Repot Bawa Koper di Jepang? Delivery Pakai Ta-Q-Bin Aja!

delivery koper pakai ta-q-bin di jepang


Travelling bawa koper besar itu sebuah tantangan besar, apalagi kalau perpindahan antar kota lumayan sering. Meskipun di Jepang pedestrian sudah tertata dengan sangat baik, tetap saja nggak mudah geret koper selama berkilo-kilo meter. Nggak hanya buat yang bawa koper sih, kadang bawa ransel besar pun juga nggak mudah, karena resikonya bisa sakit punggung kalau kelamaan dibawa. Setelah dipikir-pikir daripada repot bawa koper, kenapa nggak dikirim saja kopernya?


Ketika gue buat itinerary ke Jepang, gue sadar bakal susah banget nanti pas pindah kota dari Osaka ke Toyama, lalu dari Nagano ke Tokyo. Kurang lebih begini gambaran itinerary yang bakal challenging banget:

Day 7: Universal Studio Japan (Osaka)
Day 8: Tateyama Kurobe Alpine Route (from Toyama to Nagano)
Day 9: Tokyo

Dari USJ ke Toyama, gue naik overnight bus Willer. Nah di hari ke delapan ini, gue bakal seharian menjelajahi rangkaian tur Tateyama Kurobe Alpine Route. Kalau mau tahu seperti apa perjalanan gue selama seharian di Tateyama Kurobe Alpine Route, bisa cek di artikel ini.

Rangkaian tur tersebut berakhir di Nagano. Dari Nagano ke Tokyo, gue kembali menggunakan overnight bus Willer yang jadwal ketibaan di Tokyo itu sekitar pukul 5 subuh.

pengalaman kirim koper di jepang
Perbandingan rute jika mengirim koper direct dari Osaka ke Tokyo

Kebayang nggak repotnya gue kalau harus geret koper selama tiga hari itu? Well, bisa sih titip koper pas di USJ, tapi pas hari ke delapan itu gue nggak bakalan bisa titip koper sama sekali. Karena titik keberangkatan dan titik akhir perjalanan dalam sehari itu sudah beda kota. Mau nggak mau gue harus memutar otak bagaimana caranya gue bisa jalan-jalan santai menikmati pemandangan gunung Alpine Jepang tanpa harus capek geret koper atau lari-lari mencari coin locker yang masih kosong.


Setelah googling dan blogwalking, akhirnya gue memutuskan untuk menggunakan jasa delivery luggage, yaitu Ta-Q-Bin (dibaca: Takyubin). Jasa ini dijalankan oleh perusahaan Yamanato Transport Co., LTD. Perusahaan ini sudah terkenal kok di sana, kalau di Indonesia ya mungkin sekelas T*ki gitu lah, di bidang pengiriman barang. Hanya saja, kalau Ta-Q-Bin ini juga bisa mengirim koper antar kota gitu, deh.

Jasa pengiriman ini berguna banget untuk traveller yang memang itinerarynya mirip seperti gue gitu atau Syahrini yang memang malas saja geret koper. Untungnya apartemen gue di Osaka itu dekat sekali dengan toko yang menyediakan jasa Ta-Q-Bin ini. Meskipun pas pagi itu gue ke sana ternyata tokonya belum buka. Akhirnya gue harus jalan lagi mencari minimarket terdekat.


Oh iya, Ta-Q-Bin biasanya ada di hampir setiap minimarket. Tinggal cari lambang kucing hitam berlatar warna hijau di depan minimarket. Kalau pun nggak ada logo itu, langsung tanya saja ke kasir. Logo Ta-Q-Bin ini sempat jadi perdebatan di antara teman-teman gue. Soalnya gambar kucingnya membingungkan. Antara induk kucing dan anaknya atau kucing lagi kawin. Coba kalian tebak deh kira-kira apa?


Cara Mengirim Koper dengan Ta-Q-Bin

  • Datang ke minimarket atau toko apa saja yang ada logo Ta-Q-Bin di depannya.
  • Isi dua formulir (tiga rangkap). Kolom yang wajib kalian isi adalah nama lengkap, nomer telepon, alamat di kota asal (di Jepang), nama hotel, alamat lengkap hotel, dan nomer telepon hotel. Jadi jangan lupa siapkan terlebih dahulu alamat lengkap dan nomer telepon hotel di kota tujuan. Bisa kalian lihat di website hotelnya atau tanya ke email customer servicenya. Sisa kolom yang masih kosong akan diisi oleh kasir.
  • Setelah mengisi formulir atau kuitansi, koper akan ditimbang dan diukur satu persatu.
  • Kasir akan menghitung biaya berdasarkan berat dan dimensi koper. Setelah itu kasir akan menanyakan jam pengiriman koper tersebut. Pengiriman sebelum pukul 2 siang, akan dikirimkan segera hari itu juga. Sementara jika dikirimkan setelah pukul 2 siang, biasanya baru akan dikirimkan keesokan harinya.
  • Kalian akan diberikan salinan kuitansi tersebut. Simpan kuitansi tersebut, jangan sampai hilang.
  • Untuk memastikan lagi, sebaiknya hubungi hotel di kota tujuan bahwa kalian sedang mengirim koper dengan menggunakan Ta-Q-Bin.
pengalaman mengirim koper di jepang
Petunjuk pengisian formulir
cara mengirim koper di jepang
cara mengisi formulir sebelum mengirim koper dengan ta-q-bin di jepang


Biaya Ta-Q-Bin

Harga pengiriman koper ini tergantung berat dan dimensi kopernya. Kebetulan koper gue berukuran 29” dengan berat kurang lebih 25 kg, dikenakan biaya pengiriman sebesar 1938 JPY. Sementara gue lihat di websitenya sih seharusnya 2138 JPY. Gue juga kurang paham bagaimana perhitungannya. Berhubung tulisannya kanji semua, jadi pasrah saja deh.

delivery luggage cost in japan

Kalau kalian perhatikan foto formulir di atas, terlihat jelas bahwa koper gue termasuk ke dalam kategori size 160. Ya sudah anggap saja rezeki anak solehah. :p



Malas ke Minimarket? Telpon Saja Minta Kurir Ambil

Ta-Q-Bin juga menyediakan jasa Request Pickup, yang bisa dipanggil ke hotel atau apartemen. Daripada kalian yang datang ke cabang atau minimarket yang bekerja sama dengan Ta-Q-Bin, koper kalian bisa dijemput oleh kurir langsung. Sayangnya, gue baru sadar hal ini begitu pulang ke Indonesia.

Jika ingin request pickup, tinggal menghubungi nomer telepon 0120-17-9625. Jam operasionalnya dari pukul 9 a.m sampai 6 p.m. Jadi jika kalian baru menghubungi setelah pukul 6 p.m, maka koper baru akan dijemput keesokan harinya.


****************

Mudah kan prosesnya? Jadi nggak ada alasan lagi kalau bawa koper itu merepotkan. Ya abis gimana donk, namanya peralatan lenong dan kostumnya banyak. Mau nggak mau kan harus bawa koper besar.

Semoga informasi ini membantu teman-teman yang ingin travelling ke Jepang. Silakan sharing di kolom komentar kalau kalian juga sudah pernah menggunakan jasa pengiriman koper ini di Jepang, ya! Terima kasih sudah mampir.


0 Comments