Bandung Juga Punya Onsen

by - 12:30 PM

bandung juga punya onsen

 Onsen yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah pemandian air panas. Sebenarnya di Indonesia sudah banyak pemandian air panas, tapi ada satu di Bandung tepatnya di Lembang yang berbentuk mirip seperti onsen di Jepang.

air terjun maribaya
ada apa saja di maribaya natural hot spring resort
maribaya natural hot spring resort
tempat makan di maribaya natural hot spring resort lembang
jembatan iconic di maribaya natural hot spring resort lembang

Beberapa tahun ke belakang ini objek wisata Maribaya merombak dirinya habis-habisan. Sekitar tahun 2005 yang lalu gue sudah pernah ke objek wisata air terjun Maribaya, namun saat itu gue gak terkesan sama sekali karena bentuknya yang biasa aja dan mirip dengan curug-curug pada umumnya. Setelah direnovasi dan namanya menjadi Maribaya Natural Hot Spring, gue baru menyempatkan diri ke sana weekend lalu.

jembatan di maribaya

Gue takjub. Semua memori 'biasa' gue beberapa tahun silam sama sekali gak tampak dalam wujud Maribaya sekarang. Semua berubah total menjadi lebih modern dan menarik sekali. Mulai dari pintu masuknya yang sudah seperti objek wisata kekinian di Lembang lainnya, hingga beberapa atraksi yang ada di dalamnya.
wisata keluarga di lembang bandung
air terjun maribaya bandung
twig cafe di maribaya natural hot spring resort
Twig Cafe

Honestly, air terjun Maribaya ini biasa aja sih bentuknya. Bukan tipikal air terjun yang jatuh dari ketinggian gitu. Kalau menurut gue malah kayak air grujukan yang besar aja. Tapi pengelolanya membuat agar tampak lebih menarik, maka dibangunlah Twig Cafe yang menghadap langsung ke air terjun ini. Jadi kita bisa makan ala-ala cafe fancy sambil melihat pemandangan air terjun tersebut. Kebetulan saat itu cafenya sedang ada private gathering jadi gue gak nyobain makan di sana.

pemandian air panas di maribaya
pemandian air panas di maribaya bandung

Nah yang mau gue bahas di sini sebenarnya adalah pemandian air panasnya. Mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata di Maribaya ini ada pemandian air panas yang bentuknya mirip sekali dengan onsen yang ada di Jepang. Mandi air panas ini cocok sekali setelah lelah seharian beraktivitas, karena berguna untuk mengendorkan urat yang tegang serta melancarkan peredaran darah. Selain itu juga bagus untuk kulit, karena belerang yang terkandung di dalamnya dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit kulit.

harga paket mandi air panas di maribaya
pengalaman di maribaya natural hot spring resort

Pada umumnya bentuk pemandian air panas yang ada di Indonesia terkesan biasa saja, tapi di sini menurut gue sangat menarik. Kita bisa rileksasi berendam air panas sambil melihat pemandangan air terjun. Apalagi udara Lembang yang terkenal sejuk, pasti segar banget rasanya.

onsen di bandung
pemandian air panas di bandungada onsen di bandung

Untuk bisa menikmati fasilitas pemandian air panas ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 90k Idr per orang. Namun jika ingin sekalian menikmati menu makan siang berupa ikan atau ayam goreng/bakar beserta lalapannya, kita bisa ambil paketan seharga 115k Idr. Sementara harga tiket masuk ke dalam Maribaya ini sebesar 35k Idr. Kita juga dapat air mineral yang bisa langsung ditukarkan begitu membeli tiket masuk. Menurut gue harga tersebut cukup reasonable.

fasilitas di maribaya natural hot spring resort
fasilitas di maribaya natural hot spring resort
playground di maribaya bandung

Maribaya Natural Hot Spring Resorts ini sangat ideal untuk liburan keluarga. Ada arena permainan untuk anak kecil juga. Dijamin betah deh kalau bawa krucil-krucil. Foto spotnya juga banyak, pastikan baterai kamera dan handphone kalian dalam keadaan full. Hanya sayang signal hp kurang bagus di sana. Gue pakai XL, dan lebih memilih untuk turn off mobile datanya aja, karena sayang signal gak ada jadi boros baterai.

maribaya waterfall bandung

Cara menuju ke Maribaya Natural Hot Spring Resort ini cukup mudah. Kalau dari arah Lembang, jalan saja menuju Gunung Tangkuban Perahu. Nanti setelah melewati Pasar Lembang, pas di perempatan jalan, belok kiri dulu lalu putar balik dan langsung belok kiri. Sementara kalau dari arah Dago, bisa lewat Dago Giri. Jalan saja terus sampai ketemu Burgundy, nanti banyak papan petunjuk kok kalau sudah sampai situ. Gue rekomen lewat Dago aja karena gak pakai macet.

wisata keluarga di lembang bandung

Bagi gue Maribaya ini patut dikunjungi kalau sedang berada di Bandung, apalagi sama keluarga! Suasananya gak crowded seperti objek wisata di Lembang lainnya. Happy travelling!








FOLLOW ME HERE


  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

9 komentar

  1. Wah bagus banget tempatnya, bisa jadi referensi buat refreshing kalau ke bandung

    ReplyDelete
  2. Wah bagus banget tempatnya, bisa jadi referensi buat refreshing kalau ke bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ciamik banget buat liburan.. hehe

      Delete
  3. viewnyaa cantiiikkk >.<
    bisa masukin list ini untuk kunjungan kalo lagi maen ke bandung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. banyak spot yang fotogenic. Bandung gak ada habisnya deh. :)

      Delete
  4. Wah seru dan bagus banget suasananya mba, kalo pergi ke Bandung kudu sempetin main ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget mba, kalau mau berendam air panas enak sore2 pas cuaca lagi adem.. hihi

      Delete
  5. mba ini kearah dusun bambu ya? lucu yes tempatnya. banyak spot bagus utk OOTD hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ke arah dusun bambu, kalau udah sampai di pasar lembang nanti gampang ko nyarinya, Iya lumayan kaan buat menuh2in instagram :))

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor