[Review] Hati Padi Cottage di Ubud

Menginap di Ubud sudah pasti pemandangan yang ingin dinikmati ya area persawahannya. Itulah yang terlintas saat merencanakan untuk menginap di Ubud. Penginapan yang mau gue review kali ini tahunya dari salah seorang blogger favorit gue. Pas gue cek ke website OTA, ternyata harganya cukup terjangkau. Dengan view yang ditawarkan dan harga yang reasonable, gue dan teman-teman mantab memilih Hati Padi Cottage.

hati padi cottage ubud review

Lokasinya sebenarnya nggak di Ubud banget. Dari pusat Ubud masih harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit lebih. Searah kalau mau ke Kintamani. Jauh dari kebisingan dan area di Ubud yang biasa dipenuhi turis. Enak banget lah suasananya. Sepi dari hingar bingar dan udaranya masih fresh banget. Buat kalian yang lagi butuh tempat tenang apalagi memang niat mau meditasi, kalian bakal jatuh cinta sama Hati Padi Cottage.

 

Untuk menuju ke Hati Padi Cottage ini seru banget tracknya. Jalanannya naik turun dan semakin mendekati tujuan, di kanan kiri jalan yang mulai menyempit, pemandangan sawah yang sedang menghijau memenuhi mata kita.

 

hotel murah dengan infinity pool di ubud bali

Review kali ini bukanlah sponsored post. Biaya yang gue keluarkan juga merupakan biaya pribadi. Kalian akan tahu deh mengapa gue senang banget untuk mengulas penginapan ini. Anyway, penginapan ini gue booking lewat traveloka. Selain traveloka, juga ada di Booking(dot)com dan Agoda.

 

Welcome Drink Bikin Nagih

Begitu sampai, kami langsung check in dan tak lama kemudian, stafnya mengantarkan welcome drink ke kamar kami. Bukan sirop apalagi wine, melainkan jamu kunyit lemon.

 

welcome drink terenak di hati padi cottage

Surprisingly rasanya enak banget! Buat yang nggak terlalu suka jamu, gue yakin bakalan suka sama jamu ini. Racikannya yahud banget. Saking enaknya, gue dan teman-teman rela pesan minuman yang sama alias nambah meskipun bayar.

 

Cottage Bergaya Bohemian

Gue pribadi suka dengan konsep penginapan eco-friendly dan tradisional seperti ini. Kesan homey-nya terasa sekali. FYI, Hati Padi Cottage hanya ada enam kamar. Tiga kamar berbentuk cottage yang berdiri secara terpisah (ada jarak tiap bangunan) dan tiga kali berbentuk kamar yang bangunannya nyambung.

 

villa murah ada kolam renang dan sawah di ubud bali
hotel unik di ubud bali

Seingat gue, yang berbentuk cottage ini dua di antaranya mempunyai kapasitas 2-3 orang, sementara yang satu lagi itu family room (yellow room). Nah, yang family room ini menurut gue lokasinya paling bagus. Di pinggir sawah dan begitu buka pintu langsung menghadap kolam renang.

 

Saat gue tiba di sana, ternyata hanya family room yang sedang terisi. Gue dan teman-teman menyewa dua kamar cottage. Jadi nyaman banget karena terasa seperti villa pribadi, apalagi tamu lain yang menempati family room ini sedang ikut tour dari pagi dan baru kembali sekitar pukul 11 malam.

 

blue room hati padi cottage

Cottage gue (blue room) berada tepat di sebelah yellow room, masih di depan area kolam renang juga. Di dalam kamar ada satu tempat tidur berukuran besar dengan kelambu dan ada satu kasur single yang juga dilengkapi dengan kelambu. Nggak ada air conditioner, hanya ada kipas besar yang menggantung di langit-langit. Namun kebetulan remote kipas di kamar gue sedang rusak, tapi staff Hati Padi Cottage langsung bergegas mengantarkan kipas standing ke kamar gue sebagai pengganti.

 

Buat gue, yang terbiasa tidur tanpa AC dan kipas, hal tersebut tentu saja bukan masalah besar. Teman sekamar gue sempat khawatir takut kepanasan di malam hari. Nyatanya, saat malam hari tanpa kipas pun, udaranya dingin. Ubud, coy!

 

Colokan listriknya cukup banyak. Ada dua, masing-masing di samping tempat tidur utama, lalu di samping tempat tidur single, dan ada satu lagi di dekat meja belajar. Jadi nggak perlu takut kekurangan colokan listrik.

 

hotel bergaya bohemian di bali
hotel unik di ubud bali
hotel vintage di bali

Air mineral juga sudah disediakan di atas meja belajar. Room servicenya 24 jam, cuy! Jadi kalau tengah malam kelaparan masih bisa pesan. Staffnya standby di area restaurant. Lemari pakaian juga tersedia. Desainnya keren banget! Kayak lemari zaman dynasty kerajaan.

 

Ukuran kamarnya menurut gue cukup luas, bahkan jika diisi oleh tiga orang. Karena gue hanya berdua sekamar, jadi terasa banget luasnya.  Untuk kamar mandi, desainnya semi outdoor. Kalau kebelet buang air di malam hari agak PR juga ya. Solusinya, selepas magrib, gue dan roommate sudah buang air dulu saling nungguin.

 

kamar mandi di hati padi cottage ubud

Di dalam kamar mandinya ada shower, wastafel, dan toilet duduk. Shampo dan sabun sudah disediakan, tapi nggak ada sikat gigi dan pasta giginya. Jadi lebih baik kalian siapkan atau beli dulu di luar. Karena lokasinya cukup jauh ke pusat keramaian. Gue suka banget sama shampoo dan sabunnya. Biasanya gue jarang menyukai shampoo dari hotel, ini nggak sama sekali bikin rambut kaku. Aroma sabun cairnya juga enak banget, wanginya mewah kayak sabun-sabun di hotel berbintang.

 

Di depan kamar ada balkon, terdapat meja makan dan empat kursi, serta satu buah sofa. Area ini cocok banget untuk bersantai atau menikmati sarapan dan ngeteh. Mau sambil kerja buka laptop pun enak juga karena ada colokan listriknya.

 

Infinity Pool dengan View Sawah

Beruntungnya saat gue menginap di sana, padi-padinya sedang menghijau. Jadi kelihatan segar banget di mata. Nah, salah satu daya tarik dari Hati Padi Cottage ini adalah pemandangan infinity pool-nya yang langsung menghadap ke sawah.

 

penginapan murah ada kolam renang di bali
penginapan murah ada view sawah di bali
hotel ada infinity pool dan view sawah di bali
hati padi cottage bali review
pengalaman menginap di ubu bali
hotel murah ada kolam renang dan view sawah
rekomendasi hotel murah dan bagus di ubud bali
villa with infinity pool and rice fields view in bali
hotel her_journeys di ubud bali
affordable villa with stunning view in bali
penginapan murah di ubud dengan view sawah
hotel murah di ubud dengan view sawah
area kolam renang di hati padi cottage
Kamar gue yang di depan bean bag itu


Suasana semakin syahdu menjelang matahari terbenam. Kebetulan kolam renangnya menghadap ke arah barat, jadi pas banget untuk menikmati sunset. Ditambah lagi, tamu di kamar lain sedang nggak berada di sana sore itu. Jadi serasa villa milik pribadi aja. Bayangkan deh, di pinggir kolam dengan pemandangan sawah dan langit senja yang cantik, ditambah lagu jazz. Sedap banget!

 

kolam renang di hati padi cottage
hotel murah dengan infinity pool di ubud
review hotel dengan infinity pool di bali
review hati padi cottage ubud bali
hati padi cottage ubud bali review
villa bagus dan murah di ubud ali
villa dengan kolam renang di ubud bali


Berhubung jumlah kamarnya juga hanya ada enam, gue rasa kalaupun semua kamarnya terisi, kolam renangnya masih akan terasa luas. Begitu malam tiba, baru deh semakin terasa banget sepinya suasana di penginapan ini. Nggak ada tv, mana lampu di sekitar kolam pun dimatikan (mungkin karena penghematan juga berhubung nggak semua kamar terisi), jadi selain ngobrol, paling gue hanya main gawai. Untungnya, sinyal hp maupun WiFi lumayan kencang jadi aman deh. Masih bisa nonton youtube.

hotel murah di tengah sawah ubud
hati padi cottage ubud
rekomendasi hotel di tengah sawah ubud
penginapan unik dan instagramable di ubud

hotel unik dan murah di ubud bali
hotel di tengah sawah ubud bali
sunrise di ubud bali


Favorit gue justru ketika matahari terbit. Selepas Subuh, gue jalan-jalan di sekitar hotel. Karena lokasinya yang cukup jauh dari keramaian, untuk jalan kaki maupun sepeda, sepertinya bakal aman. Benar saja, saat jalan pagi itu hanya ada beberapa sepeda motor yang lalu lalang. Suasana paginya bakal bikin kalian yang nggak suka bangun pagi jadi merasa sayang kalau melewatkan moment ini.

 

No Breakfast, No Worries!

Kamar yang gue pesan itu tanpa sarapan. Tapi jangan khawatir, masih bisa pesan menu sarapan di restorannya. Karena pagi itu staf yang berjaga hanya ada satu orang, jadi sarapan yang kami pesan datang agak lama.

 

Tapi keterlambatan itu dibayar tunai dengan rasa makanannya yang enak-enak. Sebenarnya kami hanya pesan dua macam menu. Dua teman gue pesan menu yang sama, yaitu nasi goreng. Sementara gue pesan Chicken Carribean. I have no expectation at all. Surprisingly, it is sooo good.

 

restoran tepi sawah yang murah di ubud bali
bohemian restaurant with good view in bali

Porsinya lumayan banyak. Hidangan yang disajikan kelihatan sangat menarik. Ayam berbumbu kari yang segar dengan nasi hangat dan sambah matah yang nikmat. Besarnya porsi menu yang gue pesan ini mungkin lebih cocok untuk menu makan siang, karena beneran banyak banget!

 

carribean chicken hati padi cottage
restaurant in the middle of paddyfields bali
sarapan di hati padi cottage ubud
menu makanan hati padi cottage

Rasa bumbu ayamnya enak dan segar. Bukan tipikal kari yang bikin enek. Sambalnya juga nikmat banget! Pasangan yang pas saat disandingkan dengan chicken carribean. Seporsi menu ini kurang lebih 45k IDR kalau gue nggak salah ingat ya.


Saran gue, jika ada pilihan booking dengan sarapan, lebih baik pilih pakai sarapan saja. Karena lokasinya yang jauh dari keramaian, sepertinya akan sulit kalau mau iseng cari sarapan di luar penginapan.

restoran tepi sawah di ubud hati padi cottage

Bonusnya, pemandangan dari restorannya juga nggak kalah cantik, apalagi buat foto-foto. Remaja ibukota seperti gue sudah pasti suka. (((REMAJA))) 

 

rekomendasi hotel murah dan bagus di ubud bali

Overall, pengalaman menginap di Hati Padi Cottage sungguh menyenangkan. Penginapan dengan harga affordable, tapi dapat view mahal dan fasilitas yang mencukupi. Suasananya bikin betah dan pengen balik lagi kalau suatu saat main ke Ubud lagi. Rate kamarnya pun menurut gue cukup affordable, hanya Rp.300ribuan per malam.

 

Nilai plusnya lagi, staffnya ramah, baik, dan cekatan. Meskipun saat itu stafnya hanya ada dua dan bergantian jaga, tapi gue nggak merasa ada masalah sama sekali. Soalnya cekatan banget melayani tamu. Pas sarapan kami datang agak lama pun, langsung maklum karena tahu bahwa stafnya hanya jaga sendirian dan malah bikin kami yang merasa nggak enak karena mereka minta maaf tulus banget.

 

spa di tengah sawah ubud
harga spa di ubud bali

Sepulangnya dari sana, terasa banget tubuh lebih segar karena udara yang gue hirup jauh lebih bersih daripada udara yang biasa gue hirup di Jakarta. Kualitas airnya juga jauh lebih bagus dibandingkan jika menginap di Bali bagian selatan.

 

Hati Padi Cottage bakal jadi penginapan yang selalu dirindukan dan gue rekomendasikan ke kalian yang sedang cari penginapan dengan view sawah dan infinity pool di Ubud. Happy holiday!

 

 

instagramable infinity pool in bali



pengalaman meginap di ubud bali

4 Comments

  1. Ngelihat pemandangannya bikin inget kenangan masa kecil saat di rumah nenek, bikin nostalgia banget.

    Kalo ke Bali, kayaknya aku wajib nginap di sini deh, apalagi biaya permalamnya cukup terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak rumah nenek ya :D
      Aku pas ke sana juga berasa lagi mudik :))

      Delete
  2. Ubud nih emang nggak ada habisnya ya mbak. Keren-keren ih foto cottagenya, jadi kangen ubud. Terakhir ke Ubud, mampir ke Museum Blanco. Eh ternyata ada yang beginian juga ya di ubud hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah selama ini cuma lewatin Museum Blanco. Nanti deh kalau ke Ubud lagi mau dimampirin juga.

      Delete

Hai, Nidyholic!!
If you have any question, please leave a comment and kindly choose name/url or anonymous as a profile. Don't put any active link on comment, it will be automatically deleted. Thank you for reading!