Berburu Perlengkapan Winter

by - 11:00 AM

Setelah visa diapprove, hal pertama yang langsung gue rencanain bareng travelmate gue adalah belanja keperluan winter. Secara kita berdua belum pernah ngerasain jalan-jalan pas musim dingin. Kita berdua excited banget, namanya juga cewek kan ya kalau urusan belanja mah mau sampai tengah malam juga pasti didatangi. Kali ini gue mau kasih list dan beberapa tips apa aja barang yang harus dibawa dan dimana aja toko yang menjual perlengkapan winter di Jakarta dan sekitarnya.

belanja perlengkapan musim dingin di mangga dua

1. Pasar Pagi Mangga Dua
Di pasar pagi mangga dua ini setidaknya ada dua toko terkenal yang menjual perlengkapan winter dan paling laris didatangi pembeli, yaitu Toko Djohan dan Farina Busana. Gue sudah mendatangi keduanya dan berakhir belanja di Toko Farina Busana.

long john
long john

Secara garis besar barang-barang yang dijual, dan harganya hampir sama, tapi pelayanannya sedikit berbeda. Meskipun pelayan toko di kedua toko ini pada galak, tapi pelayanan di Farina Busana jauh lebih menghargai pelanggan. Pelayanan di toko Farina Busana lebih kepada tegas, kita harus tau apa yang mau kita beli dan gak bisa ditawar, tetapi kalau kita tanya barang ini fungsinya apa, tahan di suhu berapa, dan bisa kasih saran sebaiknya kita pakai apa di suhu sekian.

beli coat di mangga dua
coat yang dijual di Farina Busana kurang tebal
Sementara waktu gue menyambangi toko Djohan, kebetulan barang yang gue cari pertama kali adalah thermal legging. Gue udah bilang ke pelayan tokonya apa yang gue cari, dan mereka gak langsung cariin barang yang gue mau. Jadi gue sempat dianggurin dulu beberapa menit, padahal tokonya pada waktu itu lagi gak ramai pengunjung. Udah gitu kokoh yang punya, cuma sibuk mainan hp dan gak bantu sama sekali. Pas barangnya udah dicariin, gue mau tanya itu legging tahan sampai suhu minus berapa aja gak dijawab-jawab, padahal pelayan tokonya lagi gak ngelayanin orang dan berdiri di depan muka gue. Karea terlanjur kecewa, akhirnya gue taro aja itu legging di sembarang tempat terus cabut dari situ.

earmuff beli di mangga dua
earmuff yang beli di Farina Busana Mangga Dua
Gue beralih ke toko Farina Busana dan belanja beberapa barang, seperti kaos kaki thermal, long john, gloves, dan earmuf. Sementara pilihan coatnya sedikit dan bahannya gak terlalu tebal. Kaos kaki thermal gue beli seharga 40k IDR, gloves 100k IDR, long john 90k IDR, dan earmuff seharga 30k IDR. Sementara untuk thermal legging, gue gak jadi beli karena saat itu stocknya lagi gak ada.


2. Pasar Senen (Poncol)
Pasar senen ini surganya pecinta barang-barang vintage. Gue dan teman gue ngubek-ngubek pasar senen demi mencari coat murah, tapi gak dapat malah berujung dapat beberapa rok pendek yang lucu-lucu dan atasan turtle neck. Kalau mau ke sini, mending baca dulu postingan gue yang satu ini. Gue juga dapat salah satu coat yang pernah gue beli di pasar ini dulu. Harganya cuma 40k IDR dan super ampuh karena tebal gitu.

tips belanja perlengkapan winter murah
rok hasil perburuan di pasar senen


3.Paser Baroe
Letaknya di dalam gedung metro pasar baru lantai 2 atau 3 (gue lupa). Meskipun barang-barang yang dijual juga barang secondhand, tapi ada beberapa juga yang menjual barang baru, dan tempatnya lebih nyaman ketimbang pasar senen. Di sini bakal banyak toko yang jual coat-coat lucu, tapi sayang teman gue belum nemu model dan ukuran yang cocok. Harga coat di sini berkisar diantara 200k - 500k IDR, tergantung dari bahan, ada merknya atau gak, dan kelihaian menawar.

4.ITC Kuningan
 Di lantai 2 ada beberapa toko yang menjual perlengkapan musim dingin. Namun harga yang ditawarkan lebih mahal. Untuk coat dengan bahan seperti flannel dihargai paling murah 900k IDR, dan gue yakin gak tahan untuk suhu minus derajat celcius. Gue juga tanya gloves, harganya jauh lebih mahal daripada di mangga dua. Pas kita mau pulang, di lantai dasar ada toko namanya For Her dan kita mampir di situ. Akhirnya dapat thermal legging di sini seharga 178k IDR. Kalau dibandingkan dengan barang yang ada di mangga dua, thermal legging di sini jauh lebih tebal. Pas gue pakai di Korea juga ampuh banget nahan dingin.

5.Factory Outlet di SCBD
Jujur aja gue lupa namanya, kalau dari arah Pacific Place ke Senopati, letak tokonya ada di sebelah kanan jalan. Lumayan gede kok tokonya dan pasti kelihatan dari jalan raya. Walaupun gak dapat barang yang kita mau, tapi FO ini bisa dijadikan alternatif karena ternyata banyak menjual coat-coat merk terkenal dengan harga murah, misalnya Zara dan Gap. Waktu itu sempat nyobain trench coat keren banget pas dipakai, seharga 400k IDR, tapi sayang trench coat gak cocok dipakai pas winter lebih cocok dipakai saat autumn atau spring

6. Blossom Factory Outlet Bogor
Gue beli coat model duffle merk Dorothy Perkins di sini dengan harga 350k IDR. Bisa dibilang gue lagi beruntung waktu itu, dan gak menyesal udah beli karena coatnya ampuh banget dipakai saat musim dingin dan warnanya hitam jadi netral di mix and match dengan outfit apapun. Sebenarnya selain di Blossom, di samping kanan kiri FO ini juga banyak menjual kebutuhan perlengkapan winter. Jadi kalau lagi mau liburan musim dingin dan kebetulan lagi main ke Bogor, coba deh datangi jejeran factory outlet yang ada di Bogor. Oh iya, di SCBD juga ada Blossom tapi pas gue datangi ternyata modelnya lagi sedikit.

beli winter coat di FO
coat beli di salah satu FO di Bogor

7. Uniqlo
Kayaknya Allah lagi sayang sama dompet gue pas mau ke Korea, 2 bulan menjelang keberangkatan, Uniqlo baru aja buka gerainya di Grand Indonesia, yang mana dekat banget sama kantor gue. Berhubung baru buka, jadi Uniqlo ngadain promo lumayan banyak. Waktu itu ada diskon untuk sepatu boots dari harga 199k IDR jadi cuma 149k IDR. Bootsnya ternyata nyaman dipakai jalan jauh dan hangat. Lalu sebulan kemudian, gue datangi lagi dan ternyata promonya udah berubah. Kali ini mereka kasih diskon untuk turtle neck top heattech jadi cuma 129k IDR. Wohoooo... #RejekiAnakSoleha #GelarSejadah #SujudSyukur

heattech top
di dalam fitting room nyobain heattech sambl nahan perut
sepatu boots murah uniqlo
boot andalan selama di Korea beli di Uniqlo Rp. 149,000

7.Sisanya beli di Korea
Berhubung gak semua barang yang ada di list gue tersedia di Jakarta, jadinya sisanya gue niatin beli di Korea. Seperti shawl panjang, gue beli di Hongdae seharga 10,000 won atau sekitar 120,000 IDR. Gue gak nyesal deh beli shawl ini. Lalu ada coat secondhand yang gue dapat di stasiun subway Gwanghamun Plaza seharga 90,000 won atau sekitar 108,000 IDR. dan gue beli lagi gloves yang bisa touchscreen seharga 2,000 won atau sekitar 24,000 IDR di stasiun subway Nampodong Busan. Murah, kan??

berburu coat murah di seoul
shawl panjang
shawl gue dan Ulfa yang beli di Hongdae 10,000 won
Kalau masih bingung dengan urutan pakai baju saat winter, nih gue kasih tau..

Manset -> Long john -> Heattech top -> Sweater -> Coat

Dan untuk bawahan, paling tebal cuma 3 layer kok, gak usah terlalu banyak nanti pas kebelet pipis repot bukanya :))


Legging biasa -> Long john -> Legging thermal

Tips hemat dari gue, secara gue cuma punya satu pasang long john, jadi biar hemat gue pakai manset dulu. Jadi yang gue ganti setiap hari itu mansetnya biar long john nya gak kena keringat dan bisa dipakai setiap hari. Kalau manset kan murah cuma 30k IDR bok!
Saran gue, begitu lo sampai di airport jangan langsung nambah layer. Biarkan tubuh kita beradaptasi dahulu sama suhu baru, biar gak cepat kedinginan. Udah gue praktekkin kok, selama di sana Alhamdulillah gak ada kejadian gue harus mimisan karena kedinginan.

winter outfit
winter outfit mix and match

Happy Travelling!
  


 Baca selengkapnya cerita perjalanan gue selama di Korea Selatan di sini



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You May Also Like

22 komentar

  1. ebuset itu muka ekeu ga kobe banget omaaa -- hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pdhl udah dipakein kacamuka yaa

      Delete
    2. mba klo kita tetep mau mau pake trench coat tp d double2 longh jhon dan sweater bisa nahan dingin gk kira2?

      Delete
    3. Pertama, pastiin trench coat nya punya lapisan dan bahan yg tebal.
      Kedua, setau aku sih trench coat lebih cocok buat autumn takutnya gak gitu ampuh nahan dingin. Tapi tergantung juga sih sama daya tahan tubuh kamu, apakah kuat nahan dingin atau gak. Kalo aku selama suhu masih diatas 0°C waktu itu masih bisa tahan pake long john + heat tech top + sweater + coat. Tapi pas suhu drop ke bawah 0°C butuh nambah coat satu lg. Aku pake 5 layer waktu itu.

      Delete
  2. Silahkan mampir boots kami asli USA https://www.tokopedia.com/selevax

    ReplyDelete
  3. Hi nindy.. salam kenal yaaaa..
    Mo tanya donk.. manset yg dimaksud dibawah ini tuh yg gimana sih? Gw taunya manset yg buat lengan doang / baju daleman kaya turtle neck gt?

    Manset -> Long john -> Heattech top -> Sweater -> Coat

    Btw boots di korea harganya brpan sih?
    Hoki bgt dpt boots di h&m harga sgitu.. keren bgt buat foto2nya

    Thanks,
    Leny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hàlo Leny,

      iya manset yg buat daleman hijaber kayak turtle neck tapi tipis.

      Waktu itu sempat tanya harga sepatu di Korea, mereka buka harganya 400ribuan rupiah kalo dikonversi. Tapi temen aku katanya pernah ke sana dpt boots cuma 10,000 Won.

      Btw, aku beli bootsnya di uniqlo bukan di h&m. Sering2 window shopping aja say, aku sebelum ke sana brp kali cuma keluar masuk toko cek harga. Kalo rejekinya pasti dapet... hehehe
      Cemungudh!

      Delete
  4. Hai Nidy, mau tanya lagi ya..hehe
    Untuk atasan yg heattech top ini yg kayak gimana ya?
    Trus untuk bawahan, kamu masih pakai luaran lagi gak setelah legging thermal itu?

    Aku rencana ke sana awal Desember bsk, suhunya antara 4-7, kira2 masih mungkin pake jeans gak ya?
    Terakhir, boleh tau gak kamu bawa bajunya brp2 piece?

    Makasii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nissa,

      Aku bingung ngegambarin heattech top. Bahan luarnya seperti semi suede atau bulu-bulu tipis banget, dalamnya bahan panas gitu.
      Untuk bawahan, aku pakai rok mini buat nutupin bemper belakang. Kalau temanku pakai jeans lagi, sementara aku gak pernah pakai jeans lagi setelah pakai legging thermal karena gak muat :(

      Kalau mau pakai jeans, double pakai long john aja dalamannya. Atasan sih yang paling penting dibanyakan layernya, kalau bawahan gak begitu terasa asal kaos kakinya tebal. Paling terasa dingin itu pasti telapak tangan & kaki, sama muka.

      Jumlah baju yang dibawa disesuaikan aja sama harinya, aku udah lupa bawa berapa pieces :D

      Delete
  5. Ooohh..kyknya aku tau deh heattech kyk gmn, hehe..
    Oke2 aku mulai dapet gambaran nih..
    Btw, barang2 winternya kamu gada yg mau dijual Nid? Aku siap nampung nih hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. masih mau dipake kayaknya nanti :D

      Delete
  6. Mbak Nidy, kalo untuk autumn sendiri gimana? Ada perlengkapan musim dingin yang harus dibawa nggak? Rencananya akhir Oktober ke sana. Suhunya juga mungkin masih belasan sih. Tapi aku orangnya gak kuat dingin haha.

    Rekomen tempat nyari boots dong Mbak, yang ada store-nya langsung ya. Kalo online suka zonk gitu takut gak sesuai :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku pernah ke sana akhir Oktober, katanya suhunya bisa 0 derajat. Aku sih cuma saranin at least bawa coat yang agak tebel 1 sama dalaman heattech atau long john juga gak apa-apa.

      Kalau di Jakarta atau Bandung, coba cek ke HnM, Forever 21, Bershka, Stradivarius, Zara, Pull n Bear.
      Di Pasaraya Grande juga banyak, tapi modelnya waktu itu gak ada yang cocok.

      Delete
    2. Ya ampun kukira mentok-mentok masih satuan derajat gitu. Hmm, oke deh kalo gitu harus prepare juga bawa coat. Sip Mbak, makasih rekomendasinya ya!

      Delete
  7. Kak mau tanya kalau harga coat2 winter di korea itu bisa dapatberapa yaa? Terus adanya dijual dimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang secondhand sudah aku ceritain di atas. Lokasinya gak nentu, tapi coba aja ke Gwangjan market katanya di lantai duanya banyak toko-toko secondhand gitu. Kalau yang masih baru ke Dongdaemun aja.

      Delete
  8. Haiii... Mb... Sy mau tanya kalo coat winter seken online dmn ya ??? Soalnya sy Insya Allah ada rncna ke korea akhir thn... Klo boleh minta no wa donk mb... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aqila.. maaf baru balas ya.
      Kalau online aku kurang tahu beli dimana. Memangnya kamu tinggal di kota apa?
      Add lineku aja, idnya sama kayak instagramku. :)

      Delete
  9. Bermanfaat bgt tips nya..saya februari tgl 2 nich mau kesana..bisa buat referensi apa aj yg harus dibawa..makasih

    ReplyDelete
  10. kebayang kalo di indo pake segitu banyak lapisan pusing pas nyucinya yah. pas ke telaga sarangan aja aku ga kuat sama hawa dinginnya, pake baju tersumuk di semarang pun ga mempan. kayaknya kudu beli long john sapa tau bisa ke korea kaya kamu miss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yaudah beli dulu aja. Rejeki kan suka datang gak terduga. Hihihi

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited