Foto-foto Cantik di The Oberoi Amarvillas tanpa Menginap

Cita-citanya sih pengen menginap di hotel mewah saat ke India, lantaran kata seorang teman bahwa rate hotel di India itu murah-murah. Tapi yang namanya hotel mewah mah di manapun nggak ada yang murah. Hanya saja, jika bisa mampir sekedar ngeteh atau minum-minum cantik di salah satu hotel mewah pas lagi travelling, kenapa nggak? Kali ini gue mau membagikan pengalaman singgah di salah satu hotel termewah yang ada di India, The Oberoi Amarvillas.

the oberoi amarvillas hotel in agra india

Nggak Perlu Menginap

Gara-gara kepo dengan perjalanan bulan madu Raisa dan Hamish ke India beberapa waktu lalu, gue dan teman-teman jadi ikutan kepo juga dengan hotel yang mereka inapi. Salah satunya yaitu The Oberoi Udaivillas di Udaipur. Sumpah hotelnya bagus banget!

Berhubung gue nggak singgah ke Udaipur, jadinya gue mencari tahu apakah hotel chain sekelas The Oberoi punya cabang di kota lain. Ternyata di Agra ada! Namanya The Oberoi Amarvillas. Begitu cek ratenya, jiwa kemiskinan gue bergejolak.

hotel terbaik di india
hotel termewah di india
pengalaman di the oberoi amarvillas agra india
ke the oberoi amarvillas hotel tanpa menginap

Harga menginap per malamnya di hari biasa saja untuk kamar yang paling biasa sekitar Rp. 6Jutaan setelah pajak. Lah, budget trip gue untuk enam hari saja kurang lebih juga segituan.

Salah satu travel mate gue, Karin, kebetulan bekerja di salah satu hotel ternama juga. Kalau pernah ke Singapore, pasti bakal nggak asing kalau dengar nama hotelnya. Itu loh yang dekat patung Merlion.


Berdasarkan informasi dari dia, katanya sih nggak apa-apa kalau kami langsung datang ke hotel itu dan nongkrong di lounge atau restaurantnya. Hotel tempat dia bekerja sudah umum menerima walk in guest yang cuma mau high tea. Pada dasarnya pun, semua hotel berkelas juga sama saja seperti itu.

Ya sudah, tanpa reservasi kami nekat saja datang setelah mengunjungi Taj Mahal di Agra. Kebetulan hotel tempat gue menginap lokasinya juga cuma selemparan kolor dari The Oberoi Amarvillas ini. Tinggal jalan kaki sebentar saja sudah sampai.


Lobbynya Bikin Tercengang

Di gerbang paling depan, ada pos penjagaan. Gue sempat minder juga pas mau melewati gerbang tersebut. Maklum jalan kaki, sementara tamu lain naik mobil. Tapi petugas yang menjaga di gerbang tetap menyambut gue dengan ramah. Minimal senyum, oke lah.


Sebelum memasuki area lobby, tamu disambut dengan taman air yang super duper cantik! Kalau dibilang teras, luar biasa luas sih teras ini. Karena disediakan juga sofa di sana. Sepertinya bisa digunakan tamu untuk menunggu mobil datang. Asli kayak di istana banget! Padahal baru teras doank.

Memasuki area lobby, gue dan teman-teman langsung disambut oleh staff hotel. Seorang wanita dengan rambut dicepol sederhana memakai seragam hotel segera menyapa kami. Karin langsung menjelaskan maksud kedatangan kami yang ingin nongkrong di The Bar.


Menu & Harga

Jadi di The Oberoi Amarvillas ini kalau nggak salah ada tiga restaurant dan satu bar. Ada The Esphahan, Roshanara, The Lounge, dan The Bar. Kalau cuma mau minum, gue sarankan ke The Bar saja. Menunya cukup beragam kok.

The Bar beroperasi mulai pukul 12 siang sampai pukul 12 malam. Kebetulan kami datang sekitar pukul 12an, setelah check out dari hotel The Taj Resort Hotel.

dinner at the oberoi amarvillas agra india
ada dinner experience juga di hotel ini yang bisa lihat view Taj Mahal

Ekspektasi gue dan teman-teman yaitu mau pesan menu high tea nya. Biasanya dalam satu set high tea sudah termasuk snack berupa kue-kue yang imut gitu, kan. Ternyata bisa pesan minum doank. Ya sudah jelas lah kami pilih pesan minumannya saja.

Berhubung hari itu bertepatan dengan perayaan holi festival, ada peraturan pemerintah yang melarang menjual minuman beralkhohol dan sejenisnya pada hari perayaan tersebut. Jadi menu yang tersedia hari itu hanya minuman-minuman ringan seperti soda, juice, mocktail, dan smoothies. Menu selengkapnya bisa dicek di sini.

Harga minumannya berkisar 300 INR hingga 600 INR (sebelum pajak). Jika dikonversi ke rupiah kurang lebih sekitar 63k IDR sampai 126k IDR. Ya nggak begitu jauh lah dengan harga minuman di hotel mewah yang ada di Jakarta. Harga mocktail di SKYE saja rata-rata mulai Rp. 50Ribuan.

harga menu minuman di the oberoi amarvillas agra india
the bar the oberoi amarvillas hotel agra

Menu makanannya juga ada sebenarnya, tapi siang itu kami hanya disuguhi menu minuman. Ya judulnya aja 'bar' ya. Kalau mau makan mungkin disuruh ke restaurantnya.


Pemandangan Spektakuler

Yup, memang itu kan tujuannya. Huehehehe. Setelah order minuman ke pelayannya, gue dan teman-teman berpencar untuk foto-foto. Kalau bergerombol kan terlalu mencolok ya, apalagi kami bertujuh.

hotel dengan view taj mahal di agra india
hotel dengan pemandangan taj mahal di agra india

Spot pertama yang kami tuju adalah balkonnya The Bars. Dari sini kita bisa melihat atapnya Taj Mahal. Kalau di kamera sih nggak terlalu kelihatan, tapi pas lihat langsung terlihat cukup jelas kok. Ini juga salah satu nilai jual dari The Oberoi Amarvillas. Bisa 'mengintip' Taj Mahal dari hotel.

Nggak hanya pemandangan Taj Mahal dari kejauhan, pemandangan di dalam hotelnya sendiri juga lumayan bikin terpana sampai mangap dan berkali-kali bilang, “Subhanallah, buset cakep amat.”

Begitu gue pamer foto di The Oberoi Amarvillas ini saja, yang komentar rata-rata pada berdecak kagum. Kebanyakan malah mengira gue menginap di hotel ini. Setelah gue jelaskan bahwa gue nggak menginap, mereka pun mau mencoba cara yang sama.
Saat gue dan teman-teman sedang foto-foto di Lounge, sebelah The Bars, ada seorang staff yang melihat kami terus-menerus. Awalnya gue risih, ternyata dia malah menawarkan mau mengantarkan kami keliling area hotel. Bahkan sampai ke area Cave (kolam renang indoor).

Sayangnya pas di area Cave ini, gue nggak bisa sembarangan ambil foto karena masalah privacy tamu yang sedang berenang saat itu. Jadi gue hanya ngambil video singkat, sempat gue unggah ke instastory juga, kok.

Kalau melihat pemandangan di kolam renangnya, berasa sedang berada di istana raja. Asli, cakep banget. Gue salut banget sama arsitek yang desain. Keren parah! Bangunannya dicat berwarna kuning kecokelatan, mirip banget sama Amer Fort dan benteng-benteng yang gue lihat di Jaipur.

the best hotel in agra india

Setelah dari area kolam renang, gue diajak ke salah satu spot yang lokasinya lebih tinggi dari kolam renang. Semacam gazebo gitu, ada dua kasur tipis ala-ala kerajaan buat para tamu bersantai. Dari spot ini juga masih bisa melihat ke area kolam renang.

Nggak enaknya, kami diburu-buru sama si staff ini. Gue nggak tahu apakah tamu yang nggak menginap memang nggak boleh keliling area kolam renang atau gimana. Makanya dia buru-buru sebelum ketahuan manajernya.

Yang jelas, sih, lumayan terbantu juga dengan kehadiran staff yang tiba-tiba muncul ini. Soalnya memang awalnya gue dan teman-teman ragu, takut nggak bisa keliling.

ke the oberoi amarvillas hotel tanpa menginap

Tadinya sih bingung juga mau ngasih atau nggak, tapi secara ini India gitu loh yang dikit-dikit minta tips, ya sudah kami kasih saja deh. Soalnya setelah selesai mengantarkan kami, dia masih saja melihat terus ke arah kami. “Coy, dia ngarep tips kayaknya tuh,” kata gue saat menyadari masih dilihat terus sama si staff. Sebagai ucapan terima kasih, gue dan teman-teman sepakat untuk kasih uang tips ke staff ini.

Catatan saja, pemberian uang tips ini sebenarnya balik lagi ke kalian. Mau ngasih atau nggak, ya terserah. “Ikhlas bagi anda, halal bagi kami.” :p


visiting the oberoi amarvillas in agra
the oberoi amarvillas review
the oberoi amarvillas india

Intinya, kalian bisa banget menikmati pemandangan bak kerajaan di The Oberoi Amarvillas tanpa menginap. Tapi bukan berarti kalian bisa lenggang kangkung, habis foto-foto lalu langsung pulang. Pasti ada etikanya juga lah. Setidaknya beli minum segelas seperti yang gue lakukan. Biar nggak malu-maluin banget.

Jadi buat kalian yang mau foto-foto juga di sana, coba saja cara yang gue lakukan ini. Dijamin nggak bakal menyesal deh mampir ke sana. Selamat berlibur!


3 Comments

  1. Hotelnya bagus bangetsss haha betul-betul kayak istana :D especially di area kolam renangnya, bagus konsep arsitekturnya~ beruntung banget ada staff yang ajak keliling, termasuk lucky-luckyan soalnya :D

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih niru caranya.. itung2 biar tau rasanya masuk ke hotel mevvah tanpa mengeluarkan duit gede haha.

    Tsakep pemandangan Taj Mahalnya..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  3. Hotelnya bagus banget dan malah mirip istana.
    Wajar sih harga nginap satu malamnya sampe segitu.

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!