Review Aeroline Bus - dari Singapura ke Kuala Lumpur Malaysia

Setelah gue review mengenai bus Sri Maju antar kota dari Penang menuju Ipoh, kali ini gue mau membahas mengenai bus antar kota lainnya yang ternyata cukup terkenal di Malaysia karena kualitas dan servicenya yang oke. Namanya Aeroline Bus. Ada yang sudah pernah coba naik bus ini?

aeroline bus from singapore to kuala lumpur malaysia

Gue sudah dua kali menggunakan bus ini dengan dua rute yang berbeda. Pertama saat dari Kuala Lumpur ke Penang, dan yang kedua dengan rute antar negara Singapura ke Malaysia (Kuala Lumpur). Saat sedang mencari armada bus antar negara dari Singapura ke Kuala Lumpur, Malaysia, sebenarnya ada beberapa pilihan bus. Namun lagi-lagi gue dan travelmate lebih memilih naik bus ini meskipun tarifnya agak sedikit lebih mahal dibanding bus-bus yang ada di website easybook.com.


Kalau kalian sedang mempertimbangkan apakah worth it membeli tiket bus Aeroline atau nggak, simak ulasannya sampai habis ya.


Cara Booking Tiket Aeroline Bus

Kalian bisa membeli tiket bus Aeroline langsung di websitenya. Soalnya gue cari di easybook.com nggak ada. Jika kalian baru pertama kali mengunjungi website Aeroline, perhatikan caranya berikut ini.

cara booking tiket bus aeroline


Buat Account di Website Aeroline

Jika belum punya account di website Aeroline, kita belum bisa mengecek jadwal dan harga tiket busnya. Kalian bisa langsung menghubungkan ke akun google agar lebih mempersingkat waktu, atau pakai email lain.

cara booking tiket bus aeroline dari singapura ke malaysia

Di halaman home, klik menu book online. Buat akunnya dengan klik “Sign Up Now”. Isi data dan verifikasi melalui email kalian. Setelah akunnya jadi, lanjutkan dengan log in menggunakan akun yang sudah kalian buat tadi. Lalu kalian sudah bisa lanjut ke tahap berikutnya.


Pilih Rute dan Tanggal Keberangkatan

Setelah log in, pilih menu Book Online lagi. Kalian akan diarahkan untuk pilih rute dan jadwal keberangkatan yang kalian inginkan. Di sini gue pilih rute SIN – KUL karena titik keberangkatannya dari Singapura menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Kalau hanya mau beli tiket satu arah (one way), kolom “Return” nggak perlu diisi lagi. Tapi jika kalian mau beli tiket PP, kolom tersebut wajib diisi.

https://www.easybook.com/id-id/account/register?raf=7414B4AC
cara beli tiket bus aeroline dari singapura ke kuala lumpur


Lalu pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Periksa lagi sebelum lanjut ke halaman selanjutnya. Jika sudah yakin, klik “Search”.


Pilih Jadwal Keberangkatan

Berhubung bus ini merupakan salah satu bus yang cukup high demand, saran gue belilah tiket bus ini minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Ini gue ambil contoh simulasi beli tiket yang jadwal yang tanggal keberangkatannya sekitar dua minggu lagi, sudah ada satu jadwal yang sold out, dua jadwal memerlukan PAP (Priority Access Passes).

 

Jika di jadwal keberangkatan muncul pop up notification seperti gambar di bawah ini, itu artinya kamu hanya bisa memesan tiket di jadwal tersebut hanya menggunakan PAP. PAP adalah akses prioritas yang dibeli dengan berbentuk kartu member gitu. Jadi harus top up kartunya dulu dengan jumlah yang sudah ditentukan. Dengan PAP, maka jadwal yang ter-lock itu akan terbuka. Biasanya ini berlaku saat sedang peak season.

cara beli tiket bus aeroline dari singapura ke kuala lumpur
Kalau statusnya sudah limited, artinya kamu harus beli menggunakan PAP
cara beli tiket bus aeroline dari singapura ke kuala lumpur
Jika statusnya masih available, artinya masih ada bangku tersedia tanpa menggunakan PAP

Nah kalau tanggal yang kalian pilih masih lama atau bukan peak season, status di tiap jadwal keberangkatan akan tertera Available. Jika tampilan di statusnya adalah available, tinggal pilih mau beli tiket di jam berapa. Gue pilih di jam 16:30 dengan estimasi perjalanan sekitar 6-8 jam.

cara beli tiket bus aeroline dari singapura ke kuala lumpur

Jangan lupa untuk cek di mana lokasi titik keberangkatan busnya. Agar kalian nggak bingung nanti naik bus ini dari mana. Karena terkadang titik keberangkatannya itu hanya berupa halte bus. Untuk titik keberangkatan di Singapura, ada di Harbour Front Center.

hotel corus kuala lumpur
titik keberangkatan  aeroline bus from kuala lumpur
Titik keberangkatan dan kedatangan di Kuala Lumpur ada di halte bus depan Hotel Corus

Setelah yakin dengan pilihan jadwalnya, klik Continue.



Pembayaran

Pastikan dulu tanggal dan jam keberangkatan sudah sesuai. Setelah itu lakukan pembayaran. Karena nggak punya PAP, maka akan dikenakan administration charge sebesar Rp. 3%.

cara beli tiket bus aeroline dari singapura ke kuala lumpur


Pilihan metode pembayarannya hanya dengan kartu kredit atau Aeroline Card. Berhubung gue nggak punya Aeroline Card, jadi menggunakan kartu kredit saja. Untuk pilihan metode pembayaran memang nggak ada banyak pilihannya ya.


Setelah itu klik Confirm and Proceed to Payment.



Pilih Kursi

Setelah berhasil melakukan pembayaran, kalian bisa memilih kursi yang diinginkan. Salah satu kelebihan membeli tiket bus jauh-jauh hari adalah lebih leluasa memilih posisi kursinya. Kalau semakin dekat hari H, biasanya hanya kebagian kursi sisa.

 

cara pilih kursi bus aeroline

Formasi kursinya 2-1. Jadi bagi kalian yang solo travelling bakal lebih nyaman karena nggak perlu berbagi kursi dengan orang asing. Mau duduk di bagian bus paling depan maupun paling belakang, sama-sama nyaman kok. Kata teman gue yang kebagian kursi di paling belakang, nggak terasa hentakan bus meskipun di belakang sekalipun. Mereka bisa tidur nyenyak selama lima jam dari Kuala Lumpur ke Penang pada perjalanan di Juni 2023 lalu.



Fasilitas Aeroline Bus

Kalau ada istilah “Ada harga ada rupa,” maka bus ini salah satu contohnya. Gue sudah dua kali naik bus ini dengan dua rute yang berbeda. Pada Juni 2023 lalu, gue naik bus ini dengan rute Kuala Lumpur – Penang selama lima jam perjalanan. Kedua, dari Singapura ke Malaysia pada Januari 2024.


TV & Headset

Secara keseluruhan, fasilitas yang didapatkan sama kok. Busnya double decker. Ada tv dengan program hiburan seperti film dan games. Meskipun pilihan filmnya sedikit, tapi lumayan lah setidaknya kalau bosan masih ada yang bisa ditonton.  Headset akan dibagikan nggak lama setelah bus berangkat dari titik keberangkatan.

aeroline bus malaysia review

aeroline bus from singapore to malaysia


USB Port & Built-in Table

Ada colokan USB juga, bisa untuk charge hp. Letaknya menempel pada tv. Sebenarnya ada colokan listrik, tapi nggak berfungsi. Disediakan meja lipat juga yang berguna untuk alas makanan atau laptop.

aeroline bus from singapore to malaysia


Air Conditioner

Air conditioner bisa kalian setting arah anginnya. Suhunya lumayan dingin, gue beberapa kali menutup lubang AC daripada menggigil.


Selimut

Tiap penumpang akan dibagikan selimut ketika bus baru saja berangkat. Selimutnya harum dan fresh. Kalian pasti ilfeel kan kalau dapat selimut di transportasi umum yang sudah bau iler orang. :D

fasilitas aeroline bus drom singapore to kuala lumpur malaysia


Makanan & Minuman

Makanan dan minumannya dibagikan setelah bus jalan. Setelah makanan selesai dibagikan, nggak lama kemudian pramugarinya menanyakan apakah kita mau teh atau kopi. Air mineral juga sudah disediakan di kursi masing-masing.

 

how to book a meal aeroline bus from singapore to malaysia
how to book a meal aeroline bus from singapore to malaysia
how to book a meal aeroline bus from singapore to malaysia


Menu makanannya nggak bisa dipilih. Namun kalau kalian seorang vegetarian atau Muslim, sebaiknya pilih menu vegetarian saat booking tiket. Misalkan kalian lupa untuk pesan menu ini, bisa ditambahkan/diubah kok. Caranya di halaman Home, pilih Future Trip. Lalu pilih perjalanan, kemudian pilih menu Change Meal Preference.

how to book vegetarian meal on aeroline bus


Toilet

Perjalanan darat dengan durasi lebih dari enam jam, keberadaan toilet di dalam bus merupakan nilai plus. Meskipun nggak boleh buang air besar, setidaknya kan masih bisa buang air kecil lah selama di perjalanan. Toilet ada di lantai bawah, jadi kalau mau buang air ya harus turun dulu.

toilet aeroline bus
toilet aeroline bus
toilet aeroline bus



Review Aeroline Bus

Secara keseluruhan, Aeroline Bus ini adalah salah satu armada bus yang bisa diandalkan. Mulai awal naik sampai turun, dan dari dua kali pengalaman, nggak ada complain.

aeroline bus from singapore to malaysia review
aeroline bus from singapore to malaysia review


Leg room-nya cukup luas, ada sandaran kakinya juga. Kursinya juga bisa di-reclining meskipun hanya sekitar 45°. Pokoknya selama berada di dalam bus yang sedang berjalan ini, gue bisa tidur dengan nyenyak. Nggak terasa ada benturan atau hentakan selama bus berjalan. Jangan lupa pakai seatbelt ya!


Pada perjalanan ke Penang dari Kuala Lumpur, bus juga sempat berhenti sekali di rest area pom bensin gitu. Begitu pula saat dari Singapura ke Malaysia. Bus akan berhenti sekitar pukul 8 malam, selepas Magrib. Penumpang dipersilakan turun untuk ke toilet atau jajan di minimarket yang ada di sana (jika ada).


Di rest area yang berada di antara Kuala Lumpur dan Penang, kondisi toiletnya mirip seperti toilet-toilet di rest area yang ada di Indonesia. Masih tercium bau-bau kurang enak. Nggak ada banyak pilihan kios yang menjual makanan. Untungnya kalau naik Aeroline bus ini sudah dapat makanan juga dan minuman kopi atau teh. Jadi aman. Namun misalkan kalian mau bawa bekal makan lalu makan dan minum di dalam bus juga nggak ada larangan. Soalnya nggak semua bus memperbolehkan makan dan minum di dalam bus. Sementara untuk rest area di antara Singapura dan Malaysia, kebetulan gue nggak turun dari bus.

pengalaman naik aeroline bus malaysia

Staf-stafnya mulai dari sopir hingga pramugarinya ramah-ramah dan helpful. Koper-koper harus kita ambil sendiri, nggak seperti pelayanan bus di Jepang. Tapi nggak masalah sih buat gue. Paling penting jangan ada staf yang jutek aja. Bisa merusak mood soalnya.


Gue pernah naik bus lain dengan rute Singapura – Melaka, sopirnya galak banget. Sempat jadi bete aja. Ditambah nggak boleh makan dan minum selama di dalam bus, jadi sudah kelaparan, digalakin pula. Alhamdulillah selama naik Aeroline Bus ini gue nggak mengalami kejadian serupa sih.

 

pengalaman naik aeroline bus malaysia
pengalaman naik aeroline bus malaysia dari singapura

Bisa dibilang pengalaman gue naik Aeroline Bus dari Singapura ke Malaysia, maupun dari Kuala Lumpur ke Penang, sudah cukup memuaskan dan menyenangkan. Kalau nggak, mana mungkin donk gue sampai dua kali naik bus ini.

pengalaman di imigrasi sultan abubakar malaysia
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore


Bus berangkat selalu on time dari jadwal yang sudah ditetapkan. Bus berangkat dari Harbourfront Singapore pada pukul 16:30 dan tiba di Kuala Lumpur Malaysia sekitar pukul 22:00. Sempat berhenti lama saat berada di imigrasi perbatasan.


Oh iya, untuk perbatasan yang dilewati bus biasanya melalui Tuas Checkpoint (Singapore) dan di Sultan Abubakar (Malaysia). Jangan lupa isi terlebih dahulu formulir MDAC (jika ingin masuk ke Malaysia) dan MyICA (jika ingin masuk ke Singapura).

pengalaman melewati tuas checkpoint singapore
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore
pengalaman melewati tuas checkpoint singapore


Semoga tulisan ini bisa jadi referensi dalam merencanakan perjalanan kalian selanjutnya ya. Terima kasih sudah membaca. Selamat berlibur!



1 Comments

  1. Bus favoritkuuuuu. Sayang ga semua rute ada. Padahal kalo ke semua rute ada, aku bakal naik ini terus dibanding bus lain.

    Aku tuh picky kalo soal transport mba. Krn aku gampang jijik an. Makanya kalo milih transportasi kayak bus, udh pasti pilih yg terbaik. Mahal justru bikin yakin ini bagus. Justru kalo murah tiket bus nya aku kepikiran bakal jorok segala macam 🤣

    Dulu naik ini dari penang ke KL biasanya. Ntr kalo ke sing, mau cobain juga. Waktu itu malah naik konsorsium bus. Tapi untungnga bagus walo ga ada cabin crew nya.

    ReplyDelete

Please notice: Subscribe to my blog before you leave a comment. Any active link on comment will be automatically deleted. Thank you for reading!