Tips Travelling Hemat ke Singapore

by - 11:40 AM

tips traveling hemat dan murah ke singapore

Apa yang membuat lo gak minat travelling ke Singapore? Sebagian orang yang gue lontarkan pertanyaan itu punya jawaban beragam. Ada yang bilang karena gak bisa bahasa Inggris, ada juga yang gak suka city tour, dan ada pula yang bilang karena mahal.

Hm, kalau alasannya hanya karena gak suka city tour, mungkin karena kurang menggali informasi lebih dalam. Gue dulu juga pernah beralasan seperti ini. Secara gue anak pantai banget yekan terus disuruh jalan-jalan keliling kota yang bangunan kanan kirinya kelihatan seperti sama semua jadi buat gue skeptis duluan. Tapi gue nekat aja pergi ke sana dengan tujuan buat nambah pengalaman. Gue penasaran kayak gimana sih negaranya, apa iya lebih canggih dari Indonesia. Begitu pulang dari Singapore ternyata seru juga punya pengalaman mengekplor pusat kota yang ada di Singapore.

Lalu kalau yang alasannya karena gak bisa bahasa Inggris, don't worry be happy, daddy! Rata-rata bahasa Inggris mereka juga gak perfect kok, yang penting pede aja ngomongnya. Malah pernah ada kejadian gue pesan makanan, si penjualnya cuma angguk-angguk kepala eh tahunya dia gak bisa ngomong bahasa Inggris dan nyerocos pakai bahasa mandarin. Gue mundur dan langsung ambil ancang-ancang kungfu. Abisan mau makan aja ribet.
tips jalan-jalan pertama kali ke singapura

Nah buat yang alasannya karena takut mahal dan gak punya duit jangan lantas keburu khawatir, anak muda... Gue sudah membuktikan sendiri bisa bertahan di Singapore selama 3 hari 2 malam dengan budget 1,5 juta rupiah aja.. Langsung aja gue kasih tipsnya ya!

Menginap di dorm hostel!

Jika dibandingkan dengan menginap di hotel, maka pilihan menginap di hostel akan menhemat pengeluaran lebih banyak. Soalnya harga hotel kelas melati di Singapore setara dengan harga hotel bintang 3 di Indonesia. Semantara rata-rata rate menginap di hostel sekitar S$25-S$35 per orang atau per bed. Kalau perginya ramean, bisa booking sekamar-kamarnya.

menginap di dorm hostel di singapore

Mau menginap gratis? Cobain Couchsurfing, deh!

Salah satu etika mencari penginapan gratis melalui couchsurfing adalah gak bawa teman se-RT. Jadi pilihan ini hanya berlaku kalau lo perginya hanya sendiri atau berdua dengan teman juga. Kalau sudah dapat host yang mau menampung lo di rumahnya, lumayan banget kan budget untuk menginap di hostel bisa ditiadakan.

Manfaatkan fasilitas pantry

Kalau hostel maupun apartment yang kita sewa punya fasilitas pantry, lebih baik gunakan sebaik-baiknya. Kalau bisa masak kan lumayan bisa menghemat budget makan daripada selalu makan di restaurant.

Jangan lupa bawa kotak makan dan botol air minum!

Sudah masak di pantry hostel atau apartment, masa gak bawa bekal makanan. Ini dia salah satu alasan pentingnya bawa kotak makan. Tinggal cari lokasi yang pas untuk makan perbekalan kita selama trip, karena ada beberapa tempat yang dilarang untuk makan dan minum di tempat umum. Selain itu kita bisa minum tap water di Singapore. Jadi sebelum berangkat dari hostel, jangan lupa isi penuh botol air minum kita. Soalnya harga air mineral yang ukuran satu liter itu termurahnya S$1.5 di supermarket

Naik MRTdan perbanyak jalan kaki

Salah satu moda transportasi yang bisa memangkas budget di Singapore adalah MRT. Hampir semua atraksi wisata di Singapore bisa dijangkau dengan MRT. Kalau mau lebih murah lagi, perbanyak jalan kaki. Capek sih tapi untungnya Singapore itu pedestrian friendly. Jangan sekali-sekali coba naik taksi. Sebab argo taksi di sana bisa langsung bikin cicilan rumah cluster terasa murah. 

tips traveling hemat dan murah ke singapore

Pinjam kartu Ez link ke teman yang sudah pernah ke Singapore

Alat pembayaran untuk naik MRT dan bus di sana bisa dengan kartuEz link atau Singapore Tourist Pass. Bedanya kalau Ez link masa berlakunya bisa sampai 5 tahun, sementara kalau STP hanya 3 hari. Nah, kalau kalian punya teman yang sudah pernah ke Singapore, coba pinjam kartu Ez linknya. Lumayan kan jadi tinggal top up saja, gak perlu beli kartunya.

Pilih objek wisata gratis!

Fyi, banyak sekali objek wisata gratisan di Singapore. Kalau kalian pikir orang-orang yang foto depan lambang globe Universal Studio itu pada masuk ke dalam dan mencoba wahana-wahananya, kalian tertipu. Sama halnya seperti yang gue lakukan, untuk numpang foto di depan logo USS itu gak perlu beli tiket. Semua orang bisa foto di sana karena letaknya ada di depan sebelum penukaran tiket. Selain itu ada juga beberapa lagi yang gratisan diantaranya Merlion Park, Waterfront Promenade MArina Bay Sand, Handerson Waves, Haji Lane, Chinatown, dan masih banyak lainnya asal kalian rajin cari tahu. Hehehe

foro di depan universal studio singapore


Segitu aja tips dari gue. Semoga bisa membantu kalian yang sudah punya rencana traveling ke Singapore tapi masih ragu karena satu dan lain hal. Kalau ada yang punya tips lain untuk menghemat budget selama traveling ke Singapore, boleh dishare loh.. Thank you for reading!



FOLLOW ME HERE


  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

5 komentar

  1. jadi pingin main sama mbaknya sekalian haha. sering banget ya main ke luar negri. :')

    ReplyDelete
  2. Susiiii maen yooook...
    Hahaha gak juga koo, tahun ini passpornya belum kena stempel imigrasi bandara lagi :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh deh mba, hayuuk. #serius
      kalau aku selama punya paspor belum pernah di stempel :D

      Delete
  3. Baru tau ada couchsurfing.
    Sepertinya menarik tuh :3

    ReplyDelete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited