Perang Nasi Jamblang

by - 11:30 AM

makan nasi jamblang di cirebon

Liburan Imlek kemaren, gue dan keluarga gue cao ke Cirebon. Niatnya sih mau jenguk kakak iparnya (almh) Mbah gue di sana. Selain ke rumah saudara, pastinya kita juga kulineran donk. Makanan khas Cirebon enak-enak (menurut gue). Gak lengkap rasanya kalo ke Cirebon tanpa makan nasi jamblang. Most famous culinary in town, beybeh!

nasi jamblang terenak di cirebon

 Tempat makan nasi jamblang yang paling ngehits di Cirebon itu ada di depan Grage Mall, namanya nasi jamblang Mang Dul. Hampir semua orang yang datang ke Cirebon pasti direkomendasiin ke tempat ini. Tempatnya selalu ramai apalagi pas musim liburan. Posisi bangku dengan meja itu lebih pendek meja, jadi kita mau ga mau makan sambil pegang piring. Yang bikin khas, makanan kita dialasi dengan daun jamblang alias daun jati. Konon katanya ada cerita sejarahnya, dulu pernah diceritain Mbah gue tapi udah lupa. Hehehee
nasi jamblang paling enak di cirebon
kuliner asli cirebon

 Beragam menu lauk pauk tersedia di meja, yang bisa kita ambil sendiri ala-ala buffet lah kurang lebih. Tapi khusus sambal dan nasi udah ada pegawainya yang masukin ke piring kita. Warung Mang Dul ini kayaknya buka ampe sore deh. Pegawainya cekatan banget, setelah kita pilih lauk dan duduk, mereka langsung nanyain mau minum apa. Semua bekas piring kotor langsung dibersihkan sama mereka. Karena turn over tamu yang datang lumayan banyak sih.Pilihan menunya yang wajib itu ada blekutek (cumi/sotong bumbu hitam), perkedel kentang, paru goreng, empal daging, dan telor. Masih banyak sih pilihannya, gue kemaren ngambil hampir 5 lauk. Rasanya enak kok, cuma sambalnya kayak ada yang kurang dikit. Sayangnya lagi, makanan yang disajikan termasuk nasi sudah dalam keadaan dingin. Harganya relatif murah, total kita ber-6 cuma habis 144k idr. Setelah selesai makan kita ke kasir dan sebutin tadi makan apa aja. Mudah-mudahan sih pada jujur ya.
wisata kuliner di cirebon

Oh iya, sehari sebelumnya itu kita juga sarapan nasi jamblang tapi di pelabuhan Cirebon. Kita dulu direkomendasiin ke tempat ini oleh keluarga yang ada di sana. Katanya lebih enak daripada nasi jamblang Mang Dul. Tapi kita harus ke sana pagi-pagi, karena siang udah pasti keabisan.
nasi jamblang pelabuhan cirebon

Tempatnya nyempil, persis di depan tugu-entah-apa-namanya yang berada di pelabuhan Cirebon. Pintu masuknya juga kecil, tapi yang datang ke sana mobil-mobil kece. Tapi jangan harap dapat tempat nyaman untuk duduk ya. Beneran kayak gubuk.Sayangnya, kita datang udah terlanjur agak siang jadi menu yang masih available ya tinggal sedikit. Sisa perkedel kentang, tempe goreng, blekutek, ama empal daging sedikit. Sambal disini lebih enak daripada Mang Dul.
nasi jamblang pelabuhan cirebon

Oh iya, tempenya juga enak loh, beda rasanya. Do not underestimate its shape! Nasinya juga disajikan masih hangat, ngepul-ngepul gimanaaa gitu. Yang kurang cuma empal dagingnya karena masih keras. Soalnya pas kita kecewa gitu liat menunya tinggal dikit, mbak-mbak yang kerja di situ ngeliatin muka kita dan langsung nyuruh mbok-mbok yang lagi masak di dapur buat angkat dagingnya. Jadi dipaksa matang ma dia. Hahahahaa
nasi jamblang paling enak di cirebon

Setelah ambil makanan, kita langsung ke kasir dan ada mbok-mbok yang hitung harga makanan kita berdasarkan apa yang udah kita ambil. Jadi ga usah ngumpet-ngumpetin lauk di bawah nasi deh ya, daripada malu-maluin. :p
wisata kuliner di cirebon

Menurut indra perasa dan pengecap gue nih ya, kalo berdasarkan rasa sih menang nasi jamblang pelabuhan. Makanan masih anget jadi makin selera makan kan. Tapi kalo untuk kenyamanan tempat ya better Mang Dul. But somehow, I prefer nasi jamblang pelabuhan even more. Tempatnya lebih tradisional dan dapur yang keliatan dari tempat kita makan, bikin gue tambah lapar. Next time mungkin gue mau review nasi lengko dan mie koclok. Salah dua panganan khas juga asli Cirebon yang kemaren gak sempat diicip-icip. :)



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor