Rekomendasi Drama Korea Terbaik


Anyeonghaseyo, Nidyholic! Gimana kabarnya di tengah masa-masa sulit ini? Beberapa waktu lalu ada pembaca gue yang cerita habis di-phk kantornya akibat pandemic Covid-19. Gue nggak bisa bantu apa-apa selain mendoakannya segera dapat pekerjaan baru yang lebih baik. Makanya beruntunglah kalian yang masih bisa bekerja, apalagi remote working dari rumah. Itu sebuah privilege, lho. Manfaatkan sebaik mungkin dan tetap tinggal di rumah. Salah satu kegiatan yang cukup menghibur selama di rumah adalah nonton drama serial, ya apalagi kalau bukan K-drama. Setuju?

rekomendasi drama korea terbaik


Sebagai penggemar K-drama yang sempat vakum gara-gara masih adaptasi tiap hari pulang pergi Jakarta – Bogor dan amazed sama emak-emak yang bisa nonton K-drama di antara himpitan tubuh orang berdesakan di kereta, akhirnya gue bisa menikmati moment di kereta dengan nonton K-drama lebih sering. Terserah deh mau ada yang jambak-jambakan atau atraksi kungfu di kereta, yang penting gue bisa kelar satu episode untuk satu perjalanan dari Jakarta ke Bogor.



Sejujurnya, K-drama lah yang membuat gue bertekad travelling ke Korea Selatan. Bahkan pas di sana pun ada moment gue sengaja nyari lokasi syuting drama korea yang sudah gue tonton.
 
lokasi syuting k-drama di korea
Hayo tebak ini lokasi syuting drakor apa aja?

Banyak yang setuju, serial K-drama itu candu. Sekali nonton satu episode, pasti bakal begadang sampai episodenya tamat. Termasuk gue donk tentunya. Kalau series marathon gitu biasanya hanya gue lakukan pas akhir pekan saja. Nggak berani kalau weekday, bisa kesiangan berangkat kerja.

nonton drama korea meme

Enaknya K-drama tuh, rata-rata cuma sampai 16 episode. Jadi nggak bakal membosankan nontonnya. Nggak ada deh tuh cerita suaminya ketabrak motor, hilang ingatan, terus pas ingatannya sudah kembali, eh anaknya kecanduan narkoba, ditagih debt collector, rumahnya disita, istrinya dikawinin rentenir, suaminya jadi gelandangan, ketemu tante-tante kaya, sampai operasi muka pun belum tentu kelar itu dramanya.

Berhubung sekarang banyak teman yang punya waktu luang lebih banyak di rumah, ini mungkin saat yang tepat untuk membagikan daftar rekomendasi Korean drama untuk menemani malam-malam yang sepi. Eaaa

Oh iya, daftar series yang akan gue bagikan kali ini balik lagi berdasarkan selera gue ya. Jadi belum tentu selera kita sama. Selera gue nggak jelek-jelek amat kok. Tapi jangan memaksakan jika memang selera kita berbeza, ki sanak.

Genre yang akan gue berikan juga beragam, nggak hanya tentang drama percintaan aja. Biar para penggemar serial thriller atau drama yang sebagian besarnya hanya bertema slice of life pun bisa menikmatinya.

Kalau bahas drakor pasti daftar yang dikasih bakal panjang. Kali ini gue mau kasih enam judul drakor yang bakal di-highlight. Tapi sisanya tetap bakal gue share juga kok. Tanpa mau basa-basi lagi nulis intro, langsung aja yuk kita simak daftarnya.

Reply 1988

Genre: Comedy, Family, Romance
Episode: 20

Salah satu drama terbaik menurut gue dan banyak penggemar K-drama lainnya. Di saat drama percintaan sedang menyerbu pasar, penulis naskah Lee Woo-Jeong menyuguhkan cerita kehidupan sehari-hari dengan latar tahun 1980-an hingga 1990an.

review reply 1988

Berkisah tentang lima orang sahabat di lingkungan yang sama. Tetanggaan gitu deh ceritanya dari kecil hingga remaja. Konflik yang terjadi dalam series ini pun terbilang ringan dan sangat relatable dengan kehidupan kita sehari-hari. Buat generasi 90-an, pasti akan menemukan banyak detail menarik yang bakal bikin, “Oh iya, dulu ini ngetren.” Jadi bikin kita kangen sama masa-masa saat itu. Mon maap ini khusus generasi 90-an ya. Generasi Z harap kalem dulu.

rekomendasi drama korea komedi

Komedi di dalam series ini juga kuat banget. Berkali-kali gue dibuat ngakak sama kelakuan Sun Deok-Sun dan Dong-Ryong. Kelakuannya itu, lho! Serunya, di sepanjang series, kita dibuat bertanya-tanya siapa pasangan Deok-Sun di masa depan dari empat orang teman masa kecilnya ini.


Fight for My Way

Genre: Slice of Life, Romance
Episode: 16

Awalnya gue agak skeptis dengan series ini. Karena pas lihat cuplikannya di youtube, gue pikir agak cheesy. Ternyata ceritanya menyenangkan sekali.

Perjuangan Ko Dong Man dan Choi Ae Ra dalam mengejar impiannya terlihat semakin menarik di saat keduanya mulai merasakan percikan-percikan asmara dan debu-debu cinta (najesss). Keduanya saling mengenal dari kecil. Beranjak dewasa pun masing-masing sudah pacaran dengan orang lain.

drama korea komedi terbaik

Begitu mereka mulai menyadari dengan perasaan mereka, munculah dilema. Pegimane nih, kalau lanjut pacaran nanti bakal awkward, apalagi kalau sampai putus.  Terus gimana nih apakah mereka bisa mengejar impiannya bareng-bareng atau harus mengejar impian sendiri-sendiri kayak film La La Land?


autumn in my heart

Genre: Romance
Episode: 16

Siapa yang nggak tahu drama tragis ini? Gue masih ingat pertama nonton ini dulu saat ditayangkan di Indosiar selepas magrib. Tiap nonton, gue harus pura-pura ke toilet cuma buat nangis. Malu bok soalnya nangis di depan tv, ada adik gue pula. Adik gue pun akhirnya nonton ulang sekitar setahun lalu dan sama kayak gue, nangis di depan tv. Kalau di Indonesia, judulnya jadi Endless Love.

Kisah tentang puteri yang tertukar. Namun ingat, genks, ini bukan sinetron yang alurnya nggak kelar-kelar tadi. Setelah mengetahui bahwa dua orang perempuan ini tertukar ketika masih bayi di rumah sakit, drama pun dimulai. Eun So yang aslinya berasal dari keluarga miskin sudah merasa cukup bahagia saat masih tinggal dengan keluarga Yoon. Sementara Choi Shin Ae yang hidup dengan ibunya yang miskin selalu merasa bahwa hidupnya nggak adil. Begitu mereka mengetahui kenyataannya, dunia serasa terbalik bagi Choi Shin Ae dan Yoon Eun So.

Setelah bertukar tempat ke posisi yang seharusnya, Yoon Eun So harus berpisah dengan keluarga yang selama ini hidup dengannya. Sementara Choi Shin Ae bagai kejatuhan durian runtuh. Adegan paling sedih dah nih pas Eun So berpisah dengan kakaknya, Joon Seo. Setelah beberapa tahun kemudian, keluarga Yoon kembali dan tanpa sengaja mereka reuni. Tapi namanya Eun Seo dan Joon Seo ini nggak jadi saudara kandung, muncul dah tuh perasaan cinta. Icikiwirrr.

rekomendasi drama korea romantis

Akting para pemainnya patut diacungi jempol. Pertama kali kenal dengan Song Hye Gyo pun di serial ini. Dia bengong doank tuh berhasil bikin mata kita berkaca-kaca. Dia nangis baru setetes, kita udah sesenggukan. Ini dia akting apa dagang bawang sih, pedih banget tiap lihat scene dia sama kakaknya.


moon lover scarlet heart reyo

Genre: Fantasy, historical, romance
Episode: 20

Sebenarnya sih gue suka genre fantasi, termasuk serial ini. Meskipun harus mikir berulang kali dulu baru bisa nyambung dengan jalan ceritanya. Alasan pertama kali gue nonton serial ini hanya karena bertaburan bintang ganteng. Lead actress-nya IU pula. Jadi kayak menjanjikan gitu.
Cerita dimulai ketika Hae So yang diperankan oleh IU tenggelam di sebuah danau. Begitu bangun tiba-tiba dia terjebak di tahun 941, dikelilingi para pangeran ganteng. Sebagai gadis yang ceria dan manis, Hae So berhasil memikat pangeran. Nggak cuma satu. Kira-kira siapa yang bakal jadi pasangan Hae So di akhir drama?

rekomendasi drama korea romantis

Akting para pemainnya bagus. Paling nggak tahan kalau lihat Kang Ha Neul senyum di drama ini. Yaolo, itu muka pakai gula biang kali. Manis banget, bwang! Meskipun begitu, plot twist yang ada di serial ini bikin mata sembab, lho.


prison playbook

Genre: Dark comedy
Episode: 16

Salah seorang sahabat gue berkali-kali meyakinkan untuk nonton serial ini segera. Katanya sih sebagus itu. Setelah gue cek, ternyata penulis naskahnya sama dengan Reply 1988. Menjanjikan banget, kan.

Kim Je-Hyuk, seorang atlet baseball kebanggaan negara, tiba-tiba tersandung kasus percobaan pembunuhan. Padahal dia cuma mau berusaha melindungi adik kandungnya yang lagi mau diperkosa. Terbiasa dengan hidup berkecukupan dan teratur, mendadak harus masuk penjara sempat bikin Je-Hyuk stres.

Konflik yang ditampilkan nggak hanya mengenai Je-Hyuk, tapi juga para narapidana yang ia temui di dalam sana. Karakter pemeran pembantu yang dihadirkan juga bisa tampil outstanding.

Dari semua pemeran pembantu, yang paling menyita perhatian adalah Yoo Han-Yang yang diperankan oleh Lee Kyu-Hyung. Buat yang sudah nonton Hi, Bye Mama! Pasti familiar dengan sosok ini. Karakternya di serial ini berbanding terbalik dengan karakternya yang ada di Hi, Bye Mama! Aktingnya patut diacungi jempol.

Ia memerankan karakter pecandu narkoba yang berasal dari keluarga berada. Uniknya, selama dia sakau ini kelakuannya ada-ada saja. Begitu dikasih obat, malah baru bisa waras.

rekomendasi drama korea terbaik

Ada banyak pesan moral dan sindiran kepada pemerintah melalui komedi yang ditampilkan di serial ini. Makanya gue bilang bagus, karena pesannya sampai banget ke penonton tanpa harus membuat kita yang nonton jadi bosan.


kingdom

Genre: Historical, Horor
Episode: 6

Serial ini sudah ada dua season. Episodenya juga pendek, hanya 6 saja. Jadi nggak bakal garing nungguin klimaks dramanya.

Kehadirannya sempat membuat dunia perdrakoran heboh karena mengusung tema yang nggak mainstream. Yup, wabah zombi di zaman dinasti Joseon. Gimana deh tuh bunuhin zombinya? Belum ada senjata modern, kan.

rekomendasi drama korea terbaru

Buat yang hidupnya lagi antipati sama drama percintaan, butuh sesuatu yang bikin jantung cekat-cekot, gue rekomen nonton ini deh. Konon bakal ada season 3, meskipun entah kapan. Di akhir season 2 pun dikasih cluenya dengan kehadiran salah satu aktris favorit gue.

*********

Segitu dulu unggulan drama Korea yang bisa gue rekomendasikan ke kalian. Sebagai janji di awal artikel. Di bawah ini gue sertakan juga daftar rekomendasi drakor lain yang nggak mungkin gue ulas panjang lebar, takut disangka skripsi, bukan artikel blog.

daftar rekomendasi drama korea terbaik

Kalau kalian belum pernah nonton drakor sebelumnya atau sudah pernah tapi menyerah baru beberapa episode, mungkin pilihan judulnya yang kalian pilih kurang tepat. Banyak kok teman-teman gue yang akhirnya kecemplung nonton drakor. Nggak cewek maupun cowok, semua pasti akan nonton drama Korea pada waktunya. :D

Kalau kalian punya rekomendasi judul lain, boleh kasih tau gue di kolom komentar ya. Semoga judul drakor di atas bisa menemani kalian di rumah dan mengusir rasa bosan untuk tetap selalu berada di rumah, jangan gatel berpergian kalau nggak urgent banget. Stay safe & healthy!

Klook.com
filming location korean drama
Di Nami Island, sering juga dijadikan lokasi syuting k-drama maupun reality show






3 Comments

  1. Salah satu K-drama yang paling menyayat hati adalah Goblin. Hahaha. Masih kebayang banget betapa sakitnya adegan-adegan di serial ini. Yang bikin script-nya emang jago parah :")

    ReplyDelete
  2. Favorit semua sih ini rekomendasinya :D

    ReplyDelete
  3. Kalau temanku malah nonton Sky Castle atau apa gitu judulnya, aku lupa. Termasuk ratingnya tinggi drama tersebut

    ReplyDelete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!