Hemat Keliling Osaka dengan Osaka Amazing Pass

Setelah memutuskan untuk nggak membeli JR Pass, PR selanjutnya adalah mencari kartu pass di tiap kota yang sekiranya memiliki benefit bagi kaum sobat missqueen. Untungnya, di Osaka punya kartu sakti yang bisa dipakai untuk naik kereta sepuasnya dan gratis masuk ke objek wisata dan atraksi yang ada di Osaka. Yup, Osaka Amazing Pass, genks! Jadi apaan sih Osaka Amazing Pass itu? Gimana menggunakannya? Baiklah, kita bahas yuk satu persatu!

hemat keliling osaka dengan osaka amazing pass

Osaka Amazing Pass adalah kartu pass dengan barcode yang bisa digunakan untuk gratis naik kereta (subway) selama satu hari atau dua hari yang memang diperuntukkan bagi turis. Penggunaannya sama seperti kartu-kartu lainnya yang bisa digunakan saat mau naik kereta di Jepang. Kelebihannya adalah jika kalian mau masuk ke objek-objek wisata yang ada di Osaka, nggak perlu beli tiket lagi. Selain hemat biaya, juga hemat waktu.

Kartu ini sangat membantu buat para turis yang nggak beli JR Pass atau kartu-kartu lain seperti Suica dan Pasmo. Tapi gue sarankan kalian beli kartu kalau kalian benar-benar akan eksplor Osaka selama 1-2 hari ya. Jika dalam sehari hanya pergi ke satu atau dua tempat seperti Universal Studio Japan, mending nggak usah. Karena jatuhnya rugi, lho.

osaka amazing pass - one day pass


Harga dan Beli di Mana?

Osaka Amazing Pass tersedia dua jenis, yaitu One Day Pass dan Two Day Pass. Jika itinerary sudah jadi dan kalian sudah yakin benar mau keliling Osaka selama 1-2 hari, sebaiknya beli kartu ini. Lumayan kan kalau salah naik kereta, setidaknya nggak perlu khawatir bakal over budget.

Harga Osaka Amazing Pass – One Day Pass seharga ¥2,500, sementara yang Two Day Pass seharga ¥3,300. Karena gue hanya punya waktu seharian untuk eksplor Osaka dan satu hari lagi hanya ke USJ, jadi gue beli yang One Day Pass saja.

Kartu ini dijual di semua stasiun subway besar yang ada di Osaka. Kalau bingung yang mana saja, pilih Osaka Station saja, karena gue beli di sana. Selain itu dijual juga di Tourist Information Osaka & Namba, Shinsaibashi (KTIC Daimaru Shinsaibashi), Kansal International Airport (Terminal 1 &2), dan di berbagai hotel ternama yang ada di Osaka. Untuk lebih lengkapnya kalian juga bisa cek langsung lokasi penjualan Osaka Amazing Pass. Di Osaka Station lokasinya berada satu lantai dengan stasiun subway. Kalau JR Line kan ada di 'atas' tanah, sementara kalau yang jalur subway ada di bawah tanah.

jalan-jalan di osaka pakai osaka amazing pass

Saat pembelian ini kalian akan diminta menunjukkan paspor dan tanggal penggunaannya. Gue beli kartu ini tanggal 14 April 2018 pada malam hari di Osaka Station. Gue memutuskan untuk menggunakan kartu ini pada keesokan harinya yaitu tanggal 15 April 2018. Jadi kartu yang sudah gue beli itu baru bisa digunakan tanggal 15 April 2018 mulai pukul 00:01 sampai pukul 23:59 di hari yang sama. Kalau beda hari, meskipun belum 24 jam ya sudah nggak bisa digunakan lagi.

Selain beli langsung di Jepang, kartu ini juga sebenarnya diperjualbelikan secara online. Tapi gue sarankan lebih baik beli di Osaka langsung saja. Karena saat membeli kartu ini, kita akan ditanya kapan kita akan menggunakan kartu ini. Jadi misalkan kalian masih labil dan belum pasti mau eksplor Osaka selama full seharian, kalian nggak perlu khawatir kalau kartu yang dibeli nggak akan hangus gara-gara itinerary kalian terlalu fleksibel.

Ditambah, agen resminya nggak akan bertanggung jawab jika kartu yang kalian beli secara online itu nggak bisa digunakan. Kalau mau cari aman ya mending beli di Osaka saja ya, genks.


Keuntungan Menggunakan Osaka Amazing Pass

Ketika membeli kartu sakti ini, kita juga akan diberikan brosur panduan tentang bagaimana cara menggunakan dan apa saja yang bisa kita dapatkan. Perhatikan baik-baik ya!

free entrance ticket by using osaka amazing pass

Unlimited Ride (Subway)

Kartu ini sama cara penggunaannya dengan tiket subway. Tinggal masukkan ke dalam lubang yang ada di gate, setelah itu kartu akan muncul lagi di ujung gate. Jadi harus lekas ambilnya ya, sebelum kartunya kelelep. Kartunya bisa digunakan sepuasnya selama seharian penuh. Mau salah naik kereta berapa kali pun nggak perlu khawatir karena ada ini.

FYI, rata-rata ongkos subway di Osaka untuk jarak terdekat itu mulai ¥170. Kalau beli Osaka Amazing Pass – One Day Pass, berarti setidaknya minimal ada 14 kali perjalanan dengan subway yang dicover oleh kartu ini dengan asumsi menggunakan ongkos subway jarak dekat. Oh iya, karena di Jepang jalur keretanya banyak banget dan nggak semua di-cover oleh Osaka Amazing Pass, jadi perhatikan dulu peta dan jalur kereta yang di-cover ya. Supaya nggak salah naik.

Gratis Tiket Masuk Objek Wisata

Ada sekitar 35 fasilitas (objek wisata & atraksi) di Osaka yang bisa kita nikmati tanpa tambahan biaya dengan menggunakan Osaka Amazing Pass. Makanya dari awal gue tekankan, kalau bisa berangkat sepagi mungkin dan pulang semalam mungkin supaya nggak rugi #TimOgahRugi. Daftar fasilitas yang gratis dengan kartu ini bisa kalian lihat di sini. Oh iya, penggunaannya hanya satu kali di tiap objek. Kalau mau masuk lebih dari sekali, berarti harus bayar lagi.

hemat jalan-jalan di osaka menggunakan osaka amazing pass

Dapat Spesial Penawaran di Beberapa Objek Wisata

Jadi nggak semua objek wisata di Osaka bisa dimasuki secara gratis. Tapi di brosur yang diberikan saat membeli kartu ini, terdapat dua kupon Toku yang bisa digunakan untuk mendapatkan discount. Misalnya Tsutenkaku Tower Special Observation Platform Paradise.

Pokoknya untuk setiap objek wisata yang bertanda Toku x2, itu artinya nggak free ya tapi bisa dapat discount tiket masuk dengan menunjukkan kupon tersebut.

Dapat Special Discount di Restaurant dan Toko

Daftar restaurant dan toko yang ada di Osaka dan bekerja sama dengan Osaka Amazing Pass ada banyak. Lumayan kan discountnya bisa berhemat dikit. Tapi gue sih nggak menggunakan benefit ini, lantaran sudah bawa bekal makanan. T.T


Contoh Itinerary Pakai Osaka Amazing Pass Biar Nggak Rugi

Nah, ini dia pertanyaan utamanya. Sebenarnya untung nggak sih menggunakan Osaka Amazing Pass (OAP) ini? Gue bakal kasih contoh ya itinerary yang bisa kalian sontek untuk penggunaan kartu ini. Kuncinya cuma satu, disiplin dulu nih sama jadwal yang sudah ada. Kalau kalian bangunnya kesiangan, durasi penggunaannya akan semakin berkurang dan rugi.

itinerary osaka amazing pass two days

Coba perhatikan, dengan itinerary seperti di atas kalau nggak pakai Osaka Amazing Pass, kalian akan merogoh kocek kurang lebih sebesar ¥4000 per hari. Kalau dua hari ya sekitar ¥8,270. Sementara kalau pakai Osaka Amazing Pass hanya butuh ¥3,300 untuk pemakaian selama dua hari. Jadi kalian bisa menghemat ¥4,970 selama dua hari atau sekitar ¥1,690 jika ambil yang One Day Pass. Ribet nggak penjelasannya?

Intinya, sebelum memutuskan apakah worth it membeli Osaka Amazing Pass atau nggak, lebih baik tentukan dan pastikan terlebih dahulu mau ke mana saja selama di Osaka. Kalau bisa maksimal dengan itinerary yang seperti di atas, kalian untung banyak dan budget nggak semakin membengkak.

Kalian juga bisa rancang sendiri mau seperti apa itinerarynya. Tinggal cek daftar objek wisata yang di-cover oleh Osaka Amazing Pass, cek lokasinya, urutkan yang berdekatan biar nggak kelamaan di jalan. Mudah deh pokoknya!

glico sign dotonbori osaka

Semoga liburanmu di Osaka bisa maksimal ya dengan informasi yang gue bagikan ini. Selamat berlibur!


Jakarta, 25 February 2019
FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

2 Comments

  1. cakep nih, panduan bgt klo mau ke osaka, lumayan pengaruh ke budget... catat dulu info2nya,, ke osaka nya entah kapan :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  2. mbak Nindy, mohon bantuan dan petunjuknya, kami dengan 2 anak kecil, rencana pada awal desember 2019, mau ke osaka dengan backpacker tanpa guide, dan menginap di daerah Sakuragawa station, rencana mau jalan ke tempat2 berikut :
    Aquarium Osaka Kaiyukan
    Castil Osaka
    Tsutenkaku Tower
    Shinsekai
    Grand Front Osaka
    Namba
    Shinsaibashi
    Universal Studios Japan
    Dotonbori
    Hozenji Yokocho Alley,

    kami di osaka selama 10 hari, tolong petunjuknya kami harus beli tiket pass yang mana ya ?

    Kansai Area Pass
    http://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/pass/kansai/

    or

    Kansai WIDE Area Pass
    http://www.westjr.co.jp/global/en/ticket/pass/kansai/

    atau ada saran dan nasehat lainnya, terima kasih

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!