Wisata Kuliner Halal di Gang Gloria Glodok

2:35 PM

wisata kuliner halal glodok

Setiap negara yang pernah gue kunjungi, pasti memiliki kawasan Chinatown. Banyak penduduk Tiongkok yang merantau atau bahkan bermigrasi ke negara-negara lain untuk mencoba peruntungan. Meskipun sudah pindah ke negara lain, biasanya mereka tinggal berdekatan dan secara alami membuat kawasan Chinatown tersendiri. Jakarta juga punya Chinatown, lho. Tepatnya di daerah Glodok, Jakarta Barat. Ada yang sudah pernah ke sana?

Kawasan Chinatown Glodok sudah lama menjadi destinasi wisata di Jakarta. Banyak turis asing yang singgah di kawasan ini. Daerah Glodok cukup luas dan terbagi dua oleh Jalan Gajah Mada. Glodok lebih dikenal sebagai pusat perniagaan, khususnya untuk barang-barang elektronik. Pertama kali gue beli playstation pun ya di Glodok. Harganya lumayan murah dibanding di tempat-tempat lain, asal pintar menawar.

Di tengah hiruk pikuk kegiatan jual-beli, melipir sedikit ke pinggiran, ada Gang Gloria yang sejak dulu sudah terkenal dengan sajian kuliner yang menggoda. Jika ingin berburu kuliner, datanglah ke kawasan ini. Ada banyak makanan pinggir jalan atau yang dijajakan dengan gerobak tersedia di sini. Mulai dari yang halal sampai yang non-halal sekali pun.
wisata kuliner di pecinan glodok
wisata kuliner halal di glodok pancoran jakarta

Beberapa minggu lalu, gue dan L sengaja menyambangi kawasan ini lagi. Terakhir kali ke sana, hanya nyobain Rujak Shanghai saja. Dirasa masih banyak yang belum gue coba, akhirnya gue ke sana lagi deh. Berbagai jenis makanan ada di Gang Gloria. Mulai dari bakso goreng, mie ayam, sekba, nasi hainan. Cakwe. Macam-macam, deh. Namun kebanyakan memang menu non-halal.

Sekba di gang gloria glodok
kuliner non halal glodok

Ada kejadian kocak sih pas gue lagi motret di dalam gang ini. Saat kamera dalam keadaan ON, tiba-tiba penjual sekba ikutan berpose lalu bilang, “Nanti dipromosiin ya, mbak”. Gue hanya menjawab, “Iya, bang”. Lalu dengan SKSD, gue samperin deh itu abang-abang. “Ini apaan sih, bang? Babi, ya?,”tanya gue penasaran. “Iya, mbak. Nih cobain, ya,”jawab si Abang sambil tanggannya cekatan mau menyajikan dagangannya ke dalam piring untuk gue. Gue langsung panik, donk, “Eh, bang, kagak usah, gue nggak makan babi, bang”. Si abang cuma santai menjawab sambil terus masukin potongan daging ke piring, “Nggak apa-apa, mbak. Sekali-kali lah”. Lah koplak. Tanpa banyak bicara, gue tinggalin aja itu tukang Sekba. Bodo amat.

Perlu jadi catatan, defenisi halal memang nggak hanya sekedar daging babi atau bukan. Tapi menyangkut dari bagaimana hewannya disembelih, masaknya pakai panci bekas masak babi atau nggak. Menu-menu yang gue pilih kali ini yang nggak mengandung unsur babi (minyak atau daging). Setidaknya itu menurut pengakuan penjualnya ya. Selebihnya mau penjualnya jujur atau nggak, urusan dia ama Allah. #Samlekum

Nah, berhubung gue hanya bisa mencicipi makanan halal, jadi daftar makanannya nggak bakal terlalu banyak. Mau tahu nggak apa saja yang gue coba pas berada di sana?

Kopi Es Tak Kie

Tak Kienal, maka tak sayang. Ini adalah kunjungan kedua gue ke kedai kopi hits seantero Glodok. Kedai kopi yang sudah berdiri sejak emak-bapak gue belum aqil balik ini, masih ramai dikunjungi orang hingga sekarang.

kopi es tak kie glodok jakarta

Nggak seperti kedai kopi kekinian yang menawarkan banyak menu dan jenis kopi dari seluruh dunia, Kedai Kopi Es Tak Kie ini hanya menyajikan tiga macam menu minuman saja. Diantaranya yaitu kopi susu (20k IDR), kopi hitam (17k IDR), dan teh tarik (17k IDR). Sebagai teman minum kopi atau teh, mereka juga menjual roti polos manis. Sayangnya, saat gue ke sana rotinya sudah habis. Tapi gue sudah pernah mencoba kok saat kedatangan yang pertama. Rasanya memang pas banget bila disandingkan dengan teh atau kopi.

harga kopi es tak kie di glodok jakarta

Urusan kopi, berhubung gue penggemar kopi susu, sudah pasti yang gue pesan adalah es kopi susu. Untuk es kopi, mereka sudah membuat kopinya sejak kedai belum dibuka. Menurut informasi dari salah satu pramusajinya, memang nggak bisa langsung disajikan begitu saja karena akan merusak cita rasa kopinya. Jadi sudah dibuat stoknya gitu. Perpaduan kopi dan susunya pas, susunya terasa tapi nggak balapan dengan cita rasa kopinya. Favorit deh! Tapi jika dibandingkan dengan kedatangan pertama, rasanya lebih nikmat kopi susu yang pertama kali gue coba.

kopi es tak kie glodok jakarta
kopi es tak kie glodok jakarta

Kalau datang ke sini, jangan kaget kalau baru duduk sudah ditawari mau pesan nasi campur atau nggak. Jadi persis di depan toko ini ada penjual nasi campur yang bisa dinikmati di dalam kedai kopi ini. Buat yang Non-Muslim mungkin bisa dicoba menu nasi campurnya. Konon enak juga sih. Berhubung gue nggak makan babi, jadi gue skip ya, genks. :)


Mie Kangkung Jangkung

Gue sudah pernah nyobain menu ini saat salah seorang direktur di kantor berulang tahun. Jadi semua karyawan di-treat pakai mie kangkung ini. Ternyata asal muasalnya ya di Gang Gloria ini. Sekarang cabangnya sudah banyak, bahkan di Grand Indonesia Mall juga ada.

mie kangkung jangkung gang gloria

Lokasi Mie Kangkung Jangkung berada di ujung gang, semacam food court ala-ala gitu deh. Harga per porsinya 30k IDR. Kalian bisa pilih mau pakai bihun atau mie kuning. Kali ini gue nyobain pakai mie kuning.

harga mie kangkung jangkung gang gloria
harga mie kangkung jangkung gang gloria

Sesuai dengan namanya, dalam satu porsi ini kangkungnya banyak sekali. Kuahnya kental, perpaduan rasa manis dan gurihnya pas. Ada potongan ayamnya juga yang besar-besar. Nikmat banget, genks! Wajib cobain Mie Kangkung Jangkung ya kalau ke Gang Gloria.
menu dan harga mie kangkung jangkung gang gloria


Kari Ayam Lam

Masih berada di area yang sama, di food court ala-ala, ada Kari Ayam Lam yang tampaknya juga cukup menarik. Penjualnya engkoh-engkoh yang sudah cukup berumur. Dengan ramahnya dia menjawab segala pertanyaan yang ditanyakan kepadanya. Pas gue minta foto saja, dia langsung pose tanpa diminta. :D
kari ayam lam gang gloria
kari lam gang gloria review
review kari lam gang gloria

Kari yang ada di sini merupakan khas Medan. Sejujurnya gue juga belum pernah nyobain sih Kari Medan itu seperti apa. Tersedia dua toping, bisa pakai ayam kampung atau daging sapi. Lalu menu pendampingnya bisa menggunakan nasi atau bihun. Karena sudah makan mie, jadi kali ini gue pesan pakai nasi. Harga kari ayamnya yaitu 45k IDR seporsi.

harga kari ayam lam gang gloria

Kuahnya berwarna kuning ke-orange-an dan nggak terlalu kental. Isiannya hanya ada potongan ayam kampung dan kentang rebus. Sejujurnya sih untuk isiannya memang nggak terlalu banyak ya. Tapi rasanya lumayan enak, kok. Nggak sepekat kari-kari pada umumnya.

Di area food court ini sebenarnya masih ada Gado-Gado Direksi yang juga tersohor. Tapi sayang saat gue datang, kedainya tutup. Jadi nggak sempat nyobain, deh.


Bonus


Pempek Eirin 10 Ulu

Beranjak dari Gang Gloria, jalan sedikit ke arah Pasar Asemka, ada kedai pempek yang selalu ramai. Namanya Pempek Eirin 10 Ulu. Gue beberapa kali makan pempek di sini. Sebagai penggemar pempek yang memang punya garis keturunan Sumatera Selatan blesteran (Ahzeik), gue bisa bilang kalau pempek Eirin 10 Ulu ini adalah pempek terenak di Jakarta yang pernah gue coba. Sebelumnya gue sudah pernah nyobain pempek di Sari Sanjaya, enak sih, tapi mahal. Lalu Pempek Abing di Kuningan, masih kurang nendang menurut gue. Ya inilah akhir pencarian pempek enak di Jakarta versi gue.

pempek eirin 10 ulu glodok asemka
pempek eirin 10 ulu glodok asemka
harga dan menu pempek eirin 10 ulu

Menu pempek yang berukuran kecil ada banyak jenisnya. Gue pilih lenjer kecil, kapal selam kecil, adaan, kulit, dan lenggang. Pempek lenggang sebenarnya adalah semacam telur dadar yang isiannya pempek lenjer kecil yang dipotong-potong, tapi di sini dimasaknya bukan digoreng seperti telur dadar, tapi dipanggang dengan alas daun pisang.
pempek terenak di jakarta

Rasa ikan di pempeknya berasa banget, terasa gurih, dan kenyal. Nggak susah dipotong atau dikunyah sama sekali. Paling penting adalah cukonya donk. Apalah artinya pempek yang nikmat kalau cukonya nggak sedap. Cuko di sini tuh paaaaaaaaaaaaaaaas banget. Nggak terlalu pedas, gurih, kental, dan nggak kemanisan. Recommended deh!

lokasi pempek eirin 10 ulu di glodok


********************************************************

Pokoknya kalau main ke Glodok atau Kawasan Kota Tua, wajib mampir ke Gang Gloria ya. Sebenarnya ada satu lagi kuliner legendaris yang berada di Gang Gloria, namanya Rujak Shanghai. Tapi sudah pernah gue bahas juga di blog ini, kok.
rekomendasi kuliner di glodok jakarta

Kira-kira kalian ada rekomendasi menu lain nggak yang ada di Gang Gloria atau sekitar kawasan Glodok? Siapa tahu kan gue kelewatan. Boleh share ya di kolom komentar. :)




FOLLOW ME HERE
  TWITTER || INSTAGRAM || GOOGLE
email: miss_nidy@yahoo.com

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aduh, liat foto-fotonya nggak kuat imannn, apalagi liat kari medan sama pempeknya. Sebagai (mantan) anak jakarta, rasanya malu banget belum menyambangi kuliner di glodok. Seingetku, waktu kecil diajak mama ke glodok hanya untuk belanja kebutuhan Imlek sama beli elektronik hahaha. Kapan2 harus bisa nih kulineran di sana. Makasih infonyaa :D

    ReplyDelete
  2. kok ak like bgt pas liat si pempek, ngilerrr jadinya akutuuuuuuuuh....

    ReplyDelete

Hai!!
Terima kasih telah membaca blog Nidyholic.
Feel free to leave a comment. Budayakan membaca, ya. Jika ada komen yang informasinya sudah jelas tertulis di artikel dan menggunakan profile Anonymous, akan dianggap SPAM.
Have a good day!

Get FREE $30 From Airbnb

Copyright

If you wish to use my photos and/or text, please contact me via email (miss_nidy@yahoo.com) for my permission or at least put a credit at the end of your post by linking back to my blog.
Thank you very much for your kindly appreciation.

Miss Nidy's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget