8 Hal Amazing yang Wajib Kamu Cobain Saat Musim Semi di Jepang

by - 10:02 AM

8 hal amazing yang wajib kamu cobain saat musim semi di jepang


Konichiwa!!

Ada yang sudah pernah ke Jepang? Atau mungkin sudah sering ke sana? Jepang selalu mempunyai tempat khusus di hati para traveller seluruh dunia. Waktu kecil, gue senang sekali menonton serial Oshin yang ketika itu disiarkan di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Jujur, pertama kali gue mengetahui ada negara yang bernama Jepang ya saat menonton serial Oshin. Rasanya menarik banget melihat para perempuan Jepang mengenakan kimono berjalan di antara rumah-rumah khas Jepang. Ditambah lagi pada era 90-an, Minggu pagi gue selalu disuguhi tontonan kartun Jepang. Mulai dari Doraemon, P-man, Ninja Hatori, sampai Sailormoon. Melalui layar kaca saja, gue sudah bisa membayangkan seperti apakah Jepang itu. Ya, mungkin sekarang gue mengenal Jepang hanya sebatas melihatnya dari televisi atau mengagumi foto-fotonya saja yang bersliweran di timeline instagram, siapa tahu nanti ada saatnya juga buat gue memenuhi timeline teman-teman dengan foto-foto travelling gue saat ke Jepang. :p

musim semi di jepang

Beragam alasan orang datang ke Jepang. Mulai dari perpaduan keindahan alam, nilai budaya yang tinggi, kearifan lokalnya dan kemajuan teknologi di Jepang, seakan menjadi magnet bagi orang-orang untuk datang ke sana. Siapa sih yang tidak tertarik dengan segala yang disuguhkan oleh Jepang?

Sebelum ke sana, yuk kita cari tahu dulu mengenai Jepang. Biar gak kudet banget, gitu.

Tentang Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan Laut Jepang. Lokasinya juga bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea Selatan, Korea Utara, Rusia, dan Taiwan. Ada 4 pulau utama yang ada di Jepang, antara lain Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Negara Jepang terdiri dari 47 prefektur. Kalau di Indonesia, prefektur lebih dikenal dengan provinsi. Prefektur di Jepang dibuat pada masa periode Meiji. Tingkat prefektur dibagi menjadi 4, yaitu: (To “都”) merupakan prefektur satu metropolis atau biasa disebut ibu kota Tokyo, (Do “道”) merupakan prefektur satu sirkuit atau biasa disebut Hokkaido, (Fu “府”)merupakan dua prefektur perkotaan atau dua kota besar yaitu Osaka dan Kyoto, (Ken “県”) merupakan 43 prefektur lainnya.

Mata Uang

Mata uang Jepang adalah Yen (JPY), dengan simbol ¥. Nilai tukarnya jika dibandingkan dengan Indonesia Rupiah (IDR) kurang lebih yaitu 1 JPY = 110-120 IDR.

Makanan dan Minuman

japanese food

Kekayaan ragam kuliner dari Jepang pun sudah mendunia. Jika menyebut nama Jepang, pasti lekat sekali dengan sushi, ramen, dan sashimi. Orang-orang Jepang bisa dibilang cukup kreatif soal kuliner. Penampilannya dibuat semenarik mungkin agar orang tertarik unuk mencobanya, soal rasa juga tidak usah ditanyakan lagi. Mulai dari snack, makanan pembuka, hingga desert, pasti dibuat seciamik mungkin. Pastinya, mencicipi kuliner khas Jepang merupakan suatu kewajiban jika bertandang ke sana. Letak perairan Jepang yang strategis membuatnya sebagai salah satu penghasil seafood terbaik. Ada yang pernah mendengar king crab? Panganan laut yang terkenal mahal itu bisa kalian temukan dengan mudah di Hokkaido. Rugi banget kalau sudah sampai sana tapi tidak mencicipi makanan lokalnya.

Transportasi

shinkansen

Siapa yang meragukan soal sarana transportasi di Jepang? Kiranya kita semua sudah tahu bahwa Jepang merupakan negara paling maju di bidang industri dan transportasi di Asia. Sistem transportasi di Jepang sudah sangat tertata rapi dan apik. Jadwal kereta saja hampir tidak pernah meleset. Kalau sedang berada di Jepang, tidak boleh melewatkan kesempatan naik kereta paling cepat di dunia, Shinkansen. Lumayan menghemat waktu dibandingkan dengan naik kereta biasa atau bus. Caranya hanya dengan membeli JR Pass yang sudah terlebih dahulu dibeli di Indonesia. Fyi, JR Pass memang hanya dijual di luar Jepang dan sudah tersedia di beberapa travel agent yang ada di Indonesia.

Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Jepang mempunyai 4 musim, diantaranya yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Sepanjang tahun, Jepang selalu ramai didatangi wisatawan mancanegara. Karena setiap musim di Jepang selalu punya daya tarik tersendiri. Apalagi bagi orang Indonesia yang hanya bisa merasakan musim hujan, musim kemarau, musim rambutan, musim durian, musim mangga. #Eh
Bisa menikmati musim-musim yang tidak ada di Indonesia merupakan suatu privilege tersendiri. Tinggal bagaimana preferensi kita saja. Namun pastinya ada donk satu musim yang selalu jadi favorit wisawatan.

Spring

musim semi di jepang

Ini dia musim favorit para traveller! Perubahan warna pemandangan dari abu-abu yang perlahan berubah menjadi pink di setiap sudut Jepang, menjadi keunikan tersendiri. Boleh dibilang musim semi ini adalah musim yang paling cantik. Musim semi di Jepang dimulai sejak pertengahan Maret hingga pertengahan Mei. Namun biasanya peak season dimulai pada awal hingga pertengahan April, karena pada masa tersebut bunga-bunga sakura sedang bermekaran di Tokyo. Banyak pula festival yang diselenggarakan sepanjang musim semi berlangsung. Penduduk Jepang bersuka cita menyambut musim semi tiba. Ribuan orang memadati taman yang ditumbuhi pohon sakura. Entah itu merayakannya dengan keriuhan festival atau hanya dengan piknik di bawah pohon sakura bersama keluarga. Saking antusiasnya masyarakat Jepang dengan musim semi, pemerintah memberikan masa liburan selama satu minggu yang biasa disebut dengan golden week.

perkiraan bunga sakura mekar di jepang

Mekarnya bunga sakura di Jepang tidak serta merta berbarengan di tiap prefektur. Hal ini dikarenakan letak geografis Jepang yang terbentang secara vertikal dari utara ke selatan. Tentu saja ini bisa jadi suatu keuntungan bagi para traveller yang datang bukan pada saat golden week, asal tahu daerah mana saja yang bunga sakuranya sedang dalam tahap puncak mekar. Sayang kan, kalau sudah sampai sana tapi bunga sakuranya belum mekar atau malah sudah pada layu. Untuk memudahkan kapan waktu yang tepat untuk datang ke Jepang saat musim semi, nih gue kasih tahu bocorannya. :p

best place to visit japan in spring


Jika kalian berniat untuk travelling ke Jepang pada musim semi, ada banyak sekali tempat dan aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan di Jepang. Musim semi di Jepang tidak melulu soal bunga sakura kok, ada banyak objek wisata dan aktivitas lain yang tidak kalah seru, yang bisa kalian lakukan selama di Jepang. Langsung saja yuk, kita simak apa saja yang bisa kalian cobain saat musim semi di Jepang.

1.      Hanami di bawah pohon sakura

musim semi di jepang

Ketika musim dingin berganti dengan musim semi, dan bunga sakura mulai bermekaran, biasanya masyarakat Jepang melakukan hanami, yaitu piknik di bawah pohon sakura. Saat travelling ke suatu negara, hal yang paling diburu adalah sesuatu yang tidak ada di Indonesia, bukan? Salah satunya ya hanami ini. Biasanya Ueno Onshi Park dan Shinjuku Gyeon National Garden selalu padat pengunjung ketika musim semi tiba. Masyarakat Jepang bersuka cita dengan hanami bersama orang-orang terdekat, menikmati sake dan bento yang telah mereka bawa dari rumah, sambil menikmati semilir angin dan udara sejuk di antara pohon sakura.

2. Ingin menikmati sakura dengan cara yang berbeda? Pergilah ke Chidorigafuchi Park!

musim semi di jepang

Kalau menurut kalian menikmati bunga sakura sambil hanami sudah terlalu mainstream atau mungkin sudah pernah melakukannya, coba deh ke Chidorigafuchi park di Tokyo. Di sana kita bisa mendayung perahu sambil melihat keindahan bunga sakura yang tumbuh secara alami dan menhiasi pinggir sungai. Seru banget, apalagi kalau dengan orang tersayang. Romantis!

3.      Melihat kemegahan Gunung Fuji dari festival Shibazakura

musim semi di jepang
source: zoomingjapan

Siapa yang tidak  mau menyaksikan sunrise di negara yang mempunyai julukan matahari terbit? Kebayang tidak sih melihat langsung matahari terbit dari Gunung Fuji. Melihat Gunung Fuji dari kejauhan juga tidak kalah indah. Berjarak sekitar 2 jam dari Tokyo, setiap tahunnya ada festival yang menampilkan hamparan bunga shibazakura berwarna pink dan ungu yang terbentang luas dengan latar belakang Gunung Fuji. Festival ini biasanya diselenggarakan dari pertengahan April hingga bulan Mei. Viewnya cantik banget, dan yang jelas sangat instagram-able.

4. Mau melihat salju di musim semi? Datanglah ke Tateyama Kurobe Alpine Route

lihat salju pas musim semi di jepang
source: japan-guide

Tateyama Kurobe Alpine Route ini sebenarnya merupakan rute yang menembus pegunungan yang menghubungkan dua kota yaitu Tateyama di Prefektur Toyama dan Shinano-Omachi di Prefektur Nagano. Salah satu tempat yang sering dijadikan objek foto para fotografer adalah jalanan yang di sisi kanan dan kirinya terdapat dinding salju setinggi 20 meter. Meskipun datang pada musim semi, kamu juga masih bisa merasakan dinginnya salju di Tateyama Kurobe Alpine Route. Tempat ini memang dibuka di penghujung akhir musim dingin.

5. Tengelam dalam keriuhan di Festival-festival selama musim semi

musim semi di jepang
source: japan-guide

Sanja matsuri adalah salah satu festival yang diadakan di Tokyo, tepatnya di kuil Sensoji, di daerah Asakusa. Festival yang digadangkan sebagai festival terbesar dan terliar di Jepang ini berlangsung selama 3 hari di minggu ketiga bulan Mei. Festival ini dihadiri ribuan masyarakat Jepang yang tumpah ruah ke jalan demi melihat tarian, musik tradisional, dan replika mini kuil yang diarak keliling Asakusa. Kalau kamu suka dengan keriuhan dan keseruan berdesak-desakan dengan warga lokal, wajib banget ikutan festival ini.

festival di jepang
source: japan-guide

Selain di Tokyo, di Kyoto juga ada festival besar yang diadakan tiap musim semi, yaitu Festival Aoi Matsuri. Nah, jika datang bertepatan saat festival Aoi Matsuri berlangsung, kita tidak hanya melihat gadis-gadis cantik yang berdandan ala Geisha saja di Kyoto, tapi akan ada banyak pria, wanita, hingga anak kecil parade di jalan dengan berpakaian tradisional bak jaman kerajan. Festival ini merupakan festival tertua dan terbesar di Kyoto. Sayang banget kan kalau sampai terlewatkan.

6. Mau ke rumah-rumah tradisional? Ke Shirakawago donk!

musim semi di jepang
source: his-j

Desa tradisional yang terletak di kaki Gunung Haku-san, tepatnya di prefektur Gifu, dikelilingi pegunungan dan sungai. Saat musim semi tiba, para petani di desa ini mulai menanam padi di halaman rumah mereka. Pemandangan desa dengan background pegunungan yang masih dilapisi salju, dihiasi dengan bunga sakura, dan suara nyanyian burung ikut menambah suasana syahdu di Shirakawago. Lokasinya yang jauh dari kehidupan perkotaan modern dan masih mempertahankan keaslian nilai budaya yang tercermin melalui arsitektur rumah-rumah dan adat istiadat yang ada di Shirakawago, menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveller.

7. Mau awet muda dan panjang umur? Ke kuil ini saja!

musim semi di jepang

Di Kyoto, ada salah satu kuil Budha yang cukup terkenal, yakni Kiyomizu Temple. Aula utama kuil ini disokong oleh pilar-pilar yang tinggi dan besar. Jika diperhatikan dari kejauhan, kuil ini terlihat seperti menggantung di tepi tebing. Pemandangannya keren! Nah, di bawah aula, terdapat air terjun Otowa-no-taki yang dipercaya akan memberikan kesehatan dan awet muda jika meminumnya. Penasaran mau membuktikannya?

8. Berendam di Onsen sambil menikmati pemandangan Gunung Fuji

musim semi di jepang
source: selected-ryokan

Akhiri perjalananmu dengan berendam di onsen sambil melihat pemandangan Gunung Fuji. Belum lengkap rasanya jika perjalanan selama di Jepang, tidak sempat merasakan sensasi berendam di onsen. Pengalaman ini bisa kamu rasakan di Kawaguchiko. Di sana banyak sekali resort-resort yang menyediakan fasilitas onsen. Menginap semalam di sana, cukup untuk menyempurnakan perjalanan kamu selama di Jepang.

*******************************

Bagaimana? Keren-keren kan pilihan gue. :p

Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas seru yang bisa kalian nikmati selama musim semi di Jepang. Di Tokyo saja, spot untuk melihat bunga sakura banyak sekali, belum lagi di kota-kota lain. Selain bunga sakura juga masih banyak bunga-bunga cantik lain yang menghiasi musim semi di Jepang. Buat pemula sih, sudah bisa melihat bunga sakura tumbuh liar di pingir jalan saja, pasti gue sudah melonjak kegirangan.

Bicara mengenai budget jalan-jalan, untuk hal ini travelling ke Jepang sepertinya agak sedikit tricky. Jepang terkenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal di Asia, bahkan di dunia. Sebisa mungkin kita harus bisa mengatur pengeluaran kita selama di sana, agar kantong tidak cepat jebol. Apalagi peak season di Jepang yang selalu jatuh pada musim semi. Seperti yang kita ketahui, saat peak season, hampir semua harga tiket pesawat, hotel, dan transportasi lainnya melambung tinggi. Namun rupanya tetap hal ini tidak menjadi penghalang bagi para traveller yang memang ingin merasakan pengalaman menakjubkan di Jepang. Ya, daripada terus penasaran sih lebih baik sisihkan tabungan dari sekarang supaya bisa segera ke Jepang. #NgomongSamaDiriSendiri T.T

Liburan yang seyogyanya jadi jalan keluar untuk mengurangi kepenatan, malah bisa berubah jadi semakin ruwet, jika kita tidak pintar memilih dan merencanakan liburan kita dengan matang. Nah, kalau tidak mau pusing memikirkan kemana saja destinasi yang dituju, transportasi apa yang akan digunakan, menghapalkan rute perjalanan, makan dimana, menginap dimana, beli oleh-oleh dimana, belum lagi pusing memikirkan mata uang rupiah yang terus tergerus mata uang asing, gue sarankan sih lebih baik gunakanlah jasa provider tour & travel saja. Agar saat liburan bisa lebih enjoy.

H.I.S Travel Indonesia

Banyak provider/agen tour & travel yang menyediakan paket perjalanan ke Jepang dengan harga dan pilihan yang beragam. Memilih agen tour & travel yang cocok dengan apa yang kita butuhkan juga harus hati-hati, karena gak sedikit agen tour & travel nakal yang berusaha untuk menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan kenyamanan dan keamanan peserta tour.

Coba deh kalian cek websitenya HIS Travel Indonesia. Salah satu agen tour & travel terpercaya di Indonesia. Track Recordnya juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena jaringannya sudah tersebar luas di dunia. Di Jepang saja sudah punya 273 cabang, dan di Indonesia juga sudah ada 9 cabang. Kualitas pelayanannya sudah terjamin karena di bawah H.I.S group, salah satu bisnis grup travel besar di dunia.


Nah, H.I.S Travel Indonesia lagi ada paket ke Jepang untuk musim semi tahun ini. Dalam tour ini, kamu akan diajak ke beberapa tempat cantik yang ada di Jepang. Diantaranya yaitu Kiyomizu Temple, Shirakawago, Sannomachi Market, Matsumoto Castle, Mt. Fuji, Resort Kawaguchi, Asakusa Kannon Temple, Shinjuku. Kamu juga tentunya akan diajak ke beberapa spot terbaik untuk menikmati bunga sakura di Jepang, seperti Nishinomaru Garden, Kema Sakuranomiya Park, Philosopher's Path, Sumida Park, Chidorigafuchi & Ueno Park. Buat cewek-cewek, tidak usah khawatir soal urusan shopping, karena pihak H.I.S Travel Indonesia juga sudah memberikan waktu khusus untuk berbelanja selama di Jepang. Nanti kamu akan diajak ke Shinsaibashi, Gotemba Premium Outlet, Nakamise Street, Shibuya, dan satu lagi nih, kamu akan foto bareng dengan patung Hatchiko. Masih ingat kan dengan kisah mengharukan seekor anjing yang setia menunggu tuannya di depan stasiun? Cek dulu saja ke websitenya, ya.

Kenapa harus HIS Travel Indonesia?

his travel indonesia

1. Kenyamanan Service

Bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kamu, mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah. H.I.S Tours & Travel sangat amat mementingkan faktor kenyamanan para pelanggannya. Apalah gunanya itinerary yang keren, kalau para pelanggannya tidak merasa nyaman. Ye kaaan? Makanya poin ini penting banget masuk perhatian kamu.

2. Global Network Mendukung Keamanan

H.I.S memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan kamu. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kamu kembali ke rumah.

3. Harga Terbaik Langsung dari Luar Negeri

Cabang H.I.S di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kamu butuhkan.

4. Unggul dalam Individual Tour

H.I.S Tours & Travel menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginanmu. Mereka dapat menyusun perjalanan kamu mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil, dan semua yang kamu butuhkan. Mau minta tolong diuruskan visanya juga bisa! Atau gak mau ikut tour rombongan dan mau private tour? Juga bisa! Pokoknya tinggal konsultasikan saja keinginan kamu pada tim terpercaya H.I.S Tours & Travel.

5. Unggul untuk Perjalanan ke Jepang

H.I.S memiliki 273 cabang di Jepang. Kamu dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR Pass hingga penerbangan domestik.


Mau liburan mah jangan pusing-pusing, cyiin. Mendingan langsung cek websitenya H.I.S Travel Indonesia saja untuk mencari tahu lebih detail paket tour apa saja yang sesuai dengan selera kamu. Supaya liburan bisa bebas pikiran, tidak ribet mengurus persiapan hingga akhir liburan seperti apa. Dari A-Z sudah diurus, kita tinggal mikirin mau pakai baju apa selama di Jepang, biar foto-fotonya cantik nanti pas di sana. Hehehehe

HAnavi his travel indonesia

Salah satu produk yang ditawarkan oleh H.I.S Travel Indonesia yaitu HAnavi, yang merupakan kerjasama antara H.I.S Tours & Travels dan ANA (All Nippon Airways), salah satu maskapai terbaik di Jepang. HAnavi menyediakan paket tour yang dirancang khusus untuk wisatawan asing, dengan kelebihan sebagai berikut:

Hemat Waktu. Jika kamu ingin menjelajahi banyak kota-kota di Jepang, namun sulit dijangkau dan terkendala oleh waktu, HAnavi bisa jadi solusi masalah tersebut. Karena kamu bisa menghemat waktu dengan naik pesawat ANA, yang jadwalnya bisa kamu pilih sendiri.

Harga lebih murah. HAnavi menawarkan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan diskon besar-besaran.

Beragam pilihan penerbangan & hotel. HAnavi menyediakan beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana kamu. Ada sekitar 800 penerbangan dan 3,500 hotel di Jepang yang bisa kamu pilih.

Menurut gue, HAnavi ini cocok sekali untuk kamu yang baru pertama kali ke Jepang. Karena sangat memudahkan perjalanan dan membuat moment perjalanan jadi semakin indah, tanpa perlu pakai drama nyasar di jalan, apalagi mendadak bangkrut.

Hisgo sekarang sudah bisa didownload di aplikasi android

Semoga tulisan kali ini bisa menginspirasi kalian untuk segera mewujudkan cita-cita wisata ke Jepang, ya. Karena Jepang itu sangat amazing dari segala rupa yang ada di sana. Makanannya, keramahan dan sopan santun orang-orangnya, nilai budayanya yang masih kuat, hingga alamnya yang sulit ditampik keindahannya. Aaaah.. semuanya begitu menakjubkan! Jadi tidak sabar mau segera menangkap keindahan Jepang lewat kamera gue sendiri. Wish me luck!

#HISAmazingSakura

HIS Amazing Sakura - Blogger Competition


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE+

You May Also Like

15 komentar

  1. Weeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!
    Kapan aku bisa bernapas di sanaaaa >.<
    wkwkwkw~ ini mah emang keren banget! Semua nya di jaga mulau dr budaya, bahasa, dll. Aku jg lagi buat ini >.< semoga kita menang ya ka Nidy heheh ^.^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieeennn... kalo menang bareng jadi jalan-jalan bareng deh. ^^

      Delete
  2. Waaa artikelnya tempting,,,, bikin pengen ke jepang lagi :D

    ReplyDelete
  3. Kerennnn..

    Mantap...

    Follback www.mangandosetiawan.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali... Sudah difolbek...
      Wah Torajanese ya, aku Paloponese :D

      Delete
  4. Keren...
    Sukses ya moga menang biar nanti bisa share perjalanannya sama kita :-)

    ReplyDelete
  5. Jepang ini emang jadi inceran saya, niat udah bulat tekad udah dikencengin sayang fulusnya blom ngalir hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga fulusnya cepat terkumpul..
      Ketik amien.. 😁

      Delete

INSTAGRAM @miss_nidy

Country I have visited