The Ranch Puncak: Wisata Berkuda Baru di Cisarua

11:59 AM

the ranch cisarua puncak bogor

Familiar dengan namanya? Mungkin kalau kalian pernah ke salah satu objek wisata berkuda di daerah Lembang, pasti bakal kebayang deh. Awalnya gue mengira The Ranch yang ada di Puncak ini merupakan cabang dari De Ranch yang ada di Lembang. Tapi setelah gue cari tahu, ternyata pemiliknya berbeda. Agak membingungkan memang, sebab di depan objek wisata itu terpampang tulisan besar 'Taste of Bandung'. Nggak salah jika banyak orang yang salah sangka seperti gue.

Liburan tahun baru kemarin, keluarga gue berencana ke Taman Wisata Matahari, begitu tahu harga tiket masuknya yang melonjak naik gara-gara libur tahun baru, gue lantas menyuruh Adik gue untuk putar balik saja. Soalnya lumayan banget kalau harus bayar 40k IDR per orang dan kami ada 16 orang.

Nah, daripada bingung mau ke mana, akhirnya kami sepakat untuk ke The Ranch saja. Toh, tempat ini masih baru banget dan belum ada dari kami yang pernah ke sana sebelumnya. Kebetulan memang tempatnya bersebrangan dengan Taman Wisata Matahari.

the ranch cisarua puncak bogor
harga tiket masuk the ranch cisarua puncak
harga tiket masuk the ranch cisarua puncak

Harga tiket masuk The Ranch Puncak sebesar 20k IDR per orang dan parkir mobil sebesar 10k IDR. Tiketnya sudah termasuk complimentary susu segar yang bisa ditukar di dalam. Varian susunya ada rasa strawberry, cokelat, dan susu murni.

The Ranch Puncak terdiri dari satu bangunan utama, yang isinya restaurant, tempat beli oleh-oleh, dan permainan panahan. Sementara sisanya outdoor dan beberapa bangunan kecil yang terdiri dari toko makanan dan factory outlet.

Riding horse menjadi salah satu atraksi yang jadi andalan di The Ranch. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, pengunjung akan dikenakan tambahan charge 35k IDR per orang. Tiap pengunjung yang hendak naik kuda akan disediakan kostum ala Indian.

wisata berkuda di the ranch puncak
wisata berkuda di the ranch puncak
wisata berkuda di the ranch puncak
Gagal naik kuda karena ketakutan :))

Sepupu gue yang masih cengceremen merengek minta naik kuda, begitu sampai di antrian paling depan malah doi jiper. "Ali, kenapa nggak jadi naik kuda?", tanya gue. "Atut, gede", jawabnya singkat. Karena takut tiketnya mubazir, akhirnya gue nyuruh kakaknya untuk menggantikan Ali. Tiket untuk naik kuda ini bisa digantikan orangnya, tapi nggak bisa refund kalau misalkan memang nggak jadi. Banyak juga orang tua yang akhirnya naik kuda di sini demi menggantikan anak-anaknya yang nggak berani naik kuda namun sudah terlanjur beli tiket. Saran gue, daripada hangus, mendingan ditawarkan ke pengunjung lain di dekat loket.

feeding rabit at the ranch puncak

Selain itu, spot seru lain yang juga jadi favorit anak-anak adalah Taman Kelinci. Ada puluhan kelinci di sini dan rata-rata berjenis anggora. Harga tiketnya 25k IDR per orang, sudah termasuk makanan untuk kelincinya.

bangunan bergaya eropa di the ranch puncak
bangunan bergaya eropa di the ranch puncak
spot foto di the ranch bogor
objek wisata baru di puncak bogor

Selain kedua spot tersebut, ada beberapa spot foto yang juga jadi incaran pengunjung. Salah satunya adalah rumah kakek dan dua bangunan bergaya Eropa di atas bukit yang selalu dipadati pengunjung.

taman kelinci di the ranch bogorobjek wisata baru di puncak bogor

Ada banyak penjual snack dan minuman yang tersebar di dalam The Ranch. Mulai dari burger, kebab, hingga tahu susu Lembang yang tersohor itu. Sayangnya, area tempat duduknya terbatas.

Mushola terletak di lantai dua, dekat dengan restaurant. Tempatnya cukup luas dan mampu menampung banyak orang. Hanya saja karena gue datang saat peak season, jadi ya harus maklum kalau antriannya juga cukup panjang.

the ranch puncak bogorkebun bunga di the ranch puncak bogor

Karena The Ranch belum lama beroperasi, jadi wajar saja jika tiap weekend akan selalu dipadati pengunjung. Kalau mau agak sepi, coba saja datang di Sabtu pagi. Berdasarkan pengalaman gue mengunjungi objek-objek wisata yang ada di kawasan Puncak sih biasanya memang lebih padat kalau datang di Hari Minggu.

Lokasinya masih berada di daerah Cisarua. Kalau kalian datang dari arah Jakarta, posisinya ada di sebelah kanan jalan, sebelum Taman Safari Indonesia. Jadi kalau kalian sudah melewati Pasar Cisarua, itu artinya kalian sudah kelewatan. Mudah kok untuk menemukan The Ranch, karena ada di pinggir jalan raya persis.

the ranch bogor
tempat wisata keluarga baru di puncak bogor
tempat wisata keluarga baru di puncak bogor
tempat wisata keluarga baru di puncak bogor
the ranch puncak bogor
taman bunga di the ranch puncak bogor
taman bunga di the ranch puncak bogor

Jam operasionalnya mulai dari pukul 09:00 sampai 21:00. Jangan lupa untuk cek jadwal buka-tutup jalan di Puncak ya. Agar kalian bisa tepat waktu tiba di The Ranch tanpa harus terjebak penutupan jalan raya.

Selamat berlibur!


Cek mapnya di sini!



FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

11 komentar

  1. Sebenarnya kalau ke destinasi biarpun ramai tapi bisa menikmati juga seru sih hahhahaha.
    Kalau di puncak sejak dulu kala selalu ramai ahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramai itu ada kategorinya lagi, mas. Ramai banget dan ramai aja. Aku pernah kok ke Puncak dengan jalanan sepi di Sabtu pagi dan itu gak cuma sekali. Soalnya orang-orang biasanya mulai memadati Puncak sejak Sabtu siang. Kalau sampai di Puncak sebelum jam 11 mah aman.

      Delete
  2. Wah seru nih, ga perlu jauh ke Bandung wkwkwkwkwk...boleh lah ngajakin emak sama sepupu main ke sini ^^

    ReplyDelete
  3. Konsep bangunannya kayak...........Eropa bagian----pokoknya jadi teringat desa-desa di Eropa gitu (padahal juga belum pernah kesana wkwk). Tapi dari warna bangunan, atap, sampai yang dijual tuh, kayak yang di film2 kalau settingannya Eropa.

    ReplyDelete
  4. Di Palembang ada tempat yang katanya mau dibikin kayak gini juga. Palembang Bird Park namanya. Terakhir ke sana hmm 2 tahun lalu, kayaknya sekarang udah banyak perubahan :)

    Salam kenal dari Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tahu malah. Nanti kalau mudik ke Palembang mau mampir ah.

      Salam kenal juga :D

      Delete
  5. Lah kirain Cisarua yang deket Lembang itu *ada namanya yang sama, btw*, hahaha... Bogor punya ternyata xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Lembang juga ada Cisarua ya.. nikin keder :))

      Delete
  6. Tempatnya cakep.
    Apalagi dengan desain Eropa gitu.
    Instagramable banget.

    ReplyDelete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan. Komentator dengan ID Anonymous nggak bakal dipublish komentarnya ya.
Terima kasih banyak! Have a good day!

Recommended Tour in South Korea

trazy.com

Featured Post

FAQ: Winter Trip in South Korea

Sebelumnya gue mau ucapin terima kasih banyak buat yang udah sempatkan untuk mampir di blog ini. Semenjak gue posting mengenai jalan-jal...

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget