Ngopi Sambil Lihat Atraksi Seru ala Kopi Selasar

6:42 PM

kopi selasar kemang

Cuaca mendung ditambah hati yang galau, paling pas kalau kumpul bareng teman-teman sambil ngopi. Gue, bukan pecinta kopi hardcore, tapi gak pernah menolak ajakan ngopi bareng. Di Jakarta saja, coffee shop sudah menjamur, khususnya di daerah selatan. Coba saja tanya ke orang-orang yang gemar kopi, pasti akan banyak coffee shop di daerah Jakarta Selatan yang disebut. Namun, menemukan kopi yang mempunyai cita rasa khas 100% Indonesia, masih bisa dihitung dengan jari.

Di Kemang, ada coffee shop baru. Namanya Kopi Selasar. Bukan, ini berbeda dengan yang ada di Bandung. Gue tahu tentang coffee shop ini dari Kak Vika. Dulu pernah icip kopi susunya, saat menghadiri acara peluncuran Infranesia. Kebetulan Kopi Selasar ini jadi salah satu hidangan di acara tersebut. Dari situ lah gue tahu kalau racikan Kopi Selasar memang enak.
rumah jawa galery
ngopi di rumah jawa gallery

Gerai Kopi Selasar berada di beranda Rumah Jawa Gallery. Gak heran kenapa namanya Kopi Selasar. Bangku yang tersedia pun gak begitu banyak, tapi justru itu lah yang membuat atmosphere kekeluargaan lebih terasa, karena duduk yang gak berjarak. Suasana pun semakin akrab. 

 Bahas tentang kopinya, yuk!

atraksi barista lokal di kopi selasar

Teknik pembuatan kopi di Kopi Selasar menggunakan manual brew. Jadi gak usah heran kalau begitu sampai sana tapi gak melihat coffee maker atau mesin ekspresso sama sekali. Di Kopi Selasar, barista bakal pamer kebolehannya dalam meracik kopi. Prosesnya kurang lebih mirip seperti pembuatan teh tarik, yaitu dengan cara dituangkan ke dalam saringan berbentuk kerucut, dan dipindahkan ke gelas yang satunya lagi. Hal itu dilakukan selama berulang, dan teknik pemindahannya harus ditarik setinggi mungkin.

Meskipun berada di Rumah Jawa Gallery, tapi kopi andalannya adalah kopi dari Aceh. Lho kenapa gak kopi Jawa? Ini Indonesia, dik. Bhineka Tunggal Ika, jadi sah-sah saja. :p

kopi asli indonesia

Sebenarnya, selain Aceh, ada juga pilihan kopi lain, misalnya kopi Toraja, Flores, dan Lampung. Tergantung ketersediaannya saja. Gue juga pernah mencicipi kopi Flores, Toraja, dan Mandailing. Tapi menurut gue, memang kopi Aceh lah yang rasanya paling enak. Ini selera gue saja, sih, dan soal selera gak usah diperdebatkan, ya. Bagi penggemar kopi, mungkin setuju dengan pendapat gue ini.

menu di kopi selasar kemang
kopi paling enak di jakarta selatan

Menu di Kopi Selasar gak macam-macam, kok. Jadi gak bakalan bingung mau order apa. Menu kopinya ada kupi hitam, kupi sanger, kupi susu, dan kupi tarik. Kenapa penulisannya kupi, kak? Di Aceh, penyebutan kopi lebih familiar dengan penulisan kupi. Gak usah jauh-jauh ke Aceh, deh. Coba kalian nonton serial Si Doel Anak Sekolahan, kalau Babe minta dibikinin kopi sama Maknyak, pasti bilangnya, “Bikinin gue kupi, ye”.

Sementara untuk pilihan menu selain kopi, ada teh tarik, teh lychee, dan teh saring. Saat berada di sana, setidaknya gue telah mencoba tiga menu kopi dan dua menu tehnya. Mau tahu kayak apa? Yuk, kita bahas.

Kupi Susu - 20k IDR


kopi susu di kopi selasar

Sesampainya gue di Kopi Selasar, gue langsung menuju meja barista dan order kopi susu. Biar penyesuaian di lambung, jadi pesan yang manis-manis dulu. Ya, kayak mulut playboy gitu, deh. Kasih yang manis-manis dulu di awal, baru yang pahit belakangan. #eh

coffee shop dengan manual brewakopi enak dan murah di jakarta

Meskipun judulnya kopi susu, tapi perbandingan kopi dan susunya pas. Kalau kalian gak begitu suka kopi pahit, bisa dicoba pesan yang ini.


Kupi Hitam - 18k IDR 

kopi aceh di jakarta selatan

Gue hanya mencicipi sedikit saja kopi hitam ini. Sama seperti karakter kopi Aceh biasanya, enak dan lumayan strong! Gue biasanya suka deg-degan tiap habis minum kopi hitam, makanya gue gak berani cobain terlalu banyak. Buat pecinta kopi original, wajib cobain ini. :D


Kupi Sanger - 20K IDR

kopi sanger paling enak di jakarta

Ini dia kopi favorit di Kopi Selasar. Kupi sanger ini sepintas mirip dengan kupi susu, sama-sama menggunakan susu. Hanya saja perbedaannya terletak pada jumlah takaran susunya. Kupi sanger hanya menggunakan perbandingan 3:1 hingga 5:1. Lebih banyak campuran kopi dan airnya, ketimbang susunya. Jadi meskipun ada rasa getir di ujung lidah, masih ada rasa manis dari susu.

coffee shop yang menyediakan kopi aceh terenak di jakarta

Di Aceh, budaya minum kopi sudah sangat merakyat. Hampir setiap hari warganya pasti minum kopi, rasanya seperti ada yang kurang jika belum minum kopi dalam sehari. Hanya saja, kadang harga kopi susu lebih mahal. Jadi para pembeli meminta kepada si pembuat kopi untuk mengurangi presentase susunya, agar harganya jadi lebih murah. Dari situlah tercipta kopi sanger. Oh iya, gak semua barista bisa membuat kopi sanger, lho.Karena kalau takarannya kurang pas, bisa kurang nikmat juga rasanya. Di Kopi Selasar ini, menurut gue baristanya berhasil meracik kopi sanger. Pokoknya wajib cobain kalau ke sana.

Teh Tarik - 25K IDR

teh tarik paling enak di kopi selasar

Kalau kalian bukan pecinta kopi, tapi teman kalian ngajak ketemuan di coffee shop, ajak saja ke Kopi Selasar. Teh tarik di Kopi Selasar selalu jadi best seller. Gue order es teh tarik di sana, rasanya beda banget dengan es teh tarik di tempat lain. Ada hint cinnamon di dalam racikan tehnya. Segar banget!


Teh Lychee - 25K IDR

harga menu di kopi selasar jakarta


Di akhir kunjungan, gue masih penasaran untuk mencoba teh lychee. Setelah dihajar kopi, rasanya teh lychee ini seperti penetral lidah. Di dalam tehnya ada potongan buah lycheenya. Rasanya fresh banget!
 
coffee shop artsy di jakarta

Kabar baiknya, sekarang Kopi Selasar sudah tersedia di Go-Food. Kemajuan teknologi sangat membantu banget, ya. Jadi meskipun kalian gak tinggal atau sedang gak berada di sekitar kawasan Kemang, tetap bisa menikmati kopi ini. Apalagi anak kosan macam gue, yang suka kebanyakan mager malas kemana-mana. Tinggal pesan Kopi Selasar via Go-Food, kelar deh!

Cek aplikasi Go-Food untuk order online

Kopi Selasar juga punya 'fitur' Koling atau Kopi Keliling. Jadi kalau kalian punya acara, dan mau menyajikan kopi enak dan murah bisa panggil Kopi Selasar. Hanya dengan minimum pemesanan 100 cups saja, Kopi Selasar sudah bisa dipesan untuk acara istimewa kalian. Uniknya lagi, nanti baristanya pun turut hadir di acara kalian dan beratraksi menyajikan kopi nikmat ke para tamu yang hadir. Kapan lagi pesan kopi dapat hiburan atraksi seru dari barista berpengalaman.

By the way, ada yang sudah pernah mencoba Kopi Selasar? Share donk favorit kopi kalian yang mana.


rekomendasi coffee shop di jakarta

Alamat
Rumah Jawa Gallery
JL. Kemang Timur XV no. 99 Jakarta Selatan
0816 1777 9826

Instagram@kopiselasar_id

Operating Hours
Tuesday - Sunday
11 am - 7 pm




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

8 komentar

  1. Yunik ya memang Kopi Selasar ini. Buatku yang paling menarik itu Es Teh Tarik sama Kupi Sanger ya. Enak

    ReplyDelete
  2. Aku suka teh tariknya kaka. Endeess gedeeess ya bok

    ReplyDelete
  3. Waaaa kece juga tempatnya nih, kopinya juga menarikk

    ReplyDelete
  4. Mau kesana lagi..numpang nge galau aja.. soalnya betah..males balik..

    ReplyDelete
  5. Miss kamu ke sini sendirian kah? Kok kasian ya buahahahha.
    Sini main ke Jogja, biar ditemani anak-anak kopi :-D

    ReplyDelete
  6. aku lebih suka kupi susu kaka.. coffee shopnya artsy banget, bikin betah ngupi disana

    ReplyDelete
  7. Jadi kamu biasa ngopi kalau suasana galau doang ya?
    Sekarang warung kopi menjamur banget ya. Mulai dari konsep cafe, coworking space, lesehan, sampai ada kopi pangku. Ini kayanya perlu kamu ulas. Kopi pangku di Tulungagung

    ReplyDelete
  8. Setelah baca ini aku jadi penasaran sama Kopi Sangernya, kayaknya buat bukan pecinta kopi wajiblah nyobain ini krn ada rasa susu²nya itu 🙈

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget