Berpetualang di Wizarding World of Harry Potter Japan

4:37 PM

wizarding world of harry potter japan

Kalau disuruh memilih antara Disneyland, Disneysea, atau Universal Studio Japan, kalian bakal memilih yang mana? Kalau gue pasti langsung memilih Universal Studio Jepan (USJ). Sebagai Potterhead, rasanya berdosa banget kalau sampai nggak mampir ke Universal Studio Japan. Kenapa? Karena di sana ada Wizarding World of Harry Potter! Jelas donk ya akhirnya gue pilih yang mana. Apalagi Wizarding World of Harry Potter di Asia memang hanya ada di Osaka, Jepang saja.

Menurut rekomendasi beberapa teman dan hasil research dari beberapa travel blog, lebih baik membeli tiket secara online daripada di USJ langsung. Antrian pembelian tiket di USJ bisa panjang banget, terlebih pas peak season. Demi menghindari hal-hal melelahkan dan buang waktu hanya untuk antri, gue memutuskan untuk mencari website penjualan tiket secara online.

Harga resmi tiket masuk Universal Studio Japan di websitenya adalah 7,900 JPY (sekitar 1,027,000 IDR). Mahal banget, kan? Makanya kalau ke sana, usahakan datang dari pagi supaya nggak sayang duitnya.

beli tiket murah universal studio japan
masuk universal studio japan tanpa antri
Antrian beli tiket di usj

Rima, salah satu travelmate pas Japan trip ini, direkomendasikan oleh temannya untuk beli tiket ke japantrips.co. Setelah gue survei pun memang paling murah hanya di situ saja. Harga tiket Universal Studio Japan yang gue beli di website tersebut sebesar 985k IDR. Sementara di website lain harganya sudah di atas satu jutaan lebih. Maklum sih, kalau musim semi pasti currency rate Japan Yen naik.

Tiketnya sudah gue cetak dari rumah, begitu sampai USJ, tinggal scan barcode yang tertera di print-out tiket tersebut. Praktis, mudah, dan nggak makan waktu lama.


***********************


Masuk ke Wizarding World of Harry Potter Tanpa Jadwal

Kalau kalian pernah baca tentang area Wizarding World of Harry Potter di USJ, untuk masuk ke area ini biasanya pengunjung dibatasi oleh waktu. Pengunjung akan diberikan tiket tambahan (free of charge) yang berisi jam kapan kita baru boleh masuk ke area tersebut. Saking membludaknya peminat pengunjung yang ingin merasakan sensasi di dunia sihir ala Harry Potter.

pengalaman ke wizarding world of harry potter japan

Beruntung saat datang ke sana, gue nggak diberikan tiket seperti itu. Artinya, gue bebas mau masuk dan keluar ke area Wizarding World of Harry Potter kapanpun gue mau. Tipsnya adalah kalian jangan datang pas peak season maupun weekend. Di Jepang itu ada yang namanya golden week, biasanya jatuh pada akhir April hingga awal Mei selama seminggu. Di masa ini, hampir semua tempat wisata di Jepang dipenuhi oleh orang lokal, termasuk Universal Studio Japan.

flying car harry potter
entrance gate of wizarding world of harry potter japan

Nah, tanggal kedatangan gue masih sekitar satu minggu sebelum golden week berlangsung, plus Hari Senin pula. Jadi jumlah pengunjung yang datang terbilang lebih sedikit dari biasanya. Panjang antrian pun lebih bersahabat.

Jika kebetulan kalian datang saat weekend atau peak season, usahakan begitu masuk USJ langsung menuju ke Wizarding World of Harry Potter untuk mengambil tiket masuk. Jika dapat jadwal masuk siang atau bahkan sore, kalian bisa menikmati area lain terlebih dahulu yang ada di USJ. Begitu jadwal masuk ke Wizarding World of Harry Potter sudah tiba, baru deh kalian ke sana lagi.

hogwarts express usj


Ada yang memperhatikan dengan seksama nggak, kenapa rambut gue tiba-tiba jadi ikal? Ini ceritanya memang sengaja catokan dulu biar dimirip-miripin kayak Hermione Granger. Supaya makin berasa gitu jadi murid Hogwarts T.T

Kalau ke USJ dan kalian melihat ada banyak orang pakai jubah Hogwarts, jangan heran ya mereka bukan jahit baju sendiri dulu dari rumah kok. Jubah Hogwarts memang dijual untuk pengunjung, bahkan sapu terbangnya pun dijual. Awalnya gue tertarik untuk beli jubah Hogwarts biar semakin menjiwai, tapi akhirnya gue mengurungkan niat setelah tahu harganya. Bok, gila saja harganya 14,000 JPY atau setara dengan 1,820,000 IDR. LAH MENDING GUE BELI HENPON BARU! #KokNgeGasBangetMbak

Sebelum masuk ke Wizarding World of Harry Potter, let's open the gate "ALOHOMORA!"


Magic Wand

Masih ingat dengan adegan saat Harry Potter pertama kali beli tongkat sihir pertamanya di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone? Di film pertamanya itu, Harry Potter dibantu oleh Olivander – sang maestro pembuat tongkat sihir, untuk memilih tongkat sihirnya.

what's inside the olivanders USJ

Nah, di wahana ini kurang lebih seperti reka ulang adegan itu. Antrian untuk masuk ke sini hanya sekitar 20 menit. Lalu pengunjung dibawa masuk ke dalam sebuah ruangan dengan pencahayaan remang-remang. Tumpukan tongkat sihir yang masih dibungkus di dalam dus memenuhi rak-rak yang ada di dalam ruangan. Setelah di-briefing oleh staf yang mengenakan jubah, tiba-tiba dia mendorong sebuah pintu rahasia yang dari luar kelihatan seperti rak buku biasa.

the olivanders USJ
magic wand harry potter japan


Di dalam ruangan selanjutnya, ada seorang lelaki berperawakan bule yang dandanannya menyerupai Olivander aslinya di film. Hanya saja Olivander ala-ala yang ini jauh lebih muda. Mungkin ceritanya Olivander habis suntik botox di Jepang jadi keriputnya hilang seketika.

Tiba-tiba Olivander menunjuk salah seorang pengunjung, anak laki-laki berumur sekitar tujuh tahun. Dia disuruh maju ke depan meja Olivander dan terjadilah reka ulang adegan di film Harry Potter. Kalau kalian belum pernah menonton film pertama Harry Potter, sebaiknya nonton dulu deh biar nyambung nih sama yang gue ceritain. :D 
 
harga tongkat sihir di universal studio japan

Setelah selesai reka ulang adegan, si anak laki-laki itu beneran dikasih tongkat sihir. Lalu seisi ruangan pada kompakan mengeluarkan nada mendesis iri. Bagaimana nggak sirik, harga tongkat sihir yang dijual di sana itu paling murah 4,000 JPY (sekitar 520,000 IDR). Kalau dipakai di sana sih berguna, begitu sampai rumah buat apa coba itu tongkat? Korek kuping? Kan cyebel! 
 
pengalaman belajar tongkat sihir di usj

Seusai pertunjukan singkat itu, si Olivander cuma memberi kalimat penutup, “Don't be sad, maybe next time is your turn”. Harus berapa kali lagi ke sana biar dapat tongkat sihir gratis, om? Bangkrut aing..


Harry Potter and The Forbidden Journey

Ini adalah wahana paling seru yang ada di seluruh area Universal Studio Japan. Panjang antriannya memakan waktu 80 menit dan bisa sampai tiga jam lebih kalau datang pas weekend. Meskipun naik wahananya hanya lima menit saja, gue jamin kalian pasti ketagihan.

hogwarts school in USJ

hogwarts castle universal studio japan

Wahana ini letaknya berada di dalam kastil Hogwarts. Impian gue dari tahun 2001 cuma mau masuk Hogwarts dan baru kesampaian di tahun 2018. Butuh waktu 17 tahun, coy! Kalau punya anak, lagi bingung cari duit buat ngerayain sweet seventeen kali tuh. Gokil! Time does fly so fast. Nggak heran kalau gue excited banget begitu mau masuk Hogwarts. Tangan gue sampai berkeringat.

Begitu masuk, gue nggak langsung naik wahananya. Tapi harus menyimpan barang bawaan ke dalam loker yang ada di dalam kastil Hogwarts, termasuk handphone dan kamera. Pengunjung dilarang membawa kamera dan handphone saat naik wahana, termasuk action cam. Karena wahana yang mau dinaiki ini, akan membawa pengunjung berputar hingga 360ยบ. Daripada terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, sebaiknya patuhi peraturannya saja, ya. 
 
tempat penitipan tas di USJ

Loker yang ada di dalam Hogwarts cukup kecil. Gue agak kesulitan saat mau memasukkan tas ransel yang gue bawa. Setelah berhasil terkunci, kuncinya gue bawa dan dipakai seperti gelang. Area loker ini crowded banget, tapi makin terasa seperti Hogwarts. Kalian bayangkan deh lagi di koridor yang ada di Hogwarts yang dipenuhi murid-murid lalu lalang mau masuk kelas. Nah, seperti itulah rasanya.

Setelah itu gue jalan mengikuti jalur yang sudah disediakan. Ada yang sudah menonton instagram stories gue selama di USJ? Gue naik tangga yang di dindingnya dipenuhi lukisan bergerak! Persis seperti di filmnya. Bedanya hanya mereka bicara dengan bahasa Jepang. Agak aneh sih, suasana sudah seperti di Hogwarts banget tapi ngomongnya bahasa Jepang. Ikeh-ikeh kimochi T.T

masuk ke hogwarts castle di jepang

Setelah sampai di depan wahananya, pengunjung harus bergerak cepat. Bukan karena mau rebutan kursi, tapi spot di mana pengunjung harus duduk di wahananya itu berada di atas ban berjalan. Jadi harus gesit.

Satu wahana isinya empat kursi. Gue naik bareng Ulfa dan dua orang bule yang nggak gue kenal. Seat belt sudah dipastikan terkunci dengan baik sebelum diberi tanda oke untuk jalan oleh stafnya. Setelah itu, the journey begins!

illustration by: USJ

Wahana ini merupakan atraksi 4D, jadi gue diajak berputar-putar di depan layar yang settingnya banyak adegan di film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban dan Harry Potter and The Goblet of Fire. Sambil diputar, pengunjung juga dicipratin air, disembur api, dan bagian terserunya adalah saat diajak Harry Potter main Quidditch dan ketemu Dementor langsung! Gila, gue beneran ketakutan pas ketemu Dementor, lho. Seram banget! Seperempat perjalanan yang gue lakukan cuma teriak histeris, “Dementor!!! Gila dementor beneran!!! Allahu Akbar!!!”. Ulfa pun nggak kalah histeris. Sementara itu dua bule di sebelah kami anteng banget, mungkin bagi mereka kayak lagi ditimang-timang kali ya. 
 
price of souvenirs in USJ
Begitu selesai naik wahananya, bisa cetak foto di sini

Wah, gue nggak bisa ceritain detailnya seperti apa. Pokoknya kalian wajib banget cobain wahana ini kalau ke USJ. Nggak bakalan nyesel deh! Fun fact, wahana ini sudah memenangkan beberapa penghargaan internasional, lho.




Flight of the Hippogriff

Ada yang bisa tebak kira-kira di film Harry Potter yang mana yang ada penampilan Hippogriff? Wahana ini berbentuk roller coaster. Lama antriannya sekitar 40 menit.

flight of the hippogriff USJ
roller coaster in wizarding world of harry potter USJ
lama antrian di USJ

Pas lagi antri, eh malah ketemu rumahnya Hagrid. Literally, mirip seperti Hagrid's hut yang ada di film. Menurut gue, tracknya nggak terlalu seram kok. Seat beltnya saja hanya dikenakan di paha. Namun tetap saja sensasi menegangkan saat naik roller coaster pasti terasa. 
 
Hagrid's hut at wizarding world of harry potter USJ


Hogsmeade

Gue ingat banget saat Harry Potter menyelinap ke Hogsmeade karena nggak dapat izin Professor Macgonagall pas libur Christmas. Atap-atap rumah dan kafe yang ada di Hogsmeade seakan jadi desa iconic yang ada di film Harry Potter.

hogwarts experience in japan
hogsmeade in wizarding world of harry potter japan
hogsmeade in wizarding world of harry potter japan
hogsmeade in wizarding world of harry potter japan
hosgmeade in spring
travelling ke universal studio japan

Di Wizarding World of Harry Potter, desa ini dibuat versi KW-nya dengan detail yang benar-benar menyerupai aslinya seperti di film. Termasuk detail tumpukan salju di atas atap rumah dan toko-toko yang ada di Hogsmeade 
 
harga oleh-oleh di wizarding world of harry potter jepang
beli cokelat frog di USJ
harga souvenir harry potter di USJ
zonko's in wizarding world of harry potter japan

Ada banyak toko-toko souvenir dan restaurant di Hogsmeade. Salah satu restaurant terbesarnya punya bangunan yang sangat unik. Sayangnya, gue nggak mencoba satu pun makan di restaurant yang ada di sana. Maklum, sobat misqin tak mampu jajan mewah. Tapi gue janji jika lain waktu ada kesempatan ke sana lagi, pasti makan di salah satu restaurant yang ada di sana. 
 
hogsmeade usj osaka
harga souvenir harry potter di USJ
harga souvenir harry potter di USJ
harga makanan di USJ


Butterbeer

Siapa yang nggak penasaran dengan rasa butterbeer? Minuman yang cuma ada di film Harry Potter ini sukses bikin gue penasaran banget pengen mencicipi kayak gimana rasanya. Tenang buibu, meskipun namanya beer tapi minuman ini nggak mengandung alchohol sama sekali. Kok bisa? Kalian tahu tentang bir pletok? Meskipun namanya bir, tapi isinya hanya rempah-rempah saja. Cuma masalah penamaan saja kok, biar lebih menarik.

butterbeer in wizarding world of harry potter japan
harga butterbeer di universal studio japan
butterbeer halal di USJ
butterbeer price in USJ
butterbeer price list


Butterbeer dijual di Hogsmeade. Harganya tergantung kalian mau pakai wadah apa. Kalau pakai gelas plastik biasa, harganya 600 JPY. Saran gue, beli butterbeer dengan kemasan yang lebih bagus. Ada dua kemasan yang bisa sekaligus dijadikan souvenir, yaitu yang berbahan kaca plastik dan alumunium. Harga yang menggunakan gelas kaca plastik 1,100 JPY, sementara yang premium harganya 3,980 JPY. Jadi jika sudah habis, gelasnya bisa kalian bawa pulang. 

Surprisingly, rasanya enak. Foam di atasnya memang nggak banyak, tapi justru itu bagian yang terenak. Manisnya pas dan lembut banget. Butterbeer dijual di booth-booth yang ada di Hogsmeade. Kalau lagi peak season, untuk beli segelas butterbeer saja bisa antri panjang, lho.


Street Entertainment

Di dekat Hogsmeade ada panggung kecil yang biasa digunakan untuk street entertainment. Saat gue ke sana gue sempat melihat sebentar pertunjukan Triwizard Spirit Rally. Kalau kalian pernah menonton film Harry Potter and The Goblet of Fire, pasti kenal deh dengan karakter yang ada di foto.

street entertainment at USJ

Selain pertunjukan Triwizard, juga ada Frog Choir dan Wand Study yang nggak kalah menarik juga. Jika tertarik untuk menonton pertunjukan street entertainment ini, tanya saja informasi jadwalnya ke staf yang ada di sana.


*************


Location

Lokasi Universal Studio Japan ada di Osaka. Kalau naik kereta di Osaka, naik yang jalur Osaka Loop Line, nanti turun di Universal City Station. Gue berangkat dari Tanimachi 6-chome Station, ongkosnya 190 JPY (sekitar 24,700 IDR). Nah kalau kalian dari Tokyo, bisa naik Shinkansen (jika punya JR Pass). Durasi perjalanannya hanya sekitar dua jam saja. Sementara kalau nggak beli JR Pass, bisa naik bus yang memakan waktu sekitar tujuh jam perjalanan dari Tokyo.

map of universal studio japan

Begitu melewati gebang pemeriksaan tiket, jangan lupa untuk minta brosur yang berisikan denah peta USJ. Supaya kalian tahu di mana letak Wizarding World of Harry Potter berada.

Maps of Universal Studio Japan





Tips

tempat shalat di universal studio japan

  • Menurut websitenya, pengunjung dilarang bawa makanan dan minuman dari luar. Tapi pas gue ke sana, gue bawa bekal makan siang dan minum nggak sampai disita kok. Malah nggak diperiksa sama sekali tasnya begitu mau masuk USJ. Jadi perbanyak doa ke Yang Maha Kuasa supaya nggak apes kena random checking. :p
  • Bagi teman-teman Muslim yang ingin melaksanakan shalat, kalian bisa ke bagian Guest Service yang lokasinya dekat dengan gerbang masuk USJ (mesin scan tiket). Kalau kalian baru masuk USJ, letaknya ada di sebelah kiri. Sebenarnya di sana nggak ada mushola, tapi kalian bisa minta izin ke resepsionis yang ada di sana untuk menggunakan salah satu guest room untuk keperluan ibadah. Mereka sudah mengerti dan memberikan ruangan tersebut dengan keterbatasan waktu. Maklum, ruangan tersebut juga banyak yang membutuhkan untuk keperluan lain.
  • Barang bawaan banyak? Nggak usah khawatir, di Universal City Station juga ada coin locker. Nah, berhubung malam harinya gue mau langsung ke Toyama dengan naik bus dari depan USJ, jadi semua barang bawaan gue dititipkan di coin locker yang ada di Universal City Station. Kalau semua locker yang ada di sana terlanjur penuh, di dalam USJ pun ada coin locker. Lokasinya ada di sebelah Guest Service.
  • Ada banyak tap water di dalam USJ. Kalian bisa mengisi ulang botol air minum yang sudah dibawa dari rumah.
coin locker at universal city station osaka

Pokoknya kalau kalian termasuk Potterhead dan ada rencana travelling ke Jepang, Universal Studio Japan wajib masuk itinerary kalian deh! Selama berada di sana pasti bakal seperti gue yang seakan tersihir oleh kemegahan Hogwarts Castle, jalan-jalan di Hogsmeade, dan terbang bersama Hippogriff.

Selain Wizarding World of Harry Potter, sebenarnya masih banyak area seru lain di Universal Studio Japan yang nggak kalah menarik. Nanti bakal gue ceritakan juga kok pengalaman gue terbang bersama Dinosaur dan reunian dengan Sailormoon. Wohoo!

pengalman ke wizarding world of harry potter japan

"It's cruel that I got to spend so much time with James and Lily, and you so little. But know this; the ones that love us never really leave us."
Sirius Black, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban


wizarding world of harry potter japan




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

16 komentar

  1. Seneng baca tulisannya. Lengkap dan informatif. Bagus banget buat dibaca sebelum ke USJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Ayuk Annie...
      Semoga bisa membantu ya yuk buat teman-teman yang mau ke sana. :D

      Delete
  2. Omaaaaaa...bapeerr khaaann jadi pengen ksana jugaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan tuntaskan kebaperanmu nuriii... Dijamin gak nyesel. Tapi bawa duit yang banyak ya, jangan kayak akuuu T.T

      Delete
  3. Mantap jiwa banget perjalanannya. Puas banget ya. Selain tips di atas, tips yang paling penting adalah bawa duit yang banyak yak. Apa-apa mahal. Jubah sejuta itu lumayan loh. Kalau bikin sendiri pekgo jadi, tapi tentu dengan kualitas jahitan Molly Weasley ala ala , agak rombeng gitu. Tapi gak apa-apalah. Potterhead itu di hati, ga cuma di barang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. BANGET...
      semoga bisa balik lagi ke sana dan gue "nyog2in" tuh kasir yang jual souvenir di USJ. T.T #EdisiBuDendi

      Delete
  4. aduh sista,,,,,jd pengen ikut petualang bareng euy

    ReplyDelete
  5. Sekarang jadi Hermione Granger nih, bukan lagi Kendall Jenner? Wkwkwk. Aku sih biasanya nggak suka ke theme park ya kalo ke luar negeri, tapi secara gue fans berat Harry Potter, jadi mempertimbangkan nih ke USJ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue kan fleksibel gi, tergantung tuntutan peran :))
      Nah, sama! Gue juga bukan tipikal theme park hunter, apalagi kalau ke luar negeri karena nggak ada yang tiket masuknya seharga tiket masuk dufan T.T
      Tapi berhubung ini HARRY POTTER, jadi once in a lifetime experience boleh dahhh..

      Delete
  6. Pas lihat foto temen di USS Jepang ini masih ngerasa biasa aja. Tapi baca postingan ini langsung jadi mupeng, ceritanya seru banget, jadi penasaran pengen ngerasain serunya di sana. Nabung yok nabuuung *sobatqismin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, nabung, mbak! Nanti ajak Bre ya :D

      Delete
  7. aduh pas liat foto orang kok keknya biasa. tapi setelah baca cerita yg ini jadi mupeng T_T sepertinya USJ khususnya wizarding world ini harus masuk whistlist saya lagi. kapan ya? #nyariom2dulu bahahah

    as always. nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. nabung biar bisa cuzzz...

      Delete
  8. Hai,,
    Jika beli perlengkapan harry potter nya, seperti jubah atau tongkat ny online (di luar USJ) nya, di izinkan bawa masuk tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini berdasarkan pengalaman aku aja ya. Sepenglihatan aku sih nggak ada larangannya. Soalnya pas masuk melewati gerbang pemeriksaan tiket aja gak diperiksain isi tasnya juga.

      Delete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!

Get FREE $30 From Airbnb

Copyright

If you wish to use my photos and/or text, please contact me via email (miss_nidy@yahoo.com) for my permission or at least put a credit at the end of your post by linking back to my blog.
Thank you very much for your kindly appreciation.

Miss Nidy's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget