Napak Tilas Pesona Tanjung Bira

by - 11:27 AM

cerita perjalanan ke pantai tanjung bira sulawesi selatan

Bicara mengenai tempat-tempat indah di Indonesia, pasti tidak akan cukup seharian bahasnya. Cita-cita untuk keliling nusantara dan menikmati keindahan Indonesia sepertinya memang harus dipupuk perlahan dan dicicil satu persatu, karena Indonesia itu luas sekali dengan jumlah pulau sekitar 17,000 yang tersebar di seluruh penjuru nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tentunya semua itu butuh ekstra waktu dan biaya.

Berhubung belum bisa menjelajahi semua area di Indonesia, setidaknya ada satu tempat yang sudah pernah gue datangi dan meninggalkan jejak berkesan di memori gue. Tanjung Bira, sebuah kawasan pantai cantik yang terletak di Sulawesi Selatan. Gak heran kalau Tanjung bira menjadi salah satu primadona dan unggulan pariwisata di Sulawesi Selatan. Meskipun begitu, ternyata belum semua orang yang telah mengetahui tempat ini, pernah mengunjunginya.

tiket pesawat airpaz

Beruntung gue sudah pernah ke sana pada tahun 2014. Tiket pesawat gue beli melalui airpaz karena jika dibandingkan dengan situs booking online lain, hanya airpaz yang menawarkan diskon harga termurah. Waktu tempuh dari Jakarta ke Makassar sekitar 3 jam dengan perbedaan selisih waktu 1 jam. Gue berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Airlines dan pulang dengan Lion Air. Ada banyak pilihan maskapai yang menjangkau Makassar, karena kota ini merupakan salah satu kota transit yang sering dilalui jika ingin ke Indonesia bagian timur lain. Selain kedua maskapai yang gue gunakan tersebut, ada juga Citilink dan Batik Air yang bisa menjadi pilihan.

tanjung bira

Ada dua cara umum untuk sampai ke Tanjung Bira dari Makassar. Pertama dengan naik angkutan umum berupa mobil pribadi yang berplat kuning dari terminal Malengkeri, dan yang kedua adalah dengan menyewa mobil. Gue lebih memilih cara kedua karena lebih praktis dan nyaman. Perjalanan dari Makassar menuju Tanjung Bira memakan waktu sekitar 5 jam. Tidak sulit untuk sampai ke sana karena akses jalanan yang sudah bagus dan papan petunjuk yang cukup jelas. Kalaupun masih kurang jelas, tinggal tanya saja ke penduduk setempat. Orang-orang Indonesia kan terkenal ramah, pasti mereka akan dengan baik hati memberitahu.

sunset di tanjung bira

Begitu mobil sampai di kawasan Tanjung Bira, kami diwajibkan membayar retribusi masuk kawasan tersebut sebesar Rp. 10,000. Gue dan teman-teman sudah tidak sabar dan segera berlari menuju ke pantai. Sore itu mata kami berhasil dipukau oleh keindahan matahari terbenam di Pantai Tanjung Bira. Sungguh indah ciptaanNya, kami hanya bisa diam menikmatinya sambil sesekali mengabadikannya dengan kamera. Ketika matahari sudah tidak lagi terlihat, kami tidak langsung beranjak dari situ, karena masih ada momen blue hour yang sayang untuk dilewatkan.

jernihnya air di tanjung bira

Oh iya, salah satu hal yang membuat Tanjung Bira unik adalah struktur pasir pantainya yang sehalus tepung dan warnanya yang putih bersih. Kalau matahari sedang cerah, maka air laut akan memperlihatkan gradasi dari bening hingga toska di sekitar pinggir pantai.

pengalaman menginap di amatoa resortpantai bagus di sulawesi selatan

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira, ada juga pantai yang tidak kalah bagus. Namanya Pantai Bara. Sepintas dari namanya saja mirip, mengundang rasa penasaran untuk membandingkan seperti apa rupanya. Suasana di Pantai Bara lebih sepi dan tenang, tidak tampak pedagang yang berjualan di pinggir pantai sama sekali. Jarak bibir pantai pun lebih luas. Satu yang pasti sih, Pantai Bara sama-sama cantik!

pantai bara
Pantai Bara

Kehidupan pariwisata di kawasan Pantai Tanjung Bira belum begitu ramai dan tidak banyak aktivitas yang dilakukan, maka pilihan untuk menyebrang ke Pulau Liukang Loe menjadi salah satu alternatif menarik yang bisa dilakukan di sana. Pulau Liukang Loe hanya berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Bira dengan menggunakan perahu. Harga sewa perahunya hanya berkisar Rp. 500,000 sudah termasuk alat snorkeling dan pelampung.

pulau liukang loe
dermaga di pulau liukang loe

Pulau Liukang Loe agak sedikit berbeda dari Tanjung Bira, namun bukan berarti tidak istimewa. Di dalam pulau terdapat beberapa rumah penduduk asli yang berbentuk rumah kayu panggung, dan ada sebuah dermaga kayu yang fotogenic juga loh!

penangkaran penyu di tanjung bira

Pesona alam bawah laut di sekitar pulau ini juga keren, jadi tidak heran kalau banyak perahu yang berhenti tidak jauh dari Pulau Liukang Loe. Ada juga tempat penangkaran penyu yang berbentuk rumah terapung di tengah laut Kita bisa berenang langsung bareng penyu besar dan memberinya makan. Seru banget!

pulau liukang loe

Perjalanan ke Tanjung Bira kali itu meninggalkan cerita manis. Sejak saat itupun gue jadi semangat untuk eksplor Indonesia lebih banyak lagi, karena Indonesia itu cantik sekali dan kecantikannya itu bakal buat kita ketagihan.

tiket pesawat ke aceh melalui airpaz

Gue berharap cita-cita keliling nusantara dari Sabang sampai Merauke bisa segera terlaksana. Sabang, salah satu kota di Aceh yang berada di paling barat Indonesia akan menjadi cerita seru lain yang akan gue bagikan jika berhasil dapat tiket gratis dari Airpaz. Kebanyakan orang Indonesia berpikir bahwa jawaranya wisata pantai dan bahari ada di Indonesia timur, tapi belum banyak pula yang menyadari potensi salah satu wisata yang dimiliki Pulau Sumatera ini juga tidak kalah bagus dari pantai-pantai yang ada di wilayah Indonesia timur. Hal itulah yang membuat gue semakin penasaran ingin membuktikannya langsung. Batik Air merupakan maskapai yang akan gue pilih untuk terbang ke Banda Aceh, karena jujur gue belum pernah naik maskapai itu dan sudah sering mendengar kualitas baik yang diberikannya. So let's pack your bag and explore Indonesia!



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE

You May Also Like

14 komentar

  1. Cantik banget pantai nya,, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang dulu upa gak ikut pas ke sana ya..

      Delete
  2. Cantik banget pantai nya,, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  3. Saya juga mau tuh keliling Indonesia..ujung Barat ke ujung Timur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera bisa terlaksana ya Mba.. amien

      Delete
  4. Baguuuuus bangeeet,,,, bikin mupeng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu, kan perginya ama ibu waktu itu... minum cerebrovit! :p

      Delete
  5. kereeeeeen banget! salah satu listing pantai yang wajib dikunjungin.. \(>_<)/

    ReplyDelete
  6. ke belitung donggg, gue ikut hahaha.

    ReplyDelete
  7. Pengen ke sana, tapi selalu kesalip sama tiket lain terus... huhuhu T.T

    ReplyDelete
  8. Ini kampung ayah saya,,,
    jadi kangen pengen ke sana lagi^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooow enak banget mbak punya kampung secantik itu ^.^

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited