Enam Tips Persiapan Spring Trip ke Korea Selatan


Jalan-jalan ke negara empat musim memang nggak cukup sekali. Tiap musim pasti punya keunikan tersendiri, seperti Korea Selatan yang selalu bikin mau balik lagi. Nah, biasanya bulan Maret, vibe musim semi sudah mulai terasa. Suhu sudah mulai hangat, bunga mulai bermekaran, suasana di jalanan pun terasa berbeda dibandingkan musim dingin yang kering. By the way, di antara kalian apakah ada rencana ke Korea Selatan pada musim semi ini tapi terpaksa cancel gara-gara takut virus Corona?




Banyak teman-teman yang terpaksa menghanguskan tiket pesawat, bookingan hotel, dan rencana lain yang sudah tersusun rapi akibat pandemic Covid-19. Pengen rasanya meluk kalian semua yang jadi korban gagal berangkat ini. Karena gue tahu rasanya seperti apa mendadak batal pergi kayak gini. 



Tapi kalian percaya aja deh, akan selalu ada pelangi selepas hujan. Pandemic ini pasti juga akan segera berlalu, kok. Daripada bersedih hati, mending kita rencanakan ulang trip kita di masa mendatang. Sementara ini boleh lah kita nabung dulu, biar jalan-jalan selanjutnya bisa paripurna.




Musim semi merupakan musim favorit gue. Sayang ya Indonesia nggak punya musim semi, cuma punya musim kemarau, musim hujan, dan musim pelakor. Eh!. Jadi terpaksa harus berburu musim ke negeri seberang. Salah satunya Korea Selatan.


cherry blossom festival in south korea
Photo by Ran Ma on Unsplash



Mari kita bahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan jika kalian travelling ke Korea Selatan pada musim semi.



Jalan-jalan saat musim semi sangat menarik namun agak tricky. Belajar dari kesalahan pas Spring trip ke Jepang 2018 lalu, di mana gue salah pilih tanggal keberangkatan. Masih musim semi, sih, tapi ternyata sakuranya sudah mulai berguguran di destinasi yang gue datangi. Jadi kayak masih kurang puas.



Nah, belajar dari kesalahan itu sebaiknya kalian jangan mengulangi kesalahan yang gue lakukan. Lebih enak belajar dari pengalaman orang kan, daripada pengalaman diri sendiri. Setidaknya orang lain yang lebih duluan kejeblos masuk lubang, kalian yang di belakang tinggal cari jalan lain biar nggak masuk lubang yang sama. Hazeik.


musim semi ke korea selatan
Kebayang nggak kayak apa cantiknya jalanan ini pas musim semi?


Catat Jadwal Cherry Blossom Bermekaran


Yup, cherry blossom pun punya jadwal mekar. Biasanya baru bisa dicek sekitar bulan Februari, menjelang musim semi tiba. Kalian harus perhatikan dengan baik, mulai kapan dan sampai kapan bunga-bunga tersebut akan bermekaran. Di tiap region pasti berbeda.


cherry blossom forecast 2020 in south korea



Ini berguna sekali saat kalian membuat itinerary nanti. Jika sudah tahu kapan saja jadwalnya, kita bisa mengatur apakah harus ke Busan atau Seoul duluan. Jangan sampai kalian ke Busan duluan, tapi ternyata cherry blossomnya lagi ada di Seoul. Eh begitu sampai di Seoul udah pada layu. Inilah yang gue maksud kenapa tricky.



Kalian stay tuned aja di website atau instagramnya Korea Tourism Organization untuk updatenya. 



Cek Suhu & Pakaian


Salah satu alasan kenapa gue suka jalan-jalan pas musim semi ya karena ini. Suhu saat musim semi terbilang masih tolerable untuk orang Indonesia. Musim semi dimulai pada bulan Maret hingga awal Mei. Karena letak geografis Korea Selatan yang membentang dari selatan ke utara, jadi pasti ada perbedaan suhu. Suhu di Chuncheon dengan Jeju sudah pasti berbeda. Ini juga masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yang menyebabkan cherry blossom bisa berbeda jadwal mekarnya.

spring outfit ideas


spring trip preparation south korea



Biasanya pada bulan Maret suhunya berkisar 10°C. Malah terkadang di awal Maret masih bisa minus derajat, lho. Buat orang Indonesia sih suhu segini termasuk dingin, ya. Jadi kalau kalian datang pas bulan Maret, harus tetap persiapkan coat minimal satu. Selain untuk menghalau dingin, kapan lagi ye kan bisa pakai coat dan boots tanpa harus diketawain tetangga. Jangan sampai salah kostum ya!



Cek Jadwal Festival


Enaknya travelling pas musim semi dan musim panas, pasti banyak bertaburan festival. Musim semi sebagai penanda berseminya bunga-bunga sudah pasti jadi daya tarik para wisatawan untuk datang. Nggak hanya cherry blossom saja, ada banyak festival bunga yang bakal bikin kalian ngiler pengen ke Korea Selatan.


cherry blossom festival in south korea



Hal ini dimanfaatkan oleh pemerintahnya untuk mengadakan berbagai festival bunga di beberapa wilayah. Untuk daftar festival apa saja selama musim semi, bisa dicek langsung di website KTO. Sebelum ke sana, sebaiknya catat dulu tanggal berlangsungnya festival-festival tersebut ya. Salah satu festival yang gue incar untuk musim semi mendatang adalah festival bunga canola. Lokasinya ada di Pulau Jeju dan biasanya berlangsung sekitar pertengahan April. Jadi kalau nggak kedapatan promo tiket murah untuk Maret, masih bisa cari untuk April dengan ekspektasi bisa melihat hamparan bunga canola yang cantik.



Jangan Lupa Vitamin


Ini hal sepele yang sering terlupa. Benar, nggak? Nggak hanya obat-obatan saja, tapi imunitas juga harus di-boost dengan vitamin. Adanya perbedaan suhu itulah yang membuat kita lebih beresiko terkena penyakit seperti flu maupun demam. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Supaya jalan-jalannya tetap tenang tanpa terganggu penyakit apapun. Nggak cuma winter lho yang perlu banyak asupan bergizi, spring dan autumn pun juga perlu karena tubuh kita belum tentu bisa cepat beradaptasi dengan perbedaan suhu.


changing guard at gyeongbokgung seoul




Booking Hotel dari Jauh Hari


Berhubung musim semi merupakan peak season di Korea Selatan, sebaiknya kalian pesan penginapan dari jauh-jauh hari. Untuk pemesanan hotel ini biasanya gue cari di Agoda atau Airbnb. Terakhir ke Korea Selatan sih gue cek properti di Airbnb cukup banyak pilihan. Masih ingat guesthouse di rooftop ala K-drama yang gue sewa pada tahun 2015?





Karena peak season dan banyak festival berlangsung, pasti banyak wisatawan yang datang untk berburu bunga-bunga cantik di sana. Daripada kehabisan penginapan, mendingan booking dari jauh hari, kan.



Sedia Payung


Jika kalian datang saat peralihan musim, jangan lupa untuk sedia payung. Penginapan yang kalian sewa belum tentu menyediakan payung. Tapi kalau mau beli payung di sana karena nggak mau repot juga nggak masalah. Di mini market banyak yang jual, kok. 

persiapan jalan-jalan musim semi ke korea selatan





gyeongbokgung seoul


Itu dia kurang lebih enam tips sebelum kalian trip ke Korea Selatan pada musim semi. #SaveAjaDulu genks, bila pandemic berakhir nanti, kita pasti bisa ke sana (lagi) kok. Selalu ada sisi positif dari semua hal. Dengan ditundanya jalan-jalan tahun ini, tabungan jalan-jalan bisa semakin banyak sehingga tahun depan bisa jalan-jalan ala flashpacking atau bahkan ala princess. Bisa menginap di hotel yang lebih bagus, belanja di Myeondong lebih kalap, atau bisa bebas mau pilih makan di mana tanpa lihat harga. Hazeik Semoga teman-teman yang terkena imbas PHK karena wabah ini juga bisa cepat dapat kerja dan jalan-jalan juga ke Korea Selatan. Aamiin.



Jika kalian ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah dan jangan lupa share ke teman-teman kalian, ya. Terima kasih.

Klook.com
spring trip to south korea





1 Comments

  1. Spring dengan outfit warna pink ternyata gemesin banget yaaa

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!