Perdana Nyobain Wahana Baru di Dunia Kartun Dufan

Hello, Nidyholic! Siapa yang sudah cobain wahana-wahana baru di Dufan? Akhir pekan lalu, gue dan teman-teman baru saja seru-seruan ke Dufan. tempat bersenang-senang penuh kenangan. Setelah dua tahun, akhirnya gue kembali lagi karena penasaran mau nyobain wahana barunya. Nggak tanggung-tanggung, ada tujuh wahana baru yang ada di area Dunia Kartun, lho!
dunia kartun dufan



Tipe-tipe Pengunjung Dufan

Sebelum membahas ada wahana baru apa saja yang ada di Dufan, kita bahas hal-hal receh ini dulu, yuk! Biasanya nih, kalau ke theme park memang paling seru ajak teman-teman biar makin heboh dan bisa teriak bareng-bareng. Namun, di dalam satu grup pasti ada donk yang pemberani dan penakut. Begitu juga dengan teman-teman yang gue ajak kali ini. Kita langsung klasifikasi yuk!

Pertama, yang pemberani, pokoknya semua wahana ekstrim harus dicoba. Pantang pulang sebelum naik semua wahana. Tipe ini antara memang nyalinya yang besar banget atau takut rugi kalau nggak naik semua wahana.

Kedua, tipe yang ngikut aja. Sebenarnya nggak terlalu berani, tapi kalau dipanas-panasin mah jadi nekat. Sebaliknya, kalau perginya sama teman yang penakut, ya dia juga bakal ikut naik wahana-wahana yang aman seperti Istana Boneka.

Tipe ketiga adalah tipe yang lebih suka jagain tas dan mau aja disuruh jadi seksi dokumentasi untuk motoin teman-temannya yang lagi teriak-teriak di wahana.

Kalau kalian kira-kira termasuk tipe yang mana nih?


Ada Penyimpanan Tas Loker

Sebelum eksplor wahana-wahana yang ada di Dufan, kita bisa menyimpan barang-barang bawaan di loker yang lokasinya dekat dengan pintu masuk. Memudahkan banget untuk teman-teman yang datang dari luar kota dengan banyak barang bawaan. Daripada ditenteng selama berada di Dufan, lebih baik disimpan di loker.

penitipan tas loker di dufan
cara menggunakan loker penyimpanan tas

Gue juga kurang tahu apakah penyimpanan tas loker ini baru disediakan atau memang sudah lama. Soalnya terakhir kali ke Dufan, gue belum melihat ada loker seperti ini.

Oh iya, sekarang pintu masuk utama Dufan sudah bergeser, ya. Lebih dekat dengan gerbang barat Ancol. Nggak perlu lama menunggu bus wara-wiri, tinggal jalan kaki saja dari gerbang barat Ancol.

By the way, kira-kira ada wahana baru apa saja nih di Dufan?


Wahana Baru di Dunia Kartun

Area Dunia Kartun ini baru dibuka pada pertengahan tahun 2019. Boleh dibilang memang masih baru banget. Luasnya kurang lebih sekitar 3 hektar.

dunia kartun dufan
Begitu memasuki Dunia Kartun, gue kira kawasan ini hanya diperuntukkan anak-anak kecil saja. Karena dari judulnya saja kan “Dunia Kartun”, jadi ekspektasi gue ya hanya wahana-wahana yang nggak ekstrim. Ternyata di dalam Dunia Kartun, ada juga wahana yang lumayan bikin lutut lemas hanya dari melihat permainannya dari jauh.

Baling-baling

Wahana Baling-baling ini merupakan salah satu wahana ekstrim baru yang paling diminati pengunjung. Kita akan diputar 360° dari bawah ke atas, lalu ke bawah lagi. Tiap bangkunya pun bisa berputar-putar lagi. Seru banget!

Berhubung gue termasuk tipe pengunjung yang kedua dan teman-teman yang ikut serta kali ini nyalinya juga sama-sama tiarap, jadi wahana Baling-baling gue lewati begitu saja. Sementara Silmi yang termasuk tipe pemberani, kalah suara dengan yang lain. Bhay, Baling-baling!

wahana baling-baling di dunia kartun dufan


Zig Zag

Akhirnya kami memutuskan untuk main Zig-zag Bumper car. Kalau Bumper car mah sudah pada tahu ya seperti apa rupanya. Sempat mengira bahwa wahana bumper car yang lama dipindahkan ke dunia kartun, ternyata ini baru dan antriannya nggak terlalu panjang seperti yang di wahana lama.

zig zag bumper car di dunia kartun dufan

Wenny dan Kak Didi malah dua kali naik wahana ini saking cepat banget turn over antriannya. Jadi puas banget deh mainnya.

Paralayang

Nah, paralayang ini kelihatan menarik di mata kami, para kaum-kaum tipe dua dan tiga. Berhubung kami datang berempat, duduknya pun harus terpisah. Jadi 2-2 gitu formasinya. Sejak dalam antrian, Kak Didi sudah ribut nggak mau duduk di bangku yang ada tombol hitam. Soalnya kalau dipencet, nanti bangkunya bisa naik turun gitu. Kak Didi sudah panik, nggak mau duduk bareng Wenny dan Silmi. "Gue mau di bangku nomer tiga aja ah, tuh nggak ada tombolnya," kata Kak Didi.

paralayang dunia kartun dufan

Begitu kami dipersilakan masuk dan segera memilih bangku, Kak Didi langsung ngacir ke bangku nomer tiga. Gue menyusul di belakangnya. Sementara Silmi dan Wenny duduk di depan kami.

Permainan belum dimulai saja, Silmi dan Wenny sudah mencet tombol hitam sambil tertawa kegirangan. Sementara gue mulai histeris. Mereka kira, gue termasuk tipe pemberani, sejak awal cuma diam di saat mereka rebutan bangku. Begitu melihat gue histeris dari menit pertama, mereka malah kompak ngetawain gue doank sepanjang wahana dimainkan. Ya gimana donk, gue diam itu sebenarnya diam dalam ketakutan, tapi sengaja nggak ditunjukkan karena takut jadi target dikerjain mereka.

Pas naik halilintar bareng Kak Tracy waktu 2017 saja dia malah ngetawain gue sepanjang track, gara-gara geli melihat gue histeris.

The New Ontang-Anting

Wahana The New Ontang-Anting ini awalnya gue pikir sama seperti Ontang-Anting yang lama, cuma dipindahkan saja lokasinya. Ternyata beda, genks.

Ontang-Anting yang baru ini ada kursi couple. Jadi kalau takut bisa pegangan sama orang di sebelah. Lumayan kan kalau lagi pdkt bisa sekalian modus. :D

the new ontang-anting dunia kartun dufan

Lagi-lagi kayaknya cuma teriakan gue doank yang paling terdengar. Kali ini nggak hanya teman-teman gue saja yang menertawakan gue, tapi orang-orang yang duduk di sekitar gue pun pada bolak-balik nengok cuma buat ngetawain gue doank. Maklum, gue kan phobia ketinggian. Alasan!

Naik ontang-anting kan makin lama makin tinggi dan kaki nggak napak sepanjang permainan, ngayun-ngayun gitu. Bikin lemes. Tapi meskipun gue teriaknya kayak ibu-ibu abis kejambret di pasar, gue tetap memberanikan diri buat nyobain donk. Kak Didi sebagai tipe ketiga sejati, mantab jaga tas di bawah sambil ngambil video.

Kolibri, Karavell, dan Turbo Drop

Selain tiga wahana yang sudah gue sebutkan, ada juga wahana lain di Dunia Kartun yang nggak kalah seru, yaitu Kolibri, Karavell, dan Turbo Drop. Ketiga wahana ini belum sempat gue cobain karena teman-teman yang lain sudah nggak sabar mau mencoba permainan lain di luar Dunia Kartun.

turbo drop di dunia kartun dufan

Sebenarnya gue mau banget nyobain Trubo Drop karena sepintas wahananya mirip sekali dengan Histeria yang sudah lebih dulu tersohor sebagai salah satu wahana terekstrim di Dufan. Bedanya, Turbo Drop ini lebih cocok untuk anak kecil karena tinggi permainannya pun lebih rendah dibanding Histeria. Oh iya, maksimal berat badan untuk bisa naik wahana ini adalah 75kg. Uhuk, berhubung berat badan gue mepet-mepet dengan maksimal persyaratan tersebut, lebih baik gue nggak naik dulu deh. Takut bikin malu T.T 

permainan untuk anak-anak di dufan

Banyak Spot Instagramable di Dunia Kartun

Dunia Kartun sukses bikin gue dan teman-teman tertawa nggak berhenti. Adaaaaa aja yang bikin ketawa lagi. Tapi memang benar sih, kualitas jalan-jalan juga ditentukan oleh dengan siapa kita perginya. Makanya ajak teman-teman yang bisa diajak seru-seruan ya seperti teman-teman gue ini.

spot instagramable di dunia kartun dufan
foto-foto di dunia kartun dufan
lokasi dunia kartun di dufan
pengalaman dunia kartun dufan
wahana baru di dufan
wahana baru di dufan
wahana baru di dunia kartun dufan

Selain wahana-wahananya yang seru, kawasan Dunia Kartun ini desainnya lucu dan menggemaskan banget. Beberapa pertanyaan yang sama masuk ke DM Instagram dan pada nggak percaya kalau itu ada di Dufan.

Ada banyak spot foto instagramable di Dunia Kartun. Apalagi warna dan desain bangunannya yang menarik dan lucu banget. Bikin betah berlama-lama di Dunia Kartun.

[Baca juga: Faunaland Ancol]

Bakal Ada Dua Wahana Baru Lagi!

Seakan belum puas memanjakan pengunjung dengan wahana-wahana baru yang ada di Dunia Kartun, Dufan juga sedang mempersiapkan dua wahana baru lagi mulai Bulan Oktober mendatang. Buat sekedar informasi bagi kalian yang memang berencana ke Dufan, sebaiknya catat tanggal-tanggalnya ya.

Magical Unicorn

Kalian suka Unicorn nggak, sih? Mulai tanggal 4 Oktober hingga 3 November nanti bakal ada live show Magical Unicorns. Untuk menonton pertunjukan ini nggak ada tambahan biaya lagi. Ajak keponakan pasti bakal senang banget nih!



Haunted Coaster

Wahana ini digadangkan bakal jadi wahana roller coaster indoor terpanjang di Asia Tenggara. Saat gue ke Dufan, pembangunannya sudah hampir rampung. Lokasinya dekat dengan wahana Turangga-rangga. Rencananya akan di-launching pada Desember mendatang.

haunted coaster dufan

Jadi, nanti bakal ada tiga track sepanjang 600 meter dalam sekali permainan yang arahnya berbeda satu sama lain. Mengambil tema horror pada abad ke-19. Kalian pernah nonton film Van Helsing? Kurang lebih seperti itulah temanya, thriller gothic gitu kayaknya. #sotoy

Kebayang nggak sih naik roller coaster indoor dengan kecepatan 64km per jam dengan suasana yang gelap seolah-olah sedang dikejar-kejar werewolves. Pasti mendebarkan banget. Entah teriak dengan kata-kata apa yang nanti keluar dari mulut gue saat menaiki wahana ini. T.T


Sudah pasti wahana ini akan gue coba kalau nanti ke Dufan lagi. Apalagi kan sekarang gue sudah punya annual pass Dufan. #sombong


Harga Tiket Masuk & Annual Pass Dufan

Dufan selalu memberikan promo menarik setiap bulannya. Harga normal tiket masuk Dufan yaitu 295k IDR per orang, namun hingga akhir September ini, pengunjung dapat membeli tiket annual pass hanya dengan 299k IDR.
Buat yang belum tahu apa itu annual pass, jadi tiket annual pass ini merupakan tiket bebas (gratis) masuk Dufan selama satu tahun. Jadi hanya dengan membayar 299k IDR, kita bisa bolak-balik ke Dufan sepuasnya selama satu tahun.

harga annual pass dufan terbaru

Nggak heran antrian pembuatan annual pass akhir pekan lalu membludak. Ternyata banyak juga yang tertarik untuk membuat annual pass. Ya memang nggak cukup sekali sih ke Dufan, apalagi kalau sudah nemu teman-teman yang bisa diajak seru-seruan bareng.

Dengan modal annual pass ini, tentu saja gue bakal balik lagi ke Dufan karena sudah penasaran banget mau mencoba wahana Haunted Coaster. Sampai jumpa lagi, Dufan!

foto-foto di difan pada malam hari
cobain wahana baru di dufan 2019
spot instagramable di dufan

Lokasi




September 24th 2019 

1 Comments

  1. Eh aku baru tau ada dunia kartun di dufan.. sejak kapaaan?
    Akan kucoba bulan depan aaah

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!