah kalian bawa, ya. Supaya kebersihan di Pulau Pari senantiasa terjaga. Gue suka sedih kalau lihat pulau yang pemandangannya sudah cantik banget, eh dirusak oleh ulah manusia hanya dengan buang sampah sembarangan. Cukup botol air mineral dan ciki saja yang jadi sampah, kalian jangan.

jadwal kapal ke pulau pari

Itu dia panduan backpacking ke Pulau Pari tanpa travel agent. Trip seperti ini cocok banget buat orang-orang yang suka liburan mendadak tanpa persiapan sama sekali. Yang namanya stress kan nggak bisa ditebak kapan datangnya, tapi setidaknya sudah tahu kan obatnya apa? Jalan-jalan yang murah saja, gaes! Kalau mahal mah yang ada tambah stress pas pulang nanti.

panduan backpacking ke pulau pari

Semoga tullisan ini bermanfaat buat teman-teman yang juga ingin ke sana dan bisa segera jalan-jalan ke Pulau Pari. Selamat berlibur!


Location






FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

21 komentar

  1. Wah ternyata mudah yah aksesnya, naik transjakarta juga dah sampe pelabuhan.. Buat lepas stress di weekend bisa nih sambil liat patrick yg terdampar di pasir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya bener, bisa lihat patrick and the gank.
      Mudah banget sekarang. Kalau dulu masih repot ke Pelabuhan Kali Adem, soalnya nyambung-nyambung angkot dan becek banget kalau jalan kaki sampai pelabuhan dari gerbang pasar Muara Angke

      Delete
  2. sumpah aku udah mupeng bgt explore pulau seribu tp selalu jadi wacana forever. jadi pengen buru2 ke sana deh :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah direncanain. Kalau direncanain berakhir wacana forever emang :D
      Itu aku juga dadakan banget, belum booking penginapan sama sekali malah.

      Delete
  3. Huaaaa lengkapnya baca tulisan kak Nidy..
    Mulai dari gmn ke Pulau Pari,penginapan,makanan sampai rekomendasi gimana baiknya di sana. Leng-kap 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak udah mampir...
      Biar teman-teman yang baca jadi lebih mudah ke sana. :D

      Delete
  4. ulasannya keceee..

    jadi teringat perjalanan ke pulau pari beberapa tahun silam.. suasananya masih sama kayanya :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum banyak perubahan berarti ya..

      Delete
  5. Kepulauan Seribu emang mempesona. Banyak pilihan pulau yg keren. Cuman gue agak trauma Marissa Naik kapal Kayu. Waktu itu dari Kali Adem ga boleh berangkat dari syahbandar karena gelombang tinggi. 4 jam menunggu2 akhirnya berangkat , eh bener gelombang gede Banget. Jackpot deh sekapal . Pulangnya Naik fast boat deh .Ngeluarin bujet lebih deh .Tapi gak apa2 sampenya cepet. Mesti liat musim gelombang juga kalo mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pas ke Tidung lagi musim hujan kak, buset dah pas pulang serem juga. T.T

      Delete
  6. bagus banget ulasannya kak! cukup objetif, lengkap, dan ada positif values yg dishare.
    gw orangnya juga kadang suka liburan yg ngga terencana detail, yg penting ada gambarannya. ulasannya sgt membantu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali. Semoga membantu yaaa

      Delete
  7. Selalu bermanfaat banget setiap post kamu saaay. Baru tau ternyata tanpa open trip bisa sampai ke pulau Pari.Pengen cari sunset ke sana nihhh gara-gara liat foto kamu cakeeeep banget.

    ReplyDelete
  8. Akhirnya, kelar membaca sembari menikmati perjalanan laut. Hehe
    Panduannya sangat lengkap sekali. Tapi kok, wilayah pesisir harga seafood kok mahal banget yaa. Ikan sekilo sudah ratusan ribu.

    Ku pengen ke sini, sekalian mampir ke Untung Jawa. Ada homestay teman di sana.
    Itu kapal untuk disewa snorkeling sekali jalan atau sudah PP? muat berapa? durasinya? kalau 300 itu masih murah misal muat 10 orang. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya pesisirnya masih masuk Jakarta, jadi mahal T.T

      Sewa kapal buat snorkeling yang 300ribu itu biasanya dari siang sampai sore. Kapasitasnya bisa kok 10 orang.

      Delete
  9. Lengkap banget ditambah pake infografis pula, aahha tapi ntar kalau Aku mau main ke Pulau Pari, cukup minta dianterin kamu aja ya Miss...

    Bintang laut yang guede banget itu nafasnya pake apa Miss? Sampe bisa berdiri lama gitu, sikap sempurna pula,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahaha kok byengcyek yaaaa...

      Itu Ariel the mermaid, baru bisa berdiri sempurna. hah!

      Delete
  10. mbak sy juga rencana agustus weekday mau ke Pari. Itu jadwal kapal dari Pari ke Kaliadem ada jam berapa aja ya? trus klo keberangkatan dari Kaliadem, harus jam brp udh sampe Kaliadem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadwalnya nggak menentu. Kayak angkot aja, negitu kapal penuh langsung jalan. Tapi paling siang kapal berangkat jam 9. Jadi kalau bisa datang sepagi mungkin

      Delete
    2. klo dari P.Pari untuk pulangnya jam berpa mbak? mbak ada kontak penginapan ny gak?

      Delete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!

Get FREE $30 From Airbnb

Copyright

If you wish to use my photos and/or text, please contact me via email (miss_nidy@yahoo.com) for my permission or at least put a credit at the end of your post by linking back to my blog.
Thank you very much for your kindly appreciation.

Miss Nidy's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget