Kolaborasi Membangun Negeri Bersama Infranesia

2:04 PM

Sabtu kemarin, aku diundang oleh Kak Vika untuk menghadiri acara launching Infranesia di The Hook Senopati. Lokasinya dekat sekali dengan tempat tinggalku. Jadi masih bisa bangun agak siang di akhir pekan, serta tidak perlu terburu-buru berangkat. Lumayan lah leyeh-leyeh dulu. Ihiyyy!

Ada sajian kopi Aceh dan makanan yang enak-enak di The Hook Senopati

Jujur, ketika baru sampai di venue acara, aku nanya langsung sama Ka Vika, “Infranesia ini tentang apa ya, Ka?”. “Tentang infrastruktur gitu deh, nanti juga dijelaskan kok”, terangnya.

"Waduh, berat nih!", pikirku.

Sebelum acara dimulai, aku sempat mencoba beberapa kudapan yang disuguhkan. By the way, makanannya enak-enak. Ada sajian kopi Aceh juga. Seru deh menyaksikan baristanya beratraksi saat membuat kopi. Kayak lagi mau silat. Surprisingly, kopinya enak lho! Setelah puas mencicipi semua makanannya, MC acara mempersilahkan para undangan untuk berkumpul.

Hmm, oke.

Pembicara yang turut terlibat dalam acara tersebut adalah Ibu Astried, Ibu Ainun, dan Pak Bimam. Mereka menuturkan keresahan-keresahan yang mereka rasakan selama ini mengenai infrastruktur yang ada di Indonesia.

Bicara mengenai infrastruktur, rasanya kok aku mau menghela nafas panjang dulu, ya.
Infrastruktur di Indonesia memiliki banyak ketimpangan di sana-sini. Jangankan di wilayah Indonesia bagian timur yang memang sudah jadi rahasia publik soal ketidakmerataannya, tapi di sekitar ibukota saja masih banyak sekali, lho.

Contohnya, pernah kah kalian mendengar cerita atau berita mengenai anak-anak sekolah di Lebak, Banten, yang harus menyebrangi jembatan dengan bentuk dan tingkat keamanan yang minim sekali? Kalau aku bilang sih, seperti jembatan sirothol mustaqim. Itu loh jembatan di akhirat yang lebarnya hanya setebal satu helai rambut yang dibagi tujuh. Eh, lebay ya? Tapi maksud aku begitulah. Jembatan yang harus dilalui anak-anak sekolah ini hanya berupa satu helai tali tambang yang diikatkan di antara sungai. Kebayang tidak resiko yang harus mereka ambil setiap hari?
 
photo source: harianolahraga


Lalu sudah pernah kah main di daerah Serpong Tangerang? Sekarang coba bandingkan Serpong dengan Lebak. Kedua daerah tersebut sama-sama di Banten lho, tapi kalau kita bandingkan dari segi infrastrukturnya bagaikan Raisa dan Dijahyellow. Jauh banget!

Nah, kasus seperti di atas hanyalah satu contoh dari ribuan fakta yang telah terjadi di Indonesia.

Tanpa bermaksud mengecilkan kinerja pemerintah yang sudah ada, lalu timbul lagi pertanyaan selanjutnya. Kenapa tidak kita yang mulai bergerak?

Selama ini, kita hanya bisa menyerahkan semua pekerjaan itu kepada pemerintah, tapi giliran pemerintah tidak bisa mengcover pekerjaan tersebut dalam waktu singkat, kita malah menggerutu "Lama banget nih pemerintah kerjanya, jangan-jangan uangnya habis dikorupsi". Jadi suudzon kan..

Kenapa kita hanya bisa menyalahkan, tapi tidak mampu berkaca apalagi memberi solusi? Apa yang sudah kita berikan untuk negeri ini? Sudahkah kita berkontribusi untuk negara tercinta?

Pertanyaan-pertanyaan itu seakan menohok diri sendiri.

Banyak tenaga ahli yang mampu membangun rumah sakit dan sekolah yang bagus, tapi mind set dan mental sebagian masyarakat Indonesia belum siap untuk turut ambil peran serta dalam pembangunan infrastruktur. Masih terkesan dingin dan acuh tak acuh.

Infrastruktur itu ibarat tulang punggung suatu negara. Jika tulang punggung saja tidak kuat, bagaimana bisa berdiri?

Infrastruktur itu juga bagian dari kebutuhan hidup. Iya, kebutuhan. Apakah kamu tidak butuh sekolah yang layak, rumah sakit yang memadai, jalanan yang mulus, ketersediaan air bersih & listrik? Yakin tidak butuh listrik? Kalau tidak ada jaringan listrik, mau charger handphone dimana? :p

Oke, lanjut ke infranesia yuk..

Apa itu Infranesia?


Infranesia adalah sebuah wadah online seputar infrastruktur di Indonesia yang berbasis edukasi dan kolaborasi. Infranesia merupakan wujud aksi peduli masyarakat terhadap infrastruktur di Indonesia. Tujuannya agar pemerataan infrastruktur di Indonesia segera terlaksana dan cepat rampung.

Kenapa infranesia?

Infranesia mencoba memberikan pendekatan tentang infrastruktur yang lebih 'membumi' dengan masyarakat. Dengan visi dan misi mengisi gap antara pemerintah dan masyarakat.

Infrastruktur di Indonesia sudah bagaikan PR yang tak berkesudahan. Aku dan mungkin orang-orang di luar sana menganggap insfrastruktur sebagai bahan diskusi yang berat. Jika dirunut hingga akar permasalahannya, semalam suntuk pun belum tentu tamat.

Tidak heran, banyak masyarakat awam yang mengangkat bahu ketika ditanya mengenai infrastruktur. Karena pembahasan infrastruktur bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Lain halnya jika ditanya mengenai gossip artis di Lambe Turah. Betul, tidak? Betul... #TibatibaAdaAaGym :p

Pengetahuan masyarakat mengenai infrastruktur pun juga dinilai belum secara menyeluruh. Masih banyak yang tidak tahu apa saja yang termasuk bagian-bagian dari infrastruktur, kemana harus mengadu jika mendapati infrastruktur yang belum layak di daerah tempat tinggal kita, dll.

Memberikan pengaduan dengan mention akun sosial media milik pemerintah saja tidak cukup. Belum tentu dilihat, apalagi disampaikan kepada yang berwenang. :D

Kamu pernah tidak naik kereta commuter line di Senin pagi dan masuk ke gerbong khusus wanita? Sering kali aku merasakan pengalaman kurang menyenangkan selama naik commuter line Bogor - Jakarta, tidak hanya di hari Senin, lho. Sesering itu pula aku mengeluh di twitter, mention beberapa akun sosmed milik pemerintah juga. Jangankan ditindaklanjuti, dilihat dan dibalas saja boro-boro, tuh. #Cyedih

Nah, daripada pusing keluhannya tidak tersampaikan dengan tepat, coba deh join di Edu Infra.

Edu Infra

Edu infra ini adalah situs turunan dari www.infranesia.id, yang beralamat www.edu.infranesia.id. Di dalamnya berisi forum diskusi, ulasan seputar infrastruktur, media edukasi infrastruktur, event Edu Infra, dan gallery Edu Infra. Semuanya membahas, mengulas, serta mendiskusikan berbagai hal seputar infrastruktur yang ada di Indonesia. Ada apa saja di Edu Infra ini? Simak yuk..

Forum Edu Infra

Forum edu infra adalah fiitur utama dari Edu Infra yang berbentuk forum diskusi. Dalam forum ini, member Infranesia bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalamannya terkait dunia infrastruktur di indonesia.

Cara kerjanya kurang lebih mirip seperti forum-forum pada umumnya. Kamu tinggal masuk ke menu forum. Cari topik yang ingin kamu bahas. Jika belum ada, tinggal buat thread baru dan tulis apa saja yang ingin kamu sampaikan. Suarakan aspirasi kita di sana, bisa berupa ide, saran, atau kritik yang membangun, yang penting bertanggung jawab, ya.

Ulasan Edu Infra

Fitur ini adalah ruang untuk berbagi pengetahuan seputar situasi, kondisi, dan perkembangan dunia infrastruktur di Indonesia yang disajikan dalam bentuk artikel atau tulisan singkat. Ya, seperti sedang membaca tulisan di blog gitu, deh.





Media Edu Infra



Fitur ini menyajikan konten berupa foto dan video yang bertemakan seputar infrastruktur. Kita bisa tahu perkembangan infrastruktur yang sedang berjalan melalui foto-foto atau video yang disajikan di menu ini.













Event Edu Infra

Di menu ini, menyajikan berbagai informasi tentang segala bentuk acara atau kegiatan yang berhubungan dengan infrastruktur di Indonesia. Event yang ditampilkan di menu ini diselenggarakan oleh berbagai pihak yang terkait dengan infrastruktur di indonesia, baik yang diadakan oleh pihak swasta maupun pemerintah daerah dan pusat.



Library Edu Infra

Library Edu Infra adalah tempat yang menyimpan berbagai berkas/file yang berkaitan dengan konten yang ada didalam situs edu.infranesia.id baik konten berupa tulisan/artikel maupun foto dan video.







Oh iya, ada satu lagi fitur andalan dari Infranesia, yaitu Crowd Infra. Namun sekarang masih dalam tahap pengembangan. Tapi tidak ada salahnya kan, gue jelaskan sedikit.

Crowd Infra

Crowd Infra adalah suatu inisiatif yang berbentuk situs turunan dari www.infranesia.id, dengan alamat crowd.infranesia.id. Dalam fitur ini, Infranesia mengajak berbagai pihak untuk ikut peduli dalam suatu gerakan kolaborasi aksi peduli untuk sama-sama mewujudkan infrastruktur yang lebih baik dan merata di seluruh wilayah di Indonesia.



Siapa saja yang bisa berkolaborasi di Crowd Infra? Siapapun! Baik itu tenaga ahli di bidang infrastruktur, stake holder, para donatur, serta masyarakat biasa yang dapat memberi kontribusi berupa informasi, ide pikiran, saran, dan kritik.

Kita bisa berpartisipasi dalam pembangunan dan kemajuan infrastruktur secara langsung maupun tidak langsung, secara aktif maupun pasif. Sudah waktunya kita gotong royong, bersama-sama melakukan kolaborasi untuk membangun negeri.

Bagaimana caranya?


Ada banyak cara untuk turut aktif memajukan sektor infrastruktur di Indonesia. Misalnya saja, bagi kamu yang suka travelling ke daerah-daerah yang ada di Indonesia, dan kebetulan melihat ada kondisi infrastruktur yang tidak layak digunakan masyarakat sekitar, bisa difoto, dan dishare di forum ini. Apalagi sekarang kan jamannya serba upload di sosial media. Kamu bisa upload di account instagram atau twitter, lalu mention ke instagram @Infranesia, maupun twitternya @infranesia. Tim dari Infranesia akan segera mengkaji kondisi di lapangan, maka tim Infranesia akan menjembatani dalam mengatasi masalah tersebut.

Aku yakin pasti kalian yang suka travelling keluar kota, sering menemukan masalah seperti ini. #TatapMataSayaDalamDalam

Pemenang lomba live twit & instagram
Tim Infranesia berfoto bareng para undangan

Acara yang dihadiri dari berbagai kalangan, termasuk para blogger, mengharapkan dengan lahirnya Infranesia, kita sebagai generasi muda bisa ikut berkolaborasi dalam membangun negeri.

Melalui Infranesia, kita bisa memberikan sumbangsih buat Indonesia. Mungkin kalau kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitar, tidak terlalu merasakan dampak infrastruktur yang tidak merata. Tapi coba bayangkan bagaimana saudara-saudara kita yang tinggal di luar Pulau Jawa. Dengan pembangunan infrastruktur yang merata, diharapkan anak-anak Indonesia bisa sekolah dengan nyaman, tidak perlu bersusah payah melewati jalanan yang rusak dan hancur, ketersediaan air bersih dan listrik bukanlah sesuatu yang langka, orang sakit bisa mendapatkan haknya untuk berobat di rumah sakit yang bagus, dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat kita bantu melalui Infranesia. 

Sudah join jadi member Infranesia, belum? Gratis kok!

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Infranesia, bisa lansung kunjungi websitenya di www.infranesia.id atau sosial media mereka seperti facebook, twitter, dan instagram.


FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

9 komentar

  1. Nah saya sepakat. Contohnya kami yang dari timur ini hehe infrastrukturnya masih pincang. Saya 100 % mendukung program ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu donk!
      Nah, itu tujuannya. Gabung jadi inisiator donk biar bisa didengar suaranya

      Delete
  2. Mesti itu hadiahnya dolar ahahahhaha.
    Infranesia lebih menekankan untuk bergerak langsung tanpa harus debat kusir dengan pihak manapun (termasuk pemerintah). Salut untuk yang seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eits... poundsterling itu, buat jajan gorengan di depan Anfield :p

      Iya betul, kelamaan debat kusir mah gak akan selesai.

      Delete
  3. Waahhh keren udah kelar aja tulisannya. Aku mau ikutan ah jd inisiatornya biar bisa ngeluh tentang ciledug ahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejar tayang sis, mumpung masih anget..
      Hahahaha... bener tuh, dari gue kecil masih begitu-begitu aja Ciledug

      Delete
  4. Wiiih menang live twit, hadiahnya tiket off road nglinggo yak? :D

    ReplyDelete
  5. Wah asyik juga ya. Misal kita mau menyampaikan uneg2 ttg infrastruktur bisa lewat Infranesia aja.

    ReplyDelete
  6. Wah setuju banget kalau infranesia ini bisa berkembang baik di Indonesia, pasti infrastruktur yang tidak memadai juga akan berkembang ke arah yang lebih baik. Sukses ya mbak.

    ReplyDelete

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget