Mudah dan Bebas Pungli, Angkutan Sewa Khusus Peroleh Izin dari BPTJ

1:47 AM

kemacetan di jakarta

Jumlah volume kendaraan pribadi yang hilir mudik di jalanan Jabodetabek mempunyai andil besar dalam menciptakan kemacetan. Kenapa gue bilang Jabodetabek? Karena banyak orang yang bekerja di Jakarta itu justru bermukim di luar Kota Jakarta, seperti Bekasi, Tangerang, dan Bogor.  Namun, kita gak bisa langsung menyalahkan mereka juga.

Salah satu alasan orang-orang malas menggunakan transportasi umum adalah karena pelayanannya yang masih dinilai kurang baik dan rute yang belum menjangkau tempat tinggal mereka. Gak sedikit loh teman gue yang kapok naik KRL tiap pagi untuk berangkat kerja di Jakarta dari Bogor, dan akhirnya beralih menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Beberapa tahun belakangan ini, transportasi online mulai memberikan nafas baru di dunia transportasi dan perhubungan. Kita gak perlu repot menunggu di pinggir jalan, gak perlu berdiri berdempetan sepanjang perjalanan, dan rutenya bisa menjangkau ke sudut-sudut jalanan yang belum dilalui transportasi umum.

By the way, pernah merasa deg-degan saat sedang order transportasi online? Di beberapa tempat, memang masih banyak yang melarang transportasi online untuk menjemput penumpangnya. Sehingga gak jarang pula, banyak calon penumpang yang terpaksa harus main kucing-kucingan agar gak terlalu nampak seperti sedang mau naik transportasi online. Bahkan menurut cerita salah satu teman, ada yang nekat mencium tangan si driver taksi online agar kelihatan seolah-olah seperti sedang diantar oleh keluarga ke bandara. Masalah perizinan ini tentu saja masih menjadi kendala bagi mitra pengemudi transportasi online, dan juga si calon penumpang.

Padahal keberadaan angkutan sewa khusus sudah terbukti memberikan kemudahan bagi masyarakat. Selain bisa menjangkau daerah yang gak dilalui angkutan umum, harganya kadang bisa jauh lebih murah.   

peluncuran perizinan berbasis online untuk angkutan sewa khusus

Hal ini sudah mulai mendapat perhatian pemerintah, khususnya Kementrian Perhubungan. Minggu lalu, tepatnya tanggal 16 Juli 2017, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah meresmikan perizinan online yang diperuntukan angkutan sewa khusus. Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan – secara langsung meluncurkan perizinan online ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Bambang Prihartono, selaku Kepala BPTJ, sadar betul bahwa gak semua pemilik angkutan sewa khusus memiliki waktu cukup untuk mengurus perizinan kendaraannya. Selain dikejar waktu, mereka juga dituntut oleh target yang harus segera dicapai. Maka dari itu, dengan hadirnya perizinan secara online ini, diharapkan akan memudahkan semua pihak, baik perusahaan angkutan sewa khusus, maupun pemerintah selaku pengawas. Prosesnya yang mudah dan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan pembuatan izin secara manual, juga diharapkan bisa mencegah aksi pungli yang menjadi celah jika dilakukan secara tatap muka langsung.

peluncuran perizinan berbasis online untuk angkutan sewa khusus
peluncuran perizinan berbasis online untuk angkutan sewa khusus

Sistem perizinan ini sudah terintegrasi langsung ke pihak-pihak yang terkait. Semua data aplikan yang masuk akan langsung muncul di monitor Kasubdib, Direktur, dan juga Kepala Badan yang terkait. Sehingga pihak-pihak tersebut bisa melakukan percepatan. Jadi gak ada deh tuh berkas numpuk di satu bagian.

Kelebihan bagi para aplikan, selain lebih hemat waktu, bisa lebih hemat biaya juga. Gak perlu ongkos bolak-balik ke kantor BPTJ, semua dilakukan secara online mulai dari pendaftaran, upload berkas, hingga izin selesai dibuat. Pembayaran pun bisa dilakukan secara non tunai melalui Simponi, milik Kementerian Keuangan. Kalian cukup datang sekali untuk mengambil izin yang sudah jadi.

Cara membuat perizinan angkutan sewa khusus sangat mudah, gaes. Kalian tinggal masuk ke http://ask.dephub.go.id/, kemudian isi data, dan upload dokumen. Setelah itu kalian akan mendapatkan kode billing. Jika sudah berhasil melakukan pembayaran, kalian tinggal menunggu sampai izin selesai dibuat, dan bisa datang langsung ke kantor BPTJ untuk mencetak izinnya.

Jadi buat kalian yang memang sudah terdaftar sebagai mitra pengemudi angkutan sewa khusus, sangat disarankan untuk segera mengurus perizinan kendaraan kalian secara resmi di website Departemen Perhubungan, ya. Jalan sudah dipermudah, masa masih gak mau juga. :p

Selain perizinan online, pada hari yang sama juga dirangkaikan dengan peluncuran Fleet Management System yang digunakan oleh Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta). Sistem berbasis online ini juga digunakan oleh Perum PPD untuk meningkatkan kinerjanya.  Setidaknya ada empat hal yang dituju oleh system ini, yaitu sumber daya manusia, pemeliharaan, operasional, dan keuangan.

peluncuran perizinan berbasis online untuk angkutan sewa khusus

Oh iya, dalam gelaran acara tersebut, ada pemberian penghargaan bagi para masinis dan pramudi terbaik se-Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para ujung tombak pelayanan transportasi yang ada di Jabodetabek. Sebagai pengguna KRL dan layanan bus Trans Jakarta, gue menyempatkan diri untuk mengabadikan momen itu. Siapa tahu nanti ketemu mereka pas lagi menggunakan KRL atau Trans Jakarta.

Gue percaya jika semakin banyak pilihan transportasi umum dan pelayanannya pun mengalami kemajuan, kemacetan akan semakin berkurang. Bayangkan, ada berapa ribu orang yang akan beralih menggunakan transportasi umum. Gue salut dengan ikhtiar BPTJ yang akhirnya mendengar suara masyarakat tentang keberadaan angkutan sewa khusus. Semoga dengan perizinan online ini, transportasi umum di Indonesia bisa jadi lebih teratur. Yuk, yang belum mendaftarkan angkutan sewa khususnya, jangan lupa segera buat ya. J


Penampilan stand up comedy oleh Raim Laode





FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jika transportasi umum bisa didapatkan dengan mudah serta pelayanannya bagus, memang sih banyak orang akan beralih menggunakan fasilitas tersebut. Kasian juga kalau lihat jalanan macet seperti di kota-kota besar. Apalagi sekarang hampir di semua kota sudah mulai macet, volume kendaraan jauh lebih banyak.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget sih sama komentar pak Nasirullah di atas^
    Sekarang kan Jakarta masih terus memperbaiki infrastruktur transportasi umumnya tuh, bagus sekali kalau dibarengi juga dengan layanan para operatornya :)
    Jadi orang-orang makin nyaman dan transportasi umum bisa jadi pilihan, plus ngurangi macet dan polusi.

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget