Menilik Sejarah Kemerdekaan melalui Foto Jurnalistik Antara

by - 9:41 AM

pameran foto jurnalistik antara

Kunjungan ke Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara sebenarnya bukan sebuah kesengajaan. Kebetulan Minggu siang, gue, Ayu, dan Ulfa baru saja beli catokan rambut di Pasar Baru. #KibasRambutPentin. Saat mau balik ke parkiran, Ayu berhenti di depan sebuah bangunan tua bergaya kolonial yang di depannya ada beberapa karangan bunga dan tulisan banner sebuah event pameran foto. Kami sempat terdiam sejenak memperhatikan tulisan tersebut sampai mata kami menemukan kalimat 'free of charge', barulah kami berani memasuki bangunan itu. Radar gratisan rupanya sangat kuat diantara kami bertiga. Hahaha

museum dan galeri foto jurnalistik antara di jakarta

Begitu masuk, sudah ada orang yang menyambut kami di meja registrasi. Satu persatu dari kami dipersilahkan mengisi buku tamu dan diberikan souvenir berupa poster. Sampai sekarang pun masih bingung mau pajang dimana poster itu.

museum dan galeri foto jurnalistik antara di jakarta
museum in jakarta
museum yang ada di jakarta
museum dan galeri foto jurnalistik antara
museum yang bisa foto-foto di jakarta
historical place in jakarta for free

Suasana siang itu cukup sepi. Di dalam ruangan galeri saat pertama kali kami datang hanya ada kami bertiga, meskipun gak lama kemudian baru mulai berdatangan pengunjung lain. Mulai dari anak kecil, orang dewasa, remaja, sampai turis asing juga ada.

pameran foto kemerdekaan di jakarta
pameran foto kemerdekaan di jakarta
pameran foto kemerdekaan di jakarta
free things to do in jakarta indonesia
free things to do in jakarta indonesia
museum in jakarta for free
museum gratis di jakarta
museum gratis di jakarta

Rupanya dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, kantor berita Antara bekerja sama dengan Museum Bronbeek, Antara Foto, dan Arsip Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan pameran foto dan peluncuran buku berjudul 71th RI Bingkisan Revolusi di Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara. Di dalam museum itu berisi banyak sekali foto-foto hasil karya jurnalistik Antara pada jaman perang dan kemerdekaan dulu. Ada juga beberapa foto yang didatangkan langsung dari Belanda, loh! Semua foto berwarna hitam putih dan ada juga yang sephia. Terus terang gue kagum dengan hasil karya para jurnalist yang pada masanya mungkin hanya baru ada kamera seadanya dan belum secanggih seperti sekarang. Lumayan banyak juga foto-foto yang belum pernah gue lihat di buku-buku sejarah pada umumnya.

museum sejarah yang ada di indonesia
museum sejarah yang ada di indonesia
barang-barang antik jurnalistik yang dimuseumkan
galeri foto di jakarta
recommended museum in jakarta

Di lantai dua ada display beberapa barang antik seperti mesin tik dan mesin cetak. Itupun kalau gak salah ya, karena gue gak melihat ada keterangan barangnya jadi hanya menerka saja. Kami bertemu salah seorang (yang mungkin bisa dibilang) pengelola. Beliau menyuruh kami untuk mendownload aplikasi Histori Masa Depan. Setelah berhasil didownload, hp diarahkan ke salah satu foto yang ada di ruangan tersebut dan muncul beberapa foto di layar hp. Foto pertama menampilkan foto saat pembacaan proklamasi, lalu setelah digeser ke foto selanjutnya ternyata ada beberapa foto yang diambil pada saat yang sama namun dengan angle yang berbeda. Foto-foto tersebut pun belum pernah gue lihat sebelumnya. Keren deh pokoknya! Aplikasi ini baru tersedia di android saja, semoga ke depannya bisa diakses di iOs juga supaya bisa menambah jangkauannya.

recommended museum in jakarta
recommended museum in jakarta

Overall, gue suka dengan kunjungan dadakan kali ini. Mungkin karena pada dasarnya gue suka museum dan sejarah, serta hal-hal yang berbau vintage, jadi betah kalau ke tempat-tempat seperti itu. Selain bisa menambah pengetahuan, juga bisa foto-foto tentunya. Tapi yang perlu diingat, hasil karya yang ditampilkan jangan disentuh karena takut akan merusak kualitasnya. Gak ada salahnya mampir ke Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara ya kalau sedang berkunjung ke Jakarta, khususnya di daerah Pasar Baru. Lokasinya mudah ditemukan, berada di Jalan Antara 59 Pasar Baru, Jakarta Pusat. Gak jauh dari gerbang Pasar Baru kok. Happy Wandering!





FOLLOW ME HERE


  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

8 komentar

  1. wah ternyata asik juga ya, mampi ke museum jurnalistik antara. jadi penasaran pengen nyobain aplikasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu dan memang keren banget sih hasil karya foto-fotonya. :)

      Delete
  2. poster dan foto2ny bagus. dokumentasi yang sangat berharga untuk bangsa. Tapi kok ada yang di Belanda yaa..hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kayaknya foto-foto yang dari Belanda itu foto-foto yang pas lagi ada event di Belanda dulu soalnya ada foto Bung Hatta pas lagi di Volendam.

      Delete
  3. Kereen... Maunya di setiap kota di Indonesia ada pameran seperti ini yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, semoga bisa terwujud deh biar yang di kota lain juga bisa menikmati :)

      Delete
  4. Menarik! Tempo hari di Jakarta juga ada Habibie Festival di beberap museum. Salam kenal ya Nidy! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas Habibie festival mau dateng tapi gak sempet.. salam kenal juga ya, Annisa! Namanya mirip adikku euy :D

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor