Intip Lokasi Syuting Drama It's Okay to be Not Okay

Sudah pada nonton drama It's Okay to be Not Okay? Drama ini masih tayang di Korea dan hype-nya sampai ke Indonesia. Termasuk gue, salah satu penonton yang ikutan gemas mengikuti jalan ceritanya. Seperti biasa, efek setelah nonton film atau drama serial Korea, biasanya langsung kepo nyariin lokasi syutingnya. Ada yang sudah tahu di mana? Atau bahkan sudah pernah ke sana?


Sebelum lanjut ke lokasi-lokasi syuting drama ini, gue bocorin sedikit sinopsisnya ya.

Drama yang dibintangi aktor termahal di Korea Selatan, Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini bercerita tentang seorang penulis buku anak-anak, Ko Mun Yeong, yang perilakunya lumayan nyeleneh dan sombong, bahkan ada kecenderungan sociopat, bertemu dengan Moon Gang Tae, seorang perawat di rumah sakit yang juga mengurus kakaknya, penderita autism yang ngefans banget dengan Ko Mun Yeong.

Ko Mun Yeong dan Moon Gang Tae tanpa disadari perlahan saling menyembuhkan luka batin di masa kecilnya satu sama lain. Cerita pun nggak hanya seputar kisah cinta dua pemeran utama, tapi juga cukup kompleks. Penonton berkali-kali dibuat menerka mengapa ayah Ko Mun Yeong selalu mau membunuh anaknya sendiri tiap bertemu di rumah sakit. Siapa yang membunuh ibunya Gang Tae hingga akhirnya dua kakak beradik ini selalu berpindah tempat? Seru deh!
it's okay to be not okay filming location tour

Isu seputar mental illness benar-benar diangkat di drama ini. Apalagi setting filmnya memang lebih sering berada di rumah sakit jiwa. Ada beberapa pemeran pendukung yang perannya sebagai pasien rumah sakit tersebut, secara nggak langsung penonton pun diperkenalkan dengan berbagai masalah kejiwaan yang diderita pasien-pasien tersebut.

Ceritanya menarik, ditambah kualitas akting para pemainnya yang patut diacungi jempol. Siapa yang nggak tahu Kim Soo Hyun, ye nggak? Aktor termahal di Korea Selatan saat ini, coy! Kalau So Ye Ji, jujur gue pun baru melihat aktingnya di drama ini dan langsung auto ngefans. Ni orang cakep banget dari sisi mana pun. Mau dia lagi ketawa atau lagi ngamuk pun tetap kelihatan cantik.

Karena hampir sepanjang episode yang sudah tayang ini mengambil lokasi syuting bukan di Seoul, gue makin penasaran untuk ngulik di mana saja mereka syuting. Siapa tahu suatu saat gue kembali lagi ke Korea Selatan, bisa dimasukkan ke dalam list itinerary, kan.

Anyway, tahukah kalian bahwa lokasi syuting yang digunakan sebagai rumah sakit jiwa tersebut ternyata adalah sebuah cafe? Beberapa lokasi syuting juga dilakukan di sekitar provinsi Gangwon. Ada yang sudah pernah ke sana? Pada tahun 2015 gue sudah memasukkan provinsi ini ke dalam itinerary, nemun sayang nggak jadi karena udara yang mendadak drop hingga -10C dan tujuan yang ingin gue datangi itu adalah Hwacheon ICe Festival yang konon suhunya bisa mencapai -36C. Udah jiper duluan.

Daripada penasaran karena nggak jadi ke sana dan sekalian kepoin lokasi syuting drama It's Okay to be Not Okay, yuk kita jalan-jalan virtual ke sana.


Secret Blue Cafe

Yup, kafe di dekat pantai ini sengaja dijadikan rumah sakit jiwa dadakan. Konon yang digunakan untuk syuting hanya bangunan luarnya saja. Ada banyak scene yang diambil di lokasi ini. Pemandangannya juga nggak main-main indahnya, lho.
secret blue cafe in it's okay to be not okay drama
rumah sakit jiwa ok di it's okay to be not okay
lokasi rumah sakit jiwa ok di it's okay to be not okay

Lokasinya memang agak jauh dari Seoul, tepatnya di pinggiran Sokcho, provinsi Gangwon. Sekitar 3-4 jam perjalanan dari Seoul. Kalau kalian lihat di dramanya, cafe yang disulap jadi rumah sakit ini memang berada di dekat pantai.

Kalau kalian tertarik mau ke sana, jangan lupa juga untuk cek akun instagramnya @secretblue_ayajin_
 



Wongju Sogeumsan Suspension Bridge

Bagi yang sudah menonton episode 9, pasti familiar dengan jembatan ini. Konon jembatan ini sebenarnya baru dibuka pada tahun 2018. Meskipun begitu, jembatan ini jadi jembatan terpanjang di Korea Selatan. 
 

Jembatan ini menguhubungkan dua puncak gunung, sehingga nggak heran kalau bakal sering menjumpai orang-orang yang sedang hiking melewati jembatan ini. Jalur pendakiannya memang dirancang melewati jembatan ini.

Adegan ketika Gang-tae dan Moon Young melewati ini sungguh kocak. Demi mengatasi rasa takut ketinggian, Moon Young yang memang suaranya ngebass banget malah disuruh nyanyi oleh Gang-tae. Baru nyanyi sebentar malah buru-disuruh langsung diam karena suaranya nggak enak. :D

Alamat: 26, Sogeumsan-gil, Wonju-si, Gangwon-do.



Forest of Wisdom

Bukan hutan, melainkan perpustakaan. Kalau kalian sudah nonton episode awal-awal pas Ko Mun Yeong mengadakan acara tandatangan buku untuk para fansnya, di sinilah lokasinya.
forest of wisdom tempat syuting it's okay to be not okay

Perpustakaan di Korea Selatan belakangan memang ramai dikunjungi wisatawan. Gimana nggak, desain rak-rak buku yang tinggi menjulang bisa jadi spot foto instagramable. Tinggi rak buku yang ada di Forest of Wisdom ini mencapai 3 meter. Nggak heran kalau banyak pengunjung datang bukan untuk membaca buku. Sama seperti perpustakaan yang ada di Coex Mall, Seoul.

Berlokasi di tengah-tengah Paju Book City, provinsi Gyeonggi. Buka dari jam 10:00 sampai 22:00.

Alamat: 145 Hoedong-gil, Gyoha-dong, Paju-si, Gyeonggi-do



Red Lighthouse

Masih ingat adegan Ko Mun Yeong kesal dengan Gang-tae gara-gara dia labil mau main bareng atau nggak setelah Gang-tae diskors rumah sakit? Saking kesalnya, Ko Mun Yeong sampai tancap gas mau menuju ke laut. Nah, adegan ini diambil di sekitar Red Lighthouse ini.


Lokasinya tepat berada di seberang Hujin Sliced Raw Fish Center. Jaraknya sekitar 49 menit dari SokchoIntercity Bus Terminal. Kalau kalian cek di google map, nggak bakal muncul nih lokasinya. Tapi kalau cek di Naver Map ada kok.


Seorak Hanok Bed & Breakfast

Di episode 9, setelah Ko Mun Yeong dan Gang Tae jalan-jalan seharian mereka tanpa sengaja bertemu dua pasien rumah sakit yang hendak kabur dan berencana menginap di sebuah guesthouse. Kesempatan ini justru dimanfaatkan dengan baik oleh Ko Mun Yeong dengan maksa Gangtae ikutan menginap di guesthouse tersebut. Buat kalian yang sudah menonton episode ini pasti senang banget karena tuas pengaman sudah mulai blong. :D
penginapan di it's okay to be not okay

Gusethouse yang digunakan dalam drama ini ternyata memang guesthouse sungguhan. Jadi memang disewakan untuk wisatawan. Informasi lebih lengkapnya bisa kalian cek di websitenya langsung https://seorakhouse.modoo.at/. Lokasinya juga dekat dengan Gunung Seoraksan, jadi mungkin bisa sekalian menginap di guesthouse ini. Kapan lagi kan bisa tidur di kamar bekas Kim Soo Hyun. 




Harimgak Chinese Restaurant

Dari beberapa restaurant yang muncul di drama ini, restaurant ini cukup menyita perhatian. Dekorasinya yang jadul dan sederhana, ternyata punya kenangan tersendiri bagi Sang Tae dan Mang Tae. Mereka sering diajak makan Jjampong oleh ibu mereka.

restaurant favorit gang tae dan sang tae masa kecil
restaurant favorit sang tae dan gang tae
lokasi filming drama it's okay to be not okay
di mana lokasi syuting it's okay to be not okay

Alamatnya ada di 1142-2 Jucheon-ri, Jucheon-myeon, Yeongwol-gun, Gangwon-do, Korea Selatan. Jadi penasaran seenak apa sih jjampong favorit Gang Tae ini. 
 
 



Sebenarnya masih banyak lokasi syuting drama It's Okay to be Not Okay yang seru untuk dibahas, tapi sepertinya daftar yang ada di atas sudah cukup untuk mengobati rasa penasaran kita sebagai penonton.

Oh iya, ada satu lokasi lagi sih sebenarnya yang ingin sekali gue cari tahu tapi belum nemu, yaitu rumahnya Nam Ju Ri. Yup, tempat tinggal Gang Tae, Sang Tae, dan Jae Su juga. Cuma mungkin karena itu merupakan kediaman rumah tinggal jadi belum di-reveal. Jika kalian tahu, boleh kasih tahu gue donk di kolom komentar. Siapa tahu kalau nanti ke Korea bisa numpang ngontrak seminggu di rumah Nam Ju Ri juga.


review it's okay to be not okay


1 Comments

  1. duh pengen banget ke Red Lighthouse, pemandangannya bagus banget :D

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!