Sundate ke Pelabuhan Sunda Kelapa

by - 9:06 PM

sunda kelapa harbour

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu tempat yang udah lama mau gue datangi. Sebagai orang yang suka hal-hal lawas ((LAWAS)) alias tempo dulu, pelabuhan ini wajib masuk weekend list apalagi buat para Jakartans, karena pada dasarnya pelabuhan ini juga salah satu sisa peninggalan sejarah zaman kumpeni alias VOC dan berperan sebagai gerbang masuk para penjajah pada waktu itu. Setelah sekian lama cuma kepengenan aja, akhirnya hari Minggu lalu gue berhasil ke sana bareng si L.

pelabuhan sunda kelapa
wisata sunda kelapa jakarta

Lokasinya gak jauh dari kawasan kota tua dan hanya beberapa meter dari Museum Bahari, yang dulu pernah dijadikan tempat syuting Si Manis Jembatan Ancol (legend banget nih sinetron!). Jujur gue gak tau harus naik angkutan umum apa kalau mau ke sini, karena kemaren juga gue naik motor. Tapi kalau mau coba berpetualang di sekitaran kawasan kota tua, pelabuhan ini, dan Museum Bahari, gue saranin sewa sepeda yang banyak ditawarkan abang-abang di sekitar kawasan kota tua. Biasanya mereka nyewainnya jam-jam an. Tawar aja gaaan!

tiket masuk pelabuhan sunda kelapa

Harga tiket masuk ke pelabuhan cuma Rp. 3,000 aja untuk kendaraan motor. Gak ada biaya per orang kok, murah kan? Waktu terbaik untuk datang ke pelabuhan ini adalah menjelang sunset atau pagi-pagi pas kegiatan di pelabuhan lagi hectic. Kalau datang menjelang sunset juga gak kalah bagus kok walaupun memang agak sepi.

what to see in jakarta
pelabuhan sunda kelapa
pemotretan di pelabuhan sunda kelapa

Awalnya gue sempat ragu mau ke sana, belum kebayang mau foto-foto terus dilihatin abang-abang nelayan, pasti bakal risih kan. Tapi ternyata gak juga loh. Suasana pelabuhan cenderung sepi dan para nelayan tampaknya sudah biasa kedatangan tukang foto atau cewek-cewek narsis haus jepretan. *nyindir diri sendiri*

things to do around jakarta

Pas gue datang, terlihat ada beberapa turis bule dengan guidenya. Ada juga beberapa anak muda yang datang dengan perlengkapan kamera lengkap. Berhubung gue datang berdua sama si capar, jadi fotonya ganti-gantian. Padahal gue bawa tripod tapi gak kepake. -_-

foto-foto di pelabuhan sunda kelapa
sunda kelapa harbour

Sayang sunsetnya kurang 'keluar' karena cuaca yang agak mendung. Tapi gue happy karena akhirnya kesampean juga cita-cita foto di samping kapal phinisi. Yeaay!!


Happy travelling,


Rizka Nidy

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @miss_nidy

Recommended Tour in Korea

trazy.com

Member Of

Blogger Perempuan

Live Visitor