Travel Itinerary ke India selama Enam Hari

Banyak teman-teman yang kaget dan menyangsikan saat tahu gue mau ke India. Ya wajar, sih. Apalagi tahun-tahun sebelumnya gue memilih trip ke Jepang, Singapura, atau Korea Selatan. Negara-negara yang relatif aman untuk pelancong perempuan. Tapi keberagaman budaya yang dimiliki India dan keindahan bangunan-bangunan peninggalannya membuat gue mantab jalan-jalan ke India. Apalagi boleh dibilang gue juga sempat tumbuh bersama film-film India yang sering diputar di televisi nasional. Jadi ke mana saja selama di India?

travel itinerary to india

Berbekal tiket drama dari Jet Airways, akhirnya gue bisa menginjakkan kaki di tanah Bollywood. Pilihan kota yang mau didatangi sebenarnya ada banyak banget. Untuk pemula atau first timer, biasanya direkomendasikan untuk mengunjungi Golden Triangle (Delhi, Agra dan Jaipur) karena jaraknya yang nggak begitu jauh satu sama lain. Gue pun memilih tiga kota ini dan harus merelakan Jaisalmer, Jodhpur, Udaipur, dan Kashmir untuk bertemu di lain kesempatan.

Gara-gara drama tiket JetAirways, travel itinerary yang sudah dirancang sedemikian rupa terpaksa diubah saat hari H. Rencana awalnya, gue dan teman-teman akan tiba di Jaipur pada pagi dini hari sekitar pukul 2 pagi dan akan langsung ke Jaipur agar bisa segera eksplor kota ini di pagi harinya.

Apa daya, tiket mendadak re-schedule dan kami baru tiba di Jaipur pada pukul 6 pagi. Tapi drama tiket babak pertama nggak melunturkan semangat kami untuk eksplor Jaipur.

Nggak hanya karena drama tiket saja, sih. Ada beberapa hal yang membuat itinerary awal diubah, misalnya karena driver kami yang tiba-tiba kasih ide dan bikin kami galau lalu melenceng ke rencana lain.

jalan-jalan ke india selama enam hari

Salah satu contohnya adalah di hari ke lima. Di hari itu, gue sudah merencanakan akan ikut festival holi yang bersifat private demi menghindari para holigans di jalanan. Ternyata, festival holinya baru akan berlangsung keesokan harinya. Padahal sudah dari jauh hari gue bertanya pada sopir kami tentang kapan festival ini akan diadakan supaya gue bisa segera bikin travel itinerary. Kami pun baru tahu hal ini saat mau check in di Umaid Mahal Hotel.

Berhubung gagal rencana merayakan holi, kami memutar otak untuk segera check out dari hotel dan menuju ke Agra untuk menikmati sunset di Yamuna River. Tiba-tiba sopir kami kasih ide bahwa kami akan diajak ke Chand Baori Step Well dan Fatehpur Sikri.

Awalnya kami nggak begitu tertarik ke Fatehpur Sikri, karena bakal menggagalkan rencana mengejar sunset di Yamuna River donk. Tapi begitu sampai di Fatehpur Sikri, kami pun suka dengan tempat itu. Jadi ya sudahlah pasrah.

jalan-jalan ke india selama enam hari

Intinya, India itu penuh kejutan. Entah itu dari orang-orangnya maupun dari aset kekayaan alam dan bangunan peninggalannya. Semua bakal bikin kalian speechless. Uhuk, ini antara speechless terkagum atau terheran keanehannya, sih.

Itinerary ke India selama Enam Hari

Daripada bertele-tele, mari langsung simak travel itinerary ke India.

travel itinerary ke india 6 hari

Day 1 & Day 2: Terjebak di Changi International Airport

Kami benar-benar terjebak selama hampir dua hari di bandara Changi lantaran drama tiket yang tak kunjung usai. Padahal sudah ingin sekali cepat sampai di India. Ibarat seperti mau melamar ke rumah calon mertua, tapi dihalang-halangi mantan di tengah jalan.

pengalaman transit lama di changi airport singapore
sunflower garden changi airport singapore

Day 3: Galtaji Temple & Belanja Kain Saree

Setelah tiba di New Delhi, pagi itu kami langsung meluncur ke Jaipur. Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih lima jam, kami langsung diajak makan siang di Green Pigeon Restaurant dan bertemu dengan tour guide selama di Jaipur.

Jika waktunya cukup, kami akan ke City Palace tadinya, tapi ditunda untuk keesokan harinya dan lebih memilih beli kain saree dulu. Sopir kami sempat memaksa untuk mampir ke desa wisata yang punya atraksi elephant ride. Gue sudah tahu bahwa ini adalah jebakan batman ala-ala pariwisata di sana. Sebisa mungkin kami berkelit untuk menolak ajakan itu dan stick to plan A.

galtaji temple jaipur

Mau tahu alasan yang gue pakai? “No, we don't want to ride an elephant. It's animal cruelty. We don't do this in Indonesia,” itu dia alasan kami. Padahal mah yaaaa di Indonesia juga banyak! Ya abis gimana donk, elephant ride memang nggak pernah masuk daftar kami, kalau sampai over budget memangnya sopir itu mau nombok? Kan nggak juga.

Jadi setelah makan siang, kami langsung menuju ke Galtaji Temple atau yang lebih dikenal dengan Monkey Temple.

pengalaman beli kain saree di jaipur india
harga kain saree di jaipur india
lokasi toko kain saree di jaipur india

Lokasi beli kain saree ini nggak jauh dari Jal Mahal. Di tengah perumahan gitu. Ini juga salah satu tourist trap sih sebenarnya, tapi selama budgetnya masih masuk ya udah pasrah aja.

Day 4: Amer Fort, Jal Mahal, City Palace, The Tatoo Cafe, Patrika Gate

Rencana awal di hari itu adalah Amer Fort, Jal Mahal, Nahargarh Fort, Cafe Paladio, dan Patrika Gate. Lalu ada beberapa yang terpaksa diubah. Alasannya masih sama, sopir kami maksa dan bilang bahwa “I give the best for you.”

Lalu diubah menjadi Amer Fort, Jal Mahal, makan siang di restaurant pilihannya, Hawa Mahal, Patrika Gate. Di Hawa Mahal kami nggak masuk, jadi memilih untuk menikmati pemandangan di sekitarnya dari seberang. Ada dua pilihan cafe di sana, yaitu The Wind View Cafe atau The Tatoo Cafe. Kami memilih The Tatoo Cafe karena kebetulan The Wind View Cafe sedang penuh. Di kafe pilihan kami juga nggak mengecewakan kok. Pelayanannya ramah banget.

tattoo cafe - kafe di depan hawa mahal

Hal yang bikin kesal di hari itu adalah kami sudah berencana untuk makan siang di Cafe Paladio, tapi tiba-tiba sopir kami memilih tempat lain. Pas kami request minta diantar ke cafe yang kami mau, dia menolak dengan nada agak marah. Di akhir cerita kami baru tahu kalau ternyata dia bisa makan gratis kalau bawa tamu, makanya marah pas kami minta ke cafe lain. Padahal kalau dia bilang, kami masih mampu kok bayarin dia makan.

Gagal sunset-an ke Nahargarh Fort pun sempat bikin gue kecewa. Ya sudah nggak apa-apa. Lain kali gue ke India mau coba ala backpacker biar bisa mampir ke semua tempat yang gue mau. Toh sudah tahu situasi dan kondisi real di sana ye kan.

Day 5: Enroute Agra, Chand Baori Step Well, & Fatehpur Sikri

Di hari ini pun buyar semua rencana awal gara-gara informasi nggak update perihal perayaan festival holi. Tapi nggak masalah, karena gue bisa menyambangi Chand Baori setelah gagal ke Panna Mena Kund di Jaipur yang serupa. Malahan gue lebih suka Chand Baori karena ternyata tempat ini merupakan step well terbesar di India.

pengalaman travelling ke india selama 6 hari

Kami menghabiskan waktu di Fatehpur Sikri hingga sunset. Suasananya enak, nggak begitu banyak orang jadi bisa menikmati banget.

Day 6: Taj Mahal, High Tea at The Oberoi Amarvillas, & Ditipu Lightshow Abal-abal

Ini dia gongnya trip ke India, apalagi kalau bukan mengunjungi Taj Mahal. Meskipun sempat bete juga sama tour guide kami karena selalu diburu-buru. Tapi senang karena bisa berhasil mengusir photo bomb yang mengganggu di spot foto favorit di Taj Mahal.

The Oberoi merupakan salah satu hotel chain terbesar di India. Kami nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Meskipun nggak menginap di sana, tapi kami sambangi juga untuk sekedar ngeteh cantik. Kebetulan memang lokasinya cuma selemparan kolor dari lokasi hotel tempat kami menginap.

harga high tea di the oberoi amarvillas agra india

Harga minumannya nggak terlalu mahal kok, tapi bisa dapat pemandangan hotel yang keren dan view Taj Mahal dari kejauhan. Rekomen banget deh kalau ke Agra!

Kok nggak ke Agra Fort? Ya karena kata guide kami viewnya sama kayak Red Fort, mendingan langsung ke Lightshow. Eh nggak tahunya zonk. Kapan-kapan lah gue cerita. Pokoknya kalau di Agra ada yang menawarkan “Lightshow”, jangan pernah mau. Kecuali memang kalian niat mau beli oleh-oleh marmer.

Day 7: Sri Bangla Sahib Gurudwara, Red Fort, Jama Masjid, & Chandni Chowk

Itinerary awalnya yaitu Red Fort, Jama Masjid, Chandni Chowk, dan Qutub Minar. Nggak sengaja melewati salah satu Sikh Temple terbesar di New Delhi. Kebetulan sopir kami memang orang Sikh dan menawarkan kami untuk mampir ke kuil tersebut. Karena penasaran, kami memutuskan untuk mampir sebentar. Lah malah terjebak di kuil orang karena ternyata kalau mau masuk harus di-briefing dulu.

Sesuai dari sana, kami langsung ke Red Fort tapi nggak jadi masuk. Suasananya sedang ramai banget dan cuaca yang panas, membuat kami urung untuk masuk. Alih-alih masuk, kami memilih foto-foto saja dari luar, lalu langsung lanjut ke Jama Masjid.

nyobain lassi di chandni chowk
pengalaman naik rickshaw di india

Sesampainya di Jama Masjid pun kami ilfeel gara-gara wajib bayar retribusi kamera. Jadi meskipun kami hanya mau menggunakan dua kamera pun tetap wajib bayar. Padahal untuk masuk masjid ini nggak ada tiket masuk. Hanya untuk biaya kamera saja.

Setelah dari sana, kami memutuskan langsung ke Chandni Chowk saja. Lumayan lama kami mengeksplor pasar ini. Gue sempat nyobain beberapa kuliner khas India, salah satunya Lassi.

Setelah puas keliling Chandni Chowk, kami lanjut makan siang dan sempat melewati India Gate. Lalu kembali ke penginapan.

Day 8, 9, & 10: Drama Tiket Pulang

Cerita drama tiket Jet Airways dan penyebab kenapa kami nambah satu hari di New Delhi sudah pernah gue ceritakan juga di blog ini. Sementara di hari ke sepuluh, gue harus transit selama tiga jam di Incheon International Airport. Akhirnya bisa menginjak Korea Selatan lagi meskipun hanya transit dan nggak keluar bandara.

transit 3 jam di incheon korea selatan
menginap di hotel dekat indira gandhi international airport india
Lokasi di sekitar hotel terakhir di dekat bandara Indira Gandhi New Delhi

itinerary travelling ke india 6 hari

Itu dia travel itinerary ke India selama kurang lebih enam hari di sana. Meskipun judulnya 10 hari, nyatanya gue hanya enam hari di India. Semua ini gara-gara tiket drama, tapi gue bersyukur karena bisa khatam bandara Changi dan bisa mampir ke Korea Selatan. :D

Travel itinerary yang gue buat ini menurut gue cocok buat family trip dan teman-teman yang memang hanya punya waktu seminggu di India.

Jika ada kesempatan ke India lagi, gue mau eksplor kota-kota lain dan mau cobain ala backpacker. Sebab biaya hidup di India itu relatif murah, jadi seharusnya bakal jauh lebih murah dari budget yang gue keluarkan kali ini.
Artikel mengenai rincian budget trip ke India akan gue share juga di blog ini. Stay tuned ya!

Jakarta, 4 Juli 2019
Deepika Padukone

4 Comments

1. aku baca dari cerita kamu kayaknya tour guide nya nggak santai ya selalu terburu-buru padahal kalau jiwa blogger butuh banyak spot foto :) Untuk biaya tour guide dan sewa mobil berapa ya? maaf loh misalnya kalau aku terlewatkan baca harga di artikel

ReplyDelete
  2. Gara-gara banyak travel blogger yang ke India, jadi lebih aware tentang keeksotisan negara ini. Dan lagi, akhir-akhir ini lagi getol nontonin kanal Youtube Karl Rock. Dia bule asal Inggris yang tinggal di India, menikah dgn org India, dan bisa bahasa Hindi.

Dia juga banyakkk banget bikin video ttg scams di India sana, yang litreally banyak dan kreatif banget ya Allaah T_T

Kaka gmn selama di sana? Ga yakin kalau gakena scam, karena sdh jd semacam budaya d sana :(

ReplyDelete
  3. Seruuu yaaaaa, saya ke India baru 1x dan belum sampai yang keliling ala turis ke sana sini, pengen sih balik ke sana lagi tapi maunya nggak sendiri hehehe karena banyak info kalau untuk perempuan sebaiknya ramai-ramai :D sebenarnya yang dibilang scam itu sama saja kayak di beberapa tempat wisata di Jogja dan kota lain, misal kita dibawa ke toko toko tertentu nanti drivernya dapat tips, atau harga yang naik 2x lipat jadi harus ditawar setengah harga hahaha, jadi nggak akan begitu kaget. Cuma yang menakutkan itu tatapan orang-orangnya yang kayak di scanning dari atas ke bawah terus ke atas lagi hehehehe. By the way seru-seru ceritanya, ditunggu kelanjutannya :D

4. nunggu nih tentang rincian harganya..

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!