Cara Menghasilkan Uang dari Berbagi Foto

10:24 AM


Kalian pernah gak merasa terlalu over share foto-foto di sosial media? Atau bahkan gak pernah upload dan hanya disimpan di hard disk sampai penuh? Mempunyai hobi motret, pada akhirnya harus menghadapi dua masalah itu. Terlalu sering posting foto, nantinya malah dikira nyampah timeline orang. Sementara kalau hanya disimpan begitu saja di folder malah terbuang percuma begitu saja, yang ada hanya menuhin space memory. Benar, gak?

Beberapa tahun ini, entah sudah berapa ribu foto yang terpaksa gue hapus karena sudah gak muat lagi di semua platform penyimpanan foto online dan offline. Sayang banget, kan. Setelah travelling, memang PR yang harus dikerjakan, namun juga paling malas dikerjakan adalah memindahkan foto-foto dari memory card ke laptop atau hard disk. Kemudian masih harus menyeleksi lagi foto-foto mana saja yang layak publish di instagram, mana yang layak publish di blog, dan mana yang harus dihapus.

Keuntungannya apa dari upload foto ke sosial media? Sejauh ini hanya untuk kesenangan, dan syukur-syukur kalau dapat engagement yang positif juga. Selebihnya ya hanya sebagai pemanis di blog, hampa banget kan kalau tulisan tanpa gambar. Ada lagi gak kira-kira manfaatnya?

Ya sudah begitu saja. :p


Ada yang pernah dengar gak situs jual foto secara resmi, kah? Situs semacam ini sebenarnya sudah familiar di kalangan fotografer. Gue yang bukan seorang fotografer pun sudah pernah tahu tentang situs seperti itu dari seorang teman yang pernah mencoba peruntungan dengan menjual koleksi foto-fotonya di situs tersebut. Namun, kesempatan foto-foto tersebut untuk diterima oleh pengelola situs hanya 1:1000. Susah banget! Wajar sih, karena situs jual foto belum begitu banyak, sementara yang submit foto-foto keren banyak banget. Saingannya bukan cuma di Indonesia, tapi seluruh dunia.

By the way, ada yang sudah pernah dengar tentang PIXAMOLA.com?

PIXAMOLA.com

PIXAMOLA.com ini adalah situs stock foto Indonesia, di mana para fotografer, influencer, dan content creator bisa menjual karya foto-foto keren mereka di situs ini. Konsepnya kurang lebih sama dengan yang sudah gue jelaskan di atas.

Kalau kalian pernah bingung para content creator dan freelance fotografer dapat penghasilan dari mana, ya ini salah satu caranya. Jangan dikira mereka hobi motret cuma sekedar buat menghabiskan kuota memory card space saja, lho. Lalu bagaimana caranya dan apa yang harus dilakukan?

Kalian bisa langsung ke websitenya PIXAMOLA.com. Sebelum submit foto, kalian harus daftar terlebih dahulu. Caranya mudah banget, nih.

  1. Klik “Member Area” atau icon orang di kanan atas halaman
  2. Klik “Sign Up”
  3. Lengkapi form, lalu klik “Sign Up”
  4. Cek email dan klik link verifikasi
  5. Klik “Member Area” atau icon orang di kanan atas halaman
  6. Login menggunakan “Username” dan “Password”
 
Halaman profil PIXAMOLA.com


Setelah account jadi, kalian belum bisa langsung menjual foto, tapi masih perlu melengkapi data profil terlebih dahulu. Caranya tinggal klik “Edit” yang berada di bawah nama kalian, isi profilnya, dan jangan lupa untuk upload foto KTP dan NPWP di bagian “Documents”. Jika sudah selesai, kalian sudah bisa mulai submit foto sebanyak-banyaknya. Tim dari PIXAMOLA.com akan menyeleksi dan me-review terlebih dahulu semua foto yang masuk. Kalau semua data lengkap dan foto memenuhi syarat, proses pesetujuannya juga akan semakin cepat. 


Hal yang paling kerap jadi pertanyaan adalah bagaimana dengan komisinya? Foto-foto kece kalian akan dihargai berapa? Basically, foto kalian dihargai dengan satuan credit. Semakin besar size foto, semakin besar pula credit yang dibutuhkan. Satu creditnya senilai $1. Berikut gambarannya.

Credits per Photo
S: max 500 x 500 px: 1 Credit
M: max 1000 x 1000 px: 2 Credits
ML: max 1500 x 1500 px: 3 Credits
L: max 2000 x 2000 px: 4 Credits
XL: max 3000 x 3000: 5 Credits
Original Size: 6 Credits
Semudah itu lah para fotografer bisa menghasilkan duit. Demand foto-foto yang bertemakan ciri khas Indonesia, entah itu pemandangan alam, budaya, dan orang lokalnya ternyata tinggi, lho. Hal-hal seperti ini agak sulit dicari di website stock foto lain

 
PIXAMOLA.com baru saja dilaunching tanggal 1 Agustus 2017 yang lalu, sampai saat ini fotografer yang sudah bergabung belum genap 100 orang. Itu artinya, kalau kalian join sekarang, maka akan semakin besar peluang foto-foto kalian bakal dilirik oleh brand-brand, agency, dan media yang tertarik menggunakan foto kalian untuk kepentingan komersial. Oh iya, tips satu lagi nih, jangan lupa untuk masukan keywords dalam bahasa Inggris, ya. Karena brand-brand, agency, dan media yang akan mencari foto di PIXAMOLA.com gak hanya dari Indonesia saja, tapi dari seluruh penjuru dunia.
Yuk, gaes, buruan ubah foto keren kalian jadi duit!


 

FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

18 komentar

  1. Kayaknya ikut daftar ah buahahahha
    Kali aja ada yang minat dengan hasil karyaku yang entah gimana itu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Sitam kan fotonya bagus-bagus. Udah cuzz daftar :D

      Delete
  2. Wah mayan ni buuu buat tambah2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan buat jajan es podeng di Santorini. :D

      Delete
  3. Walaupun fotoku biasa-biasa aja, mau daftar jugaah. Kali aja rejeki. Nice info Raline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuzz daftar, kak! Foto-foto Kang Aip bagus-bagus keleuuus..

      Delete
  4. Wahh nambah satu nih situs foto.
    Nice review.

    ReplyDelete
  5. Mwehehehe pernah tau sih emang ada yang kayak begini. Jual foto online [?]. Eh tapi kalo udah dibeli gitu berarti hak cipta nya udah jadi punya si pembeli gitu kan ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, secara otomatis kita berbagi hak cipta kepada pembeli.

      Delete
  6. Mantap infonya.
    Mungkin nanti coba daftar ah.
    Biar tau kualitas foto-fotoku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya donk daftar, lumayan buat mengukur sejauh mana foto kita dihargai orang lain.

      Delete
  7. Hobby bisa menghasilkan uang..., mantab sekali infonya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, best income sources are from doing what we love. Terima kasih kembali.

      Delete
  8. Malah baru tau ni kak, menarik siapa tau stok poto ga cuma jadi debu aja, siapa tau poto di jual bisa buat nyambung paket data :D

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget