Beachgasm di Pulau Kodingareng Keke

9:42 AM

kodingareng keke makassar

Kalau ibarat kata pepatah 'Gajah di pelupuk mata tak nampak, tapi semut kecil di seberang sana nampak', nah itulah yang menggambarkan pulau cantik ini. Kalau ngomongin tempat wisata di Sulawesi Selatan, sebagian orang langsung fasih nyebut Tana Toraja atau Tanjung Bira. Padahal itu letaknya berpuluh kilometer dari kota Makassar, si Ibu kota provinsi. Sementara ada pulau yang sangat cantik cuma 30 menit menyebrang selat Makassar.

cara menuju ke kodingareng keke makassar

Pulau yang gak ada penghuninya ini memang letaknya gak jauh dari pantai losari. Untuk mencapai sana kita harus bertolak dari dermaga kayu Bangkoa yang ada di seberang benteng Fort Rotterdam. Biaya sewa kapal kayu yang bisa memuat sekitar 10-15 orang ini sebesar 650k Idr. Itupun setelah nego ala afghan sama si empunya kapal. Tapi harga segitu bisa sekalian mampir di Pulau Samalona.

cara menuju ke kodingareng keke makassar

Hal yang gak boleh ketinggalan kalau mau berwisata ke Kodingareng Keke ini yaitu jangan lupa bawa makanan dan minuman karena di sana benar-benar gak ada pedagang. Oh iya, kalau perlu bawa payung soalnya panasnya nampol.

kodingareng keke makassar

 Yang menyenangkan lagi, pas kapal udah bersandar di dermaga kayunya, kita gak dikenai biaya apapun. Semoga akan selalu begitu ya pemirsa.. Pulau ini sebenarnya masuk pulau idaman gue. Pasirnya putih bersih, air lautnya bening bergradasi, dan SEPI jadi kalau mau foto juga bisa ampe fotogasm.

private beach in makassar
private beach in makassar
sewa perahu dari makassar ke kodingareng keke

Pokoknya gak nyangka deh bakal nemu pulau eksotis begini di Makassar. Padahal kondisi dermaga kayu bangkoa, tempat kita pertama bertolak, gak jauh beda ama Muara Angke yang jorok, banyak sampah, dan air lautnya hitam. Kondisi pulau ini emang kayak gak ada yang urus. Banyak ranting kayu dan bulu babi di sekitar pantai. Kalau tujuannya mau jauh dari keramaian, nikmatin karya Tuhan, dan refresh otak ya pulau ini cucok lah.

pulau kodingareng keke makassar
pulau kodingareng keke makassar
cara menuju pulau kodingareng keke
pulau kodingareng keke makassar

Oh iya, salah satu hal lagi yang gak gue suka. Bukan tentang pulaunya sih, tapi gak suka sama orang-orang yang pernah ke sana. SAMPAH! Di beberapa sudut masih ada gue temuin sampah, dan kayaknya itu perbuatan orang-orang yang pernah camping di sana.

pulau kodingareng keke makassar
Foto bareng Iyenk sang fotografer andalan :))
Sekali lagi, buat yang baca post gue ini tolong dengan sangat bawa plastik sampah kalian kalau mau ke tempat wisata. Kalau emang gak bawa, masukin ke tas kalian aja dulu. Sayang kan, tempat cantik begitu jadi kotor gara-gara orang yang 'katanya' pecinta alam tapi abis camping malah ninggalin sampah.

pulau kodingareng keke makassar
pemotretan di pulau kodingareng keke makassar
pulau kodingareng keke makassar
pulau kodingareng keke makassar
pulau kodingareng keke makassar
pulau kodingareng keke makassar

 Kita cuma 2-3 jam di sana karena panasnya berasa di oven. Harapan gue kalau bisa balik lagi ke sana ya pulaunya sudah lebih bersih dan sedikit dapat perhatian pemerintah.

pulau kodingareng keke makassarpulau kodingareng keke makassar
Foto ini sekarang gue pake buat jadi latar judul blog :D
 Setelah dari Kodingareng Keke, kita mampir sebentar di Pulau Samalona tapi karena udah keburu capek akhirnya kita cuma numpang minum es kelapa sama makan mie instan di Samalona.

pulau samalona
Pulau Samalona
pulau samalona makassar
samalona island

Btw, tulisan gue soal Pulau Kodingareng Keke udah gue submit di detiktravel. Tapi judulnya sebenarnya bukan itu karena diedit sama redaksinya jadi begono. Yasudahlah mungkin emang kecantikan kita terpancar dari depan dan belakang. Huahahaha



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You Might Also Like

6 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. hahaha sepi, jadi serasa di pulau pribadi

    ReplyDelete
  3. berasa ni pulau punya nenek kita aja ya :))

    ReplyDelete
  4. Itu di foto yang paling bawah saya baca ada tulisan "Pemilik Pulau Samalona". Itu berarti bukan pulau pemerintah gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau juga ya. Mungkin karena dari dulu ada keluarga yang pertama kali nempatin pulau ini jadi dklaim milik mereka.
      Gak sempet nanya2 waktu itu soalnya udah kecapekan pas di kodingareng keke.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget