[South Korea Winter Trip Day 7] Hari Terakhir di Korea Selatan

10:01 AM

perjalanan ke korea selatan

Finally, cerita perjalanan gue ke Korea Selatan udah mencapai chapter terakhir karena pada episode ini bakal menceritakan hari terakhir di Korea. Hari terakhir sengaja gue gak masukin kegiatan apapun ke dalam itinerary kecuali packing dan bersiap untuk pulang. Pagi itu, si Ryan janji mau antar kita ke halte limousine bus yang menuju ke airport. Pas mau pamit sama ibunya Ryan ternyata doi udah berangkat ke Jepang pagi-pagi banget jadi gak sempat ucapin terima kasih. Sambil menuju halte, kita beberapa kali mampir untuk beli sesuatu. Ulfa mampir ke mini market untuk beli rumput laut, katanya dia mau buat kimbab ala-ala begitu sampai di Indonesia. Lalu kita juga mampir lagi di Etude House, lumayan buat ngabisin sisa Korean Won yang masih ada.

keliling seoul seharian

Begitu sampai halte, limousine bus gak langsung ada jadi gue sengaja ke stasiun subway dulu buat refund t-money. Tapi begitu sampai mesin, gue gak ngerti gimana caranya dan orang-orang yang ada di situ juga gak ngerti apa yang gue maksud. Akhirnya gue nyamperin Ulfa dan Ryan lagi. Terlihat dari jauh muka Ulfa udah bosan banget, antara bosan nunggu bus atau bosan ngajak ngomong Ryan. Hahahahaa
Gak lama kemudian, bus yang kita tunggu datang juga. Drivernya agak galak tapi ganteng walaupun udah tua. Biaya busnya 10,000 won dan drivernya minta uang pas. Repot kan tuh mesti nyari-nyari uang pas di depan bus. Perjalanan menuju airport kurang lebih satu jam. Pemandangan sepanjang perjalanan bagus tapi gue ngantuk banget, karena ya walaupun bagus tapi itu-itu aja.

pengalaman di bandara incheon

Begitu sampai airport, kita turun dan langsung cari koper. Ternyata sudah dikeluarkan dari bagasi sama petugas bandara yang udah stand by begitu ada bus yang sampai. Saat itu masih jam 1 siang, sebelum ke counter check in kita re-packing dulu dan sempet-sempetnya foto di tempat ketemunya Rangga dan Cinta di iklan Line.


pengalaman di bandara incheon

Begitu kita mau masukin bagasi di counter check in ternyata koper gue overload. Semalam sebelumnya gue udah nambah beli bagasi tapi atas nama Ulfa, karena jatah gue udah 25kg, sementara Ulfa masih 20kg. Akhirnya kita disuruh packing ulang dulu dan nanti balik lagi ke counter check in. Pas mau re-packing, Ulfa bingung kenapa gue harus nitip barang bawaan gue di dia. Dia panik 'Kan aku cuma sisa 1kg ma, ko nitip di aku?'. Ternyata dia gak merhatiin pas malam sebelumnya, pas gue lagi beli bagasi secara online kan gue udah bilang beli bagasinya atas nama dia. Jadi semalamnya itu gue ngobrol ama tembok kayaknya... -_-"
Selesai urusan check in, kita menuju ke counter tax refund. Ada sekitar empat counter di sana dan penuh semua. Jujur gue gak ngerti cara menggunakannya. Pas lagi nyoba-nyoba eh diomelin sama orang yang antri di belakang gue gara-gara lama. Akhirnya gue cancel terus mundur nyamperin Ulfa. Kalo urusan yang butuh kesabaran gini mah gue angkat tangan deh. Jadi gue serahkan ke Ulfa. Begitu udah mulai sepi, petugas tax refundnya udah bisa dimintain tolong dan bisa selesai dengan cepat. Kita disuruh segera masuk ke terminal keberangkatan untuk ambil uang refund tax kita di counter yang ada di dalam.

tax refund di incheon airport

Sebelum masuk ke terminal keberangkatan, kita mampir ke Loteria buat beli paket burger. Dari pagi belum makan berat bok! Tapi begitu masuk terminal keberangkatan, minuman kita gak lolos mesin scanner, jadi dibuang dulu sama petugasnya. Kemudian kita segera mencari mesin tax refund selanjutnya. Dari hasil belanjaan kita selama di Seoul, hasil tax refund kita ternyata lebih dari 25,000 won. Lumayan kan mak! Karena refundnya lumayan banyak, gue mutusin untuk ngabisin di duty free shop. Lagi-lagi belanja make up, cokelat, dan hangwa buat oleh-oleh. Itu aja masih ada sisa lagi. Horang kayaaaa duit gak abis-abis. #kipaskipaspakeduit

pengalaman di bandara incheon

Untuk sampai ke gate keberangkatan, kita harus naik monorail karena ternyata jauh juga gedung terminal keberangkatannya. Mirip-miriplah sama monorail di bandara Changi. Begitu sampai di gate keberangkatan, ternyata masih ada sisa waktu. Gue dan Ulfa buka bungkus makanan kita. Minumnya tentu aja ngambil dari tap water yang ada di dekat situ. Begitu selesai makan, kita sudah dipersilahkan untuk masuk ke pesawat. Hu hu hu masih belum rela ninggalin Korea..

sunset from the airplane window airasia
sunset dari atas awan

Kali ini kita dapat tempat duduk di dekat jendela. Jadi bisa tidur nempel ke jendela nih gue. Gak lupa untuk minum antimo dulu biar nyenyak. Beberapa menit setelah pesawat take off, kita langsung pules sampai pas dikasih makanan sama pramugari aja kita cuma melek sebentar lalu makanannya kita pegang sambil tidur. Gue juga sempat dibangunin Ulfa begitu sunset tampak dari jendela pesawat. Subhanallah indah banget..
Sekitar enam jam setelah take off, akhirnya pesawat mendarat di Kuala Lumpur. Setelah ambil bagasi, kita langsung mencari kantor Air Asia karena konon katanya di depan kantor itu tempat para backpacker dari seluruh dunia numpang tidur kalau harus menginap di bandara KLIA2. Rencana gue memang malam itu tidur di bandara KLIA2. Gue langsung buru-buru cari lapak strategis dan dapat persis dekat pintu kantor Air Asia. Lapak kita juga dekat dengan meja security jadi setidaknya ngerasa aman deh. Saran gue kalau lo harus terpaksa tidur di KLIA2, jangan lupa pake jaket tebal. Dingin banget bok..

sleeping at the airport
lapak tidur kita di KLIA 2

Oke deh, perjalanan gue selama di Korea Selatan harus berakhir di sini. Gue sih berharap bisa balik lagi ke sana dengan musim yang berbeda. Pengennya sih kalau gak pas spring ya autumn lah. Amiennn
trazy.com

Happy travelling fellas! 

di bandara husein sastranegara
muka bahagia begitu mendarat di Bandung

Baca selengkapnya cerita perjalanan gue selama di Korea Selatan di sini




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You Might Also Like

14 komentar

  1. halo kak... untuk tax refund itu ada syaratnya kah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekali belanja di satu toko yang berlogo GST tax refund, minimum pembelanjaanya sebesar 30,000 KRW pada saat itu. Baru nanti akan dikasih form tax refund sama kasirnya dan dicap struk pembelanjaannya. Tapi kita harus inisiatif bilang ke kasirnya untuk mina formnya.

      Delete
  2. Kak, kakak kan beli banyak kosmetik tuh disana. Apa ga kena sita atau pajak pas di bandara ? Kalau engga tips nya dong kak supaya ga kena pajak atau sita hehe ;)

    ReplyDelete
  3. Gak banyak sih sebenarnya, aku belanja kosmetik gak lebih dari 2jt. Tapi pas sampai di bandara Husein Sastranegara (Bandung), kena random checking. Dikeluarin semua isinya, aku jelasin semua buat konsumsi pribadi dan oleh2, plus jumlahnya gak banyak bukan kayak orang mau jualan. Untungnya juga petugasnya (mungkin) lagi baik dan moodnya bagus. Jadi lolos..
    Sempat ditanyain juga kerja dimana, mungkin kalo gak bisa buktiin kita kerja dimana bakal disangka pengusaha jualan makeup. Kebetulan aku bawa Id card kantor, setelah ditunjukin ke mereka langsung dilancarin.

    ReplyDelete
  4. Gak banyak sih sebenarnya, aku belanja kosmetik gak lebih dari 2jt. Tapi pas sampai di bandara Husein Sastranegara (Bandung), kena random checking. Dikeluarin semua isinya, aku jelasin semua buat konsumsi pribadi dan oleh2, plus jumlahnya gak banyak bukan kayak orang mau jualan. Untungnya juga petugasnya (mungkin) lagi baik dan moodnya bagus. Jadi lolos..
    Sempat ditanyain juga kerja dimana, mungkin kalo gak bisa buktiin kita kerja dimana bakal disangka pengusaha jualan makeup. Kebetulan aku bawa Id card kantor, setelah ditunjukin ke mereka langsung dilancarin.

    ReplyDelete
  5. Mba panduan jalannya pake apa? Cm map subway aja ato pake apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. install aplikasi subway korea di hp buat tahu jadwal subway dan rute2nya. Itu aja sih paling, kalau rute yang di luar Seoul mau gak mau googling dulu trus diprint biar gampang liatnya dan gak ngabisin batre hp.

      Delete
  6. seneng banget mbak.... yok jalan lagi ke korea dong... oiya kak,,, aku pengen banget ke korea... makasih ya atas ceritanya,,, seneng deh bacanya berasa aku ikut ke sana jugak,,, hehe,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Risma udah mampir di blog ini. Belum ada rencana lagi ke Korea dalam waktu dekat. Ayo ke sana, seru banget!

      Delete
  7. Akhirnya selesai sudah aku bacain ceritanya Mbak Nidy di Korea hahaha. Duh, jadi kepengin cepet-cepet ke sana jugaaa. Tapi aku nyari tiket pesawat promoan nggak nemu-nemu masa Mbak:( yaaaa harus sabar banget ya...

    Yang paling pengin aku tanyain selama di sana Mbak, untuk sholat gimana ya? Spot-spot yang ada masjid atau tempat makan ada musholanya gitu. Soalnya itu yang paling bikin aku khawatir hehe. Terus satu lagi, di sana ada tempat terbuka untuk makan bekel nggak? Kayaknya aku bakal lebih sering bekel ketimbang makan di tempat makan *press budget*

    Thank you Mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Makasih loh udah dibacain satu-satu.
      2 minggu lalu kan ada promo air asia.

      Aku solat di musola cuma pas di Nami Island. Sisanya ya seketemunya tempat sepi aja. Makan bekal di sana gak sesulit Singapore. Aku pernah makan di pinggiran stasiun MRT pas di Gulbongsan Station kok. Cari tempat yang posisinya nyaman aja. Sama pernah juga numpang di minimarket. Jadi aku beli minumannya, terus numpang makan bekal di terasnya yang ada kursi dan meja.

      Delete
    2. Iya Mbak, seneng banget bikin semangat nabung jadinya haha. Nah, iya tuh pas promo free seat kalo nggak salah aku tau. Tapi bingung dapetinnya gimana. Maklum deh, ini first time hunting tiket pesawat =)))

      Mbak inget nggak waktu itu sholatnya di mana aja?

      Delete
    3. Kalau free seat cek semua tanggal. Jarang dan hampir gak ada yang jatuhnya mendekati atau pas long weekend.

      Ketemu masjid cuma di Nami Island. Sisanya dikerjakan di homestay dan di jalan yang pas ketemu tempat sepi aja.

      Delete
  8. haloo nidy, mau ty ini km plgnya by bus itu ke incheon bs jg? atau bs ga plgnya ke incheon pke subway jam 6 pagi gt ?makasii sblmnya :)

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget